HomeMasakPerabotan Rumah Tangga

Pilih mana: Rice Cooker Keramik vs Stainless?

Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia. Dulu sangat sulit untuk memasak nasi karena Anda harus menggunakan dandang dan semacamnya. Namun saat ini Anda tidak perlu ribet dan repot lagi untuk memasak nasi secara manual.

Karena kegiatan memasak nasi sudah menjadi lebih mudah dengan kehadiran Rice Cooker. Ada banyak varian rice cooker yang dijual dipasaran. Tentunya mulai dari varian merk, warna, dan material pembuatannya.

Hal ini pasti sangat perlu Anda perhatikan saat ingin memilih merk Rice Cooker bukan? Tidak hanya kualitas Anda juga perlu mempertimbangkan material rice cooker yang akan Anda beli. Seperti Rice Cooker Keramik atau Stainless. Kedua material ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing loh.

Selain mampu membuat kualitas rasa nasi kenyal dan gurih serta matang sempurna. Anda juga harus tahu apa lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari keduanya. Ingin tahu lebih lanjut maka stay tune aja di Selera.id ya!

Rice Cooker Keramik vs Stainless

Rice Cooker Keramik

Rice Cooker yang berbahan material keramik merupakan salah satu produk penanak yang tengah populer. Selain kegunaanya yang hampir sama dengan rice cooker dengan bahan material lainnya. Produk yang terbuat dari bahan tanah liat dan keramik alami ini juga memiliki keunggulan tersendiri dibanding beberapa pesaingnya.

Produk penanak nasi yang berlapis keramik khusus dan logam berkualitas, membuat permukaan dalam penanak nasi ini mampu mempertahankan panas secara optimal sehingga dapat menjaga agar nasi tetap hangat setelah matang.

Baca juga: Pilih Mana: Rice Cooker atau Magic Com?

Nah, ingin tahu apa saja yang membedakan produk satu ini dengan produk rice cooker bahan lainnya? Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

Kelebihan Rice Cooker Keramik

Berikut ini Kelebihan Rice Cooker Keramik:

  • Menjaga nasi tetap hangat
    Kelebihan dari produk satu ini yaitu karena terbuat dari bahan tanah liat dan keramik alami maka nasi yang telah masak akan tetap terjaga kehangatannya. Selain itu, mampu meningkatkan rasa dan menjaga nutrisi penting, enzim, dan vitamin dari makanan yang dimasak.
  • Mudah dibersihkan
    Kelebihan lainnya dari rice cooker berbahan keramik ada pada saat membersihkannya. Produk rice cooker dengan bahan ini akan lebih mudah untuk dibersihkan. Anda dapat mencuci pancinya dengan deterjen atau cairan pembersih peralatan makan biasa. Kerak nasi atau kotoran yang menempel mudah diluruhkan.
  • Sangat aman digunakan
    Kelebihan ini tentunya akan sangat Anda sukai. Karena bahannya yang dari tanah liat atau keramik maka produk rice cooker jenis ini bebas dari logam berat beracun dan bebas bahan teflon kimia anti-lengket. Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat memasak nasi dengan menggunakan produk ini.

Rice Cooker Keramik vs Stainless

Kekurangan Rice Cooker Keramik

Berikut ini Kekurangan Rice Cooker Keramik:

  • Tidak tahan lama
    Kekurangan yang ada pada rice cooker bahan ini yaitu biasanya tidak tahan lama atau mudah rusak. Karena materialnya yang sensitif untuk retak maka Anda harus menggunakannya dengan hati-hati. Hal ini yang sangat disayangkan oleh penggunanya.
  • Harganya yang relatif mahal
    Dibanding dengan rice cooker pesaingnya, produk ini dibanderol dengan harga yang tidak ekonomis alias cenderung mahal. Sehingga sulit dimiliki oleh kalangan middle class ke bawah. Namun bagi Anda yang memiliki budget yang lebih boleh kok untuk mencoba membelinya.

Rice Cooker Stainless

Rice cooker stainless merupakan salah satu alat untuk memasak nasi yang menggunakan bahan stainless pada bagian dalamnya. Rice cooker stainless ini dianggap aman karena tidak akan terjadi pengelupasan pada bagian stainles.

Anda bisa memasak nasi tanpa takut kandungan bahan kimia yang terdapat dalam materialnya. Stainless juga penghantar panas yang baik. Rice cooker Stainless telah banyak varian nya loh. Tanpa terkecuali dari brand-brand terkenal sekalipun. Produk ini pun tersedia di berbagai toko online. Jadi, Anda bisa pesan tanpa harus datang langsung ke mall-mall besar. Baca juga: Pilih Mana: Rice Cooker Yong Ma vs Philips

Kelebihan Rice Cooker Stainless

Berikut ini Kelebihan Rice Cooker Stainless:

  • Anti karat
    Kelebihan yang dimiliki Rice cooker stainless adalah anti dan tahan terhadap karat. Dengan keunggulannya ini, Anda tidak perlu khawatir terjadinya karat pada rice cooker stainless. Meskipun Anda tidak segera mengeringkan rice cooker setelah dicuci, atau Anda merendamnya, rice cooker stainless ini tidak akan karat.
  • Sangat aman digunakan
    Kelebihan lainnya, Rice cooker stainless adalah lebih higienis dan lebih sehat. Hal ini dikarenakan Rice cooker stainless tidak akan mengelupas seperti yang akan terjadi pada Rice cooker jenis lainnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir adanya masalah kesehatan dan masalah terhadap Rice cooker ini.
  • Tahan lama
    Kelebihan satu ini bisa dikatakan akan membuat Anda tergiur. Karena tidak semua produk bisa menjamin tahan lama dan juga awet. Namun tidak demikian dengan produk satu ini yang cenderung mengarah pada kualitas produk dan keandalan kinerja yang baik. Rice cooker stainless ini awet dalam jangka waktu yang lebih lama.
Lihat juga:  Pilih Mana: Air Purifier atau Air Humidifier?

Rice Cooker Keramik vs Stainless

Kekurangan Rice Cooker Stainless

Berikut ini Kekurangan Rice Cooker Stainless:

  • Dapat menimbulkan lubang kecil
    Salah satu kekurangan rice cooker stainless adalah tidak tahan terhadap air garam. Jika rice cooker stainless terkena air garam secara terus menerus maka akan menyebabkan stainless tersebut menjadi berlubang kecil. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan menghindarkan stainless dari air garam.
  • Bukan penghantar panas yang baik
    Kekurangan selanjutnya yang dimiliki rice cooker stainless adalah bahannya yang tidak menghantar panas dengan baik. Untuk bisa menghantarkan panas dengan baik, stainless biasanya dilapisi dengan plat tembaga atau alumunium pada bagian bawah atau atasnya agar panas bisa lebih merata.

Tips Memilih Rice Cooker yang Baik

Sebelum membeli Rice cooker ada hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Bahan Baku Panci
    Tips pertama pada saat akan membeli rice cooker yang perlu Anda lakukan adalah melihat bahan baku panci yang digunakan. Ada banyak jenis bahan baku yang digunakan untuk panci rice cooker, diantaranya yaitu stainless steel dan keramik. Keduanya mempunyai kemampuan mengahantarkan panas yang cukup baik. Bahan baku panci yang paling baik dalam menghantarkan panas adalah keramik. Keramik mampu menghantarkan panas secara maksimal dan merata. Hal ini tentunya akan berdampak pada nasi yang dihasilkan. Panci dengan bahan keramik akan menghasilkan nasi yang lebih matang merata dan pulen.
  2. Pilihlah yang menghantar daya panas yang baik
    Ada dua jenis pemanas yang biasa digunakan dalam rice cooker yaitu micro controller dan induction heating atau sering disebut IH. Kedua teknologi pemanas ini mempunyai kemampuan yang berbeda. Untuk hasil nasi yang pulen dan enak disarankan untuk memilih rice cooker dengan teknologi pemanas IH. Teknologi IH dapat menyebarkan panas dengan rata sehingga nasi matang sempurna dan pulen.
  3. Kapasitas Maksimal
    Hal yang tidak kalah penting ketika memilih rice cooker adalah kapasitas maksimal atau daya tampung rice cooker. Setiap rice cooker mempunyai kapasitas yang berbeda sesuai dengan desain ukurannya. Sangat disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu jumlah nasi yang akan ditanak setiap harinya. Untuk kebutuhan penanakan nasi dengan jumlah besar disarankan untuk menggunakan rice cooker yang besar pula.
  4. Fitur Tambahan
    Fitur tambahan yang ada di dalam rice cooker juga perlu untuk dipertimbangkan. Ada banyak produsen rice cooker terbaik yang menawarkan fitur tambahan dalam produknya. Fitur tambahan penghangat nasi menjadi salah satu fitur tambahan yang sangat bermanfaat. Dengan fitur ini nasi akan tetap hangat walaupun sudah matang sejak lama.

Pilih mana: Rice Cooker Keramik vs Stainless?

Keterangan Rice Cooker Keramik Rice Cooker Stainless
Kelebihan -Menjaga nasi tetap hangat -Mudah dibersihkan -Sangat aman digunakan-Anti karat -Sangat aman digunakan -Tahan lama
Kekurangan-Tidak tahan lama -Harganya yang relatif mahal-Dapat menimbulkan lubang kecil -Bukan penghantar panas yang baik

Kesimpulan

Nah dari perbandingan Rice Cooker Keramik dan Stainless diatas dapat disimpulkan bahwa keduanya menawarkan banyak keunggulan untuk memudahkan Anda menggunakannya. Tetapi sebelum memilih ada baiknya perhatikan kondisi dan bahannya ya agar ketika memasak terjamin kesehatannya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rice Cooker Keramik vs Stainless

VS

 

Leave a Reply