Pilih Mana: Rumput Sintetis vs Rumput Mutiara?

Loading...

Saat Anda ingin mendekorasi halaman depan atau belakang rumah, mungkin sepintas Anda memikirkan untuk menanam rumput hias. Dari sekian banyak rumput hias yang ada di pasaran, terdapat dua jenis rumput yang paling populer dikalangan masyarakat, yaitu rumput sintetis atau rumput karpet dan rumput mutiara. Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan perbandingan antara kedua jenis rumput tersebut dalam artikel pilih mana: rumput sintetis vs rumput mutiara.

Rumput Sintetis

Rumput sintetis adalah permukaan yang terbuat dari serat sintetis yang terlihat seperti rumput alami. Jenis rumput ini sering digunakan di bidang olah raga yang umumnya menggunakan rumput alami dalam permainan. Rumput jenis ini kerap dijadikan pilihan alternatif karena rumitnya pemeliharaan atau perawatan kualitas rumput alami yang dipengaruhi oleh media tanah, cuaca atau musiman. Namun, rumput sintetis memiliki beberapa kelemahan seperti pembersihan rutin, efek kimia dari serat sintetis dan dampaknya terhadap lingkungan.

Rumput sintetis sering juga disebut rumput karpet karena bentuknya yang seperti karpet, sehingga dapat digunakan untuk interior rumah demi pemandangan hamparan warna hijau yang menyegarkan. Dekorasi yang satu ini mungkin tidak pernah terlintas dalam pikiran Anda, sehingga sekaranglah saatnya untuk berani mencoba dekorasi rumput sintetis agar hasil akhirnya bisa membuat rumah terlihat lebih cantik dan terasa sejuk. Baca juga Pilih Mana: Kursi Kayu atau Kursi Rotan?

Sebelum berencana membelinya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, harganya. Di salah satu gerai furnitur ternama, rumput sintetis dibanderol mulai dari Rp 94 ribu hingga Rp 489 ribu. Variasi harga ini tergantung dari ukuran, ketebalan, dan kualitas.

Kedua, hiasan rumput sintetis yang bisa diaplikasikan pada bagian dalam rumah adalah yang menyerupai kebun rumput sintetis. Rumput sintetis dekorasi memberi prioritas pada keindahan, dengan warna yang lebih cerah dan tampilan dekoratif.

Dan yang ketiga, penting untuk diketahui bahwa rumput sintetis mengandung karsinogen, biasa digunakan untuk bidang futsal, yang berpotensi menyebabkan kanker pada seseorang. Berikut adalah ciri-ciri rumput sintetis yang harus dihindari:
– Terbuat dari bahan daur ulang, misalnya plastik bekas dan potongan karet dari ban bekas.
– Harga pasaran lebih murah.
– Saat disentuh, tekstur terasa keras, kaku, tidak lembut, mudah hancur, warnanya memudar dengan mudah, berbau tak sedap, dan sulit dibersihkan.

Itulah beberapa ciri-ciri rumput sintesis yang perlu Anda hindari. Sebaliknya, jika Anda ingin mencari rumput sintetis yang aman untuk kesehatan, maka pilihlah karakteristik seperti ini:
– Bahan dasar plastik murni 100% tanpa melalui proses daur ulang.
– Harganya relatif lebih mahal, dan sudah mendapatkan sertifikat lisensi yang menjamin keamanan dan kualitas rumput sintetis.
– Jika dilihat dan dirasakan akan terasa berbeda karena teksturnya yang lembut, tidak kaku, fleksibel, tahan lama, warna cerah dan tidak mudah pudar, tidak berbau dan mudah dibersihkan. Untuk rumput sintetis dapat anda temukan di Ace Hardware.

Terdapat beberapa tips tentang memilih rumput sintetis yang bagus dan tahan lama untuk ruang di rumah, sebagai contoh:
– Perhatikan tekstur rumput sintetis tidak mudah lepas, jika perlu lihat bagian belakangnya juga. Biasanya, rumput sintetis yang bagus dilengkapi rotan di bagian belakang.
– Lebih baik lagi jika Anda memilih rumput sintetis yang dilengkapi dengan lapisan tahan air.

Loading...

Pemasangan hiasan rumput sintetis tidak memerlukan tenaga profesional, jadi siapapun bisa melakukannya. Ini karena dalam proses aplikasi tidak memerlukan peralatan khusus. Hanya saja Anda butuh sedikit ketepatan untuk memastikan tampilannya rapi dan cantik. Perlu diingat, pemasangan rumput sintetis hias membutuhkan lapangan yang rata dan padat.

Untuk meyakinkan Anda bahwa harga rumput sintetis yang dibeli dibanderol harga murah atau mahal, Anda harus memikirkan spesifikasi, kegunaan, dan rencana penggunaan rumput sintetis. Intinya, kualitas sangat penting untuk harga. Saat ingin membeli rumput sintetis, Anda pasti ingin menikmatinya untuk jangka panjang, misalkan selama bertahun-tahun, dan tidak ingin rumput sintetis mudah rusak atau tidak bisa digunakan lagi dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, dalam menentukan pilihan rumput sintetis Anda diharapkan mempertimbangkan faktor usia dari rumput sintetis, karena rumput sintetis ini pada dasarnya ditujukan untuk penggunaan jangka panjang, maka harga yang dibayarkan sangat sesuai dengan tahun rumput sintetis yang Anda beli. saya t.

Jika rumput sintetis yang Anda beli terlalu murah dan tidak ada kepastian layanan pelanggan atau tanggung jawab dari penjual, Anda akan merasa dirugikan tentunya jika rumput sintetis tidak bertahan selama yang Anda inginkan pada awalnya. Maka dari itu, pilihan Anda sangat penting dalam memilih rumput sintetis yang sesuai dengan kualitas dan kegunaannya.

Rumput Mutiara

Rumput mutiara adalah tanaman rumput liar yang termasuk dalam keluarga Rubiaceae dan dikenal dengan nama daerah rumput siku-siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan. Rumput tersebut tumbuh subur di tanah yang lembap, di kebun kosong, halaman, pinggir jalan, dan parit. Rumput mutiara yang terkenal sebagai tanaman obat digunakan di China, India dan kawasan Asia Tenggara untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Rumput jenis ini memiliki kandungan dua senyawa aktif, yakni asam uleanolat dan asam ursolat yang terbukti dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih parah. Semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu.

Selain kanker, rumput mutiara juga bisa digunakan untuk menyembuhkan Tonsilitis, radang tenggorokan, bronkitis, radang paru-paru, gondok, radang usus buntu, hepatitis, dan kolesistitis. Selanjutnya rumput ini bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar seperti bisul, uci-uci, dan luka infeksi.

Sementara dari segi harga, rumput mutiara dijual rata-rata seharga Rp 30.000 per meter. Hebatnya, selain permintaan konsumen untuk mempercantik taman rumah, rumput ini juga banyak dicari untuk lanscape hotel, restoran dan bangunan pemerintah atau swasta.

Karakteristik Mutiara Rumput

1. Akar
Dari bagian bawah tanaman adalah akar rumput tanaman mutiara yang memiliki diameter rata-rata 1 mm dengan cabang akar berbentuk benang.

2. Batang
Rumput mutiara memiliki batang dengan bentuk segi empat, ada pula yang gundul atau sisik sangat pendek, bercabang, dengan ketebalan sekitar 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan hingga hijau keabu-abuan.

3. Daun
Untuk daunnya relatif kecil dan dengan panjang daun 2 – 5 cm, ujungnya runcing, berwarna hijau pucat, dengan sisik kecil di sepanjang tepi daun dengan tangkai daun memiliki jarak yang sangat pendek dan memiliki rambut pendek di ujungnya.

Tanaman ini biasanya akan tumbuh di tempat yang lembab, di kebun kosong, halaman, parit, pinggir jalan dan lain-lain. Rumput mutiara yang terkenal sebagai tanaman obat di China, wilayah Asia Tenggara karena mampu mengobati berbagai jenis penyakit seperti:
– Kanker perut, kanker serviks, kanker payudara, kanker rektrum, kanker nasofaring
– Amandel (radang amandel)
– Faringitis
– Bronchitis (infeksi saluran pernafasan)
– Hepatitis
– Cholecystic
– Peradangan panggul.
– Peradangan akut usus buntu.
– Bisul
– Malaria
– Pneumonia.

Rumput SintetisRumput Mutiara
- Rumput yang terbuat dari bahan-bahan sintetis- Rumput alami yang biasanya tumbuh dengan liar
- Mudah dalam perawatan- Butuh perhatian dan perawatan karena meurpakan jenis rumput alami
- Biasa digunakan untuk lapangan futsal mapun kebutuhan indoor lainnya- Biasa diaplikasikan di outdoor yang juga memberikan manfaat untuk dunia kesehatan

Kesimpulan

Apabila dilihat dari penjelasan di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa rumput mutiara memiliki banyak keunggulan daripada rumput sintetis. Namun, jika Anda menginginkan pemandangan rumput yang rapi, rata, dan terstruktur, maka Anda bisa memilih rumput sintetis.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rumput Sintetis vs Rumput Mutiara

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *