KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Salad Sayur atau Salad Buah?

Salad identik dengan sayuran atau buah-buahan. Sehingga, banyak orang ingin menurunkan berat badannya atau yang ingin sehat lebih memilih untuk makan salad saja ketimbang makan makanan lainnya. Komposisi salad yang biasanya terdiri dari sayuran atau buah-buahan tentu menyehatkan. Kali ini akan kita bahas salad dari kedua bahan yang berbeda yaitu Salad Sayur atau Salad Buah beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan beberapa manfaat yang lainnya..

Salad Sayur

Salad sayuran merupakan makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang dicampur dengan minyak zaitun atau mayonaise. Makanan yang menyehatkan, banyak serat, kaya nutrisi, rendah kalori yang baik untuk tubuh. Salad sayuran terkenal di kalangan orang-orang vegetarian.

Meskipun salad sayuran memiliki rasa yang aneh tapi sebagian orang menyukainya khususnya bagi vegetarian. Sejuta manfaat untuk kesehatan jika kamu mengkonsumsi salad sayuran setiap hari.
Untuk kamu yang ingin membuat salad sayuran, pilihlah sayuran yang baik seperti tomat, paprika, wortel, buah zaitun, bayam, brokoli, atau kubis hijau yang memiliki tekstur yang renyah dan juga bergizi. Baca juga Pilih Mana: Beras Merah atau Beras Hitam?

Manfaat Salad Sayur

Menurunkan berat badan
Manfaat salad sayur yaitu kemampuannya untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, melakukan metode diet dengan mengkonsumsi salad sayur merupakan langkah terbaik. Kandungan nutrisi serta kalori rendah yang terdapat di dalam salad sayuran bisa Anda jadikan sebagai asupan makanan saat diet. Namun, hindari menggunakan topping atau saus yang mengandung lemak seperti keju.

Mencegah sembelit
Gangguan pencernaan seperti susah buang air besar alias sembelit, sering dialami oleh mereka yang sedang menjalan diet. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mendapatkan manfaat salad sayur.
Hal tersebut dikarenakan, pada saat diet tubuh kurang asupan nutrisi seperti serat. Oleh karena itu, cobalah untuk mengkonsumsi salad sayuran yang kaya akan serat sehingga Anda akan terhindar dari masalah sembelit.
Serat yang terkandung di sayuran membantu kotoran mengikat air, sehingga kotoran akan menjadi lebih lunak. Jadi, manfaat salad sayur akan membantu Anda mencegah sembelit.

Menurunkan kolesterol
Selain mencegah sembelit, manfaat salad sayur lainnya ialah membantu menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi serat dalam jumlah cukup dapat membantu Anda kenyang lebih lama, makan lebih sedikit, dan pada akhirnya menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan mata
Salad sayuran juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan jenis sayuran yang Anda jadikan sebagai salad seperti wortel, bayam, dan sayuran hijau lainnya merupakan sayuran yang mengandung vitamin A. Pada akhirnya, manfaat makan salad sayur sangat baik untuk kesehatan mata apabila dikonsumsi secara rutin dengan bahan bahan yang mengandung banyak vitamin A.

Menurunkan risiko Alzheimer
Beberapa sayuran yang dikonsumsi di dalam salad sayur dapat membantu tubuh melawan oksidasi yang menyebabkan penyakit kronis seperti Alzheimer dan kanker. Sebagian besar sayuran di salad mengandung berbagai vitamin dan mineral yang kaya antioksidan alami. Antioksidan ini bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah perkembangan sel kanker.

Salad Buah

Salad buah merupakan makanan yang terbuat dari potongan buah-buahan oleh jenis saus tertentu.Salad buah masuk kedalam kategori camilan yang sehat dan banyak manfaat. Dengan mengkonsumsi salad buah setiap hari maka akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Gunakan topping atau saus yang sehat seperti Maestro mayonnaise yang banyak di jumpai di supermarket maupun minimarket seperti Hypermart.

Manfaat Salad Buah

Sebagai perawatan kecantikan
Salad buah juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. Semua jenis buah mengandung berbagai macam vitamin, mineral dan tentunya antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Dengan mengkonsumsi salad buah secara rutin akan berkhasiat dalam mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat dan menekan keriput pada kulit. Pilihlah jenis buah-buahan yang segar dan terbebas dari bahan kimia berbahaya.

Mengandung banyak nutrisi
Buah-buahan yang diolah menjadi salad juga tidak menghilangkan setiap nutrisi yang terkandung di dalam buah. Dengan begitu hampir semua nutrisi dalam buah dapat masuk ke dalam tubuh dan membantu proses penurunan berat badan. Beberapa nutrisi tersebut seperti mineral, vitamin, protein, dan antioksidan.

Sebagai pengontrol berat badan
Dengan anda sering mengkonsumsi salad setiap harinya dapat membantu dalam memudahkan anda menurunkan berat badan, karena makan salad dapat memberikan manfaat dalam mengurangi asupan karbohidrat secara alami, sehingga dengan begitu kalori akan dapat dengan mudah dibakar, maka akan menghilangkan lemak di tubuh.

Melancarkan sistem pencernaan
Salad buah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan anda dan ditambah memberikan manfaat sebagai pembersih usus dari zat sisa atau racun dalam tubuh yang dapat menjadi pemicu suatu penyakit. Maka gerakan usus akan menjadi lebih baik dan program diet yang sedang anda jalani pun dapat berjalan dengan lancar.

Pilih Mana: Salad Sayur atau Salad Buah?

Salad Sayur Salad Buah
Kelebihan - Mengontrol berat badan - Mencegah sembelit - Menjaga kesehatan mata- Dapat merawat kulit - Melancarkan sistem pencernaan - Mengandung air yang cukup banyak
Kekurangan - Memilih sayuran yang tidak terlalu bernutrisi akan mengurangi manfaat salad sayur yang anda buat jadi nutrisi sangat perlu diperhatikan - Kurang protein- Penambahan buah kering di salad buah butuh perhatian yang cukup - Dapat meningkatkan kadar gula darah jika memilih buah yang salah

Kesimpulan

Dari artikel diatas mengenai Salad Sayur dan Salad Buah dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua salad tersebut mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita walau berbeda bahan baku pembuatannya. Tetapi perbedaan itulah yang dapat menjadi pilihan kita untuk mengkonsumsinya karena ada beberapa orang juga tidak senang mengkonsumsi sayur dapat memilih salad buah untuk dikonsumsi, begitupun sebaliknya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Salad Sayur VS Salad Buah

VS

Leave a Reply