Home

Pilih Mana: Rinnai atau Miyako?

Kompor gas sudah menjadi peralatan yang banyak di jumpai di dapur masyarakat urban saat ini. Dengan menggunakan kompor gas kegiatan masak-memask lebih cepat dan praktis. Karenanya, Saat ini banyak merk kompor gas yang ada di pasaran salah satunya Rinnai dan Miyako.

Rinnai dan Miyako merupakan kompor gas yang banyak di pilih oleh para ibu rumah tangga, Pada artikel kali ini akan kita bahas kedua kompor gas tersebut, dan akan kita bandingkan dari segi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki keduanya. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa produk dari kompor gas Rinnai dan Miyako. Yuk langsung saja disimak!

Rinnai

Rinnai kompor gas dikenal sebagai kompor modern berkualitas bagus. Hingga dipilih oleh berbagai kalangan. Kualitas dan kuantitasnya telah dibuktikan di berbagai model yang diproduksi. Jenis kompor gas Rinnai yang beragam dan dirilis dengan varian seri-seri lainnya. Baca juga Pilih Mana: Quantum atau Rinnai?

 Salah satu produk unggulan Rinnai saat ini adalah kompor gas dua tungkunya.

Rekomendasi Kompor Gas Rinnai

1. Rinnai Kompor Gas RI-712BGX
Rinnai Kompor Gas Ri-712BGX bisa menghasilkan api ekonomis yang tentunya akan mempermudah dalam memasak masakan apapun. Dengan kompor ini, kalian juga dapat lebih mengirit bahan bakar gas, sehingga merupakan pilihan yang tepat bagi para ibu rumah tangga.

Kompor gas Rinnai RI-712BGX ini juga dilengkapi dengan garansi sampai 5 tahun.

2. Rinnai Kompor Gas RI-522S
Rinnai Kompor Gas RI-522S memiliki model sun burner berwarna biru yang bisa membuat makanan cepat matang serta penggunaan gas dapat lebih hemat, sehingga memungkinkan untuk masak lebih efektif dan efisien.

Rinnai Kompor Gas RI-522S  dilengkapi dengan desain yang klasik dan elegan sehingga sangat pas untuk menambah kesan mewah pada dapur kalian.

3. Rinnai Kompor Gas RI-602BGX
Rinnai Kompor Gas RI-602BGX ini mempunyai api kompor yang dapat berputar atau tornado big flame sehingga bisa membuat masakan lebih cepat matang, serta panasnya merata. Kompor gas Rinnai ini memiliki penyangga di bagian bawah yang terbuat dari stainless steel sehingga mampu menahan beban yang berat, selain itu kompor ini juga anti gores.

Produk RinnaiHarga Per September 2019
Rinnai Kompor Gas RI-712BGX Rp. 500.000
Rinnai Kompor Gas RI-522SRp. 300.000
Rinnai Kompor Gas RI-602BGXRp. 450.000
Harga pada tabel di atas dapat berubah sesuai waktu dan memiliki perbedaan sesuai tempat penjualannya.

Jenis Kompor Gas Rinnai

  • Model Kompor Gas Rinnai Tanam

Jenis kompor gas Rinnai ini yaitu, jenis kompor gas Rinnai yang ditanamkan di meja dapur. Terdiri dari dua varianya yaitu kompor induksi dan kompor tanam dengan tabung gas. Pilihan bahan bakar yang berbeda meskipun dalam satu model. Kompor gas jeni ini dapat dipilih sesuai kebutuhan, sedari kompor tanam dengan daya listrik ataukah dengan tabung gas.

  • Model Kompor Gas Rinnai Portable

Kompor gas Rinnai portable ini identik dengan sisi portablenya. Dimana model kompor gas Rinnai satu ini bisa dibawa kemana saja tanpa ribet. Memang lebih khusus sebagai kompor outdoor yang seringkali digunakan untuk camping atu berkegiatan di luar ruangan.

  • Model Kompor Gas Rinnai Komersial

Model Kompor gas Rinnai yang ini merupakan Rinnai kompor modern yang terbuat dari material kuat dan kokoh yakni dari besi cor. Dimana kompor gas portable pada umumnya, hanya bertungku satu, tapi tidak untuk Rinnai. Terdapat kompor gas Rinnai 2 tungku dan kompor gas Rinnai 4 tungku.

Kelebihan Rinnai

  • Gampang dibersihkan
     Produk kompor gas dua tungku dari Rinnai sudah didesain dengan menggunakan material stainless steel 304. ini akan membuat kompor gas kalian tidak gampang berkarat. Selain itu, stainless steel juga mudah dibersihkan sehingga tidak akan menyulitkan kalian untuk melakukan perawatan rutin.
  • Penggunaan gas yang hemat
    Kompor gas Rinnai ini dilengkapi dengan high output burner, nyala api dari kompor gas Rinnai menjadi lebih stabil sehingga masakan akan cepat matang dan hasilnya lebih merata. Jika masakan cepat matang maka kalian tidak akan membuang-buang banyak gas.
  • Praktis
    Dengan adanya tipe kompor gas Rinnai dua tungku, kamu dapat memasak dua masakan sekaligus. Ini akan menghemat waktumu dan efisien. Selain itu, dengan dua knob pengatur daya api kamu bisa mengatur masing-masing tungku sesuai kebutuhan.

Kekurangan Rinnai

  • Harga relatif mahal
    Untuk kekurangan pertama pada kompor gas Rinnai ini yaitu, kompor ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Berkisar dari harga Rp.280.000 – Rp. 800.000 per September 2019.
  • Kompor Rinnai belum memiliki sleep timer
    Adanya fasilitas sleep timer yang berfungsi untuk mematikan kompor gas dalam waktu tertentu sesuai keinginan penggunanya. Ini memiliki implikasi untuk keamanan, kepraktisan dan efisiensi penggunaan kompor.
  • Pemutaran penghidupan gas yang keras
    Saat baru pertama kali membeli kompor gas Rinnai dan saat ingin menghidupkan kompor pertama kali. Pemutaran gas cukup sulit di putar karena masih terasa cukup keras digunakan. Namun, Saat sudah lama akan terbiasa dan akan sedikit lebih gampang penggunaannya.

Miyako

Dengan menggunakan kompor gas Miyako dapat memasak lebih cepat dengan kompor gas dua tungku untuk memaksimalkan setiap aktifitas dapur kalian. Memiliki burner dari kuningan menjadikan api cepat panas dan merata. Alhasil, olahan pun cepat matang.

Material kompor gas Miyako yang terbuat dari bahan cetlon, lebih kokoh dan awet.

Rekomendasi Kompor Gas Miyako

1. Miyako KG 101C
Miyako KG 101C dapat menjadi pilihan yang tepat ketika kalian ingin mencari kompor gas satu tungku. Bukan hanya karena harganya yang terjangkau, kompor gas ini juga sudah cukup lengkap fungsi serta fiturnya.

Miyako KG 101C menggunakan LPG dengan tekanan yang rendah, sehingga lebih hemat dan ekonomis. Body-nya terbuat dari bahan stainless steel berlapis deep drawing powder black yang kokoh dan anti karat. Komponennya pun bisa dilepas, jadi kompor gas ini sangat mudah untuk dibersihkan.

2. Miyako CC-100
Miyako CC-100 merupakan kompor gas portable yang dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat kalian gunakan untuk camping atau kegiatan outdoor lainnya. Didesain dengan warna merah yang mendominasi, kompor gas Miyako CC-100 ini cukup ringan dalam ukuran 330 x 285 x 88 mm.

Untuk menggunakan kompor gas portable ini, Kalian dapat menggunakan Liquefied Butane Gas ataupun menggunakan bahan bakar gas LPG yang disesuaikan dengan Nozzle pada kompor gas Miyako CC-100 tersebut.

3. Miyako KG-302C
Kompor gas Miyako KG-302C ini dilengkapi dengan burner dari tungku kuningan yang akan membuat masakan Anda lebih cepat matang karena pengapian yang cepat panas dan lebih merata.

Bahan material cetlon yang digunakan pada kompor ini membuat kompor gas ini lebih kuat, kokoh dan awet. Selain itu harga yang ditawarkan lebih terjangkau.

Produk MiyakoHarga Per September 2019
Miyako KG 101CRp. 150.000
Miyako CC-100Rp. 225.000
Rinnai Kompor Gas RI-602BGXRp. 250.000
Harga pada tabel di atas dapat berubah sesuai waktu dan memiliki perbedaan sesuai tempat penjualannya.

Kelebihan Miyako

  • Material yang kokoh
    Kompor Gas Miyako ini dilengkapi dengan material yang kokoh sehingga penggunaan kompor gas ini dapat bertahan lama.
  • Api cepat panas
    Salah satu faktor penentu saat kita ingin membeli kompor gas adalah faktor apinya karena pastinya kita ingin memilih kompor gas yang memiliki api yang merata dan cepat panas. Kompor gas Miyako ini sangat tepat menjadi pilihan kalian, karena api dapat menyala secara merata dan cepat panas.
  • Harga yang ramah dikantong
    Jika dibandingkan dengan kompor gas Rinnai, Harga pada kompor gas Miyako ini terbilang cukup terjangkau.

Kekurangan Miyako

  • Sedikit sulit dibersihkan
    Kekurangan pertama pada kompor gas Miyako ini yaitu materialnya sedikit sulit dibersihkan, Oleh sebab itu kalian harus mengeluarkan tenaga ekstra ketika membersihkannya. dan Materialnya pun cukup rentan berkarat.
  • Pemakaian gas yang boros
    Kekurangan yang lainnya pada kompor gas Miyako ini yaitu penggunaan gas yang terbilang cukup boros. Oleh sebab itu hal ini banyak menjadi pertimbangan beberapa orang untuk membelinya.
  • Desain yang kurang menarik
    Jika dibandingkan dengan desain yang ada pada kompor gas Rinnai yang menawarkan desain yang elegan, Sangat disayangkan desain pada kompor gas Miyako ini terkesan sedikit simple, Namun kekurangan kali ini sesuai dengan selera masing-masing ya,guys!

Pilih Mana: Rinnai atau Miyako?

RinnaiMiyako
Kelebihan - Gampang dibersihkan - Penggunaan gas yang hemat - Praktis - Material yang kokoh - Api cepat panas  - Harga yang ramah dikantong
Kekurangan- Harga relatif mahal - Kompor Rinnai belum memiliki sleep timer - Pemutaran penghidupan gas yang keras - Sedikit sulit dibersihkan - Pemakaian gas yang boros - Desain yang kurang menarik

Kesimpulan

Berdasarkan artikel mengenai kedua kompor gas Rinnai dan Miyako di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing, Seperti pada kompor Rinnai yang menawarkan desain yang mewah dan penggunaan gas yang cukup irit namun sayangnya, Harga yang di bandrol cukup mahal. Jika kalian mencari kompor gas yang ramah di kantong kompor Miyako lah yang dapat menjadi pilihan yang tepat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rinnai vs Miyako

VS

Leave a Reply