AplikasiApplicationGadgetsHiburanMusik

Pilih Mana: Resso atau Spotify?

Streaming musik online saat ini sedang dipopuler di tengah masyarakat terutama oleh para milenial. Platform tersebut juga memudahkan kita dalam mendengarkan musik, tanpa harus mendownload lagu terlebih dahulu dari web atau situs online. Tentu hal ini menjadi praktis dan simpel bagi para penikmat musik.

Di Indonesia sendiri, terdapat dua aplikasi streaming musik yang paling banyak diunduh dan digunakan, yakni Resso dan Spotify. Jika kamu masih bingung menentukan mana yang lebih unggul untuk digunakan, berikut beberapa perbedaan Resso dan Spotify yang perlu Anda ketahui, seperti yang telah kami rangkum dibawah ini.

Resso

Resso merupakan aplikasi pemutar musik yang dapat digunakan oleh pengguna smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Resso dikembangkan oleh ByteDance dan mulai dikenal belakangan ini. Bagi yang sering menggunakan TikTok pasti kerap melihat konten creator yang mengiklankan Resso pada videonya. Hal itulah yang menyebabkan aplikasi ini dilirik oleh kalangan muda yang gemar mendengarkan musik. Baca Juga Pilih Mana: Joox atau Soundcloud?

Berbeda dengan aplikasi pemutar musik lainnya, pada Resso kita dapat menggunakan fitur-fitur unik yang belum tersedia pada aplikasi pesaingnya. Namun, banyaknya fitur yang unik tidaklah membuat aplikasi pemutar musik ini menjadi sempurna. Pasti ada saja kekurangan dan kelebihan yang terdapat pada aplikasi Resso, berikut diantaranya.

Kelebihan Resso

1. Tampilan User Friendly
Aplikasi pemutar musik Resso dibuat sangat menarik bagi kawula muda. Selain itu, tampilan antarmukanya juga didesain untuk memudahkan para pengguna menemukan lagu-lagu terbaru dari berbagai genre.
Beberapa pengguna merasa tampilan dalam aplikasi Resso ini mirip dengan media sosial TikTok, besar kemungkinan itu disebabkan karena aplikasi ini dibuat oleh developer yang sama.

2. Banyak Fitur Seperti Media Sosial
Resso memiliki banyak fitur layaknya media sosial. Berbeda dengan pesaingnya, Spotify dan JOOX. Beberapa fitur unik dan hanya tersedia pada aplikasi Resso yaitu, Anda dapat berkomentar disetiap lagu yang sedang didengarkan, mengubah tampilan latar belakang pada saat musik didengarkan serta membagikan lirik ke media sosial lainnya, seperti Instagram, Whatsapp dan lain-lain.

3. Mudah Mencari Sound TikTok
Dikarenakan Resso dan TikTok merupakan satu perusahaan yang sama, maka mudah sekali menemukan musik yang sedang populer di TikTok pada aplikasi Resso. Kemungkinan hal itu disebabkan karena algoritma kedua aplikasi yang mirip.

Tentunya ini sangat memudahkan bagi para pengguna yang menemukan sound bagus dari aplikasi TikTok. Dengan menggunakan Resso bisa dengan mudah mencari dan mendengarkan lagunya.

Kekurangan Resso

1. Koleksi Lagu Belum Lengkap
Satu kekurangan pada aplikasi Resso untuk saat ini, dikarenakan belum lama aplikasi ini rilis tentunya lagu yang tersedia tidak selengkap kompetitornya. Setelah mencari beberapa kata kunci lagu keluaran lama, masih ada beberapa yang belum tersedia pada layanan ini.

Spotify

Spotify merupakan layanan streaming music populer di dunia. Pada layanan ini terdepat musik, podcast, dan video yang memberi akses ke jutaan lagu serta konten lain dari artis di berbagai belahan dunia. Tersedia beberapa perangkat untuk menggunakan Spotify, mulai dari handphone, PC tablet, speaker, TV, dan mobil, serta  dapat dengan mudah berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain memakai Spotify Connect.

Lihat juga:  Pilih Mana: DJI Phantom 3 Pro atau DJI Phantom 4 Pro?

Selain itu, bagi Anda dapat mengakses layanan ini secara gratis dengan beberapa batasan tertentu seperti iklan yang akan tampil, tidak dapat membuat playlist hingga keterbatasan dalam mencari beberapa lagu tertentu. Namun bagi Anda yang ingin mendengarkan tanpa hambatan. Anda dapat berlangganan premium.

Kelebihan Spotify

1. Playlist Beragam
Bagi Anda yang bingung saat memilih lagu, tenang saja pada aplikasi Spotify terdapat sangat banyak playlist yang dapat kita dengar. Tidak hanya itu, spotify juga memiliki fitur follow yang memungkinkan Anda untuk mengikuti atau follow playlist tertentu.

Selain itu Anda juga dapat melihat lagu yang sedang hits dan viral dari berbagai negara, seperti Jepang, Belgium, Vietnam dan masih banyak negara lainnya.

2. Tampilan Sederhana dan Ringan
Spotify mengutamakan kemudahan pengguna saat menggunakan aplikasinya daripada membuat tampilan yang menarik. Terbukti dengan tampilan berlatar belakang hitam dan teks putih sangat nyaman saat dilihat.
Dikarenakan tampilan yang sederhana yang membuatnya menjadi sangat ringan saat dibuka tanpa perlu menunggu lama untuk masuk ke aplikasi.

3. Lagu Terupdate
Saat ada lagu baru yang dikeluarkan oleh penyanyi atau band, tidak butuh waktu lama untuk mendengarkan lagu tersebut pada aplikasi pemutar musik Spotify. Pasalnya, lagu tersebut otomatis rilis di aplikasi Spotify.

4. Ada Konten Podcast
Yang membuat Spotify berbeda dari aplikasi streaming lain ialah, tersedianya podcast yang dapat di dengar oleh penggunanya. Banyak pilihan podcast mulai dari genre galau, komedi, zodiak hingga podcast motivasi pun tersedia di spotify.

Kekurangan Spotify

1. Tidak Ada Fitur Timer
Sangat disayangkan aplikasi pemutar musik yang terbilang cukup populer ini tidak menyediakan fitur timer bagi penggunanya untuk dapat mengatur music berhenti pada jam tertentu.

2. Membayar Jika Ingin Premium
Ketika mengunduh dan menggunakan aplikasi Spotify maka otomatis Anda akan mendapatkan trial premium selama 7 hari. Namun, setelah masa trial habis, anda harus membayar sebesar Rp 49.990 untuk perbulannya.

3. Tidak Dapat Mengganti Tema
Memiliki tampilan yang minimalis, membuat pihak developer tidak menyediakan fitur untuk mengganti theme pada Spotify. Maka dari itu aplikasi ini sangat tidak cocok bagi anda yang memiliki sifat bosan saat terlalu sering melihat tema dari aplikasi tersebut.

Pilih Mana: Resso atau Spotify?

Keterangan RessoSpotify
Kelebihan - Tampilan User Friendly - Banyak Fitur Seperti Media Sosial - Mudah Mencari Sound TikTok- Playlist Beragam - Tampilan Sederhana dan Ringan - Lagu Terupdate - Ada Konten Podcast
Kekurangan - Koleksi Lagu Belum Lengkap- Tidak Ada Fitur Timer - Membayar Jika Ingin Premium - Tidak Dapat Mengganti Tema

Kesimpulan

Resso dan Spotify sebenarnya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Dari penjelasan di atas, Anda dapat menentukan sendiri mana layanan streaming musik yang paling terbaik. Anda pilih yang mana?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Resso atau Spotify

VS