Home

Pilih Mana: Rice Cooker Teflon atau Stainless?

Rice cooker adalah barang elektronik yang sangat penting karena merupakan alat untuk memasak makanan pokok yang harus dan pasti kita konsumsi setiap hari. Karena itulah, Anda harus memilih rice cooker dengan tepat. Dua jenis rice cooker yang dapat Anda pilih yaitu rice cooker teflon dan rice cooker stainless. Manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? Rice cooker teflon atau stainless?

Rice cooker teflon dan rice cooker stainless memiliki fungsi dasar yang sama yaitu untuk memasak nasi. Saat ini rice cooker teflon banyak digunakan karena lebih ringan dan memudahkan pemakainya. Sedangkan rice cooker stainless banyak digunakan karena tidak akan terjadi pengelupasan.

Rice Cooker Teflon

Rice cooker teflon merupakan alat untuk memasak nasi dengan menggunakan teflon pada bagian dalamnya . Rice cooker teflon ini banyak digunakan karena lebih ringan dan bisa menghantarkan panas dengan baik. Baca juga Pilih mana: Panci Aluminium atau Panci Stainless Steel?

Kelebihan Rice Cooker Teflon

Berikut beberapa kelebihan rice cooker teflon yang perlu Anda ketahui:

Tahan Terhadap Karat
Salah satu kelebihan rice cooker teflon adalah memiliki daya tahan terhadap karat. Meskipun rice cooker teflon telah dipakai bertahun-tahun dan sering terkena air, rice cooker teflon tidak akan karat. Sebab rice cooker teflon tahan terhadap air dan cairan yang bersifat asam. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir karena rice cooker teflon Anda tidak akan mengalami karat.

Memiliki Bobot yang Ringan dan Kuat
Kelebihan lain yang dimiliki rice cooker teflon adalah memiliki bobot yang ringan, sehingga Anda akan lebih nyaman dalam menggunakannya dan terasa ringan saat mengangkatnya. Namun, meskipun memiliki bobot yang ringan, rice cooker teflon ini memiliki daya tahan yang kuat. Rice cooker teflon tidak akan terlihat gosong dan hangus meskipun telah lama digunakan.

Mudah untuk Dibersihkan
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki rice cooker teflon adalah sangat mudah dibersihkan. Hal ini dikarenakan rice cooker teflon memiliki kandungan anti lengket sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkannya dengan air dan sabun biasa. Anda tidak perlu menggunakan sabun khusus untuk membersihkan rice cooker teflon ini.

Kekurangan Rice Cooker Teflon

Berikut beberapa kekurangan rice cooker teflon yang perlu Anda ketahui:

Adanya Kemungkinan Lapisan Mengelupas
Salah satu kekurangan rice cooker teflon adalah adanya kemungkinan lapisan teflon menjadi mengelupas. Jika lapisan teflon ini mengelupas, maka nasi yang dimasak dapat menjadi lengket di teflon dan panas yang dihantarkan menjadi lebih lama.

Harga Relatif Lebih Mahal
Kekurangan lain yang dimiliki rice cooker adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada bahan logam lainnya. Hal ini dikarenakan proses pembuatan teflon lebih rumit daripada bahan logam lain, termasuk stainless steel. Namun, harga ini juga ditentukan dari kualitas rice cooker teflon dan merek rice cooker teflon tersebut.

Menimbulkan Masalah Kesehatan
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki rice cooker teflon adalah dapat menimbulkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan ini dapat muncul jika terjadi pengelupasan pada teflon, kemudian kelupasan dari teflon tersebut tercampur dengan makanan. Asam perfluorooctanoic (PFOA) yang terkandung dalam teflon diduga dapat menyebabkan kanker dan timbulnya peyakit lain seperti kolesterol tinggi, penyakit kelenjar tiroid dan berkurangnya kualitas sperma.

Kelebihan Rice Cooker Teflon Kekurangan Rice Cooker Teflon
- Tahan terhadap karat - Adanya kemungkinan lapisan mengelupas
- Memiliki bobot yang ringan dan kuat - Harga relatif lebih mahal
- Mudah untuk dibersihkan- Menimbulkan masalah kesehatan

Rice Cooker Stainless

Rice cooker stainless merupakan alat untuk memasak nasi yang menggunakan stainless pada bagian dalamnya. Rice cooker stainless ini dianggap aman karena tidak akan terjadi pengelupasan pada bagian stainless.

Kelebihan Rice Cooker Stainless

Berikut beberapa kelebihan rice cooker stainless yang perlu Anda ketahui:

Tidak Terjadi Pengelupasan
Salah satu kelebihan rice cooker stainless adalah lebih higienis dan lebih sehat. Hal ini dikarenakan rice cooker stainless tidak akan mengelupas seperti yang akan terjadi pada rice cooker teflon. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir adanya masalah kesehatan dan masalah terhadap rice cooker yang disebabkan oleh pengelupasan.

Tidak Menimbulkan Karat
Kelebihan lain yang dimiliki rice cooker stainless adalah anti dan tahan terhadap karat. Dengan keunggulannya ini, Anda tidak perlu khawatir terjadinya karat pada rice cooker stainless. Meskipun Anda tidak segera mengeringkan rice cooker setelah dicuci, atau Anda merendamnya, rice cooker stainless ini tidak akan karat.

Mudah Saat Dibersihkan
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh rice cooker stainless ini adalah lebih mudah untuk dibersihkan. Hal ini juga karena rice cooker stainless tidak menimbulkan lengket sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam membersihkannya.

Kekurangan Rice Cooker Stainless

Berikut beberapa kekurangan rice cooker stainless yang perlu Anda ketahui:

Dapat Menimbulkan Lubang Kecil
Salah satu kekurangan rice cooker stainless adalah tidak tahan terhadap air garam. Jika rice cooker stainless terkena air garam secara terus menerus maka akan menyebabkan stainless tersebut menjadi berlubang kecil atau pitting. Karena hal inilah Anda harus berhati-hati dan menghindarkan stainless dari air garam.

Bagian Luar Stainless dapat Menghitam
Berbeda dengan teflon yang tidak akan hangus atau gosong meskipun telah lama dipakai, stainless pada rice cooker dapat menghitam jika sering terkena suhu yang sangat panas. Ini merupakan kekurangan rice cooker stainless yang menjadi penyebab orang malas untuk penggunakan alat ini. Dikutip dari Viva.co.id Anda dapat menghilangkan noda hitam pada stainless dengan cara membersihkannya menggunakan campuran baking soda dengan air lemon.

Bukan Penghantar Panas yang Baik
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki rice cooker stainless adalah bukan merupakan penghantar panas yang baik. Untuk bisa menghantarkan panas dengan baik, stainless biasanya dilapisi dengan pelat tembaga atau alumunium pada bagian bawah atau atasnya agar panas bisa lebih merata.

Kelebihan Rice Cooker StainlessKekurangan Rice Cooker Stainless
- Tidak terjadi pengelupasan - Dapat menimbulkan lubang kecil
- Tidak menimbulkan karat - Bagian luar stainless dapat menghitam
- Mudah saat dibersihkan - Bukan penghantar panas yang baik

Pilih Mana: Rice Cooker Teflon atau Stainless?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara rice cooker teflon dan stainless. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua jenis rice cooker tersebut:

Rice Cooker Teflon Rice Cooker Stainless
- Bobot lebih ringan - Bobot lebih berat
- Tidak akan menghitam meskipun sering dipakai - Bagian luar dapat menghitam
- Dapat mengelupas - Tidak akan mengelupas

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai rice cooker teflon dan rice cooker stainless di atas, dapat disimpulkan bahwa rice cooker teflon memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih tahan lama daripada rice cooker stainless. Adanya isu yang mengatakan bahwa lapisan yang terkelupas pada teflon dapat menyebabkan masalah kesehatan hingga saat ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rice Cooker Teflon vs Stainless

VS

Leave a Reply