LifestyleMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Roti Gandum atau Beras Merah?

Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk tetap sehat. Dan juga dengan menjaga pola hidup sehat akan membuat kamu tetap terlihat sehat. Banyak sekali cara untuk menjaga pola hidup sehat, misalnya dengan menjaga makanan yang baik. Roti Gandum dan Beras Merah adalah makanan yang bisa menjadi salah satu menu kamu untuk menjaga pola hidup sehat. Mengenai Roti Gandum dan Beras Merah, apakah kamu tahu mengenai manfaat dari keduanya? Jika belum disini saya akan membahas manfaat dari keduanya. Yuk, baca artikel dibawah ini ya.

Roti Gandum

Roti merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam menu sarapan. Tidak hanya mudah dalam penyajiannya, roti juga cukup mengenyangkan. Dulu hanya roti putih saja yang banyak ditemukan di Indonesia. Tetapi saat ini roti gandum juga banyak ditemukan di pasaran.

Pilihan terbaik merupakan roti gandum utuh(whole wheat bread) yang dibuat dari tepung biji gandum utuh dengan tekstur agak kasar. Pada beberapa negara, roti gandum dilengkapi dengan biji-bijian di atasnya untuk tampilan yang lebih menarik, sekaligus menambah kandungan nutrisi. Roti gandum merupakan salah satu pengganti pilihan makanan konsumsi tidak hanya roti putih. Baca juga Pilih Mana: Roti Gandum atau Oatmeal?

Manfaat Roti Gandum Untuk Kesehatan

Menurunkan Resiko Stroke
Menurunkan Resiko Stroke juga disebut-sebut sebagai salah satu manfaat roti gandum. Tidak hanya kaya akan kandungan nutrisi, perlu diketahui kalau produk roti gandum umumnya mempunyai kandungan kolesterol yang sangat kecil atau bahkan tidak memiliki kolesterol sama sekali.

Sebaliknya, roti gandum justru mempunyai kandungan asam lemak tidak jenuh yang merupakan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu diketahui bahwa kolesterol, terutama kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan salah satu faktor penyakit stroke. Kolesterol yang menumpuk bisa membuat plak yang menimbulkan tersumbatnya pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

Baik Untuk Pencernaan
Manfaat roti untuk kesehatan yang terakhir adalah untuk menjaga saluran pencernaan. Roti gandum mempunyai kandungan serat yang cukup besar, perihal ini pastinya sangat bagus untuk pencernaan. Asupan serat yang cukup akan menjauhi kamu dari sembelit atau sulit buang air besar. Tidak hanya itu, serat dalam gandum juga bisa bekerja sebagai prebiotik dan mendukung bakteri baik yang ada dalam pencernaan kamu.

Kuman baik ini sangat penting keberadaannya untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja dengan baik. Ternyata banyak sekali manfaat roti gandum yang tidak disangka-sangka, ya? Walaupun roti gandum baik dikonsumsi untuk kesehatan, tetapi kamu pasti juga tetap wajib memperhatikan cara penyajiannya ya.

Kalori Lebih Rendah
Kandungan nutrisi roti gandum memang lebih besar, tapi kalorinya justru lebih kecil. Hal ini merupakan kelebihan lain dari roti gandum. Roti gandum bisa penuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tetapi dengan asupan kalori yang tidak terlalu besar. Manfaat roti gandum yang satu ini juga yang membuat roti gandum menjadi pilihan untuk menu menurunkan berat badan.  Kamu bisa membeli Roti Gandum di pasar swalayan seperti Hypermart.

Lebih Kaya Nutrisi
Manfaat roti untuk kesehatan berikutnya adalah kandungan nutrisinya yang lebih besar dan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga bagus untuk menjaga berat badan kamu. Roti gandum yang banyak nutrisi bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Makanan bergizi ini juga sangat bagus untuk perkembangan sehingga sesuai dikonsumsi semua kalangan, termasuk anak-anak dan juga ibu hamil. Dan akan membuat kamu kenyang lebih lama.

Jenis Roti Gandum

Roti gandum utuh
Roti gandum (roti gandum hitam)
Roti gandum oat
Roti gandum beras merah

Beras Merah

Beras merah dalam sejarahnya, beras ini dianggap sebagai makanan para raja. Di China disebut sebagai beras terlarang(forbidden rice). Karena pada masa itu hanya keluarga kerajaan yang boleh mengkonsumsinya. manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh yang sudah banyak diketahui adalah manfaatnya untuk program diet.

Lihat juga:  9 Merk Susu Diet Terbaik 2020

Beras merah umumnya dikonsumsi oleh seseorang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan karena beras merah memiliki gula yang lebih sedikit bila dibanding dengan nasi putih. Disamping itu, beras merah juga sudah teruji memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Khasiat beras merah untuk kesehatan memang sangat banyak.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Mengontrol Kadar Gula Darah
Salah satu manfaat paling penting dari mengkonsumsi beras merah yaitu untuk mengontrol glukosa darah. Beras putih mempunyai indeks glikemik yang lebih tinggi dari beras merah, yang berarti dia berubah menjadi glukosa lebih cepat, memasuki aliran darah, dan menyebabkan lonjakan gula darah. Berbeda dengan beras merah yang melakukan ini jauh lebih lambat. Senyawa serat dan polifenolik yang ditemukan dalam beras merah juga membantu mengurangi indeks glikemik yang terdapat di dalamnya.

Meningkatkan Kualitas Tidur
Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan sulit tidur. Tetapi faktor penyumbang yang paling umum dan sedikit dikenal adalah hormon melatonin. Beras merah secara alami memiliki kandungan melatonin yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, beras merah juga memiliki vitamin B yang membantu metabolisme dan siklus tidur.

Mengurangi Resiko Kanker Usus Besar
Beras merah banyak akan kandungan selenium. Selenium adalah mineral yang terlibat dalam berbagai proses metabolisme, termasuk pemecahan hormon dan racun. Tidak hanya itu, selenium juga bisa memperbaiki DNA yang rusak dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Beras merah memiliki banyak senyawa yang diketahui sebagai lignan yang diubah menjadi senyawa biologis setelah dicerna oleh bakteri probiotik di usus kita. Salah satu senyawa yang diproduksi bernama enterolactone yang mempunyai kemampuan untuk melindungi terhadap penyakit jantung. Tidak hanya itu, beras merah juga membantu mengurangi kadar kolesterol yang berdampak negatif untuk kesehatan jantung kamu.

Jenis Beras Merah

Beras merah yang berwarna merah gelap, beras merah ini belum di sosok atau atau dikelupas ari nya, sehingga ketika dimakan akan terasa lebih kasar dan mengenyangkan. Beras merah yang berwarna merah terang, beras merah ini telah kulit arinya sehingga ketika dimakan lebih lunak dan tidak terlalu padat.

Kedua tipe beras merah ini sama baiknya untuk kandungan serat sudah pasti yang lebih baik adalah jenis beras merah yang belum di sosok, tetapi jika kamu mau beras merah yang terasa lebih enak tentu yang berwarna merah terang, jadi tergantung selera kamu.

Pilih Mana: Roti Gandum atau Beras Merah?

Roti Gandum Beras Merah
Kelebihan- Baik untuk menurunkan resiko stroke - Pilihan yang tepat untuk menjaga berat badan atau diey - Memiliki kalori lebih rendah- Mengontrol kadar gula darah - Meningkatkan kualitas tidur - Mengurangi risiko penyakit jantung
Kekurangan- Kurang tahan lama - Memiliki kandungan gluten - Rentan terkena alergi - Dapat membuat tubuh kurus

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, bahwa Roti Gandum dan Beras Merah banyak memiliki manfaat untuk kesehatan kamu. Dan juga untuk mencari keduanya tidak susah guys, banyak di supermarket atau pasar swalayan yang menjual keduanya. Dari kedua ini, mana yang menjadi pilihan untuk kamu konsumsi untuk menjaga pola hidup sehat kamu? Pilih sesuai selera kamu ya, jika mau praktis Roti Gandum bisa menjadi pilihan kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Roti Gandum vs Beras Merah

VS

Leave a Reply