Kesehatan

Pilih Mana: Rohto atau Insto?

Mata merupakan bagian tubuh yang sangat penting agar bisa melihat sesuatu. Untuk itu mata haruslah dijaga dengan baik. Namun ada kalanya mata terkena beberapa komponen yang merugikan seperti debu, asap dan lain sebagainya yang bisa menyebabkan mata jadi merah. Untuk itu kamu bisa memakai salah dua merk obat mata yang paling terkenal saat ini yaitu Rohto dan Insto

Rohto dan Insto merupakan obat mata yang memiliki beberapa kandungan yang baik agar mata jadi senantiasa sehat dan segar. Terdapat beberapa varian yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi mata kamu.

Penasaran dengan detail selengkapnya mengenai Rohto dan Insto? Untuk itu pantengin terus Selera.id agar bisa kamu jadikan referensi untuk memilih obat mata andalan kamu. Stay tune guys!

Rohto

Rohto adalah produk tetes mata berkualitas serta terpercaya dan merupakan salah satu produk PT. Rohto Laboratories Indonesia yang cukup dikenal luas oleh masyarakat.

Masuk ke pasar Indonesia sejak 1934 dan terus berinovasi sehingga senantiasa dipercaya sampai saat ini. Dengan varian produk yang cukup lengkap untuk mengatasi iritasi mata ringan serta mengatasi mata kering dengan cepat dan aman.

Rohto sendiri sangat mudah didapatkan, kamu bisa menemukannya di warung terdekat, supermarket, mall dan beberapa toko kesehatan lainnya.

Rohto juga memiliki beberapa varian yang bisa kamu sesuaikan dengan keluhan dan kondisi mata masing-masing. Kandungan yang ada di dalamnya tentu sudah diuji klinis dan aman bagi para penggunanya selama dalam pemakaian yang wajar dan sesuai dengan takaran yang sudah ditetapkan. Baca juga 10 Vitamin Mata Minus Terbaik 2019

Kelebihan Rohto

  • Meredakan mata merah
    Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh Rohto tentunya adalah meredakan mata memerah akibat debu, asap dan lain sebagainya. Hal ini karena Rohto memiliki kandungan Naphazoline Hydrochloride di sebagian produknya.
  • Meredakan mata bengkak
    Selain meredakan mata merah, Rohto juga sanggup meredakan mata bengkak dan berair yang diakibatkan oleh batuk dan pilek.
  • Meredakan mata karena alergi
    Dan kelebihan yang terakhir dari Rohto adalah mampu meredakan mata karena alergi yang disebabkan oleh sesuatu yang menyebabkan performa mata jadi berkurang.

Kekurangan Rohto

  • Penglihatan jadi kabur
    Rohto yang memiliki beberapa kelebihan tentunya memiliki beberapa efek samping, salah satunya yaitu penglihatan jadi sedikit lebih kabur. Namun jangan khawatir karena efek samping ini biasanya hanya terjadi sebentar saja.
  • Mata jadi pedas
    Efek samping lainnya selain penglihatan jadi kabur adalah mata jadi pedas. Jika efek ini berkepanjangan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar menghindari beberapa efek samping lainnya yang tentu merugikan.
  • Memicu efek hyperemia
    Hyperemia terjadi saat pembuluh darah di daerah tertentu mengalami penyempitan sehingga mengakibatkan kemerahan pada kulit. Hal ini tentu jika penggunaan Rohto secara berlebihan dilakukan. Untuk itu gunakan Rohto dengan kadar yang sudah ditentukan yang ada pada setiap kemasannya.

Varian Rohto

– Rohto C Cube
Rohto C Cube mampu melumasi mata kering akibat pemakaian berbagai lensa kontak (soft lens, hard lens, disposable, maupun rigid gas permeable lens), Melembabkan serta membuat mata kembali nyaman, Bisa dipakai langsung tanpa mesti membuka lensa kontak.

– Rohto Cool Eye
Rohto Cool Eye Merupakan cairan tetes mata yang dipakai untuk membantu meredakan sementara mata merah akibat iritasi ringan yang diakibatkan debu, asap, angin, sengatan sinar matahari, pemakaian lensa kontak, alergi atau berenang.

Varian Rohto Harga per Oktober 2019
Rohto C CubeRp 48.000,-
Rohto Cool EyeRp 12.000,-

Insto

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan sebuah obat yang bernama Insto. Obat ini bahkan sering muncul di tv karena memanglah menjadi salah satu obat yang diiklankan dan menjadi salah satu yang banyak dicari.

Fungsi dari Insto yaitu sebagai obat untuk menangani mata merah. Obat ini berupa cairan yang mana cara penggunaannya mesti langsung diteteskan ke mata.

Di dalam Insto, terkandung zat yang bernama tetrahydrozoline HCl yang mana ia berfungsi sebagai agen vasokonstriktor yang berfungsi untuk mempengaruhi sistem saraf pusat maupun juga pembuluh darah.

Sekedar informasi sebenarnya ketika terjadi iritasi, pembuluh darah berada dalam kondisi vasodilatasi yang kemudian menyebabkan mata menjadi merah.

Dan jika Insto diteteskan ke mata, maka kandungan didalamnya akan menyebabkan pembuluh darah kamu akan mengalami vasokonstriktor sehingga kemudian mata tidak memerah lagi. Untuk bisa mendapatkan Insto, kamu bisa langsung pergi ke apotek maupun juga bisa membelinya di minimarket.

Kelebihan Insto

  • Meredakan mata merah
    Sama halnya dengan Rohto, Insto juga mampu untuk meredakan mata merah karena debu, asap dan lain sebagainya karena kandungan yang baik di dalamnya.
  • Meredakan mata yang iritasi
    Selain bisa meredakan mata merah, Insto juga bisa meredakan mata yang iritasi. Namun jika kamu merasakan iritasi mata yang berkepanjangan, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Memberikan efek pelumas seperti air mata
    Jika mata kamu terasa kering, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Insto agar mata kamu senantiasa sehat dan tidak kering. Jadi jangan khawatir lagi menggunakan Insto karena memiliki beberapa kelebihan yang baik namun dengan takaran yang sesuai.

Kekurangan Insto

  • Mata terasa pedih
    Selain memiliki beberapa kelebihan, Insto tentunya memiliki beberapa kekurangan seperti membuat mata jadi terasa pedih. Namun jangan khawatir karena umumnya efek ini hanya terjadi sementara.
  • Memiliki efek terbakar
    Kekurangan selanjutnya yaitu mata jadi pedih seperti terbakar. Hal ini tentunya terjadi karena pemakaian yang berlebihan dan tidak sesuai dengan takaran yang sudah diberikan di setiap kemasannya.
  • Memicu efek hyperemia
    Sama seperti Rohto, Insto sendiri bisa memicu efek Hyperemia. Hyperemia terjadi saat pembuluh darah di daerah tertentu mengalami penyempitan sehingga mengakibatkan kemerahan pada kulit. Maka dari itu hindari penggunaan Insto yang berlebihan ya guys.

Varian Insto

– Insto Dry Eyes
Insto Dry Eyes mengandung zat aktif Hydroxypropyl methylcellulose selulosa dan Benzalkonium Chloride, dipakai untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.

– Insto Moist
Insto Moist merupakan larutan atau suspensi steril yang dipakai untuk terapi maupun pengobatan mata dengan cara meneteskan obat pada selaput lendir mata di sekitar kelopak dan bola mata.

– Insto Regular Eye Drop
Insto Regular Eye Drop mengandung zat aktif Tetrahidrozolin HCl dan Benzalkonium Klorida, dipakai untuk mengatasi mata merah dan rasa perih akibat iritasi mata ringan yang bisa diakibatkan karena asap, debu dan lainnya.

Varian InstoHarga per Oktober 2019
Insto Dry Eyes Rp 14.000,-
Insto MoistRp 15.000,-
Insto Regular Eye DropRp 28.000,-

Beberapa penyebab mata merah

1. Konjungtivitis
Konjungtivitis atau yang juga sering disebut dengan pink eye yaitu infeksi mata yang paling umum dan menular. Kondisi ini terjadi ketika konjungtiva, yakni membran transparan yang menutupi bola mata dan bagian dalam kelopak mata mengalami infeksi.

2. Mata kering
Sindrom mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak memproduksi cukup banyak cairan mata, baik dari segi kuantitas serta kualitas, untuk melumasi mata kamu. Akibatnya, perihal itu membuat mata kamu jadi kering serta teriritasi sehingga terlihat memerah.

3. Alergi
Mata merah sering disebut sebagai mata alergi. Perihal ini terjadi karena reaksi umum dari alergi yaitu mata merah. Ketika sistem kekebalan kamu bereaksi terhadap zat asing, seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, bahan kimia tertentu yang ada dalam makeup atau larutan lensa kontak, tubuh kamu secara alami melepaskan histamin sebagai upaya untuk melawan penyebab allergen.

4. Mata lelah
Terlalu lama menatap layar monitor, Televisi, atau hp akan membuat kamu secara tidak sadar jarang berkedip. Padahal, berkedip merupakan salah satu cara alami untuk melembabkan mata kamu sehingga bisa mencegah mata kering dan merah.

5. Cedera di mata
Trauma atau luka pada mata yang diakibatkan karena kecelakaan, terpapar benda asing atau zat kimia, baru menjalani operasi, goresan kecil yang menyebabkan kornea lecet, atau luka bakar juga bisa jadi pemicu mata merah.

Terdapat berbagai hal yang bisa membuat mata jadi merah dan bengkak. Untuk itu gunakan obat mata seperti Rohto atau Insto sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys.

Pilih Mana: Rohto atau Insto?

Rohto Insto
Kelebihan- Meredakan mata merah - Meredakan mata bengkak - Meredakan mata karena alergi - Meredakan mata merah - Meredakan mata yang iritasi - Memberikan efek pelumas seperti air mata
Kekurangan- Penglihatan jadi kabur - Mata jadi pedas - Memicu efek hyperemia - Mata terasa pedih - Memiliki efek terbakar - Memicu efek hyperemia

Kesimpulan

Rohto dan Insto merupakan obat mata yang sudah berpengalaman selama bertahun-tahun lamanya. Kualitas yang diberikan tentunya bermanfaat untuk mata agar senantiasa sehat dan segar. Beberapa efek samping tentunya terjadi apabila penggunaan yang berlebih dan tidak sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rohto vs Insto

VS

Leave a Reply