Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy A30 atau Samsung Galaxy A30S?

Samsung dari dulu sampai saat ini senantiasa memberikan spesifikasi dan performa yang baik untuk segmen smartphone nya. Hal ini bisa dibuktikan dengan masih eksisnya merk raksasa ini di semua kalangan baik yang muda sampai yang tua, salah satunya seperti Samsung Galaxy A30 dan Samsung Galaxy A30S.

Samsung Galaxy A30 dan Samsung Galaxy A30S merupakan smartphone yang memiliki spesifikasi cukup mumpuni dengan harga yang cukup ekonomis. Warna-warna yang disematkan pun cukup menarik batin para penggemarnya.

Penasaran dengan detail lebih lengkap dari kedua smartphone ini? Kalau gitu stay tune di Selera.id ya guys!

Samsung Galaxy A30

Spesifikasi jeroan dari Galaxy A30 persis sama dengan seri M30. Memakai chipset konstruksi orisinil Samsung, Exynos 7904 (14 nm). Bila kamu termasuk orang yang senang menjadikan chipset dari Qualcomm sebagai benchmark pembanding, maka Exynos itu bisa disandingkan dengan Snapdragon seri 600.

Chipset ini mempunyai kemampuan kerja octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73&6×1.6 GHz Cortex-A53). Memanfaatkan Mali G71-MP2 sebagai pendorong kinerja grafis di dalam ponsel.

Kombinasi yang terhitung lumayan bila digunakan untuk bermain game populer semacam Player Unknown Battle Ground (PUBG) maupun game lain yang membutuhkan kinerja grafis mumpuni. Walaupun tentu saja tidak bisa diandalkan untuk mencapai kualitas grafis tinggi.

Perangkat kerja tersebut mendapat dukungan dari memori RAM yang mencapai 4GB, dengan memori internal bawaan 64 GB. Dengan opsi varian yaitu 3GB RAM serta 32 GB memori internal. Baca juga Pilih Mana: Vivo S1 atau Samsung A50?

Kamera Samsung Galaxy A30

Samsung membekali Galaxy A30 dengan kamera belakang ganda, bersensor utama 16MP dan sensor sekunder 5MP berlensa ultra-lebar yang bisa memotret area seluas 123 derajat. Karenanya, Kamu juga akan menemukan tombol di layar menu kamera yang memungkinkan berpindah ke sudut pandang normal dan luas untuk memotret.

Sebagai perangkat kelas menengah, tidak mengherankan bila Samsung membekali kamera yang tidak sebaik perangkat unggulannya, namun kamera Galaxy A30 cukup bisa menghadirkan foto dengan kecerahan serta ketajaman baik.

Baterai Samsung Galaxy A30

Daya yang disematkan pada Galaxy A30 tidaklah lebih baik dari seri M30 yang mempunyai daya 5000 mAh. Ponsel ini cuma dibekali daya baterai sebesar 4000 mAh Li-Po.

Tidak lagi memakai Li-Ion karena memang sudah menerapkan fungsi fast-charging dengan port type C. Proses pengisian baterai pastinya lebih cepat dibanding baterai biasa yang cuma memakai USB micro.

Fitur Samsung Galaxy A30

  1. AR Emoji
    Fitur ini memungkinkan untuk membuat karakter emoji sesuai karakter Kamu. Hasil AR Emoji ini bisa Kamu gunakan di sejumlah aplikasi, termasuk aplikasi chat.
  2. AI
    Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi objek foto, kemudian mengaplikasikan pengaturan yang sesuai untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan objek.

Kelebihan Samsung Galaxy A30

  • Memakai Slot Dedicated
    Berbeda dengan slot Hybrid yang mengharuskan pemakainya memilih di antara dua opsi pemakaian SIM dan memori eksternal, slot Dedicated tidak seperti ini. Slot Dedicated memberikan kebebasan untuk pemakainya memakai 2 SIM dan memori eksternal secara bersamaan.
  • Sensor komplit
    Samsung Galaxy A30 dibekali dengan sensor yang komplit termasuk Gyroscope. Untuk kamu yang gemar bermain game PUBG, sensor ini juga bisa membantu kamu membidik musuh dengan mudah. Selain Gyroscope, ada juga sensor lain seperti proximity, accelerometer, compass, dan masih ada lagi.
  • Kamera mumpuni
    Di sektor kamera, Samsung Galaxy A30 dibekali dua kamera pada bagian belakang dengan resolusi kamera utama 16MP dan 5MP Ultra Wide. Sedangkan, pada bagian depan terdapat kamera selfie dengan resolusi 16MP dan dukungan fitur screen flash yang membantu kamu memberikan lighting yang cukup. Untuk kualitas kamera belakang pada Samsung Galaxy A30 sendiri cukup baik dan memberikan efek bokeh yang lumayan rapi.

Kekurangan Samsung Galaxy A30

  • Tidak terdapat fitur OIS ataupun EIS
    Perihal ini tentu saja disebabkan oleh tidak hadirnya fitur OIS (Optical image stabilization) maupun EIS (Electronic image stabilization) pada mode perekaman kamera Samsung Galaxy A30. Namun, jika melihat harga dari teknologi OIS sendiri yang memang tidak murah, sebab teknologi OIS umumnya cuma ditemui di smartphone flagship.
  • Sensor sidik jari masih di belakang
    Sensor biometrik sidik jari terlalu susah dijangkau. Berfungsi sebagai sensor keamanan untuk membuka kunci layar, sensornya tidak begitu responsif dan tidak begitu cepat. Tetapi, ini bukan persoalan yang sedemikian itu penting, asal jari tangan berada pada posisi yang tepat saat membukanya.
  • Tanpa NFC
    Sama seperti seri smartphone kelas menengah bawah Samsung lainnya, A30 juga hadir tanpa membawa fitur near field communication (NFC). Alasannya mungkin sama, yaitu untuk menekan harga. Karena fitur ini memang jarang dibutuhkan oleh beberapa orang yang masih mengandalkan transaksi offline.

Samsung Galaxy A30S

Galaxy A30s mempunyai layar 6,4 inci resolusi HD+ atau 720 x 1.560 piksel dengan tipe panel Super AMOLED. Layar ponsel ini masih ternoda notch berdesain infinity-V sebagai area kamera selfie. Sebagai informasi, Galaxy A30s justru mengalami penurunan resolusi layar dari pendahulunya, Samsung A30 yang mengusung resolusi FHD+.

Samsung A30S di sektor performa setara dengan pendahulunya yang mempercayakan chipset Exynos 7904 berkonsep octa-core dengan kartu grafis Mali-G71 MP2. Ini termasuk dukungan slot microSD sampai 512GB bertipe dedicated. Artinya, pemakai dapat memasang 2 SIM Card dan 1 microSD secara bersamaan.

Kamera Samsung Galaxy A30S

Galaxy A30s saat ini mengusung 3 kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 25MP (f/1.7) didukung fitur PDAF serta LED Flash. Sedangkan kamera kedua 8MP sebagai lensa ultra-wide angle dan kamera ketiga 5MP berfungsi untuk depth sensor.

Adapun kamera depan berkekuatan 16MP. Sedangkan pendahulunya, Samsung A30, cuma dibantu dua kamera belakang, yaitu 16MP (f/1.7) didukung fitur PDAF dan LED Flash, dan kamera kedua 5MP sebagai depth sensor dan wide angle.

Baterai Samsung Galaxy A30S

Galaxy A30s masih ditopang kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh berdaya 15W via USB Type-C saat mengisi daya. Detail ini juga sama dengan yang ditawarkan di Samsung A30.

Fitur Samsung Galaxy A30S

  1. AI Game Booster
    AI Game Booster berfungsi untuk memaksimalkan kinerja Galaxy A30s untuk aktivitas gaming.
  2. Frame Booster
    Frame Booster, menawarkan grafis halus dan gerakan lebih smooth. Fitur ini juga akan mempelajari rutinitas aktivitas gaming pengguna kemudian mengoptimalkan baterai, suhu, serta memori perangkat.

Kelebihan Samsung Galaxy A30S

  • Baterai cukup besar
    Kapasitas baterai Samsung Galaxy A30S yaitu 4.000 mAh yang tentunya sesuai digunakan dengan aktivitas kamu sehari-hari.
  • Cocok untuk pecinta game mobile
    Pengguna yang gemar bermain gim, ponsel dilengkapi dengan teknologi AI Gaming Booster yang bisa mengidentifikasi tipe game yang sedang dimainkan dan secara otomatis mengoptimalkan performa sehingga memberikan tampilan yang detail dan meminimalisir terjadinya lag saat proses bermain game online.
  • Mempunyai 3 kamera belakang
    Seperti halnya Galaxy A20s, Galaxy A30s juga dibekali 3 kamera belakang dengan lensa utama 25MP, 5MP, serta 8MP dan kamera depan 16 MP. Tentunya hal ini cocok banget buat kamu yang doyan foto bersama teman dan orang terdekat.

Kekurangan Samsung Galaxy A30S

  • Baterai tidak bisa dilepas
    Baterai Samsung Galaxy A30S tidak bisa dilepas, kami sarankan buat bawa ke pusat layanan resmi Samsung untuk mengganti dengan baterai asli jika mengalami kendala pada smartphone ini.
  • Tidak ada NFC
    Sama halnya dengan A30, Samsung Galaxy A30S nyatanya juga belum memiliki NFC. Alasannya mungkin sama, yaitu untuk menekan harga. Karena fitur ini memang jarang dibutuhkan oleh beberapa orang yang masih mengandalkan transaksi offline.
  • Memiliki resolusi yang rata-rata
    Seperti yang kita tahu bahwa resolusi merupakan salah satu faktor yang bisa membuat orang jadi betah untuk memainkan smartphone. Namun hal ini masih belum bisa diusung oleh Samsung Galaxy A30S.
KeteranganSamsung Galaxy A30Samsung Galaxy A30S
Bodi163.31 x 77.52 x 7.99 mm 158.5 x 74.7 x 7.8 mm
LayarSuper AMOLED 6,5 inci HD+ (720X1560) PLS, Infinity-V DisplaySuper AMOLED 6,4 inci HD+ (720X1520) Infinity-V Display
ProsesorQualcomm Snapdragon 450 Exynos 7904
OS4.500 mAh4.000 mAh
NFCAndroid 9 Pie Android 9 Pie
Baterai4.000 mAh 4.000 mAh
Harga per Oktober 2019Rp2.499.000 (3GB+32GB) dan Rp2.799.000 (4GB+64GB)Rp3.299.000 (4GB+64GB)

Pilih Mana: Samsung Galaxy A30 atau Samsung Galaxy A30S?

Samsung Galaxy A30Samsung Galaxy A30S
Kelebihan- Memakai Slot Dedicated - Sensor komplit - Kamera mumpuni - Baterai cukup besar - Cocok untuk pecinta game mobile - Mempunyai 3 kamera belakang
Kekurangan- Tidak terdapat fitur OIS ataupun EIS - Sensor sidik jari masih di belakang - Tanpa NFC - Baterai tidak bisa dilepas - Tidak ada NFC - Memiliki resolusi yang rata-rata

Kesimpulan

Samsung Galaxy A30 dan Samsung Galaxy A30S sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir lagi dengan performa yang diberikan Samsung ini. Tentukan smartphone Samsung andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A30 vs Samsung Galaxy A30S

VS

Leave a Reply