Aplikasi

Pilih Mana: Ruangguru VS Quipper?

Di zaman sekarang, bukan hanya les privat offline saja yang eksis melainkan les privat online juga turut banyak digunakan oleh pelajar. Sebut saja Ruangguru dan Quipper yang keduanya sama-sama aplikasi bimbingan belajar dengan sistem online paling bagus sehingga banyak digunakan oleh para pelajar jaman now. Namun manakah yang lebih baik, Ruangguru atau Quipper? Jangan bingung! Kami akan membahas keduanya di bawah ini.

Ruangguru dan Quipper merupakan layanan bimbel online yang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Dengan adanya bimbel online ini, Anda sebagai orang tua maupun sebagai pelajar tidak perlu lagi untuk bersusah payah pergi ke tempat les privat yang terkadang jauh dari rumah. Karena sekarang, belajar bisa diadakan dimana saja dan kapan saja.

Ruangguru

Didirikan pada tahun 2014, Ruangguru merupakan sebuah aplikasi gadget-friendly belajar online yang tersedia dalam berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga SMA yang juga disesuaikan dengan kurikulum Nasional. Di dalam Ruangguru juga dibimbing khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Baca juga Pilih Mana: Ruangguru atau Zenius?

Kelebihan Ruangguru

Berikut kekurangan Ruangguru yang perlu Anda ketahui:

  • Acara Belajar Lebih Mengasyikkan

Tak seperti kompetitornya, tutor atau guru pemimbing di Ruangguru selalu standby sehingga jika ada siswa yang belum mengerti, bisa langsung bertanya pada guru via live chat secara online. Nilai tambah Ruangguru lainnya adalah tersedia grup belajar online se-Indonesia yang juga didukung oleh try out online.

  • Ada Soal Latihan & Pembahasannya

Setelah kita menonton video belajar dari semua mata pelajaran, ternyata sudah tersedia soal latihan dan pembahasannya. Soal yang ditampilkan juga sesuai dengan video yang sebelumnya sudah ditonton. Setelah menjawab soal, akan muncul pembahasan yang menjelaskan jawaban yang jika kita salah akan diberitahu letak kesalahannya.

  • Tidak Bosan Menonton Video Belajar

Kelebihan lain dari Ruangguru adalah Anda akan menikmati setiap video belajarnya karena sangat mudah dipahami dan ada animasi lucu yang menyegarkan mata. Durasi video juga tidak lebih dari 10 menit sehingga focus konsentrasi belajar tidak mudah pecah oleh sesuatu yang lain. Kegiatan belajar di Ruangguru dijamin tetap asyik dan menyenangkan, sangat cocok bagi Anda yang menginginkan hiburan saat belajar.

Kekurangan Ruangguru

Berikut kekurangan Ruangguru yang perlu Anda ketahui:

  • Aplikasi Lumayan Besar

Salah satu kekurangan Ruangguru adalah ukuran aplikasinya cukup besar sehingga pengguna harus memiliki perangkat gadget yang sanggup menampung size sebesar itu. Selain itu, Ruangguru juga kurang populer layaknya aplikasi Quipper di kalangan masyarakat atau pelajar.

  • Belum Banyak Sales Agent

Kurangnya kepopuleran Ruangguru dibandingkan Quipper ialah karena layanan bimbel online ini belum cakap soal marketing karena sales agent yang sedikit. Dibandingkan Quipper yang memuat iklan dimana-mana, apalagi diiklankan oleh penyanyi Maudi Ayunda sehingga membuat banyak orang yang tahu.

  • Kurang Fokus

Mungkin untuk sebagian orang, animasi dan font warna-warni dalam Ruangguru menjadi pemandangan cerah agar tidak bosan belajar. Tapi untuk sebagian orang yang menginginkan konsentrasi tinggi, hal itu akan mengurangi fokus sehingga belajar pun jadi kacau dan tidak mood lagi.

Kelebihan RuangguruKekurangan Ruangguru
- Acara belajar lebih mengasyikkan- Aplikasi lumayan besar
- Ada soal latihan & pembahasannya- Belum banyak sales agent
- Tidak bosan menonton video belajar- Kurang fokus

Quipper

Quipper merupakan aplikasi belajar berbasis online, didirikan oleh perusahaan teknologi yang berpusat di London, Inggris, pada tahun 2010 lalu. Namun Quipper baru hadir di Indonesia empat tahun kemudian yaitu tahun 2014. Saat ini, Quipper telah digunakan lebih dari 3 juta pelajar dan 300 ribu guru di seluruh Tanag Air. Dari pencapaian inilah, Quipper diklaim telah berhasil meluluskan 100 % pengguna dalam tingkat UN dan 72% diantaranya memperoleh nilai di atas rata-rata.

Kelebihan Quipper

Berikut beberapa kelebihan Quipper yang perlu diketahui:

  • Video Lebih Interaktif

Kelebihan Quipper yang pertama adalah video yang disajikan lebih interaktif karena pelajar bisa melihat tutor atau guru yang mengajarkan pelajaran layaknya sedang berada di kelas. Bukan hanya itu, pelajar juga bisa mendownload materi pelajaran yang sudah disampaikan dalam video tersebut untuk mengulangi kembali di masa mendatang.

  • Membuat Jadwal Belajar Sendiri

Di aplikasi Quipper, anak Anda bisa diajarkan untuk mengatur waktu belajarnya sendiri dengan baik. Fitur teranyar dari Quipper yakni memungkinkan siswa dalam membuat jadwal belajar sendiri sesuai waktu luang mereka, sehingga anak akan terbiasa untuk mandiri dan disiplin dalam belajar.

  • Lebih Populer

Kenapa Quipper lebih popular dari Ruangguru? Karena Quipper terus gencar memasarkan produknya baik lewat layar kaca atau media baca. Iklan Quipper tersebar dimana-mana sehingga banyak masyarakat yang sudah tahu, terlebih lagi sales agen Quipper rajin mempromosikan produk mereka ke seluruh Indonesia.

Kekurangan Quipper

Berikut beberapa kekurangan Quipper yang perlu diketahui:

  • Waktu Berlangganan Langsung 1 Tahun

Tidak seperti Ruangguru yang lebih fleksibel, waktu berlangganan di Quipper langsung satu tahun karena tidak ada opsi pilihan waktu berlangganan. Sedangkan pada Ruangguru, Anda bisa memilih paket per bulan, atau bahkan paket langsung satu tahun ajaran. Dari segi harga, Quipper juga lebih mahal dari Ruangguru.

  • Video Sering Membosankan

Di Quipper, video belajar memakan durasi cukup lama untuk sebuah konsep yang simple. Bahkan terkadang tidak ada judul yang pasti di setiap videonya. Selain itu, volume guru saat berbicara pun terlalu keras sehingga mengganggu konsentrasi belajar.

  • Membutuhkan Kuota yang Banyak

Sama halnya dengan Ruangguru, Quipper juga memakan cukup banyak tempat karena ukuran aplikasinya yang lumayan besar. Selain itu, Anda harus menyiapkan kuota yang banyak untuk mengakses Quipper karena video-video di dalamnya yang berdurasi panjang.

Kelebihan QuipperKekurangan Quipper
- Video lebih interaktif- Waktu berlangganan langsung 1 tahun
- Membuat jadwal belajar sendiri- Video sering membosankan
- Lebih populer- Membutuhkan kuota yang banyak

Pilih Mana: Ruangguru VS Quipper?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Ruangguru dan Quipper. Untuk memudahkan Anda, kami telah merangkum perbedaan keduanya di tabel berikut ini:

RuangguruQuipper
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Berasal dari Indonesia- Berasal dari London
- Bisa berlangganan per bulan- Berlangganan langsung 1 tahun

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Ruangguru dan Quipper, bisa kita simpulkan bahwa kedua layanan bimbel online ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan Ruangguru karena harganya lebih terjangkau dan waktu berlangganan cukup fleksibel.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ruangguru VS Quipper

VS

Leave a Reply