ElektronikKameraPhotography

Pilih Mana: RODE Wireless Go 2 atau Saramonic Blink 500

Mikrofon eksternal saat ini hadir dengan banyak model. Namun, yang paling menarik adalah mikrofon eksternal yang telah menggunakan koneksi wireless. Selain lebih praktis dan tidak akan repot dengan urusan kabel, keunggulannya lain ada pada rancangan yang sangat ringkas dan compact sehingga lebih mudah dibawa kemana pun.

Ada 2 raksasa yang merajai pasar, yaitu Rode dan Saramonic. Kedua brand ini berlomba-lomba menciptakan mic berkualitas untuk menunjang kegiatan pembuatan video/film. Namun, apakan kedua mic wireless ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama? Mari kita bedah keduanya!

RODE Wireless Go 2

RODE Wireless Go merupakan pelopor mikrofon wireless yang tidak perlu diragukan lagi. Di pasaran saat ini terdapat 2 pilihan yaitu, generasi pertama atau keduanya. Keduanya sama saja, namun hanya berbeda pada fitur-fitur tertentu. Pada paketan Wireless Go II bisa ditemukan tiga modul. Modulnya terdiri dari dua modul transmitter dan satu modul receiver dua kanal. Sementara, Wireless Go hanya satu transmitter dan satu modul receiver.

Wireless Go II dapat merekam dua sumber suara yang berbeda secara bersamaan. Selain itu, Wireless Go II juga telah dilengkapi ruang penyimpanan. Jadi, pengguna dapat menyimpan file rekaman audio dengan kompresi selama 24 jam atau tanpa kompresi untuk durasi 7 jam.

Harga RODE Wireless Go 2 dibanderol sekitar Rp 5 jutaan dan harga RODE Wireless Go sekitar 2 jutaan Rupiah saja.

Kelebihan RODE Wireless Go

1. Dimensi ringkas dan ringan
Terdiri dari 2 modul yaitu transmitter (TX) dan receiver (RX) membuat dimensi Rode Wireless Go yang sangat ringkas dan ringan. Dimensinya sekitar 44mm x 45mm x 18.5mm dengan bobot hanya 31 gram.

Modul Rode Wireless Go transmitter (TX) dapat digunakan secara terpisah sebagai mic karena didalamnya telah tertanam mic omnidirectional dan klip terintegrasi. Selain itu, transmitter Rode Wireless Go juga bisa digunakan sebagai unit transmisi untuk mic Rode Lavalier lewat input 3.5mm TRS.

2. Minimalisir Gangguan
Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Mic wireless ini adalah meminimalisir gangguan seperti kabel kusut dan suara noise.

3. Dapat terhubung hingga jarak 70 meter
Rode Wireless Go dilengkapi dengan teknologi nirkabel Rode Series III Digital 2.4 GHz. Berkat teknologi tersebut Rode Wireless Go dapat terhubung secara nirkabel hingga jarak 70 meter.

4. Baterai tahan hingga 7 jam
Ditenagai dengan baterai Li-po yang bisa digunakan hingga sekitar 7 jam pemakaian. Selain itu Rode Wireless Go dapat diisi ulang lewat port USB-C. Rode Wireless Go sendiri dijual satu paket dengan 2 bulu pelindung angin (fur windshields), satu pouch, satu kabel konverter USB-A ke USB-C dan kabel SC2.

Kekurangan Rode Wireless Go

1. Harganya cukup mahal

Beli RODE Wireless Go 2 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Saramonic Blink 500

Saramonic Blink 500 didesain sedikit berbeda dengan RODE Wireless Go. Mikrofon ini dapat terhubung ke kamera hingga jarak 50 meter di ruangan terbuka. Fitur lainnya yaitu, Saramonic Blink 500 mendukung dual-channel receiver. Satu receiver dapat digunakan untuk merekam audio dari dua kanal berbeda. Jadi, pengguna tidak perlu membeli dua mikrofon untuk merekam suara dari dua sumber berbeda.

Lihat juga:  Pilih Mana: Laptop HP atau Laptop Asus?

Mic ini tersedia dengan beberapa paket. Harga paling murah Saramonic Blink 500 sekitar Rp 1,8 jutaan, sudah termasuk dengan receiver lightning untuk iPhone/iPad.

Kelebihan Saramonic Blink 500

1. Kualitas built in mic sangat bagus dan jernih
Dari segi built in mic ini sangat terbaik dikelasnya, bahkan diklaim lebih baik dari kualitas mikrofon RODE

2. Jangkauan wireless 2.4GHZ hingga 50 meter
Mic ini bisa dibilang memiliki jangkauan yang cukup jauh, hingga 50 meter di ruang terbukadan 30 meter di ruang tertutup dengan penghalang tembok / pembatas.

3. Baterai tahan hingga 5 jam penggunaan non-stop.
Kapasitas baterai dari Saramonic Blik 500 terbilang sedikit lebih rendah dari RODE, yaitu hanya bertahan 5 jam saja.

4. Minimalisir Gangguan
Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Mic wireless ini adalah meminimalisir gangguan seperti kabel kusut dan suara noise.

Kekurangan Saramonic Blink 500

1. Baterai hanya mampu bertahan 5 jam sedikit lebih cepat dari RODE.
2. Tidak ada headphone jack untuk memonitoring untuk audio yang direkam
3. Pairing ke receivernya sedikit menyulitkan
4. Tidak ada tampilan indikator baterai tidak terlihat saat baterai lemah

Beli Saramonic Blink 500 online di harga termurahnya sekarang, klik disini.

Pilih Mana: RODE Wireless Go 2 atau Saramonic Blink 500?

Keterangan RODE Wireless Go 2Saramonic Blink 500
Kelebihan - Dimensi ringkas dan ringan - Minimalisir Gangguan - Dapat terhubung hingga jarak 70 meter - Baterai tahan hingga 7 jam- Kualitas built in mic sangat bagus dan jernih - Jangkauan wireless 2.4GHZ hingga 50 meter - Baterai tahan hingga 5 jam penggunaan non-stop. - Minimalisir Gangguan
Kekurangan - Harganya cukup mahal- Baterai hanya mampu bertahan 5 jam sedikit lebih cepat dari RODE. - Tidak ada headphone jack untuk memonitoring untuk audio yang direkam - Pairing ke receivernya sedikit menyulitkan - Tidak ada tampilan indikator baterai tidak terlihat saat baterai lemah
Beli OnlineKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Microphone tersebut hadir dengan fitur dan kelebihannya masing-masing, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan produksi video Anda dan budget yang Anda miliki. Namun, tetap memperhatikan spesifikasi dan merek kamera yang Anda punya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

RODE Wireless Go 2 atau Saramonic Blink 500

VS