ElektronikGadgets

Pilih Mana: Samsung Galaxy A20 atau Redmi Note 7?

Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat maju seiring berjalannya waktu, terlebih untuk kehidupan manusia sehari-hari yaitu smartphone. Seperti yang kita tahu bahwa produsen smartphone sekarang hadir memberikan spesifikasi produknya yang mumpuni dengan harga yang terjangkau. Seperti halnya Samsung Galaxy A20 dan Redmi Note 7, kedua smartphone ini memiliki beragam fitur dan detail yang bermanfaat untuk para pemakainya. Maka tak heran bila banyak orang yang ingin memiliki salah satu dari kedua smartphone ini khususnya anak muda. Penasaran dengan detail dan fitur yang disematkan pada kedua smartphone ini? Kali ini saya akan bahas mengenai Samsung Galaxy A20 dan Redmi Note 7. Disini aja ya.

Samsung

Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara serta mempunyai lebih dari 208.000 pekerja.

Sampai saat ini, Samsung juga jadi salah satu merek terbesar di dunia dengan menghasilkan ponsel pintar yang jadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai. Samsung merupakan salah satu konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 serta dengan cepat tumbuh ke aspek lainnya.

Saat ini ini, Samsung beroperasi dalam 6 sektor bisnis, yakni telekomunikasi (telepon genggam serta jaringan), perlengkapan rumah tangga digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS serta DVD, dan lainnya), media digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor (termasuk alat berat). Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy S10e atau Samsung Galaxy S9?

Samsung Galaxy A20

Diotaki oleh chipset Exynos 7884 Octa-Core berkecepatan 1,6 GHz, bisa dibilang Galaxy A20 sanggup menjalankan bermacam aplikasi keseharian dengan lancar. Berpindah-pindah aplikasi juga terasa mulus tanpa ada gangguan sama sekali. Smartphone ini juga telah mengusung Android 9 Pie yang dibalut antarmuka baru dari Samsung yaitu Samsung One UI, yang disematkan Samsung di lini flagship mereka.

Gabungan RAM 3GB serta penyimpanan internal 32GB dipastikan sudah memenuhi kebutuhan aplikasi masa kini dengan baik. Ada pula dukungan slot microSD sampai kapasitas 512GB untuk yang merasa memerlukan ruang lebih.

Gabungan ini membuat Samsung Galaxy A20 sudah mumpuni buat penuhi kebutuhan para konsumennya secara umum. Perihal ini juga terlihat dari hasil uji coba benchmark yang sudah dilakukan.

Kamera Samsung Galaxy A20

Kamera belakang Galaxy A20 terdiri dari kamera utama beresolusi 13 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.9. Sedangkan kamera sekundernya memiliki resolusi 5 megapiksel bukaan lensa f/2.2, yang dengan jangkauan fokal ultra lebar untuk menangkap gambar sampai jangkauan 123 derajat.

Di bagian depan, tersemat kamera tunggal beresolusi 8 megapiksel dengan bukaan f/2.0. Tidak hanya kamera ultra-wide, terdapat beberapa fitur lain yang dapat dipakai kamera belakang, yaitu HDR, panorama, mode Pro, dan fokus live, di mana konsumen dapat mengatur efek blur latar belakang secara manual.

Efek blur ini dapat diatur sebelum maupun setelah memotret. Sedangkan buat kamera depan, hanya terdapat mode fokus live serta beauty buat mempercantik hasil gambar swafoto.

Baterai Samsung Galaxy A20

Mempunyai ukuran layar yang besar, Samsung mengimbanginya dengan membenamkan baterai berkapasitas 4000 mAh buat menemani aktivitasnya sehari-hari. Dengan kapasitas yang besar ini, pastinya akan semakin memanjakan konsumen dalam beraktivitas tanpa perlu khawatir bakal kehabisan baterai saat dipakai dalam waktu yang lama.

Apiknya lagi, kapasitas baterai yang besar ini telah digabungkan dengan fitur pengisian baterai cepat buat memberikan kemudahan pada konsumen dalam melakukan pengisian baterai tanpa membuang-buang waktu.

Fitur Samsung Galaxy A20

Fitur menarik yang tersedia di Samsung Galaxy A20 ini di antaranya Fingerprint, Face Recognition, Fast Charging 15W, USB Type-C, Samsung Pay, Bixby Home, Bixby Reminder, Dolby Atmos, Samsung Knox serta One UI. Dilengkapi dengan sistem operasi Android 9.0 Pie, Samsung Galaxy A20 mempunyai kapasitas baterai besar, 4000 mAh.

Harga Samsung Galaxy A20

Samsung Galaxy A20 dijual dengan harga sekitar Rp 2.200.000,- untuk varian 3GB/32GB dan Rp 2.599.000,- untuk varian 4GB/64GB. Samsung Galaxy A20 bakal tersedia dalam 3 opsi warna menarik yakni merah, biru dan hitam.

Redmi

Kiprah Xiaomi dengan seri Redmi-nya di Indonesia memang terhitung sukses. Xiaomi dengan seri Redmi (biasa) maupun Redmi Note series-nya sukses membuat cemas lawan-lawannya di tanah air. Jelas, sejak pertama datang ke Indonesia sekitar 2014, Xiaomi telah membawa seri Redmi pertamanya dan langsung jadi perangkat ekonomis yang melekat di pasar tanah air.

Sejarah Redmi pula terus meningkat dengan beberapa bulan setelahnya mengumumkan ekspansi bisnis di Singapura, Malaysia, Filipina, India, termasuk ke Indonesia. Seri Redmi Note yang sama dengan perangkat dengan ukuran cukup besar atau beraliran smartphone-tablet (phablet) pula hadir.

Sama seperti seri Redmi (biasa), seri Redmi Note pula kemudian melekat di hati pemakai smartphone ekonomis tanah air dengan gambaran detail yang cukup tinggi.

Redmi Note 7

Redmi Note 7 mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 660 AIE, dengan kecepatan maksimal 2.2 GHz, dibandingkan underclock pada 1.95GHz. Chip ini dibantu komponen flagship yang membuat fitur kamera smartphone bisa mengambil gambar low-light serta kemampuan pemakaian baterai yang lebih bagus.

Chip ini pula memungkinkan Redmi Note 7 memberikan pengalaman gaming tanpa gangguan, seperti 3D gaming, dan menjalankan sebagian aplikasi sekaligus dengan lancar.

Chip Snapdragon 660 didampingi dengan opsi kapasitas RAM atau memori internal yaitu 3GB/32GB serta 4GB/64GB, yang dapat diperluas dengan microSD. Tempo mengunduh 2 game yaitu Asphalt 8 dan Mobile Legend untuk menguji performa handphone. Kedua game itu menyuguhkan grafis yang banyak warna, kala main game dengan Redmi Note 7, tampilan grafiknya lumayan terang serta gerakan gambar lumayan halus.

Kamera Redmi Note 7

Redmi Note 7 memasang dual kamera utama dengan sensor utama 48MP serta sensor kedalam 5MP. Kamera 48MP dibantu oleh 0.8μm-pixel Samsung GM1 dengan sensor CMOS terang di bagian belakang, yang mempunyai 48 juta piksel fisik. Kamera itu menawarkan resolusi yang amat besar untuk hasil detail yang luar biasa.

Dengan, memakai gabungan dari 1.6um superpixel, multi-eksposur HDR, bukaan yang besar di f/1.8, dan kalibrasi otomatis berbasis AI, membuat hasil gambar lebih bersih. Serta efek bokehnya amat terasa dengan kamera 5MP dan bukaan f/2.2.

Kamera belakang Redmi Note 7 pula mempunyai fitur AI Scene Detection yang bisa mengenal 27 kategori suasana berbeda. Fitur ini bakal mempermudah konsumen menciptakan hasil gambar mempesona dan cerah buat tiap suasana yang beragam tanpa perlu banyak mengedit foto.

Baterai Redmi Note 7

Redmi 7 hadir dengan baterai berkapasitas 4.000mAh yang dibangun memakai bahan elektroda negatif grafit. Menurut Redmi, algoritma daya ini dimaksimalkan untuk tingkatkan kemampuan suhu rendah baterai. Perihal ini sangat penting, buat menghadirkan penghematan daya di sistem MIUI terbaru, serta manajemen konsumsi daya yang jauh lebih irit. Redmi berkata kalau perangkat ini bisa bertahan sepanjang 2 hari penuh dengan hanya sekali pengisian penuh (fully charge), serta pemakaian normal.

Fitur Redmi Note 7

Layar yang tertanam ini mempunyai kecerahan sampai 450 nits dengan perbandingan kontras menggapai 1500:1. Apiknya lagi, fitur perlindungan mata dan fitur ini mempunyai keahlian membaca di bawah terik matahari. Redmi Note 7 hadir dengan sokongan MIUI 10 berbasis android 9.0 (Pie). Seperti diketahui, tipe terbaru MIUI ini hadir dengan beragam peningkatan fitur mulai dari fotografi, multitasking sampai bentuk menu yang lebih sederhana serta fresh.

Tidak hanya itu, kamera yang tertanam ini pula telah dibekali dengan karakteristik AI buat menciptakan mutu gambar bersumber pada situasi iluminasi serta subjek yang dituju. Sedangkan buat kamera depannya merupakan 13 megapiksel yang telah digabungkan dengan karakteristik AI Smart Beauty serta AI Face Unlock.

Serta kemampuan fast charge 4.0 dan tambahan koneksi infrared yang dapat dimaksimalkan konsumen untuk menghubungkan ke perangkat elektronik sebagai remote pengganti.

Harga Redmi Note 7

Redmi Note 7 varian 3GB / 32GB dijual seharga Rp 1.999.000,- kemudian varian 4GB / 64GB seharga Rp 2.599.000,- . Terdapat 3 varian warna yang ditawarkan Redmi Note 7 yakni gradasi nebula red, space black, dan neptune blue.

Pilih Mana: Samsung Galaxy A20 atau Redmi Note 7?

Samsung Galaxy A20 Redmi Note 7
Kelebihan- Mendukung resolusi HD+ 720 x 1560 piksel - Baterai berkapasitas 4.000 mAh - Kamera depan belakang memiliki resolusi masing-masing 13 MP f/1.9 dengan lensa wide dan 5 MP f/2.2 dengan lensa ultrawide- Sudah menggunakan chipset dari Snapdragon 660 - Memiliki ukuran rasio layar ke bodi sekitar 81.4%, jadi smartphone ini terasa lebih lebar - Sudah menggunakan port USB-C
Kekurangan- Belum memiliki sensor NFC - Kamera ultra wide angle tidak didukung autofokus.- Tidak memiliki sensor NFC - Belum mendukung fitur fast charging

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Samsung Galaxy A20 dan Redmi Note 7 diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang canggih dengan disematkannya dapur pacu dan fitur yang mumpuni. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi akan kecanggihan dari kedua smartphone ini, Namun untuk kamu yang suka bermain game lewat smartphone, saya merekomendasikan Redmi Note 7 untuk menemani hari-hari kamu karena sanggup memberikan grafik yang lumayan terang serta gerakan gambar lumayan halus pada game kamu. Tentukan pilihan smartphone kamu sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A20 vs Redmi Note 7

VS

Leave a Reply