Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy J6 atau Vivo Y83?

Saat ini telah banya bermunculan smartphone yang dijual dengan harga yang pas di kantong namun telah membawa spesifikasi yang sangat handal. Dua di antara smartphone tersebut antara lain Samsung Galaxy J6 dan Vivo Y83. Manakah yang lebih baik dari kedua smartphone tersebut? Samsung Galaxy J6 atau Vivo Y83?

Samsung Galaxy J6 dan Vivo Y83 merupakan dua smartphone yang dirilis oleh dua vendor berbeda. Namun, kedua smartphone ini ditawarkan dengan harga yang hampir sama. karena itulah, kedua smartphone ini layar untuk dibandingkan agar bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca artikel berikut hingga selesai.

Samsung Galaxy J6

Samsung Galaxy J6 merupakan sebuah smartphone yang dirilis oleh Samsung pada Juni 2018. Smartphone ini telah memiliki tampilan yang kekinian dengan full screen display.

Baca juga Pilih Mana: Honor 9 Lite atau Redmi 5 Plus?

Kelebihan Samsung Galaxy J6

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy J6 yang perlu Anda ketahui:

Menggunakan Teknologi Super Amoled
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6 adalah telah menggunakan teknologi Super Amoled pada layarnya. Teknologi yang digunakan oleh Samsung Galaxy J6 ini lebih baik atau lebih kekinian jika kita bandingkan dengan teknologi yang dimiliki oleh Vivo Y83.

Telah Memiliki Sensor Finger Print
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung Galalxy J6 adalah telah didukung atau dilengkapi dengan sensor finger print sehingga Anda akan lebih mudah dalam membuka kunci handphone Anda. Sedangkan Vivo Y83 belum memiliki sensor ini. Dalam hal ini, Samsung Galaxy jelas lebih unggul.

Harga Sedikit Lebih Murah
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh samsung Galaxy J6 adalah memiliki harga yang lebih murah atau lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh Vivo Y83. Namun, perbedaan harga yang ditawarkan oleh kedua smartphone ini tidak terlalu jauh berbeda. Dengan demikian, hal ini tidak memberikan pengaruh yang sangat besar.

Kekurangan Samsung Galaxy J6

Berikut beberapa kekurangan Samsung Galaxy J6 yang perlu Anda ketahui:

Layar Lebih Kecil
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6 adalah memiliki layar yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan layar yang dimiliki oleh Vivo Y83. Smartphone ini memiliki layar dengan lebar 5,6 inci sementara Vivo Y83 memiliki layar dengan ukuran lebar 6,3 inci. Karena itulah, bisa kita lihat bersama bahwa Vivo Y83 memang memiliki layar yang lebih baik.

Kerapatan Layar Lebih Rendah
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6 adalah memiliki kerapatan layar yang lebih rendah jika kita bandingkan dengan kerapatan layar yang dimiliki oleh Vivo Y83. Smartphone ini hanya memiliki layar dengan kerapatan 294ppi sementara Vivo Y83 memiliki kerapatan layar 400ppi.

Kinerja Kurang Cepat
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6 adalah memiliki kinerja yang kurang cepat atau kurang baik jika dibandingkan dengan Vivo Y83. Smartphone ini memiliki hardware Chipset Exynos 7870, CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53, GPU Mali T830MP1.

Kelebihan Samsung Galaxy J6Kekurangan Samsung Galaxy J6
- Menggunakan teknologi Super Amoled- Layar lebih kecil
- Memiliki sensor finger print- Kerapatan layar lebih kecil
- Harga sedikit lebih murah- Kinerja kurang cepat

Vivo Y83

Vivo Y83 merupaan sebuah smartphone yang diluncurkan oleh Vivo pada Mei 2018. Smartphone ini telah dibekali dengan RAM 4 GB dan telah memiliki hardware yang mumpuni sehingga membuat kinerja lebih baik. Penjelasan mengenai Vivo Y83 telah kami bahas sebelumnya pada Vivo Y81 vs Y83. 

Kelebihan Vivo Y83

Berikut beberapa kelebihan Vivo Y83 yang perlu Anda ketahui:

Kapasitas RAM Lebih Besar
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki kapasitas RAM yang lebih besar dibandingkan dengan kapasitas RAM yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6. Vivo Y83 telah memiliki RAM dengan kapasitas 4 GB sedangkan Samsung Galaxy J6 hanya memiliki RAM yang berkapasitas 3 GB.

Kapasitas Baterai Lebih Besar
Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki kapasitas baterai yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih besar jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6. Smartphone ini telah memiliki baterai dengan baterai berkapasitas 3.260 mAh sedangkan Samsung Galaxy memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh.

Hardware Lebih Mumpuni
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki kinerja yang lebih cepat karena memiliki hardware yang lebih mumpuni atau lebih baik ketimbang hardware yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6. Smartphone ini telah didukung Chipset Mediatek Helio P22, CPU Octa-core 2,0 GHz Cortex A53, dan GPU PowerVR GE8320.

Kekurangan Vivo Y83

Berikut beberapa kekurangan Vivo Y83 yang perlu Anda ketahui:

Teknologi Layar Masih Tertinggal
Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki layar dengan teknologi yang masih tertinggal atau kurang terbaru. Smartphone ini masih menggunakan teknologi IPS LCD sedangkan Samsung Galaxy J6 telah memiliki layar dengan teknologi Super Amoled.

Belum Memiliki Sensor Finger Print
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah belum dibekali dengan sensor finger print. Dengan demikian, Anda membutuhkan waktu yang lebih lama dalam membuka kunci smartphone ini karena Anda harus membukanya secara manual.

Belum Didukung Fast Charging
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah belum didukung dengan fitur fast charging. Karena hal ini, Anda memerlukan waktu yang cukup lama dalam mengisi baterai agar bisa terisi dengan penuh.

Kelebihan Vivo Y83Kekurangan Vivo Y83
- Kapasitas RAM lebih besar- Teknologi layar masih tertinggal
- Kapasitas baterai lebih besar- Belum memiliki sensor finger print
- Hardware lebih mumpuni- Belum didukung fast charging

Pilih Mana: Samsung Galaxy J6 atau Vivo Y83?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Samsung Galaxy J6 dan Vivo Y83. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Samsung Galaxy J6Vivo Y83
- Kapasitas RAM lebih kecil- Kapasitas RAM lebih besar
- Memiliki sensor finger print- Belum memiliki sensor finger print
- Menggunakan teknologi Super Amoled- Menggunakan teknologi IPS LCD

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Samsung Galaxy J6 dan Vivo Y83 di atas, dapat kita lihat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi jika diperhatian, Vivo Y83 memiliki lebih banyak keunggulan daripada Samsung Galaxy J6. Dengan harga yang hampir sama, Anda sebaiknya memilih Vivo Y83.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy J6 vs Vivo Y83

VS

Leave a Reply