Pilih Mana: Rush atau Terios?

Loading...

Memilih Toyota Rush atau Daihatsu Terios sama saja seperti Anda dihadapkan dengan pertanyaan memilih Avanza atau Xenia, Agya atau Ayla dan Calya atau Sigra. Jadi pada dasarnya, kolaborasi apik dua pabrikan asal Jepang ini memang selalu sukses menguasai pangsa pasar otomotif Indonesia. Kedua mobil ini mendominasi penjualan di segmen low SUV. Lantas, bagus mana Rush atau Terios? Berikut kelebihan dan kekurangan keduanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Rush dan Terios
– Kelebihan & kekurangan Rush dan Terios

Rush

Interior Rush memiliki dark gress berlapis, sehingga membuat suasana di dalamnya menjadi sporty dan eksklusif. Untuk dashboard, Toyota Rush mengusung konsep Modern & Bold dengan beberapa panel yang cukup lengkap. Toyota Rush juga dilengkapi dengan panel indikator Combination Meter Design yang siap membantu pengemudi untuk mengendalikan laju mobil ini. Selain itu, fitur AC Switch dengan Chrome Ring juga diberikan pada kelengkapan interior mobil ini. Baca juga Pilih Mana: Mazda Mpv atau Nissan Presage?

Kelebihan Rush

1. Dimensi lebih bongsor
Dari dimensi dapat dilihat bahwa Rush memiliki dimensi lebih bongsor dibanding Terios. Dimensi yang dimiliki Rush yakni 4420 mm x 1745 mm x 1740 mm, sementara 4385 mm x 1695 mm x 1695 mm merupakan dimensi yang dimiliki Terios tipe TS. Dan untuk dimensi Terios tipe TX yakni 4385 mm x 1745 mm x 1740 mm.

2. Dilengkapi penggerak spion
Rush telah dilengkapi dengan penggerak spion elektrik yang berguna untuk memudahkan penggendaranya dalam mengatur langsung posisi spion dari dashboard. Sementara Terios, penggerak spionnya masih manual dan tidak melalui dashboard. Kecuali Terios dengan tipe TX, yang telah dilengkapi fitur penggerak spion ini.

Kekurangan Rush

1. Boros bahan bakar
Mobil Rush lebih boros bahan bakar ketimbang Terios. Hal ini akibat dari ban yang digunakan Rush lebih lebar yakni berukuran 235 sementara Terios memiliki ban yang lebih ramping dengan lebar 215.

Loading...

2. Hanya memiliki 2 baris tempat duduk
Tidak seperti Terios yang mendesain interiornya dengan 3 baris tempat duduk. Sayangnya Rush hanya menyediakan 2 baris tempat duduk, sehingga untuk menambah kursi penumpang di baris ketiga, pengendara harus memodifikasi kursi tambahan sendiri yang tentu saja menambah biaya.

Terios

Daihatsu Terios menggunakan jenis mesin VVT i-DOHC yang sama dengan kapasitas 1.500 cc dan dilengkapi dengan 2 varian sistem transmisi manual dan otomatis. Mobil ini juga lebih diperuntukkan untuk yang membutuhkan mobil keluarga.

Kelebihan Terios

1. Cocok dijadikan sebagai mobil keluarga
Dikutip dari Kompas.com, Daihatsu Terios menggunakan jok mobil 3 baris sehingga dapat menampung penumpang hingga 7 orang. Sesuai namanya yakni mobil keluarga, maka mobil ini lebih berfokus untuk menampung penumpang dibandingkan barang. Namun, jika pemilik mobil ingin membawa banyak barang maka kursi baris ketiga dapat dilipat dengan mudah.

2. Hemat bahan bakar
Ukuran ban sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, itulah sebabnya Terios jauh lebih hemat bahan bakar dikarenakan menggunakan ukuran ban yang ramping yakni 215. Sementara Rush memiliki ban lebih lebar yakni 235 yang tentu saja membuat mobil lebih boros bahan bakar.

Kekurangan Terios

1. Seal pintu yang tidak tebal
Daihatsu Terios memiliki desain seal pintu mobil yang tidak setebal seal pintu mobil yang dimiliki Rush. Sehingga kabin mobil terasa kurang senyap dan membuat suara-suara dari luar mobil masih bisa masuk ke dalam kabin mobil sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Berbeda dengan Rush yang membuat kabinnya terasa senyap dan tidak akan terganggu oleh suara-suara yang ada di luar mobil.

2. Sistem suspensi belakang sedikit kaku
Tidak seperti Toyota Rush yang memiliki suspense belakang lebih lembut sehingga akan membuat perjalanan terasa semakin nyaman meskipun dalam kondisi jalanan yang sulit sekalipun. Sementara hal ini tidak dapat dirasakan penumpang Terios dikarenakan sistem suspense belakangnya yang sedikit kaku dan mengayun membuat penumpang yang berada di belakang akan merasa tidak nyaman selama diperjalanan.

Pilih Mana: Rush atau Terios?

RushTerios
Ukuran ban– Lebih lebar yakni 235– Lebih ramping yakni 215
Muatan penumpang– Hanya 5 orang– Hingga 7 orang
Konsep desain– Konsep mobil sporty– Konsep mobil keluarga

Kesimpulan

Pada akhirnya, jika Anda memilih mobil keluarga maka Daihatsu Terios pilihannya. Namun, dengan berbagai kelebihan dalam hal fitur yang dimiliki maka Toyota Rush jauh lebih unggul. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Rush vs Terios

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *