Elektronik

Pilih Mana: Samsung Galaxy S10e atau Samsung Galaxy S10?

Samsung telah resmi merilis kedua smartphone yaitu Samsung Galaxy S10e dan Samsung Galaxy S10. yang kita tau sebagai orang awam dari nama kedua smartphone ini hampir sama dan juga sama-sama keluaran dari samsung oleh sebab itu pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lanjut perbedaan dari kedua smartphone ini.

Samsung Galaxy S10e

Samsung Galaxy S10e datang sebagai obat bagi mereka yang menyukai smartphone dengan bodi relatif kecil. Ya, tidak semua orang menyukai layar besar. Bisa karena ukuran tangan yang kecil atau karena memang tidak suka mengantongi smartphone berukuran besar. Nah, mari kita lihat apa saja yang tersedia di dalam Samsung Galaxy S10e.

Meski Samsung Galaxy S10e memiliki bodi yang kecil, Exynos 9820 tetap akan menjadi dapur pacu smartphone ini. SoC baru ini di rilis dengan unit NPU baru, yang menjanjikan kemampuan AI, dan diproduksi dengan litografi 8 nm. Jadi, performanya yang ditawarkan akan menjadi yang teratas di antara semua smartphone Samsung yang sudah beredar di pasaran, selain keluarga Galaxy S10 sendiri tentunya.

Cukup menarik melihat bahwa, Samsung tetap menyematkan RAM 6 GB dan internal storage 128GB pada Samsung Galaxy S10e yang terkesan simple ini. Ini membuatnya tetap siap untuk multitasking. Sementara, ukuran storage internal 128GB kemungkinan dipertahankan karena kemampuan kedua sisi kameranya merekam video 4K. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy A50 atau Samsung Galaxy A30?

Fitur Samsung Galaxy S10e

Untuk fingerprint, Samsung Galaxy S10e hadir dengan sensor klasik, bukan ultrasonic. Akan tetapi, posisinya juga bukan di sisi belakang. Sensor pemindai sidik jari ini diletakkan pada tombol power, di sisi kanan smartphone.

Untuk sisi audio, Galaxy S10e ini tetap dibekali dengan audio dari AKG, baik untuk headset maupun speaker di smartphone. Jack audio 3.5 mm juga tetap dipertahankan. Hal ini akan membuat banyak orang lega karena tidak harus bergantung pada konektivitas Bluetooth atau terpaksa menggunakan adapter dari USB.

Kemampuan AI juga dikedepankan, berkat penggunaan NPU baru di Exynos 9820. tentunya adalah salah satu yang ditunggu dari Samsung. Smartphone ini menawarkan scene optimizer yang ditingkatkan menjadi 30 scene (dari 20), dan ini tentunya membutuhkan kemampuan AI.

Sementara itu, fitur smart composition untuk membantu komposisi gambar pun akan mengandalkan AI. Di sisi lain, manajemen daya pada smartphone ini digadang-gadang sudah diperkuat dengan kemampuan AI juga.

Baterai Samsung Galaxy S10e adalah yang terkecil dalam keluarga Galaxy S10, 3100 mAh. Untuk pengisian, masih didukung dengan kemampuan fast charging dan wireless charging. Menariknya, terlepas dari ukuran kecilnya, fitur reverse wireless charging atau yang disebut Wireless Power Share, tetap juga dihadirkan. Smartphone ini dapat mengisi perangkat lain yang kompatibel dengan standar Qi, hingga baterai smartphone ini mencapai sisa 30%. wireless charging.

Samsung Galaxy S10

Samsung telah meluncurkan smartphone flagship terbarunya di Indonesia pada Maret 2019 lalu. Salah satu lini flagship ini adalah Samsung Galaxy S10.yang pertama langsung akan dirasakan di bandingkan dengan Samsung Galaxy S10e adalah dimensi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xbox 360 atau PlayStation 3?

Ukuran layar 6,1 inci yang disematkan di bodi S10 membuat handphone ini memiliki bezel yang sangat tipis, bahkan nyaris tidak terlihat. Layar Infinity-O display yang mengadopsi teknologi dynamic AMOLED yang super tajam berhasil menyajikan gambar dan video dengan kualitas yang memanjakan mata.

Layar Samsung S10 juga menggunakan teknologi HDR10+, yakni standar tertinggi layar ultra high definition yang membuatnya mampu menghasilkan warna dan kontras yang terlihat sangat natural dan mirip aslinya.

Di ujung kanan atas, layar dilubangi untuk menempatkan sebuah kamera hadap depan. Di saat banyak produsen ponsel menyajikan desain dengan poni (curved edges), Samsung memilih mengenalkan teknologi “hole punch” untuk menempatkan kamera depannya. Desain “hole punch” ini menjadikan layar Samsung S10 menjadi lebih tinggi sehingga menghasilkan rasio 19:9; sedikit lebih panjang dari rasio 18:5:9 yang terdapat di Galaxy S9.

Fitur Samsung Galaxy S10

Samsung Galaxy S10 masih setia menggunakan software antarmuka dari OneUI. Versi ini memiliki tampilan lebih modern dan tetap sederhana dibandingkan versi TouchWiz pada seri smartphone flasghip generasi sebelumnya.

OneUI masih tetap menawarkan sepaket aplikasi Android dengan aplikasi Samsung yang tidak begitu banyak. Meskipun begitu antarmuka OneUI, menurut Medcom.id berhasil menyajikan rasa penggunaan yang berbeda ketimbang Android murni.

Fitur lainnya adalah kemampuan tahan air dan debu dari sertifikasi IP68. Fitur ini merupakan fitur wajib di seluruh smartphone high-end dari Samsung. Tersedia juga fitur reverse wireless charging.

Jadi selain bisa mengisi daya dengan metode nirkabel, Samsung Galaxy S10 juga bisa mengisi daya perangkat lain yang mendukung fitur wireless charging. Di dalam paket penjualannya, Samsung Galaxy S10 dilengkapi earphone Galaxy Buds.

Galaxy S10 juga menjadi perangkat mobile pertama yang mendukung perekaman video HDR10+. Vdeo tersebut akan menawarkan pengalaman multimedia yang menarik, salah satunya memberikan dynamic range video yang lebih tinggi. Dan Galaxy S10 juga disupport denfan chipset terbaru Snapdragon 855. Chipset ini terdiri dari 8 inti 64-bit yang diklaim memiliki performa 45 persen lebih baik dari Snapdragon 845.

Pilih Mana: Samsung Galaxy S10e atau Samsung Galaxy S10?

Samsung Galaxy S10e Samsung Galaxy S10
Kelebihan - Bodi nyaman digunakan dan lebih simple - Chipset tercanggih dan terbaru - Kapasitas penyimpanan internal yang besar- Layar inovatif - Performa tangguh - Lensa kamera lebih lengkap
Kekurangan- Kapasitas baterai tanggung - Kaca pelindung bukan generasi terbaru- Kamera depan tunggal - Belum menggunakan 3D depth sensor

Kesimpulan

Kedua smartphone ini Samsung Galaxy S10e atau Samsung Galaxy S10 mempunyai banyak kesamaan. Dan ada sedikit perbedaan di fitur yang sudah di bahas di artikel di atas. Jika kalian memiliki anggaran terbatas, Samsung Galaxy S10e dapat menjadi pilihan yang tepat dan jika kalian ingin memiliki fitur yang lengkap Samsung Galaxy S10 bisa menjadi pilihan kalian.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy S10e VS Samsung Galaxy S10

VS

Leave a Reply