Pilih Mana : Samsung Galaxy A8 atau A6+?

Loading...

Demi menghadapi persaingan smartphone di Tanah Air yang semakin ketat, Samsung terus meluncurkan produk terbarunya yang memiliki kualitas premium. Dua smartphone premium dari Samsung yang bisa kita bandingkan hari ini yaitu Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A6+. Manakah perangkat terbaik dari dua smartphone tersebut? Samsung Galaxy A8 atau A6+?

Banyak hal yang dapat kita bandingkan antara Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A6+. Perbedan tersebut bisa saja berasal dari sistem operasi, hardware, kamera, harga, dan masih banyak lagi spesifikasi lainnya yang bisa Anda simak di bawah ini.

Samsung Galaxy A8

Samsung Galaxy A8 ialah smartphone yang dirilis oleh Samsung pada awal tahun 2018 yang sengaja dipersiapkan untuk bersaing dikelas menengah ke atas. Perangkat ini telah dilengkapi oleh kamera depan ganda yang mampu menunjang aktivitas Anda dalam aktivitas selfie maupun wefie. Penjelasan tentang Samsung Galaxy A8 sudah kami bahas sebelumnya pada artikel Galaxy A6 atau A8.

Kelebihan Samsung Galaxy A8

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy A8 yang bisa Anda ketahui:

  • Bodi Berbahan Kaca

Samsung mempunyai desain ponsel yang khas, yang membuatnya berbeda dari vendor smartphone lain. Untuk meningkatkan rasa premium ketika menggenggam Galaxy A8 ditangan, Samsung sudah menyematkan bodi berbahan kaca yang hampir mirip dengan Samsung Galaxy A5 (2017). Sedangkan Galaxy A6+ masih memiliki bodi metal.

  • Hardware Lebih Mumpuni

Samsung Galaxy A8 telah dipersenjatai oleh chipset buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 7885 Octa Core yang mendukung sistem operasi Android Nougat 7.1.1. Performa yang ditawarkan pada Galaxy A8 tentu saja lebih mumpuni dari Galaxy A6+ yang masih menggunakan chipset Qualcomm SDM 450 Snapdragon 450. Spesifikasi lainnya pada Samsung Galaxy A8 bisa Anda lihat di sini.

  • Didukung Fitur Fast Charging

Kelebihan lainnya dari Samsung Galaxy A8 adalah perangkat ini telah didukung oleh fitur fast charging atau pengisian daya cepat sehingga Anda tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu kapasitas baterai full. Tentunya fitur ini membuat Galaxy A8 lebih unggul dari Galaxy A6+ karena smartphone ini tidak memiliki fitur tersebut.

Kekurangan Samsung Galaxy A8

Berikut beberapa kekurangan Samsung Galaxy A8 yang perlu diketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Kekurangan utama dari Samsung Galaxy A8 adalah harganya yang cukup tinggi bila dibandingkan Galaxy A6+. Selisih harga dari kedua perangkat ini cukup besar, yaitu sekitar hampir dua juta rupiah sehingga Anda perlu mempertimbangkannya matang-matang.

Loading...
  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan lain dari Samsung Galaxy A8 ialah memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil daripada Galaxy A6+. Dengan harga yang relatif tinggi, kapasitas baterai yang ditancapkan pada perangkat ini hanya 3.000 mAh saja, sedangkan Galaxy A6+ telah didukung oleh baterai 3.500 mAh.

  • OS Belum Update

Dari segi sistem operasi, Samsung Galaxy A8 masih menggunakan OS Android Nougat, sedangkan Galaxy A6+ telah mendukung OS Android Oreo 8.0 sejak pertama kali diluncurkan. Tapi Anda tak perlu khawatir karena Samsung termasuk rajin dalam memberikan update sistem operasi pada setiap produknya.

Kelebihan Samsung Galaxy A8Kekurangan Samsung Galaxy A8
- Bodi Berbahan Kaca- Harga Lebih Mahal
- Hardware Lebih Mumpuni- Kapasitas Baterai Lebih Kecil
- Didukung Fast Charging- OS Belum Update

Samsung Galaxy A6+

Samsung Galaxy A6+ dirilis secara bersamaan dengan Galaxy A6 pada bulan Mei 2018, yang mengusung desain sama persis namun yang membedakannya yaitu ukuran layar yang lebih besar seperti phablet. Dengan spesifikasinya yang premium, seringkali Galaxy A6+ dijadikan perbandingan dengan Galaxy A8 meski perbedaan harga di antara keduanya cukup jauh.

Kelebihan Samsung Galaxy A6+

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy A6+ yang perlu diketahui:

  • Bentang Layar Lebih Lebar

Mengenai desain layar, Samsung Galaxy A6+ mengikuti trend kekinian yang mengusung layar penuh dengan bentang seluas 6.0 inch. Detail yang membedakan antara perangkat ini dengan Galaxy A8 yaitu bentuk ujung layarnya yang meruncing, sedangkan pada A8 masih melengkung khas Samsung.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan lainnya dari Samsung Galaxy A6+ terletak pada faktor harga yang jauh lebih murah dari Galaxy A8. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 3.899.000 di toko online Bukalapak, sedangkan harga Samsung Galaxy A8 masih cukup tinggi aitu sekitar Rp 5.349.000.

  • OS Lebih Update

Soal sistem operasi, Samsung Galaxy A6+ lebih update dari Galaxy A8 karena telah menggunakan OS Android Oreo 8.0. Hal ini tidak menutup kemungkinan bila Samsung akan terus memberikan update sistem operasi pada ponsel ini dimasa mendatang.

Kekurangan Samsung Galaxy A6+

Berikut beberapa kekurangan Samsung Galaxy A6+ yang perlu diketahui:

  • Hardware Kurang Mumpuni

Tidak heran bila Samsung Galaxy A6+ masih kalah dari Galaxy A8 dari segi hardware. Chipset yang dibenamkan Samsung pada perangkat ini masih menggunakan Qualcomm Snapdragon 450 yang termasuk chipset kelas menengah pada Android. Namun Anda tak perlu khawatir karena performa Samsung Galaxy A6+ masih lancar tanpa lag.

  • Tidak Didukung Fast Charging

Kekurangan Samsung Galaxy A6+ lainnya yaitu tidak didukung fitur fast charging sehingga Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menunggu baterai penuh. Tapi kekurangan ini ditutupi oleh kapasitas baterainya yang lebih besar dari Galaxy A8.

  • Belum ada NFC

Samsung Galaxy A6+ tidak dilengkapi dengan fitur NFC, fitur transfer data yang kian popular untuk top up E-Money. Fitur ini bisa Anda temui pada Galaxy A8 yang juga memiliki fitur tambahan lainnya yang tidak ada pada Samsung Galaxy A6+.

Kelebihan Samsung Galaxy A6+Kekurangan Samsung Galaxy A6+
- Bentang Layar Lebih Lebar- Hardware Kurang Mumpuni
- Harga Lebih Terjangkau- Tidak Didukung Fast Charging
- OS Lebih Update- Belum ada NFC

Pilih Mana : Samsung Galaxy A8 atau A6+?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Galaxy A8 dan Galaxy A6+. Berikut tabel rangkuman dari perbedaan kedua smartphone tersebut:

Samsung Galaxy A8Samsung Galaxy A6+
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- OS belum update- Kapasitas baterai lebih besar
- Hardware lebih mumpuni- OS sudah update
- Cek harga Samsung Galaxy A8 online termurah, Klik di sini- Cek harga Samsung Galaxy A6+ online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Samsung Galaxy A8 dan Samsung Galaxy A6+ di atas, dapat kita lihat bahwa kedua perangkat ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun jika ingin dibandingkan, Samsung Galaxy A6+ memiliki lebih banyak keunggulan meskipun harganya jauh lebih murah daripada Galaxy A8.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy A8 vs A6+

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *