Layanan

Pilih Mana: RumahWeb atau NiagaHoster?

Saat ini telah banyak tersedia layanan hosting di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Bali, dan kota lainnya. Di antara belasan penyedia layanan hosting, dua diantaranya adalah Rumahweb dan Niagahoster. Namun, Anda pasti bingung ingin memilih provider mana yang lebih bagus bukan. Rumahweb atau Niagahoster? Jangan khawatir karena pada artikel ini kami akan membantu Anda untuk memilih antara kedua layanan hosting menurut kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Rumahweb dan Niagahoster merupakan website hosting yang menjadi tempat di dunia maya untuk Anda menyimpan semua file seperti video, teks, produk, program, dan lain-lain. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan file melalui jaringan computer berkemampuan tinggi atau sering disebut web server.

Rumahweb

Rumahweb didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta yang kini berkembang menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar di Tanah Air. Rumahweb telah melayani lebih dari 15.000 pelanggan. Meski awalnya berasal dari 1 server, sekarang Rumahweb sudah memiliki lebih dari 30 server dalam melayani hosting dan VPS/Cloud. Baca juga Pilih Mana: WordPress atau Joomla?

Kelebihan Rumahweb

Berikut beberapa kelebihan Rumahweb yang perlu diketahui:

  • Layanan Support Baik

Rumahweb menyebut dirinya sendiri sebagai “orang rumah” karena selalu standby untuk pelanggan selama 24 jam penuh. Layanan support dinilai sangat baik, tersedia via live chat, telepon, tiket bantuan, dan email. Hal ini tentu membuat para pelanggan puas untuk bertanya kapanpun dan dimanapun mengenai kendala jika terjadi masalah pada domain mereka.

  • Gratis Migrasi Hosting

Rumahweb menawarkan migrasi hosting secara gratis alias tanpa dipungut biaya. Meskipun sama seperti kebanyakan web hoster lainnya, namun Rumahweb memberikan diskon hingga 50% dan gratis hosting pada bulan pertama pemakaian.

  • Pilihan Paket Hosting Fleksibel

Bagi yang belum tahu, Rumahweb memberikan tiga level paket hosting yakni Cloud Hosting (Personal, Professional dan Enterprise), WordPress Hosting dan VPS. Apabila Anda ingin memilih Rumahweb sebagai partner hosting, minimal Anda harus memilih paket professional 250 MB karena sumber daya yang ideal untuk membangun website baru sesuai kebutuhan.

Kekurangan Rumahweb

Berikut kekurangan Rumahweb yang perlu diketahui:

  • Tidak Ada Garansi Pembelian Hosting

Kekurangan pertama dari Rumahweb adalah tidak adanya garansi pembelian hosting yang dinilai cukup fatal. Tidak peduli seberapa baik Anda dapat mempertahankan kepuasan pelanggan dan kepercayaan dalam layanan Anda, garansi adalah sesuatu yang tidak boleh dikesampingkan, bahkan web hosting paling terkenal di dunia seperti Bluehost yang mempunyai basis lebih dari dua juta pelanggan masih menyediakan garansi 30 hari untuk pembelian hosting.

  • Page Load Time Cukup Lambat

Rumahweb memiliki rata-rata page load time yang cukup lambat yaitu sekitar 3.2 detik, padahal idealnya kecepatan website Anda tidak boleh lebih dari 2 detik. Hosting dengan server yang stabil nyatanya belum cukup untuk memenuhi bisnis online, karena Anda juga membutuhkan hosting dengan server yang cepat.

  • Paket Personal dengan Sumber Daya Terbatas

Paket Personal Hosting di Rumahweb, baik yang 50 MB maupun 100 MB, keduanya sama-sama memiliki sumber daya yang terbatas. Kapasitas ini dinilai belum ideal untuk membangun sebuah website baru, bahkan kalau tujuan Anda hanya untuk keperluan personal seperti blog hobi makan, portofolio, dan sebagainya.

Kelebihan RumahwebKekurangan Rumahweb
- Layanan support baik- Tidak ada garansi pembelian hosting
- Gratis migrasi hosting- Page load time cukup lambat
- Pilihan paket hosting fleksibel- Paket personal dengan sumber daya terbatas

Niagahoster

Bisa dikatakan bahwa Niagahoster adalah pemain baru dalam dunia web hosting karena baru berdiri pada tahun 2014 lalu. Namun, dalam kurun waktu 4 tahun saja, Niagahoster telah berhasil mencapai lebih dari 30.000 pengguna terdaftar. Bahkan Niagahoster masuk dalam top 3 perusahaan hosting dengan klien terbanyak di Tanah Air.

Kelebihan Niagahoster

Berikut beberapa kelebihan Niagahoster yang perlu diketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Dibandingkan Rumahweb, Niagahoster dikenal dengan web hosting yang menawarkan diskon-diskon menggiurkan. Apapun paket yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan diskon hingga 50%. Meski memberikan diskon besar-besaran, bukan berarti Niagahoster akan mengurangi fitur dan kualitas untuk layanannya. Jadi Anda tak perlu khawatir soal performanya.

  • Page Load Time Baik

Page load time adalah rata-rata waktu dalam satuan detik yang diperlukan pengunjung saat memebuka website Anda. Jadi, semakin sedikit page load time sebuah website, maka semakin cepat pula loading website tersebut. Pada Niagahoster, load time-nya sekitar 1.45 detik yang berarti kualitas Niagahoster tak perlu diragukan lagi.

  • Free SSL

Berbeda dengan web hosting lain, Niagahoster memberikan pelayanan berupa gratis sertifikat SSL di semua paket pilihan. Bahkan, untuk paket yang paling murah seperti paket “Bayi” juga disediakan Unlimited SSL selama Anda setia berlangganan dengan Niagahoster. Tentunya hal ini sangat bermanfaat jika Anda ingin memberikan keamanan premium untuk website Anda.

Kekurangan Niagahoster

Berikut beberapa kekurangan Niagahoster yang perlu diketahui:

  • Paket Bayi Mempunyai Keterbatasan

Paket hosting termurah di Niagahoster dinamakan paket Bayi karena memiliki fitur-fitur terbatas. Paket ini hanya untuk satu website saja dengan ukuran maksimal 500 MB, hanya untuk satu email, dan memiliki resources power yang terbatas pula.

  • Kebijakan Refund hanya Berlaku untuk Order Pertama Saja

Kekurangan Niagahoster lainnya yaitu kebijakan pengembalian uang yang hanya berlaku untuk order akun pertama saja. Sebagai contoh, apabila sebelumnya Anda sudah memiliki akun hosting di Niagahoster, maka proses refund tidak berlaku untuk akun hosting kedua dan seterusnya. Bukan hanya itu, nominal refund juga dikurangi oleh biaya aktivasi domain.

  • Kurang Transparan dalam Order VPS Hosting

Niagahoster memang terbaik soal harga dan layanan dibandingkan pesaingnya, namun proses order Cloud VPS Hosting kurang transparan karena tidak ada opsi untuk memilih lokasi server. Hal ini merugikan user karena jika user lupa atau tidak tahu sebelumnya, lokasi server default dari Niagahoster adalah SG.

Kelebihan NiagahosterKekurangan Niagahoster
- Harga lebih terjangkau- Paket bayi mempunyai keterbatasan
- Page load time baik- Kebijakan refund hanya berlaku untuk order pertama saja
- Free SSL- Kurang transparan dalam order VPS hosting

Pilih Mana: RumahWeb atau NiagaHoster?

Di atas telah dijabarkan mengenai perbedaan antara Rumahweb dan Niagahoster. Untuk lebih memudahkan Anda, kami telah merangkum perbedaan antar keduanya di tabel berikut ini:

RumahwebNiagahoster
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Page load time cukup lambat- Page load time lebih cepat
- Tidak ada garansi pembelian hosting- Adanya garansi dan refund pembelian hosting

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbedaan antara Rumahweb dan Niagahoster, dapat kita simpulkan bahwa kedua layanan hosting ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan Niagahoster untuk menjadi partner web hosting Anda karena memiliki keunggulan lebih banyak dari Rumahweb.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

RumahWeb vs NiagaHoster

VS

Leave a Reply