Home

Pilih Mana: Rumput Jepang atau Gajah Mini?

Rumput merupakan tumbuhan yang memiliki warna hijau dan biasa ditemui di halaman-halaman rumah. Beberapa jenis rumput bisa memberikan kesan yang baik terhadap rumah jika dirawat dengan baik, seperti Rumput Jepang dan Gajah Mini.

Rumput Jepang dan Gajah Mini merupakan tumbuhan yang bisa kamu tanam di halaman atau taman rumah kamu agar terlihat asri dan indah. Cara penanamannya sendiri terbilang cukup mudah dan simpel.

Karakteristik dari Rumput Jepang dan Gajah Mini sendiri tentunya berbeda. Untuk itu kamu bisa mengetahui detail lebih dalam mengenai kedua tumbuhan ini melalui artikel yang satu ini. Stay tune guys!

Rumput Jepang

Rumput jepang menjadi salah satu jenis tanaman hias yang biasa ditanam di halaman rumah. Fungsinya yaitu selain memberikan kesan yang hijau dan asri, rumput ini amat baik dalam menyerap air sehingga kamu tidak akan menemui genangan air pada taman kamu.

Tampilan taman kamu juga akan dibuat indah serta sejuk dengan perpaduan warna rumput hijau yang kontras dan bunga yang terang seperti pada cara menanam jahe dengan sistem hidroponik. Oleh sebab itu, rumput jepang lumayan terkenal dan banyak digunakan sebagai opsi utama dalam rumput taman.

Walaupun mempunyai nama rumput jepang, tanaman ini tidak berasal dari negeri sakura tersebut. Seperti jambu berukuran besar dinamakan dengan jambu bangkok, kamboja mini di namakan dengan kamboja jepang.

Pemberian nama ini lebih kepada kebiasan orang indonesia dalam membedakan jenis tanaman berdasarkan ukurannya sehingga mudah diingat seperti juga pada cara menanam sunflower velvet queen.

Rumput ini juga dikenal dengan sebutan rumput jarum. Perihal ini karena bentuk ujung rumput yang meruncing. Kadang kita tidak akan merasa nyaman saat duduk di atasnya, karena jika terkena permukaan kulit akan terasa sedikit sakit seperti tertusuk jarum.

Menurut liputan6.com, Rumput Jepang mempunyai karakteristik daun yang kecil, halus dan memanjang. Supaya tumbuh sempurna, rumput gajah memerlukan sinar matahari yang cukup, pemangkasan yang rutin yakni minimal sebulan sekali supaya terlihat rapi dan pemberian pupuk urea minimal 2 minggu sekali.

Kelebihan Rumput Jepang

  • Memiliki akar yang sangat kuat
    Rumput ini akarnya amat kuat mengikat tanah, jika umur sudah diatas 4 bulan rumput ini bisa di tanam di bidang miring untuk mencegah erosi. Karena kerapatan daun dan akar yang kuat mengikat tanah tidak memberi ruang untuk rumput liar dapat berkembang di sela sela daun rumput jepang.
  • Tahan cuaca panas
    Rumput jepang ini juga tahan cuaca panas walaupun daun menjadi hijau muda sebab terkena sinar matahari namun rumput senantiasa tumbuh dengan baik. Memasuki musim kemarau panjang rumput ini juga perlu penyiraman rutin dan pemberian pupuk 2 sampai 3 kali sebulan supaya rumput senantiasa tumbuh dengan baik.
  • Indah dipandang
    Bentuknya yang runcing dan tipis menjadikan jenis rumput Jepang terlihat lebih rata, rapat, dan halus sehingga indah untuk dipandang. Apalagi jika kamu memiliki halaman yang cukup luas maka akan lebih indah lagi untuk dipadupadankan dengan beberapa tanaman dan kolam ikan.

Kekurangan Rumput Jepang

  • Membutuhkan perawatan ekstra
    Rumput jepang cenderung membutuhkan unsur hara yang jauh lebih banyak dibanding dengan rumput gajah mini. Oleh karena itu, pemupukan pada rumput jepang mesti dilakukan sesering mungkin. Seminimalnya, kamu perlu melakukan proses pemupukan sebanyak 2 sampai 3 kali selama satu bulan.
  • Memerlukan air yang cukup banyak
    Rumput jepang juga memiliki kebutuhan air yang cukup tinggi. Maka dari itu penyiraman yang baik dan rutin akan membantu mendukung pertumbuhan rumput jepang menjadi lebih baik serta subur.
  • Harus sering dipangkas
    Perihal ini dilakukan supaya sinar matahari bisa masuk ke dalam lapisan tanah di bawahnya. Tanah yang tidak mendapat asupan sinar matahari bisa mengurangi kualitas pertumbuhan rumput. Karena bagian rumput yang paling bawah akan kekurangan sinar matahari.
Spesifikasi Rumput JepangKeterangan
KarakteristikKurus dan tumbuh rapat
Pemberian pupuk2 sampai 3 kali dalam sebulan
Rata-rata harga Rp 30.000,- per 10 gram (per Oktober 2019)

Gajah Mini

Rumput gajah mini merupakan salah satu variasi rumput hias sebagai pemanis taman Kamu. Supaya rumput gajah mini yang di taman dapat tumbuh segar dan hijau, pasti kita mesti mengetahui jenis tanah untuk menanam rumput gajah mini. Kondisi tanah yang cocok pastinya akan memberi pengaruh besar untuk kesuburan rumput hias kita.

Rumput gajah mini memang tengah naik daun dalam dunia desain eksterior rumah, utamanya digunakan untuk menghias taman rumah minimalis. Baca juga Pilih Mana: Rumput Sintetis vs Rumput Mutiara?

Dinamakan gajah mini, karena ukuran daunnya memang lebih besar dan lebar bila dibanding dengan rumput hias lainnya seperti rumput jepang. Namun kelebihan dari gajah mini yaitu perawatan yang gampang dan harganya yang lebih terjangkau.

Lihat juga:  Pilih Mana: Mesin Cuci Sanken atau Mesin Cuci Sanken Low Watt?

Rumput gajah mini mempunyai karakter yang unik, yakni daunnya tidak tumbuh ke atas, melainkan menyamping sehingga membuat tampilan menjadi lebih bagus. Tekstur daunnya yang tidak tinggi, jadi tidak perlu dipangkas. Warna hijaunya juga melebihi rumput biasa.

Rumput gajah mini mempunyai kemampuan hidup tinggi dan tidak sensitif terhadap patogen tanah. Meskipun terdapat perubahan cuaca, kondisi rumput tidak melemah. Hebatnya lagi, rumput gajah mini tidak banyak ditumbuhi gulma seperti rumput lain.

Kelebihan Gajah Mini

  • Lebih hemat
    Rumput gajah mini membutuhkan asupan yang jauh lebih sedikit dibanding dengan rumput jepang. Maka dari itu, dengan memakai rumput gajah mini kamu bisa menekan pengeluaran biaya pemupukan karena tidak mesti melakukannya setiap bulan.
  • Tidak membutuhkan perawatan ekstra
    Berbeda dengan Rumput Jepang yang membutuhkan perawatan ekstra seperti unsur hara dan harus sering disiram, Gajah Mini cenderung lebih mudah dalam perawatan nya. Kamu cukup menyirami Gajah Mini dengan air selama 2 hari sekali agar senantiasa tumbuh dengan baik.
  • Tidak terlalu sering melakukan pemangkasan
    Gajah Mini dikenal dengan pertumbuhan nya yang cukup lama. Hal ini menjadikan pemiliknya tidak terlalu sering melakukan pemangkasan seperti Rumput Jepang.

Kekurangan Gajah Mini

  • Pertumbuhan cukup lama
    Selain kelebihan diatas tadi tentu saja pertumbuhan yang cukup lama memiliki kekurangan juga disampingnya. Yaitu tentu tidak sesuai untuk kamu yang ingin segera melihat hasil akhir dari pertumbuhan Gajah Mini karena pertumbuhan nya lama.
  • Resiko tumbuh nya tumbuhan lain
    Berbeda dengan Rumput Jepang yang rapat dan tidak ada peluang untuk ditumbuhi tumbuhan lain, Gajah Mini cenderung ditumbuhi beberapa tumbuhan lainnya seperti Gulma.
  • Permukaan yang tidak rata
    Gajah Mini memiliki permukaan yang tidak rata, hal ini tentu menjadikan taman menjadi kurang enak dilihat dan harus memangkas nya se-rapi mungkin.
Spesifikasi Gajah MiniKeterangan
KarakteristikTumbuh tegak lurus, berbatang tebal dan keras, daun panjang dan berbunga seperti es lilin
Pemberian pupuk1-2 kali dalam sebulan
Rata-rata harga Rp 23.000,- per 10 gram (per Oktober 2019)

Cara merawat rumput pada halaman

Agar rumput yang ada pada halaman kamu senantiasa indah dan asri dibutuhkan perawatan yang cukup rutin. Berikut ini beberapa cara merawat rumput pada halaman yang bisa kamu lakukan dirumah.

1. Memastikan kebutuhan air rumput
Indonesia termasuk ke dalam negara tropis yang mempunyai 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Kamu pastinya tidak perlu khawatir pada saat masa hujan melanda sebab rumput akan dibanjiri oleh air yang melimpah.

Tapi pada saat musim kemarau, kamu perlu memastikan rumput mendapatkan air yang cukup supaya tidak kekeringan dan akhirnya mati.

2. Melakukan pemupukan dengan menambahkan zat organik
Jika pada manusia membutuhkan asupan makanan untuk bertahan hidup, rumput juga memerlukannya meskipun tidak dalam bentuk makanan. Rumput membutuhkan pupuk organik supaya terus bertahan hidup.

3. Memangkas rumput dan menyamakan ketinggiannya
Tingkat pertumbuhan rumput sebenarnya dipengaruhi oleh beragam faktor. Beberapa diantaranya yaitu air, unsur hara, sinar matahari dan lain sebagainya. Proses penyerapan rumput pun tidak seragam, maka dari itu pertumbuhannya tidak akan selalu sama.

Kamu bisa merapikan ketinggian rumput kembali dengan menyesuaikannya pada tinggi rumput paling rendah. Maka dari itu halaman rumah minimalis sederhana kamu akan semakin indah.

4. Membersihkan rumput dari pengganggu
Apabila kamu melihat gulma menyerang taman kamu serta berbagai jenis bunga di taman, maka gulma itu mesti segera di basmi. Apabila kehadiran tanaman ini didiamkan begitu saja, makan kinerja penyerapan nutrisi tanaman kamu akan terganggu.

Cara paling gampang yaitu dengan mencabut semua gulma yang ada, kemudian kumpulkan pada satu tempat dan bakar. Perihal ini dilakukan supaya gulma tidak menabur ke tempat-tempat lainnya.

Pilih Mana: Rumput Jepang atau Gajah Mini?

Rumput JepangGajah Mini
Kelebihan- Memiliki akar yang sangat kuat - Tahan cuaca panas - Indah dipandang - Lebih hemat - Tidak membutuhkan perawatan ekstra - Tidak terlalu sering melakukan pemangkasan
Kekurangan- Membutuhkan perawatan ekstra - Memerlukan air yang cukup banyak - Harus sering dipangkas - Pertumbuhan cukup lama - Resiko tumbuh nya tumbuhan lain - Permukaan yang tidak rata

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Rumput Jepang dan Gajah Mini tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis tumbuhan ini membuat rumah atau bangunan kita menjadi lebih indah dan asri. Namun saya lebih merekomendasikan Gajah Mini sebagai penghias bangunan kamu karena memiliki perawatan dan penanaman yang lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rumput Jepang vs Gajah Mini

VS

Leave a Reply