Pilih Mana : Rumahweb VS DomaiNesia?

Loading...

Dalam memilih sebuah website hosting, tentunya tidak boleh asal-asalan. Anda perlu memilih hosting yang berkualitas dan jangan termakan iklan harga murah yang kenyataannya sering mengalami down. Beberapa layanan hosting yang sudah terpercaya oleh masyarakat Indonesia adalah Rumahweb dan DomaiNesia. Namun manakah yang lebih baik diantara keduanya? Rumahweb atau DomaiNesia?

Rumahweb dan DomaiNesia ialah penyedia jasa website hosting yang memiliki reputasi baik untuk menjadi sebuah tempat untuk Anda menyimpan semua file seperti foto, video, teks, dan sebagainya di internet. Dua layanan ini mempermudah Anda untuk membangun website pribadi melalui jaringan komputer berkemampuan tinggi yang sering disebut web server.

Rumahweb

Rumahweb menjadi salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2002 silam di Yogyakarta. Saat ini, Rumahweb telah melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan yang berawal dari 1 server menjadi 30 server lebih untuk melayani hosting dan VPS/Cloud. Sebelumnya Rumahweb juga sudah dibahas dalam Rumahweb atau NiagaHoster.

Kelebihan Rumahweb

Berikut beberapa kelebihan Rumahweb yang perlu diketahui:

  • Telah Diberi Sertifikasi Resmi

Bukan hanya sekedar mengusung teknologi Parallels, Rumahweb juga sudah mengantongi Parallels Certified Service Provider yang berarti Rumahweb telah memenuhi seluruh persyaratan teknis serta administrative untuk menggalang layanan virtualisasi berbasis teknologi Parallels Virtuozzo. Dengan sertifikasi ini, Rumahweb mendapatkan pengakuan internasional terhadap kemampuan, reputasim dan kehandalan infrastruktur.

  • Tarif Hosting dan Domain Murah

Kelebihan Rumahweb lainnya adalah tarif hosting dan domainnya murah, bahkan terkadang bisa gratis. Selain harganya terjangkau, domain juga dapat gratis jika Anda berlangganan hosting tahunan. Registrasinya pun murah dan aktiviasinya cukup cepat.

  • Server Jarang Down

Faktor satu inilah yang sering membuat orang memindahkan layanan domain dan hosting mereka ke Rumahweb. Karena Rumahweb sangat memanjakan pelanggannya dengan menyediakan server yang jarang down meskipun pengunjung dalam suatu website sedang ramai.

Kekurangan Rumahweb

Berikut beberapa kekurangan Rumahweb yang perlu diketahui:

  • Waktu Muat Laman Lambat

Rumahweb memiliki waktu buka halaman rata-rata yang cukup lambat sekitar 3,2 detik, sedangkan idealnya kecepatan situs web Anda tidak boleh melebihi 2 detik. Hosting dengan server yang stabil sebenarnya tidak cukup untuk memenuhi bisnis online, karena Anda juga perlu hosting dengan server yang cepat.

  • Tidak ada Jaminan Pembelian

Kelemahan lainnya dari Rumahweb adalah bahwa tidak ada jaminan pembelian hosting yang dianggap cukup fatal. Tidak peduli seberapa baik Anda dapat mempertahankan kepuasan pelanggan dan kepercayaan dalam layanan Anda, garansi adalah sesuatu yang tidak boleh dikesampingkan, bahkan web hosting paling terkenal di dunia seperti Bluehost yang memiliki basis lebih dari dua juta pelanggan masih menyediakan Garansi 30 hari untuk pembelian hosting.

Loading...
  • Paket Personal dengan Sumber Daya Terbatas

Paket Hosting Pribadi di Rumahweb, baik 50MB dan 100MB, keduanya memiliki sumber daya terbatas. Kapasitas ini dianggap tidak ideal untuk membangun situs web baru, bahkan jika tujuan Anda hanya untuk kebutuhan pribadi seperti makan blog, portofolio, dan sebagainya.

Kelebihan RumahwebKekurangan Rumahweb
- Telah Diberi Sertifikasi Resmi- Waktu Muat Laman Lambat
- Tarif Hosting dan Domain Murah- Tidak ada Jaminan Pembelian
- Server jarang down- Paket Personal dengan Sumber Daya Terbatas

DomaiNesia

DomaiNesia adalah perusahaan layanan registrasi nama domain, layanan web, dan web hosting yang berfokus dalam kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Sejak didirikan tahun 2009 silam, DomaiNesia berusaha dalam memberikan pengalaman layanan terbaik dan membangun sistem automasi yang efisien dan efektif.

Kelebihan DomaiNesia

Berikut beberapa kelebihan DomaiNesia yang perlu diketahui:

  • Web Apps DomaiNesia Gratis

Kelebihan pertama dari DomaiNesia adalah Anda bisa membuat website siap pakai dalam sekejap mata. Berkat fitur Web Apps pada hosting DomaiNesia, Anda bisa membuat instalasi WordPress, Ghost, Drupal, PrestaShop dan banyak CMS lainnya dengan mudah.

  • Uptime Mengesankan

DomaiNesia memiliki rata-rata uptime yang mengesankan yakni sekitar 99,98%. Hal ini berarti dalam satu bulan, server DomaiNesia hanya down dalam 19 menit 3 detik saja. Tidak heran jika DomaiNesia masih eksis hingga 2018 ini karena tidak banyak web hosting di Indonesia yang mampu mencatat uptime hampir sempurna.

  • Harga Hosting Murah dan Pilihan Paket Fleksibel

DomaiNesia termasuk salah satu pilihan hosting murah di Indonesia. Di dalamnya, Anda bisa menemukan paket “Hosting Lite” yang seharga Rp 8.000/bulan saja. Dengan harga semurah ini, Anda bisa mendapatkan sumber daya yang cukup memadai dengan kapasitas 300 MB, unlimited email, dan unlimited bandwidth.

Kekurangan DomaiNesia

Berikut beberapa kekurangan DomaiNesia yang perlu diketahui:

  • Garansi Refund Hanya 10 Hari

Bukan seperti layanan web hosting lainnya, DomaiNesia hanya memberikan garansi 10 hari pengembalian uang apabila Anda tidak puas dengan layanannya. Namun tentu saja hal ini lebih baik daripada Rumahweb yang tidak memberikan garansi.

  • Tim Teknisi Beroperasi Terbatas

Tim teknisi DomaiNesia memiliki jam operasi dari Senin hingga Jumat, dari pukul 08.00 hingga 24.00, sedangkan customer service online setiap hari kecuali malam Minggu alias Sabtu Malam. Jika Anda ingin bertanya mengenai hosting maupun website, ada baiknya tidak lebih dari jam 12 malam.

  • Paket Hosting Lite Mempunyai Batasan

Tak heran jika paket hosting lite dibanderol dengan harga murah karena paket ini memiliki batasan sumber daya. Anda hanya boleh untuk menghostkan satu website atau satu domain saja dengan maksimal kapasitas 300 MB.

Kelebihan DomaiNesiaKekurangan DomaiNesia
- Web Apps DomaiNesia Gratis- Garansi Refund Hanya 10 Hari
- Uptime Mengesankan- Tim Teknisi Beroperasi Terbatas
- Harga Hosting Murah dan Pilihan Paket Fleksibel- Paket hosting lite memiliki batasan

Pilih Mana : Rumahweb VS DomaiNesia?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Rumahweb dan DomaiNesia. Untuk lebih memudahkan Anda, kami telah merangkum perbedaan antar keduanya pada tabel berikut ini:

RumahwebDomaiNesia
- Berdiri tahun 2002- Berdiri tahun 2009
- Tidak ada garansi- Ada garansi namun hanya 10 hari
- Server jarang down- Rata-rata uptime mengesankan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbedaan antara Rumahweb dan DomaiNesia, dapat kita simpulkan bahwa kedua layanan hosting ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan Anda untuk memilih DomaiNesia karena layanan hosting ini menjamin pengembalian uang dan memiliki rata-rata uptime hampir sempurna.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rumahweb vs DomaiNesia

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *