HomeMasak

Pilih Mana: Rinnai atau Hock?

Memasak merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan. Kita bisa menciptakan makanan yang enak untuk disantap bersama keluarga atau teman. Untuk itu diperlukan kompor yang mumpuni juga seperti Rinnai dan Hock.

Rinnai dan Hock merupakan kompor yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun untuk menemani para bunda memasak di rumah setiap harinya. Kualitas dari kedua merek ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi.

Melalui artikel kali ini kamu akan mendapatkan referensi mengenai detail, kelebihan dan kekurangan dari Rinnai dan Hock. Dan juga beberapa tips untuk merawat kompor gas agar senantiasa awet dan bekerja secara maksimal. Stay tune ya!

Rinnai

PT. Rinnai Indonesia sudah puluhan tahun memproduksi peralatan dapur dan rumah tangga di Indonesia. Berawal di pabrik Cikupa, Tangerang dan saat ini diperluas di Balaraja, Tangerang.

Pabrik PT. Rinnai Indonesia memproduksi kompor gas meja, kompor gas tanam, commercial cooker dan cooker hood. Semua produk dibuat mulai dari bahan mentah dan komponen sampai menjadi produk jadi. Sejak awal standar kualitas dan sistem teknologi Jepang diterapkan secara langsung.

Kualitas produk kompor gas PT. Rinnai Indonesia juga berhasil terus dipertahankan. Perihal ini dibuktikan lewat penghargaan kualitas dan brand ternama yang setiap tahun didapat PT. Rinnai Indonesia.

Kompor gas Rinnai sendiri bisa kamu dapatkan di toko-toko peralatan dapur, supermarket dan beberapa toko-toko swalayan lainnya. Harganya pun cukup kompetitif. Jika kamu menginginkan kualitas produk Rinnai yang sangat mumpuni, tentu kamu mesti menyiapkan budget yang cukup tinggi juga. Baca juga Pilih Mana: Rinnai atau Miyako?

Kelebihan Rinnai

  • Kualitas bagus
    Kelebihan kompor gas Rinnai yang pertama ada pada kualitas material yang dimiliki. Bahan berkualitas bagus, tidak gampang penyok dan awet. Seperti contohnya kaca tempered glass untuk kompor tanam, stainless steel untuk kompor meja dan besi cor untuk kompor komersial.
  • Pilihan model yang lengkap
    Kelebihan kompor gas rinnai kedua yakni opsi model yang lengkap. Hampir semua jenis kompor gas ada. Seperti kompor gas meja, kompor gas tanam, kompor induksi, kompor gas portable dan kompor gas komersil.
  • Aman dan nyaman digunakan
    Produk-produk rinnai kompor gas sudah memenuhi standar kualitas pakai. Sehingga aman dipakai. Tidak hanya itu, dilengkapi dengan mode operasional yang mudah dan nyaman digunakan.

Kekurangan Rinnai

  • Harga cukup tinggi
    Jika dibandingkan dengan harga yang dimiliki oleh kompor gas Hock, kompor gas Rinnai cenderung lebih tinggi. Namun tentunya sesuai dengan kualitas dan manfaat yang diberikan kompor gas Rinnai.
  • Belum memiliki fitur sleep timer
    Terdapatnya fitur sleep timer yang berguna untuk mematikan kompor gas dalam waktu tertentu sesuai keinginan pemakainya. Ini mempunyai implikasi untuk keamanan, kepraktisan serta efisiensi pemakaian kompor.
  • Jaringan service masih sedikit
    Ada kalanya kompor gas mengalami sedikit gangguan, untuk itu perlu dibetulkan agar bisa kembali menyala. Inilah yang menjadi kekurangan dari Rinnai, yaitu jaringan service kompor atau sparepart nya yang masih sedikit di Indonesia.

Rekomendasi Rinnai

Rinnai RI-712BGX
Rinnai Kompor Gas RI-712BGX bisa menghasilkan api ekonomis yang tentunya akan mempermudah dalam memasak masakan apapun. Dengan kompor ini, kamu juga bisa lebih menghemat bahan bakar gas, sehingga merupakan opsi yang pas untuk ibu rumah tangga.

Rinnai RI-522S
Rinnai Kompor Gas RI-522S memiliki model sun burner berwarna biru yang bisa membuat makanan cepat matang dan irit gas, sehingga memungkinkan untuk masak lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu, Rinnai Kompor Gas RI- 522S dilengkapi oleh konsep yang klasik dan elegan sehingga cocok untuk menambah kesan berkelas di dapur kamu.

Rinnai RI-522A
Rinnai Kompor Gas RI-522A merupakan kompor yang simpel namun elegan. Kompor ini terbuat dari bahan stainless steel sehingga membuat kompor lebih berkelas, anti karat dan gampang untuk dibersihkan. Rinnai Kompor Gas RI- 522A juga mempunyai kualitas api besar merata dan juga stabil sehingga bisa membuat pengolahan makanan jadi efektif serta efisien.

Rinnai Keterangan
AsalJepang
Tahun berdiriTahun 1920
Hal yang paling ditonjolkanKualitas yang mumpuni dengan varian yang banyak

Hock

Kompor gas Hock menjadi salah satu produk unggulan dari PT. Hokinda Citralestari ataupun yang biasa dikenal dengan Hock. Perusahaan ini dirintis pertama kali pada tahun 1968 dengan nama awal perusahaan Kilang Kompor.

Perusahaan Hokinda Citralestari mempunyai komitmen dalam memproduksi kompor yang berkualitas dan aman untuk pelanggan.

Kualitas produk ditingkatkan dengan terus mengembangkan inovasi-inovasi terbaru, baik dalam desain dan varian produk-produk. Sebagai bukti kuat atas komitmen dari produk Hock merupakan dengan banyaknya sertifikasi yang diperoleh oleh produk Hock, dimulai dengan sertifikat ISO 9001 yang diperoleh pada tahun 2000. Setelah itu pada tahun 2008 mendapat sertifikat ISO 9001, dan juga mendapat sertifikat SNI 7368 pada tahun 2007.

Produk Hock selalu memperhatikan lingkungan menjadi bukti riil dari misi PT Hokinda untuk membangun pandangan sebagai produsen produk yang bermutu, ramah lingkungan serta aman untuk pelanggan dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman serta berkualitas untuk pegawai dan masyarakat. Produk-produknya juga didesain dengan memperhatikan aspek lingkungan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Pompa Air Sanyo atau Shimizu?

Kelebihan Hock

  • Bergaransi
    Kompor gas Hock mempunyai garansi yang luar biasa. Hock memberikan garansi produknya 5 tahun jaminan anti keropos, 1 tahun garansi sparepart, 3 tahun garansi servis. Melihat dari durasi garansi yang diberikan, seakan-akan menekankan kalau kompor yang dibidangi Hock ini lebih dari cukup untuk diandalkan sebagai perangkat masak dengan kualitas yang baik.
  • Kokoh tahan lama
    Kompor gas Hock tahan berat sangga sampai 100kg. Dengan pengalaman konstruksi rangka kompor yang sudah teruji, Hock kembali tampil sebagai pioneer pabrikan kompor yang mempertahankan nilai daya tahan fisik yang baik.
  • Multifungsi
    Bisa dipakai untuk kebutuhan rumah tangga sekaligus untuk berjualan. Artinya kompor gas Hock tahan dipakai menggunakan bahan bakar LPG yang biasa digunakan masyarakat, dan juga bisa dipakai untuk LNG.

Kekurangan Hock

  • Jaringan service masih sedikit
    Sama halnya dengan Rinnai, Hock juga memiliki jaringan service dan sparepart yang masih sedikit di seluruh Indonesia.
  • Kurang begitu terkenal
    Kekurangan selanjutnya yaitu Hock yang dirasa belum begitu populer seperti Rinnai. Hal ini tentu mempengaruhi angka penjualan dari Hock sendiri, karena tentu orang akan lebih mempercayai dan membeli produk yang sudah populer.
  • Varian kompor sedikit
    Jika dibandingkan dengan Rinnai, Hock cenderung memiliki varian yang lebih sedikit. Sebenarnya ini bukan hal yang cukup merugikan karena sesuai dengan kebutuhan memasak kamu dirumah. Namun semakin banyak varian maka pelanggan bisa mencocokan sesuai dengan keinginan mereka.

Rekomendasi Hock

Hock HP-201ED
Burner Cap Stainless Steel mudah dibongkar pasang untuk dibersihkan dan lebih tahan pemakaian jangka lama dari bahan kuningan. Hock juga memberikan jaminan produk bermutu dengan garansi 5 tahun Burner Cap Stainless Steel anti keropos. Harga ekonomis terjangkau dengan produk berkualitas dan bermutu.

Hock HP-200EV
Hock HP-200EV merupakan kompor gas dengan 2 tungku pembakar terbuat dari body cold rolled steels yang teruji aman, kuat dan tahan lama. Pemakaian bahan berkualitas pada bodi kompor, membuat kompor gas HOCK senantiasa aman disentuh dan jauh dari panas yang berbahaya untuk kulit.

Hock HP-200 EG
Hock HP-200 EG merupakan kompor gas dengan 2 tungku pembakar terbuat dari body cold rolled steels yang teruji aman, kuat dan tahan lama. Body terbuat dari bahan Cold Roll Steel dilapisi powder coating disertai desain yang elegan. Desain tatakan kompor dibuat dari Cold Roll Steel tebal yang kokoh dan kuat, juga dilapisi dengan enamel berkualitas yang gampang dibersihkan.

HockKeterangan
AsalIndonesia
Tahun berdiriTahun 1968
Hal yang paling ditonjolkanAwet tahan lama dan bergaransi

Tips merawat kompor gas

Kompor gas merupakan komponen penting agar bisa menghasilkan masakan yang enak. Untuk itu diperlukan perawatan yang bisa kamu lakukan dirumah. Berikut ini adalah beberapa tips merawat kompor gas yang cukup mudah untuk dilakukan.

  1. Rendam ring kompor gas
    Rendam ring selama 2-4 jam supaya kotoran dan kerak membandel terangkat. Setelah itu bersihkan ring dengan menyikatnya memakai sikat gigi bekas, kemudian bilas dan keringkan dengan lap kain.
  2. Bersihkan tungku kompor dengan krim khusus
    Hindari membersihkan tungku kompor gas dengan air dan larutan sabun. Karena air akan membuat tungku basah dan lembab yang membuat api tidak menyala sempurna. Kamu dapat gunakan krim khusus pembersih dapur atau kompor gas. Ikuti aturan pakai pada kemasan produk, atau umumnya krim ini cukup dioleskan pada tungku.
  3. Gunakan bahan alami untuk membersihkan permukaan kompor gas
    Permukaan kompor gas, merupakan bagian yang perlu dibersihkan setiap kamu selesai memasak. Noda dan minyak bekas memasak amat sering meninggalkan jejak. Tidak hanya memakai cairan pembersih kimia, kamu juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat permukaan kompor gas terlihat kinclong.
  4. Cek selang dan regulator tabung gas secara berkala
    Tidak cuma kompor gas yang perlu dibersihkan, selang dan regulator tabung gas juga perlu dirawat dalam penggunaannya. Lap bagian luar selang dengan kain lembab, dengan rutin membersihkannya, kamu akan mengetahui bila terdapat kebocoran atau retak pada selang gas.

Pilih Mana: Rinnai atau Hock?

RinnaiHock
Kelebihan - Kualitas bagus - Pilihan model yang lengkap - Aman dan nyaman digunakan - Bergaransi - Kokoh tahan lama - Multifungsi
Kekurangan- Harga cukup tinggi - Belum memiliki fitur sleep timer - Jaringan service masih sedikit - Jaringan service masih sedikit - Kurang begitu terkenal - Varian kompor sedikit

Kesimpulan

Setelah kita lihat artikel diatas mengenai Rinnai dan Hock dapat disimpulkan bahwa kedua merek kompor ini memiliki kualitas dan manfaat yang baik untuk aktivitas memasak di rumah. Kedua kompor diatas bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan memasak kamu. Namun saya lebih merekomendasikan Rinnai sebagai kompor andalan kamu karena memiliki kualitas yang lebih baik dan bergaransi juga tentunya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rinnai vs Hock

VS