Pilih Mana: Roti Kukus atau Roti Bakar?

Loading...

Roti adalah produk pangan olahan yang merupakan hasil proses pemanggangan adonan yang telah difermentasi dan memiliki struktur berongga- rongga yang dikembangkan dengan ragi roti. Dengan semakin berkembangannya zaman roti mempunyai variasi yang banyak seperti Roti kukus dan roti bakar. Roti kukus dan roti bakar disajikan dengan variasi rasanya, disini saya akan menjelaskan beberapa varian mengenai roti kukus dan roti bakar.


Roti Kukus

Siapa yang tidak mengenal roti kukus atau dikenal dengan bolu kukus? Roti ini terbuat dengan cara dikukus dan banyak diantara jajaran kue tradisional Indonesia, pasti mengenal yang namanya roti kukus atau bolu kukus tersebut. Roti kukus atau biasa disebut bolu kukus ini sangat terkenal dengan bentuknya yang mekar, rasanya yang enak dan teksturnya yang empuk.

Tidak hanya kamu dapatkan di restoran atau toko kue. Roti kukus dapat kamu buat sendiri dirumah dengan bahan- bahan seperti tepung, gula, susu dan telur juga bahan yang lain yang dibutuhkan untuk membuat roti kukus. Baca juga artikel kami sebelumnya Pilihmana: Martabak atau Roti Bakar?

Roti kukus merupakan camilan yang wajib ada pada setiap momen atau acara istimewa. Tidak hanya banyak variasi, roti kukus juga rasanya bermacam- macam. Apapun variasinya, roti kukus enak, halus, serta manis di mulut deh. Berikut beberapa varian dari roti kukus atau bolu kukus yang banyak disukai banyak orang.

Roti Kukus Ketan Hitam

Kamu tentu sudah mengenal jenis ketan yang satu ini, ketan hitam. Ketan hitam memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan ketan putih. Ketan hitam ini banyak dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Isi antioksidan yang terdapat dalam ketan hitam bermanfaat untuk mengurangi pengaruh radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu kanker.

Roti kukus ketan hitam ini merupakan roti yang menjadi populer di kalangan pecinta kuliner, dengan rasa yang enak dan tekstur yang lembut sangat sesuai untuk kamu yang suka cemilan. Roti kukus ketan hitam ini juga dapat kamu buat sendiri loh dengan bahan- bahan seperti tepung ketan, tepung terigu, margarin, telur dan bahan- bahan lainnya.


Roti Kukus Pelangi

Tidak hanya warnanya yang cantik roti kukus pelangi juga mempunyai cita rasa yang enak. Bisa ditemukan di toko kue dan bisa kamu buat sendiri, tips untuk mendapatkan roti kukus yang enak dalam membuat bolu kukus gulung, sebaiknya tekstur adonan tidak terlalu kental dan padat, karena bolu akan mudah rusak saat digulung. Pada penambahan essen atau pasta ke dalam adonan yang sudah terbentuk, sebaiknya aduk melipat perlahan dan jangan terlalu lama agar volume adukan tetap normal.

Roti Kukus Coklat

Siapa yang tidak suka dengan coklat? Apalagi coklat dipadukan dengan roti dan diproses dengan proses pengukusan. Ya, roti kukus coklat yang sangat disukai dengan rasanya yang enak dan mudah dibuat dirumah dengan bahan- bahan yang perlu digunakan dan bahan- bahan yang mudah didapatkan di toko, pasar, dan minimarket. Roti kukus coklat ini juga menjadi favorit sebagai hidangan di acara- acara istimewa seperti acara wedding, birthday dan juga acara lainnya.

Loading...

Jika kamu mau praktis dan tidak mau ribet dengan membuat sendiri roti kukus, kamu bisa mendapatkan roti kukus di toko roti dan juga di supermarket seperti Carrefour, Hypermart, Giant dan lainnya dengan harga berkisar mulai dari Rp. 20. 000an.

Roti Bakar

Kuliner roti bakar rasanya hampir bisa ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia. Roti dengan cara dibakar ini menjadi pilihan yang sangat disukai para kuliner. Kamu akan membayangkan bagaimana lezatnya roti dengan beraneka isian. Apalagi saat ini para pengusaha roti bakar juga terus berinovasi menciptakan ragam menu baru kekinian yak tidak hanya enak dimakan, tetapi juga cantik untuk diabadikan.

Roti Bakar adalah salah satu menu yang biasa kita pesan ketika kita lagi diet sobat atau dapat juga ketika kita sedang sarapan pagi untuk menggantikan nasi. Roti bakar merupakan salah satu cemilan yang sangat praktis dan murah, patas saja sering sekali anak muda yang memesan roti bakar ketika nongkrong.


Mulai sekarang banyak sekali jajanan roti bakar yang beraneka rasa yang sangat menggoda selera, ada blueberry, strawberry, pisang, keju, coklat, susu dan lain lain. Berikut beberapa varian dari roti bakar yang banyak disukai banyak orang.

Roti Bakar Meleleh dan Warna- warni

Tidak hanya diolesi mentega dan ditaburi coklat butir, cara lain menikmati roti adalah dengan dibakar hingga kering dan terasa krispi. Meski sudah bukan kuliner baru di Indonesia, tetapi belakangan cemilan ini kembali terkenal dikalangan masyarakat dengan berbagai varian barunya. Salah satunya adalah rainbow toast atau roti bakar pelangi yang berisi keju mozarella warna- warni. Kejunya yang meleleh dan mudah saat ditarik, membuat ingin tidak cukup jika hanya satu.

Roti Bakar Hitam

Pernah dengar mengenai bakso hitam? Serupa dengan itu, ini bukan roti gosong. Jika bakso hitam terbuat dari arang bambu Jepang, warna hitam pada roti bakar ini berasal dari kopi gayo yang menjadi campurannya. Sebagai pemanis, ada yang disajikan dengan keju atau selai pisang

Roti Bakar dan Dibakar Dengan Daun

Terdapat lagi varian kuliner ini yang mesti dicoba sendiri kenikmatannya. Yaitu Roti Bakar Selimut Hijau, kali ini dibakarnya setelah dibungkus dengan daun pisang terlebih dahulu. Bisa dibayangkan kan wanginya akan menggoda seperti apa? Nah, banyak pilihan isi atau topping yang bisa kamu coba di antaranya adalah green tea, kacang, keju, hingga taro, coklat dan lainnya.

Roti bakar sangat mudah didapatkan di jalanan biasanya malam hari sudah banyak orang yang mulai jualan roti bakar dengan harga yang cukup murah Rp.15.000an, dan juga kamu bisa membeli roti tawar dan juga berbagai topping seperti selai dengan rasa green tea, coklat, kacang dan lainnya kemudian kamu panggang dirumah praktis bukan?

Pilih Mana: Roti Kukus atau Roti Bakar?

Roti KukusRoti Bakar
Kelebihan - Memiliki banyak varian - Mudah didapatkan dan bisa dibuat sendiri - Seperti yang kita ketahui roti dengan cara dikukus akan lebih sehat- Menambah tenaga kandungan pati yang baik tanpa indeks glikemik yang tinggi - Memiliki banyak varian - Mengusir rasa mual, kamu bisa makan roti bakar yang sudah diolesi mentega ditambah susu untuk mengatasinya
Kekurangan- Proses pencampuran adonan yang kurang merata dapat membuat tekstur menjadi keras - Roti kukus yang memiliki tekstur lembab tidak tahan lama - Proses pengadukan margarin yang kurang rata dapat menyebabkan margarin jadi mengendap di bagian dasar- Menambah tenaga kandungan pati yang baik tanpa indeks glikemik yang tinggi - Memiliki banyak varian - Mengusir rasa mual, kamu bisa makan roti bakar yang sudah diolesi mentega ditambah susu untuk mengatasinya

Kesimpulan:

Roti kukus dan roti bakar memiliki rasa yang enak dan sering dikonsumsi semua orang, tidak hanya memiliki banyak varian roti kukus dan roti bakar juga mudah didapatkan dengan harga yang murah bahkan bisa dibuat sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan di supermarket atau pasar swalayan. Roti kukus dan roti bakar juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing, akan lebih aman dan baik jika dikonsumsi tidak berlebihan ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Roti Kukus vs Roti Bakar

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *