KesehatanLifestyleMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Roti Gandum atau Oatmeal?

Menjaga pola sehat untuk hidup untuk di zaman sekarang itu sangat penting. Kamu dapat menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga olahraga secukupnya. Menjaga berat badan yang seimbang tentunya juga adalah pola hidup sehat yang banyak dilakukan orang. Menjaga berat badan bukan berarti kamu tidak makan seharian ya. Menjaga berat badan hanya perlu kamu ketahui atau memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Roti Gandum dan Oatmeal adalah salah satu makanan dengan pola hidup sehat yang bisa menjaga kondisi hidup sehat kamu guys. Tetapi mana yang bagus untuk menjaga berat badan kamu? Yuk, baca penjelasannya dibawah ini.

Roti Gandum

Roti merupakan salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam menu sarapan. Tidak hanya mudah dalam penyajiannya, roti juga cukup mengenyangkan. Dulu hanya roti putih saja yang banyak ditemukan di Indonesia. Tetapi saat ini roti gandum juga banyak ditemukan di pasaran. Baca juga Pilih Mana: Brownies Kukus atau Brownies Panggang?

Pilihan terbaik merupakan roti gandum utuh(whole wheat bread) yang dibuat dari tepung biji gandum utuh dengan tekstur agak kasar. Pada beberapa negara, roti gandum dilengkapi dengan biji-bijian di atasnya untuk tampilan yang lebih menarik, sekaligus menambah kandungan nutrisi. Roti gandum merupakan salah satu pengganti pilihan makanan konsumsi tidak hanya roti putih. Kamu bisa membeli Roti Gandum di pasar swalayan seperti Hypermart.

Manfaat Roti Gandum Untuk Kesehatan

Menurunkan Resiko Stroke
Menurunkan Resiko Stroke juga disebut-sebut sebagai salah satu manfaat roti gandum. Tidak hanya kaya akan kandungan nutrisi, perlu diketahui kalau produk roti gandum umumnya mempunyai kandungan kolesterol yang sangat kecil atau bahkan tidak memiliki kolesterol sama sekali.

Sebaliknya, roti gandum justru mempunyai kandungan asam lemak tidak jenuh yang merupakan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu diketahui bahwa kolesterol, terutama kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan salah satu faktor penyakit stroke. Kolesterol yang menumpuk bisa membuat plak yang menimbulkan tersumbatnya pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

Baik Untuk Pencernaan
Roti gandum mempunyai kandungan serat yang cukup besar, perihal ini pastinya sangat bagus untuk pencernaan. Asupan serat yang cukup akan menjauhi kamu dari sembelit atau sulit buang air besar. Tidak hanya itu, serat dalam gandum juga bisa bekerja sebagai prebiotik dan mendukung bakteri baik yang ada dalam pencernaan Kamu.

Kuman baik ini sangat penting keberadaannya untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja dengan baik. Ternyata banyak sekali manfaat roti gandum yang tidak disangka-sangka, ya? Walaupun roti gandum baik dikonsumsi untuk kesehatan, tetapi kamu pasti juga tetap wajib memperhatikan cara penyajiannya ya.

Kalori Lebih Rendah
Kandungan nutrisi roti gandum memang lebih besar, tapi kalorinya justru lebih kecil. Hal ini merupakan kelebihan lain dari roti gandum. Roti gandum bisa penuhi kebutuhan nutrisi tubuh, tetapi dengan asupan kalori yang tidak terlalu besar. Manfaat roti gandum yang satu ini juga yang membuat roti gandum menjadi pilihan untuk menu menurunkan berat badan.

Lebih Kaya Nutrisi
Manfaat roti untuk kesehatan berikutnya adalah kandungan nutrisinya yang lebih besar dan membuat kamu kenyang lebih lama sehingga bagus untuk menjaga berat badan kamu. Roti gandum yang banyak nutrisi bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Makanan bergizi ini juga sangat bagus untuk perkembangan sehingga sesuai dikonsumsi semua kalangan, termasuk anak-anak dan juga ibu hamil. Dan akan membuat kamu kenyang lebih lama.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan sarapan yang terdiri dari gandum dan cairan, seperti air, susu sapi, atau susu nabati. Manfaat makan oatmeal menyehatkan tubuh karena penuh dengan nutrisi dan serat, gandum adalah salah satu makanan yang paling bergizi yang dapat dikonsumsi. Saat ini oatmeal mudah ditemukan di Indonesia, hampir di setiap minimarket hingga supermarket telah menyediakan oatmeal instan.

Oatmeal terbuat dari gandum kering. Oat dianggap sebagai gandum utuh dengan sejumlah manfaat gizi. Rasa serta isi nutrisi oatmeal bisa ditingkatkan dengan menambahkan buah-buahan, susu atau tambahan lainnya. Mengingat fakta-fakta ini, tidak mengherankan bila oatmeal untuk diet.

Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan

Menyediakan Banyak Vitamin dan Mineral
Manfaat makan oatmeal bisa mencukupi vitamin dan mineral dalam tubuh. Oatmeal merupakan makanan kaya nutrisi yang memiliki banyak vitamin dan mineral namun rendah kalori. Konsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi bisa memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh sembari membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat. Oatmeal untuk diet, tepat sekali untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Mengurangi Kadar Kolesterol
Khasiat makan oatmeal juga bisa mengurangi kadar kolesterol total. Ada beberapa bukti yang mendukung pernyataan bahwa manfaat oatmeal bisa mendukung kadar kolesterol sehat karena kandungan beta-glucannya. Suatu tinjauan tahun 2014 menetapkan bahwa oatmeal dapat mengurangi kadar kolesterol keseluruhan jika kamu mengonsumsi 3 gram atau lebih beta-glucan sehari.

Menjaga Berat Badan
Oatmeal untuk diet karena kaya akan serat larut, jadi orang cenderung merasa kenyang lebih cepat setelah memakannya dari mengonsumsi makanan lain. Merasa kenyang dapat membantu mengontrol porsi makan dan mencapai tujuan penurunan berat badan. Tetapi juga banyak orang tidak memilih oatmeal untuk diet, lebih memili roti-rotian.

Antioksidan
Manfaat makan oatmeal yang pertama dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, karena makanan ini mengandung antioksidan tingkat tinggi. Oatmeal secara spesial mengandung polifenol, yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Avenanthramides adalah jenis antioksidan yang ada hampir secara eksklusif di gandum.

Pilih Mana: Roti Gandum atau Oatmeal?

Roti Gandum Oatmeal
Kelebihan- Baik untuk menurunkan resiko stroke - Pilihan yang tepat untuk menjaga berat badan atau diey - Memiliki kalori lebih rendah- Menyediakan banyak vitamin dan mineral - Mengurangi kadar kolesterol - Sebagai antioksidan
Kekurangan- Kurang tahan lama - Memiliki kandungan gluten - Terlalu sering mengkonsumsi Oatmeal akan menyebabkan diabetes - Mengandung peptisida

Kesimpulan

Roti Gandum dan Oatmeal adalah makanan rekomendasi untuk kamu menjaga pola hidup sehat. Tetapi untuk menjaga berat badan yang baik Roti Gandum adalah pilihan yang tepat ya. Untuk Oatmeal banyak yang setujua kan menurunkan berat badan tetapi tidak begitu efektf dibandingkan Roti Gandum yang dapat menahan lapar lebih lama. Kalau Roti Gandum memang banyak sudah diketahui bahwa dapat mengenyangkan perut lebih lama, sehingga waktu makan kamu dapat teratur ya guys. Nah, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Roti Gandum vs Oatmeal

VS

Leave a Reply