Finance

Pilih Mana: Ripple atau Bitcoin?

Saat ini berinvestasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan masa depan agar menjadi lebih baik. beberapa cara yang dilakukan untuk berinvestasi. Mempertimbangkan cara investasi yang baik merupakan hal yang sangat penting. Kita pasti ingin melakukan investasi yang dapat menguntungkan dan aman salah satunya Ripple dan Bitcoin.

Ripple dan Bitcoin mempunyai perbedaan masing-masing dalam cara kerja dan penggunaanya, Apa saja sih perbedaan dari Ripple dan Bitcoin ini? Semuanya akan kita bahas dibawah dan kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Ripple

Ripple merupakan network  yang diciptakan oleh perusahaan Ripple Labs pada tahun 2012. Yang memungkinkan pengiriman mata uang antara dua pihak dengan waktu yang sangat cepat.

Sederhananya, Ripple adalah sebuah protokol open source yang dirancang sedemikian rupa untuk memungkinkan proses transaksi secara cepat dan murah. Dengan mata uangnya yang disebut XRP.

XRP merupakan token yang digunakan untuk merepresentasikan nilai transfer dalam jaringan Ripple. Tujuan utama XRP adalah untuk menjadi mediator untuk exchange lainnya, cryptocurrency maupun fiat  (Rupiah, dolar, lainnya), emas, bahkan miles pesawat terbang.

Penggunaan Ripple sangat aman, karena memiliki perlindungan jaringan dari penyalahgunaan dengan sistem Shared Ledger dari akun ke akun. Jadi, hampir tidak mungkin penyerangan terhadap jaringan Rapple berhasil, karena server Ledger (Buku Besar) catatan transaksi tidak hanya dimiliki satu komputer pada satu tempat saja, namun dimiliki semua pengguna XRP di seluruh dunia. Baca juga Pilih Mana: Bitcoin atau Forex?

Kelebihan Ripple

  • Mudah dijangkau
    Keunggulan Ripple salah satunya adalah mudah dijangkau. Karena sifatnya yang berbasis internet, Ripple dapat dijangkau oleh semua pengguna yang memiliki akses internet.
  • Transaksi aman
    Ripple memiliki sistem Shared Ledger dari akun ke akun yang akan melindungi dari penyalahgunaan. Terlebih server Ledger tidak hanya dimiliki oleh satu komputer saja, melainkan dimiliki semua pengguna Rapple di seluruh dunia. Karenanya, hampir tidak mungkin penyerangan terhadap jaringan Ripple berhasil dilakukan. Apalagi, Ripple tidak menggunakan penambangan untuk konfirmasi transaksi sehingga risiko serangan peretasan jauh lebih rendah.
  • Sebagai Exchanger
    Ripple juga berfungsi sebagai exchanger yang dapat ditukarkan menjadi mata uang apapun, baik itu Cryptocurrency, mata uang Negara, ataupun benda berharga (emas dan Perak) dengan standard komisi minimum.

Kekurangan Ripple

  • Memegang lebih dari 50% pasokan koin XRP
    Sementara cryptocurrency dalam sifatnya dimaksudkan untuk didesentralisasi, Ripple memiliki lebih dari 50 persen dari seluruh pasokan koin XRP . Beberapa ahli percaya bahwa ini dapat memiliki semacam efek buruk pada prediksi harga Ripple.
  • Otoritas pusat
    Pendekatan buku besar konsensus Ripple juga berbeda dari standar cryptocurrency biasa karena mewajibkan pengguna yang “divalidasi” untuk memberikan verifikasi transaksi. Ini berbeda pada jaringan Bitcoin di mana siapa pun dapat mengatur simpul dan memverifikasi transaksi.
  • Tidak ada rencana jangka panjang
    Tujuan utama Ripple ialah untuk mengenalkan teknologi transfer uangnya dan koin XRP tampaknya menjadi bagian sekunder dari strategi keseluruhan mereka, oleh karena itu, menunjukkan Ripple tidak bermain sesuai dengan aturan cryptos tradisional.

Cara Menggunakan Ripple

Membeli Ripple Coin di Penyedia Layanan Exchange
Sama seperti cryptocurrency lainnya, kamu dapat membeli Ripple Coin melalui penyedia layanan exchange. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  1. Langkah awal yang harus kalian lakukan yaitu harus membuat akun
  2. Lalu verifikasi data mencakup email, nomer telepon, dan identitas.
  3. Selanjutnya, transfer uang Rupiah ke platform penyedia layanan exchange bersangkutan. Pastikan kamu membeli Ripple Coin di layanan exchange yang terpercaya seperti GOPAX Indonesia. 

Menukarkan dengan Cryptocurrency Lain
Jika memiliki koin crypto lain, misalnya Bitcon atau Ether, kamu bisa menukarkannya atau mengkonversikannya dengan Ripple. Contohnya, jika kamu memiliki Ethereum, pindahkan Ethereum dari platform cryptocurrency kamu sebelumnya ke dompet Ethereum di GOPAX Indonesia agar dapat digunakan untuk membeli Ripple.

Manfaat Ripple Keterangan
Pembayaran lebih murahKarena Ripple juga merupakan mata uang kripto yang tidak bisa diatur nilainya oleh institusi (organisasi) manapun, pemerintah, bahkan penciptanya sendiri.
Pembayaran lebih cepatTransaksi Ripple bersifat otomatis, Jika terjadi delay yang hanya sebatas hitungan detik saja.
Keuangan yang mudah dijangkauRipple merupakan mata uang kripto dan layanan berbasis internet; sehingga berbeda dengan Bank Konvensional yang hanya bisa menjangkau nasabah dari Kantor-Kantor dan ATM, Ripple bisa menjangkau semua pengguna yang memiliki akses internet.
Keuangan yang terinterkoneksiProtokol penukaran uang Cross-Chain Universal memudahkan transaksi antar bisnis menjadi lebih mudah dan cepat.

Bitcoin

Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank.

Bitcoin merupakan sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang diciptakan tahun 2009 lalu oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Bitcoin menggunakan sistem peer to peer. Hanya saja, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi .

Tidak seperti mata uang lain pada umumnya, Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan peer to peer ke jurnal transaksi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Giro atau Tabungan?

Bitcoin bisa digunakan dalam berbagai jenis transaksi seperti membeli server internet, membeli produk fashion dan lain sebagainya. Beberapa orang yang hanya memperjualbelikan Bitcoin sebagai salah satu kegiatan berinvestasi yang memberikan keuntungan,

Berbeda dengan uang yang biasanya disimpan di rekening bank, Bitcoin dasarnya disimpan dalam komputer pribadi dengan format file wallet, atau disimpan dalam wallet yang disediakan oleh pihak ketiga. Kepemilikannya pun tidak memerlukan identitas alias bisa dimiliki oleh seorang anonim.

Kelebihan Bitcoin

  • Bitcoin tidak di miliki negara manapun
    Disetiap negara memiliki mata uang tersendiri seperti di Indonesia yaitu Rupiah.Tetapi yang membedakan Bitcoin dari mata uang dari berbagai Negara adalah Bitcoin ini tidak dimiliki oleh negara manapun. ini juga lah yang menjadi salah satu faktor kenapa banyak orang yang tertarik dengan Bitcoin karena faktor ini jelas sangat menguntungkan karena tidak ada negara yang bertanggung jawab seperti kursnya ditentukan dan juga pemerintah yang berkuasa dalam pengelolaan mata uang.
  • Bitcoin lebih aman dibandingkan uang yang bentuk fisik
    Bitcoin memiliki kelebihan dari segi keamanan karena bentuknya virtual di mana tidak akan ada yang namanya pemalsuan karena tidak memiliki wujud, tidak seperti mata uang dalam bentuk fisik yang tentu cukup banyak yang mungkin palsu.
  • Bitcoin di kembangkan dengan Idealisme
    Bitcoin dikembangkannya dengan dasar Idealisme. Dapat di artikan, pemerintah tidak ikut campur mengenai trading Bitcoin. Dengan ini, jelas kamu sendiri yang harus menganalisa mata uang Bitcoin. Sehingga kamu yang mempunyai Bitcoin bisa mengembangkannnya sendiri di market.

Kekurangan Bitcoin

  • Potensi besar terjadinya skandal, pencucian uang
    Kekurangan Bitcoin yang pertama adalah Potensi besar pencucian uang dimana dengan mudahnya orang memindahkan uang dari satu negara ke nagara lain tanpa terlacak.
  • Transaksi tidak instant
    Butuh waktu cukup lama untuk memproses transaksi pada Bitcoin, beberapa transaksi bahkan butuh beberapa hari untuk dikonfirmasi. Hal ini disebabkan adannya beberapa kendala termasuk delay pada jaringan Bitcoin dan juga keterbatasan BlockChain yang membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk membuat blok baru yang digunakan untuk transaksi.
  • Tidak efektif untuk transaksi dalam jumlah kecil
    Harga Bitcoin yang berubah sangat drastis setiap waktu. Hal ini menyebabkan Bitcoin menjadi tidak efektif untuk digunakan sebagai metode belanja sehari hari.

Cara Menggunakan Bitcoin

Membuat BitCoin wallet. Sama sepert wallet/ dompet uang yang kamu miliki, ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan BitCoin kamu. Wallet ini berwujud lebih nyata daripada rekening bank yang hanya berupa angka. File wallet yang kamu buat ini sama seperti file pada umumnya yang bisa kamu pindahkan dan simpan pada berbagai perangkat. Kamu bahkan juga bisa membuat file duplikat (namun tidak menduplikat uang yang ada didalamnya).

File wallet yang menyimpan BitCoin dan wallet application (disebut juga BitCoin client) yang digunakan untuk membuka file wallet tersebut. Artinya, kamu bisa memindahkan file wallet menggunakan USB drive dan membuka file tersebut di komputer yang memiliki aplikasi wallet.

Manfaat Bitcoin Keterangan
Transfer instant secara peer to peerPeer to peer berari Bitcoin berjalan tanpa memiliki server pusat. Server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi—dibagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan.
Transfer ke mana sajaBitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun yang Anda mau. Pengiriman dengan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi internet.
Transaksi bitcoin bersifat pseudonymousSemua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang bisa kita lihat, namun kita tidak tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pemilik tidak memberitahukannya.

Pilih Mana: Ripple atau Bitcoin?

Ripple Bitcoin
Kelebihan- Mudah dijangkau - Transaksi aman - Sebagai Exchanger- Bitcoin tidak di miliki negara manapun - Bitcoin lebih aman dibandingkan uang yang bentuk fisik - Bitcoin di kembangkan dengan Idealisme
Kekurangan- Memegang lebih dari 50% pasokan koin XRP - Otoritas pusat - Tidak ada rencana jangka panjang - Potensi besar terjadinya skandal, pencucian uang  - Transaksi tidak instant - Tidak efektif untuk transaksi dalam jumlah kecil

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan dari artikel di atas bahwa Ripple dan Bitcoin mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi jika kalian ingin memilih menggunakan tanpa biaya yang cukup besar Bitcoin dapat menjadi pilihan. Tetapi, keamanan pada Bitcoin lebih mudah terjadi hacking dibandingkan dengan Ripple yang mempunyai keamanan yang cukup tinggi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ripple VS Bitcoin

VS

Leave a Reply