Pilih Mana: Salep atau Plester Untuk Obat Luka?

Loading...

Siapa yang tidak pernah mengalami adanya luka? Baik luka kecil hingga luka besar seperti luka bakar? Ya, apa yang kamu lakukan ketika kamu terjatuh kemudian terluka di bagian tubuh seperti siku, dengkul tangan hingga lainnya. Pasti kamu akan mengobatinya dengan cara memberi Salep atau langsung Plasternya bukan? Disini saya akan menjelaskan mengenai Salep atau Plester Untuk Obat Luka.

Salep

Menurut Ansel, salep merupakan preparat setengah padat untuk penggunaan luar yang dimaksudkan untuk penggunaan pada mata dibuat khusus serta disebut salep mata. Salep dapat mengandung obat ataupun bukan mengandung obat, yang disebutkan terakhir umumnya dikatakan sebagai“ dasar salep”( basis ointment) serta digunakan sebagai pembawa dalam penyimpanan salep yang mengandung obat.

Menurut DOM, salep merupakan sediaan semi padat dermatologis yang membuktikan aliran dilatan yang penting. Bagi Scoville’ s, salep terkenal pada daerah dermatologi dan tebal, salep kental dimana pada dasarnya tidak melebur pada suhu tubuh, sehingga membuat serta menahan lapisan pelindung pada area dimana pasta digunakan. Baca juga artikel kami sebelumnya Pilih Mana: Listerine Obat Kumur atau Betadine Obat Kumur ?

Bagi Formularium Nasional, salep merupakan sediaan berupa tekstur halus, mudah dibalurkan, biasanya lembek serta mengandung obat, digunakan sebagai obat luar untuk melindungi atau melemaskan kulit, tidak beraroma tengik.

Kegunaan Salep Untuk Luka

Salep membantu pengobatan luka kecil sampai luka besar semacam luka bakar dengan sistem menghentikan serta menghindari peradangan menyebar ke kulit di sekelilingnya. Salep merupakan penangan pertama saat sebelum menggunakan plester, karena salep lebih dahulu menolong mengobati luka secara terbuka.

Meski bisa menanggulangi luka penggunaan salep juga dapat menyebabkan area kulit yang dioleskan sensitif terhadap sinar mentari. Jadi, disarankan untuk mencegah area luka bakar dari paparan sinar matahari saat menggunakan salep.

Kamu menggunakan salep untuk luka kecil sampai luka bakar yang sesuai dengan situasi luka bakar, supaya luka bisa lekas membaik. Jika luka bakar tidak juga membaik ataupun malah bertambah parah, segeralah konsultasikan kembali ke dokter.

Petunjuk Penggunaan Salep:

Langkah-Langkah
Mencuci tangan saat sebelum menggunakan.
Bersih dan kering daerah kulit yang akan diatasi seperti yang diarahkan.
Ambil salep secukupnya lalu balurkan dengan lembut pada kulit tipis- tipis aja seperti yang diarahkan oleh dokter.
Jika butuh, Kamu bisa menutup daerah tersebut dengan kasa pembalut steril.
Mencuci tangan setelahnya, kecuali jika Kamu menggunakan produk ini untuk mengobati tangan.
Dosis dan lamanya pengobatan didasarkan pada kondisi medis serta reaksi terhadap pengobatan.

Loading...

Untuk mendapatkan plester, kamu bisa langsung ke apotek terdekat kamu, atau juga bisa dapatkan di drugstore seperti Century bahkan di supermarket juga ada.

Plester

Plester adalah perban kecil yang digunakan pada luka yang tidak begitu serius untuk dikasih perban besar. Plester ditemui oleh Earle Dickson pada tahun 1920. Plester bermanfaat melindungi luka dari tertabrak, cacat, ataupun kotor. Plester umumnya ditutupi oleh tenunan, plastik, ataupun karet lateks yang mempunyai kemampuan rekat.

Walaupun ada banyak variasi plester dengan fungsi perlindungan, ada juga jenis yang khusus untuk kesempatan khusus, seperti untuk kedokteran olahraga, pemegang makanan, serta rehabilitasi dan lain sebagainya.

Kegunaan Plester Untuk Luka

Plester biasanya ditutupi oleh tenunan, plastik, ataupun karet lateks yang mempunyai kemampuan rekat. Plester didesain agar mempunyai daya lekat maksimal yang mana tidak sangat lengket di kulit namun tidak mudah terlepas.

Saat sebelum memakai plester untuk melindungi luka hendaknya terlebih dulu mensterilkan luka dengan air mengalir. Setelah itu bilas luka paling tidak selama 5 menit untuk mengeluarkan kotoran, debu serta kuman yang masuk ke dalam luka. Dan apabila plester yang sudah digunakan ingin dilepas maka cara melepasnya harus dengan hati- hati.

Karena dalam membuka plester luka dengan menariknya dengan cara cepat dapat membuat luka kembali terbuka. Serta apabila plester itu terasa menempel di luka, maka rendam dengan menggunakan air hangat untuk mempermudah melepaskannya, kemudian lepaskan plester dengan cara perlahan dan lembut.

Petunjuk Penggunaan Plester:

Langkah-Langkah
Saat sebelum menangani luka, cucilah tanganmu terlebih dulu dengan air mengalir serta sabun sampai bersih.
Setelah itu bilas luka menggunakan air bersih yang mengalir.
Jika tidak ada air mengalir, serta dirumahmu ada larutan pembasmi kuman, maka kamu bisa bilas lukamu dengan kain kasa ataupun kain yang bersih. Janganlah gunakan tisu ataupun kapas karena akan menempel di luka.
Jika terjadi pendarahan, hentikan pendarahan dengan menggunakan kain yang bersih.
Jika dibutuhkan luka dapat ditutup menggunakan plester.
Jangan lupa, gantilah plester yang kamu gunakan setiap hari ya dan atau jika plester basah atau kotor.
Sehabis menanggulangi luka, jangan lupa kembali mencuci tanganmu kembali.

Untuk mendapatkan plester, kamu bisa langsung ke apotek terdekat kamu, atau juga bisa dapatkan di drugstore seperti Century bahkan di supermarket juga ada.

Pilih Mana: Salep atau Plester Untuk Obat Luka?

Salep Untuk Obat LukaPlester Untuk Obat Luka
Kelebihan - Melawan infeksi bakteri - Membuat luka menjadi kering- Melindungi dari kuman ataupun benturan - Melindungi dari debu juga membantu mengurangi pendarahan
Kekurangan- Beberapa produk terasa perih - Beberapa orang akan merasa gatal karena produk- Sakit karena plester langsung terkena luka - Harus sering diganti

Kesimpulan:

Pengobatan terhadap luka memang sangat dibutuhkan agar tidak terjadinya infeksi, biasanya pertolongan pertama saat terjadi luka adalah dengan memberikan salep terhadap luka bahkan ada juga sebagian orang langsung memberikan plester terhadap luka tersebut. Biasanya jika luka bakar lebih baik dioleskan dengan salep terlebih dahulu, dan jika luka seperti terkena irisan pisau kamu bisa langsung membersihkan luka kemudian memberikan plester ke bagian luka. Salep dan Plester memiliki fungsi masing-masing sesuai luka yang dialami, keduanya juga mudah untuk didapatkan seperti di apotek juga drugstore yang ada di kota kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Salep vs Plester Untuk Obat Luka

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *