Smartphone

Pilih Mana: ROG Phone 2 vs Oneplus 7 Pro

Kecanggihan smartphone saat ini tentunya sudah semakin pesat. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya smartphone sekarang yang memiliki spesifikasi dan performa yang mumpuni untuk aktivitas sehari-hari, seperti halnya ROG Phone 2 dan Oneplus 7 Pro.

ROG Phone 2 dan Oneplus 7 Pro adalah smartphone untuk kelas menengah keatas, bukan tanpa alasan, karena kedua smartphone ini memiliki kecanggihan yang membuat para penggunanya nyaman saat memakainya. Meskipun harga yang disematkan cukup tinggi juga ya guys.

Mau tahu lebih dalam mengenai kedua smartphone ini? Untuk itu yuk simak terus Selera.id untuk dapatkan info lebih jauh dari ROG Phone 2 dan Oneplus 7 Pro ini. Disini aja ya guys!

ROG Phone 2 vs Oneplus 7 Pro

ROG Phone 2

Di kancah global, smartphone ini sudah diumumkan pada Juli 2019. Asus ROG Phone 2 tetap menghadirkan pengalaman gaming smartphone yang luar biasa dengan layar HDR 10-bit 120Hz, lengkap dengan koleksi aksesori dan kemitraannya dengan para pengembang game.

Asus ROG Phone 2 mengusung layar AMOLED 6,59 inci resolusi 1.080×2.340 piksel (rasio aspek 19.5:9). Kamera depan 24MP juga dioptimalkan untuk pemakaian lanskap.

Sebagai smartphone gaming, tentu Asus ROG Phone II mesti mempunyai dapur pacu yang powerfull. Mengingat akan hal itu, maka Asus memilih chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 Plus sebagai jantung pacunya.

Meski sama-sama memakai arsitektur 7nm, namun chipset tersebut lebih cepat dibanding processor Snapdragon 855 standar.

Processornya mempunyai kecepatan Octa Core dengan clock speed yang terbagi menjadi 3 inti, yaitu Single Core 2.96 Ghz Kryo 485, Triple Core 2.42 Ghz Kryo 485 dan Quad Core 1.8 Ghz Kryo 485.

Berbekal processor tersebut, tentu performa Asus ROG Phone II akan sangat luar biasa. Terlebih didalamnya sudah terselip GPU Adreno 640 dan Ram 12GB. Baca juga Pilih Mana: Asus Zenfone Max Pro M1 atau Xiaomi Redmi Note 5 Pro?

Kamera ROG Phone 2

Asus membekali ROG Phone 2 dengan dua lensa yang terpasang pada bagian belakang. Dimana kameranya mempunyai resolusi 48 Megapixel dengan Aperture f/1.8 dan sensor 1/2″, 0.8µm. Kamera itu juga mempunyai fitur Phase Detection Laser Autofocus.

ROG Phone 2 vs Oneplus 7 Pro

Sesuai habitatnya, Asus ROG Phone II bukanlah smartphone yang dikhususkan untuk berfoto selfie ataupun merekam video. Walaupun begitu, Asus tetap membekalinya dengan kamera depan beresolusi 24 Megapixel yang mendukung Aperture f/2.2 dan sanggup merekam video Full HD 1080p@30fps.

Baterai ROG Phone 2

Asus ROG Phone II mempunyai kapasitas baterai 6.000 mAh, menawarkan 7 jam aksi PUBG tanpa henti. Dan pengisian daya juga cepat dengan 30W ROG HyperCharge memakai kabel 3A standar (mendukung Quick Charge 4.0).

Fitur ROG Phone 2

  1. AirTriggers
    Fitur tersebut memungkinkan kita memakai mode gesture pada bezel Asus ROG Phone 2, sehingga dapat dioptimalkan sebagai kontroler game.
  2. Dual Band A-GPS
    Meski belum mensupport 5G, namun smartphone ini telah dilengkapi Dual Band A-GPS yang didukung satelit GLONASS, BDS, GALILEO, dan QZSS. Selain itu, tersedia pula NFC dan USB Type-C yang terpasang pada bagian samping.

Kelebihan ROG Phone 2

  • Desain unik dengan build quality yang baik
    Asus ROG Phone II merupakan HP dengan desain dan build quality yang lebih baik dibanding seri sebelumnya. Aksen khas ROG Phone telah melekat dan kental dengan logo yang menyala. Cuma saja, garis desain ROG Phone II sedikit berbeda dibanding seri pertama.
  • Layar AMOLED 120 Hz
    Layar pada Asus ROG Phone II sudah mensupport DCI-P3 108% dan HDR10. Selain itu, layar di HP ini sudah mendukung mode 120 Hz (dengan mode bawaan 60 Hz). Ada juga teknologi 240 Hz touch-sensing yang membuat sektor layar Asus ROG Phone II istimewa.
  • Performa kencang
    ASUS ROG Phone II dibekali dengan Snapdragon 855+. Chipset ini merupakan peningkatan dari Snapdragon 855. Peningkatan terletak pada clock speed CPU dan GPU-nya. Snapdragon 855 hadir dengan konfigurasi CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485) dengan GPU Adreno 640.

Kekurangan ROG Phone 2

  • Bodi berat
    Asus ROG Phone II memang mempunyai build quality dan desain yang bagus. Namun, HP ini tergolong berat di tangan. Dengan dimensi 171 x 77.6 x 9.5 mm dan bobot 240 gr, HP ini terasa berat di tangan.
  • Tidak ada IP rating
    Sebagai HP kelas atas, seyogyanya Asus ROG Phone II harus sudah mendapatkan sertifikasi tahan air atau IP Rating. Sayangnya, hal tersebut tidak ditemukan di Asus ROG Phone II. Hal ini membuat para konsumen mesti berhati-hati ketika memainkan Asus ROG Phone II, terutama ketika di kondisi hujan atau basah.
  • Sensor sidik jari yang tidak dapat diandalkan
    Sensor sidik jari di ROG Phone II ternyata tidak memuaskan. Beberapa pemakainya mengatakan kalau sensor sidik jari di layar pada HP ini tidak terlalu “wah”. Sensornya membaca dengan cepat namun mereka mengalami masalah soal akurasi dan keandalan. Satu kekurangan lagi tentunya dari ROG Phone II.

Oneplus 7 Pro

Setiap smartphone masa kini tidak lepas dari yang namanya prosesor. Kegunaan komponen ini cukup berpengaruh terhadap kinerja ponsel. Namun untuk smartphone One Plus 7 Pro tidak perlu diragukan lagi.

Karena mengenakan platform Qualcomm Snapdragon 855 terbaru. Disamping itu juga elemen pendamping Qualcomm Snapdragon dilengkapi prosesor Octa core dengan 45% lebih cepat dan lebih sedikit mengkonsumsi sebanyak 20% lebih irit.

ROG Phone 2 vs Oneplus 7 Pro

Smartphone ini juga dilengkapi ruang penyimpanan yang cukup besar dan berguna menyimpan file dengan jumlah yang banyak. One Plus 7 pro dilengkapi memori internal 128 GB dan 256 GB. Sedangkan One Plus menyediakan kapasitas RAM 6 GB dan 8 GB.

Kamera Oneplus 7 Pro

Smartphone ini mempunyai 3 kamera yang berlokasi berdampingan antara satu dengan lainnya. Ketiga kamera ini memiliki panjang fokus dengan ukuran 16 mm hingga 78 mm. Masing-masing lensa kamera didesain untuk kegunaan yang berbeda-beda.

Semua kamera yang dipasang pada bagian depan maupun belakang ponsel ini mempunyai tiga kali optical zoom. Sekaligus memungkinkan kamu dapat melihat dari jarak jauh maupun dekat.

Baterai Oneplus 7 Pro

Seperti smartphone yang lainnya, One Plus 7 Pro juga tidak ketinggalan dengan memakai baterai dengan kapasitas yang lumayan besar adalah sebesar 4.000 mAh yang akan bertahan dalam kurun waktu sehari penuh.

Selain itu juga One Plus 7 Pro dilengkapi dengan charger yang super cepat yang berkecepatan sebesar 38% dari charger merek One Plus sebelumnya. Kamu cuma membutuhkan waktu 20 menit untuk mengisi daya hingga 50%.

Fitur Oneplus 7 Pro

  1. Fast charging
    Oneplus 7 Pro sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang membuat pengisian baterai smartphone ini jadi cepat.
  2. Sidik jari
    Seperti fitur smartphone masa kini, Oneplus 7 Pro juga sudah menyematkan fitur sidik jari kedalamnya. Fitur ini juga cukup responsif sehingga nyaman digunakan

Kelebihan Oneplus 7 Pro

  • Pengisian daya super cepat
    OnePlus 7 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Baterainya ini ternyata mempunyai teknologi pengisian daya yang tergolong cepat. Seperti yang diungkapkan oleh sebagian konsumennya yang mengatakan jika pengisian dari 0% sampai 60% bisa terisi selama 30 menit saja.
  • Layar bezel tipis, All-Full-Screen
    OnePlus 7 Pro mempunyai layar 6, 67 inci. Layarnya tergolong besar. Layarnya ini mengusung Quad HD+ 1440 x 3120 pixels dan layarnya telah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass. Yang menarik, panel layar yang dipakai HP ini adalah Fluid AMOLED.
  • In-display fingerprint unlock yang responsif
    Salah satu kelebihan lain dari OnePlus 7 Pro yaitu teknologi sensor sidik jari di layar. Sensor sidik jari di layar ini mempunyai respon yang tergolong baik. Banyak reviewer yang memuji kecepatan dan respon dari OnePlus 7 Pro ini.

Kekurangan Oneplus 7 Pro

  • Hasil kamera biasa saja untuk kelasnya
    OnePlus 7 Pro dibekali dengan kamera yang mengenakan sensor Sony IMX 586. Sensor ini terlihat populer karena banyak digunakan di berbagai HP yang mengusung pemeriksaan 48 MP. Walaupun pada dasarnya sensor itu merupakan 12MP yang dilengkapi dengan teknologi Pixel Binning.
  • Daya tahan baterai kurang lama
    OnePlus 7 Pro dibekali dengan baterai berkapasitas 4. 000 mAh. Secara angka, kapasitasnya tergolong besar. Tetapi, sayangnya, daya tahan baterai ini tidak begitu lama.
  • Tidak ada 3,5 audio jack
    Tidak adanya slot microSD di OnePlus 7 Pro masih dapat dimaklumi. Pasalnya, OnePlus 7 Pro mempunyai penyimpanan UFS 3.0 yang kecepatannya 20x lebih cepat dari memori microSD. Tipe penyimpanan ini juga lebih cepat dari tipe penyimpanan yang ada di HP pada umumnya.
Spesifikasi Rog Phone 2Oneplus 7 Pro
OSAndroid 9.0 (Pie), ROG UI Android 9.0 (Pie), OxygenOS 9
ChipsetQualcomm SDM855 Snapdragon 855 Plus Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
CPUOcta-core (1x2.96 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.8 GHz Kryo 485)Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.80 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640Adreno 640
Baterai Kapasitas 6.000 mAhKapsitas 4.000 mAh
Harga per November 2019Rp 12.100.000,-Rp 9.560.000,-

Pilih Mana: ROG Phone 2 vs Oneplus 7 Pro

ROG Phone 2Oneplus 7 Pro
Kelebihan- Desain unik dengan build quality yang baik - Layar AMOLED 120 Hz - Performa kencang - Pengisian daya super cepat - Layar bezel tipis, All-Full-Screen - In-display fingerprint unlock yang responsif
Kekurangan- Bodi berat - Tidak ada IP rating - Sensor sidik jari yang tidak dapat diandalkan - Hasil kamera biasa saja untuk kelasnya - Daya tahan baterai kurang lama - Tidak ada 3,5 audio jack

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai ROG Phone 2 dan Oneplus 7 Pro tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini tentunya worth it untuk dipakai sehari-hari. Untuk kamu seorang gamers mobile, pastinya kami akan rekomendasikan ROG Phone 2 untuk aktivitas gaming kamu. Tentukan pilihan smartphone andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

ROG Phone 2 vs Oneplus 7 Pro

VS

Leave a Reply