ElektronikHome

Pilih Mana: Rice Cooker atau Magic Jar?

Nasi adalah makanan pokok untuk semua warga Indonesia, dengan mengkonsumsi nasi badan kamu akan teras sehat dan segar juga akan membuat perut kamu lebih kenyang, benar? Mengkonsumsi nasi yang panas dengan lauk yang ada akan membuat makan kamu lebih nikmat. Metode atau cara memasak nasi secara praktis dan mudah adalah dengan menggunakan Rice Cooker. Dan juga Magic Jar adalah sebuah alat dapur untuk menghangatkan makanan. Disini saya akan menjelaskan mengenai Rice Cooker dan Magic Jar. Baca penjelasannya di bawah ini ya.

Rice Cooker

Rice Cooker (Penanak Nasi) merupakan alat listrik yang berfungsi untuk memasak atau menanak nasi (Cooking). Rice Cooker adalah produk yang pertama kali dikenal di pasaran sebelum adanya Magic Jar dan Magic Com. Saat pertama kali dibuat, Rice Cooker memang hanya berperan sebagai alat untuk memasak atau memasak nasi, tetapi seiring dengan perkembangan produksinya, Rice Cooker yang kita gunakan saat ini tidak hanya berperan untuk memasak atau memasak nasi. Rice Cooker tidak mempunyai fungsi untuk melindungi nasi agar tetap hangat.

Rice Cooker saat ini juga memiliki berbagai fungsi lainnya, bisa dipakai untuk menghangatkan nasi (Keep Warm), untuk mengukus, menghangatkan lauk, dan beberapa fungsi lainnya. Jadi, jika beberapa orang menganggap bahwa Rice cooker hanya dapat digunakan untuk memasak nasi, dan tidak dapat digunakan untuk menghangatkan nasi, maka anggapan ini minim tepat karena produk Rice Cooker saat ini sudah memiliki berbagai fungsi tidak hanya untuk penanak nasi (Rice Cooker). Baca manfaat Rice Cooker selain untuk memasak nasi di bawah ini. Baca juga Pilih Mana: Rice Cooker atau Magic Com?

Beberapa Manfaat Rice Cooker

Memasak Air
Saat kamu kehabisan gas atau dispenser rusak, sebagai gantinya kamu dapat menggunakan Rice Cooker untuk memasak nasi. Cara menggunakannya juga sangat mudah, hanya perlu mengisi wadah Rice Cooker dengan air secukupnya lalu tutup Rice Cooker dan tekan tombol untuk memasak atau cook kemudian tinggal tunggu sampai air panas dan mendidih.

Memasak Mie Instan
Untuk kamu yang masih tinggal sendiri di kost atau mengontrak rumah dan tidak memiliki dapur, maka kamu bisa menggunakan Rice Cooker untuk memasak mie instan dengan cukup cepat dan tidak memerlukan kompor.

Memanggang Roti
Rice Cooker juga bisa kamu gunakan untuk memanggang roti, caranya adalah dengan mengoles seluruh permukaan roti dengan mentega atau margarin kemudian berikan isian pada bagian dalam roti. Panaskan Rice Cooker kemudian masukkan roti ke dalam Rice Cooker, setelah satu bagian sisi roti matang jangan lupa di balik untuk mematangkan sisi lainnya.

Membuat Bubur
Manfaat Rice Cooker berikutnya adalah untuk membuat bubur, caranya hampir serupa seperti memasak nasi tetapi dengan memakai air yang cukup banyak sehingga beras nantinya dapat lunak seperti tekstur bubur. Setelah itu, tekan tombol cook pada Rice Cooker dan tunggu bubur matang, jika tekstur bubur masih terlalu kasar bisa ditambah lagi dengan air dan masak kembali sampai lembut.

Cara Kerja Rice Cooker

Saat rice cooker digunakan, maka saklar akan terhubung dengan elemen dari pemanas utama sehingga arus listrik akan langsung membuat elemen utama panas dan lampu rice cooker menyala. Saat rice cooker sampai pada suhu maksimal, maka thermostat trip atau magnet yang ada pada rice cooker akan mati secara otomatis yang membuat tuas bergerak dan posisi saklar akan berubah menjadi elemen penghangat saja.

Pada posisi penghangat ini, maka suhu maksimal yang mengalir ke elemen penghangat rice cooker akan otomatis mati sehingga suhu panas akan berubah menjadi hangat, sesudah suhu semakin berkurang maka arus yang menghangatkan elemen tersebut akan kembali menyala secara otomatis untuk menghangatkan dan berjalan secara terus menerus. Saat ini ini, rice cooker hadir dalam bentuk yang modern dengan aneka ragam kegunaan selain memasak nasi dan juga hadir dengan harga, warna dan juga ukuran yang bervariasi.

Magic Jar

Magic Jar adalah alat listrik yang digunakan hanya untuk menghangatkan nasi atau menjaga nasi agar tetap hangat( Keep Warm). Saat Rice cooker pertama kali diproduksi, dan hanya bisa digunakan untuk memasak atau menanak nasi, maka selanjutnya muncul alat yang hanya bisa digunakan untuk menghangatkan nasi dan alat ini disebut dengan Magic Jar. Magic Jar juga banyak manfaatnya, baca manfaat Magic Jar lainnya di bawah ini. Kamu bisa membeli Magic Jar di Ace Hardware.

Manfaat Magic Jar

Produk ini populer digunakan pada akhir 90an sampai awal 2000an. Alasannya karena rice cooker tidak bisa digunakan untuk menghangatkan nasi. Jadi magic jar digunakan untuk menghangatkan nasi. Tidak hanya itu, magic jar juga dapat dipakai untuk menghangatkan sayuran dan lauk. Magic jar saat ini dipakai hanya untuk owner usaha kuliner yang harus menghangatkan nasi dalam waktu lama.

Yang namanya Magic Jar adalah perangkat dapur yang tidak dapat digunakan untuk mengolah beras menjadi nasi atau dengan kata lain tidak dapat dipakai untuk memasak nasi karena hanya mempunyai fungsi untuk menjaga temperatur nasi agar tetap hangat sehingga masih enak dan layak dikonsumsi. Magic Jar sekarang sduah bisa memasak nasi karena semakin modern zaman akan membua

Cara Kerja Magic Jar

Prinsip kerja Magic Jar adalah menghangatkan nasi melalui elemen pemanas yang melingkar di samping tempat nasi. Panas yang dihasilkan elemen ini diatur dan dikontrol oleh suatu thermostat (sensor suhu). Pertama elemen akan dihidupkan dan bila sudah berhasil panas tertentu maka bagian akan dimatikan lalu jika suhu turun hingga level khusus maka elemen akan dihidupkan kembali. Prinsip kerja ini mirip dengan setrika listrik, bedanya pada setrika menggunakan bimetal sebagai kontrol suhu.

Tidak hanya elemen samping, pada magic jar terdapat satu buah elemen lagi disisi atas, biasanya ditempatkan pada tutup. Dibawah elemen atas ini ditempatkan sebuah nampan kecil yang dapat dicopot pasang. Fungsi dari nampan dan elemen yang berapa di atas ini merupakan untuk memanaskan uap air yang muncul akibat proses pemanasan nasi oleh elemen samping lalu menampungnya saat elemen samping kondisi mati. Hal ini bertujuan agar uap air tidak jatuh kembali ke nasi dan membuat nasi menjadi basi.

Pilih Mana: Rice Cooker atau Magic Jar?

Rice Cooker Magic Jar
Kelebihan- Menghemat waktu kamu - Rice Cooker bisa dimanfaatkan untuk memasak aneka makanan - Akan membuat hemat tenaga dan hemat gas- Dapat menghangatkan nasi - Dapat menghangatkan sayuran - Dapat memasak nasi
Kekurangan- Tidak menghemat listrik - Adanya perawatan khusus- Tidak hemat listrik - Adanya perawatan khusus

Kesimpulan

Kedua artikel diatas sudah kamu ketahui bahwa sebenarnya cukup berbeda diantara keduanya, dan untuk Rice Cooker sebenarnya orang menggunakannya untuk memasak nasi, tetapi di zaman sekarang Rice Cooker banyak manfaatnya terlebih untuk kamu yang sedang ngekost dan lainnya, akan lebih praktis jika kamu menggunakan Rice Cooker seperti penjelasan artikel diatas. Magic Jar sebuah alat untuk memanaskan masakan yang sudah dingin dan semakin modern sudah bisa memasak nasi sebenarnya Rice Cooker dan Magic Jar sama saja. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk kamu ya guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rice Cooker vs Magic Jar

VS

 

Leave a Reply