Smartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy S10E atau Samsung Galaxy S9 Plus?

Saat ini perusahaan smartphone berlomba-lomba mengeluarkan smartphone tercanggihnya, salah satunya Samsung yang namanya sudah tidak asing lagi dan produk yang di keluarkannya sudah tak perlu di ragukan lagi. Oleh sebab itu kali ini akan kita bahas mengenai kedua varian Samsung yang mempunyai spesifikasi tertinggi yaitu Samsung Galaxy S10E dan Samsung Galaxy S9 Plus. yang akan kita bahas lebih lanjut di artikel di bawah ini.

Samsung Galaxy S10E

Samsung merilis tiga varian smartphone flagshipter barunya. Salah satunya hadir dengan desain paling ringkas, pengurangan pada fitur kamera, namun fitur lengkap dan jeroannya tetap bertenaga. Ini lah Samsung Galaxy S10e.

Untuk pertama kalinya, Samsung merilis tiga varian sekaligus untuk seri smartphone andalannya. Dengan begini, pengguna dapat lebih leluasa memilih versi mana yang lebih bisa memenuhi kebutuhannya. Kali ini akan kita bahas salah satu dari tiga varian yang telah di keluarkan Samsung yaitu Samsung Galaxy S10E. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy S10e atau Samsung Galaxy S10?

Desain Samsung Galaxy S10E

Samsung Galaxy S10E punya dimensi lebih kecil dibanding kedua saudaranya. Walau memang benar demikian tapi kalau diletakkan bersebelahan sebenarnya Galaxy S10e ini tak terlalu tampak lebih kecil dibanding Galaxy S10.

Justru yang paling menunjukkan perbedaan Galaxy S10e dengan kedua saudaranya adalah desain yang lebih rata (flat) serta ketiadaan layar mengkurva pada kedua tepi. Efeknya bezel Samsung Galaxy S10e terlihat lebih tebal.

Meski tidak punya layar mengkurva tapi Samsung tetap menggunakan layar Infinity O untuk flagship untuk varian ini. Jadi jika kalian perhatikan di bagian kanan atas layar terlihat lubang kecil untuk menempatkan lensa kamera depan.

Kalau kalian termasuk yang tak menyukai lubang kecil tersebut bisa sedikit disamarkan dengan memilih wallpaper yang sesuai. Galaxy S10e ini masih menggunakan pemindai sidik jari biasa yang diletakkan di sisi ponsel, menyatu dengan tombol daya.

Memang sensor fisik seperti ini tidak terlihat futuristis tapi sebenarnya lebih responsif dan lebih cepat dibandingkan sensor yang menyatu di layar. Kalau layar Samsung Galaxy S10 dilapis dengan Corning Gorilla Glass 6 maka untuk Galaxy S10e ini menggunakan Corning Gorilla Glass 5.Sementara untuk sisi belakang keduanya sama-sama menggunakan Gorilla Glass 5.

Pada bagian belakang terlihat dua lensa kamera utama, mendampingi lensa normal dengan sensor 12 MP adalah lensa sudut lebar dengan sensor 16 MP. Tentu kalau boleh memilih kebanyakan dari kita akan memilih lensa jarak jauh ketimbang lensa lebar.

Tampilan Galaxy S10e boleh berbeda dibanding kedua saudaranya tapi material yang digunakan tetap berkualitas tinggi sesuai kelasnya demikian pula dengan build quality. Standar IP68 juga tidak ditinggalkan mentang-mentang harganya lebih terjangkau.

Performa Samsung Galaxy S10E

Meski One UI ini terasa lebih ringan dan cepat dibanding UI sebelumnya tapi produsen asal Korea ini rupanya masih belum rela melepas bloatware. Aplikasi-aplikasi bawaan tersebut bisa dinonaktifkan (disabled) tapi sayangnya tak bisa disingkirkan (uninstall).

Salah satu hal menarik dari One UI terbaru ini adalah keberadaan Night Mode yang biasa diakses dengan mudah. Warna gelap yang ditampilkan untuk Night Mode ini terlihat sangat pas dengan saturasi warna khas layar AMOLED.

Soal performa rupanya Samsung enggan berkompromi, buktinya Samsung Galaxy S10e ditanami Exynos 9820 persis seperti yang digunakan oleh Galaxy S10+ maupun Galaxy S10.
Bedanya untuk Galaxy S10e ini hanya tersedia varian RAM 6 GB dengan kapasitas memori internal 128 GB.Pada pemakaian sehari-hari ketegasan Samsung Galaxy S10e sama sekali tak berbeda dengan kedua saudaranya yang lebih mahal.

Mungkin perbedaan kapasitas RAM baru akan terasa satu atau dua tahun mendatang ketika aplikasi makin kompleks dan makin bertambah jumlahnya, yang jelas kala sama-sama baru tak terasa ada perbedaan ketegasan.Sebagian besar game populer seperti “Asphalt 9” atau “Shadow Fight 3” bisa dijalankan tanpa kendala.

Samsung Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy S9+ memulai debutnya pada perhelatan Mobile World Congress yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Selang beberapa pekan, ponsel ini resmi di luncurkan di Indonesia.Sebagai ponsel suksesor, pastilah Samsung melakukan sejumlah peningkatan, baik dari segi spesifikasi maupun fitur. Yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah.

Lihat juga:  Pilih Mana: J5 Pro atau J7 Prime?

Desain Samsung Galaxy S9 Plus

Untuk desain Samsung masih mengedepankan konsep Infinity Display dengan layar yang tanpa bezel, membentuk permukaan mulus edge to edge tanpa adanya tombol atau lekukan tajam. Layar yang membentang hingga ke tepian kanan dan kiri, memakan lebih dari 80 persen dari layar depan ponsel. Memang desain Galaxy S8 adalah terobosan yang keren dan mungkin engineer Samsung masih belum terpikirkan akan membuat yang seperti apa lagi.

Desainnya yang ergonomis memungkinkan penggunaan yang lebih nyaman dalam genggaman dan mengoperasikan dengan satu tangan. Walaupun ukuran layarnya 6,2″ tapi tidak terasa bongsor. Masih enak digenggam maupun dimasukkan ke dalam kantong celana. Form factornya terasa sangat solid alias kokoh, sehingga lebih percaya diri ketika membawanya bepergian menikmati pemandangan Lombok yang memikat.

Sedikit perubahan di bagian belakang, yaitu posisi sensor sidik jari yang sebelumnya terletak di sebelah kanan sensor kamera, kini dipindah ke bagian bawah kamera. Hal ini karena keluhan dari pengguna yang merasa kesulitan menjangkau sensor sidik jari ketika berada di bagian kanan. Dan seringkali salah menyentuh sensor kamera. Perpindahan lokasi ini membuat desain lebih ergonomis, jauh lebih nyaman untuk membuka akses layar dengan sidik jari.

Yang tak kalah penting dari desain yang keren itu, Samsung Galaxy S9 Plus – sama seperti pendahulunya – dirancang sebagai smartphone outdoor yang mendukung untuk berbagai aktivitas di luar ruangan. Karena memiliki rating IP 68 yang membuatnya tahan debu dan air tawar dengan kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit.

Dengan trend traveling yang semakin meningkat di mana salah satu aktivitas biasanya adalah bermain air, dukungan IP68 ini memberikan kepercayaan diri ketika smartphone ini dibawa berenang.Tetapi, tetap tidak dianjurkan untuk membawanya snorkeling atau berenang di pantai yang airnya mengandung garam.

Performa Samsung Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy S9 Plus memakai chipset Exynos 9810 10nm dengan prosesor 64-bit Octa-core (Max. 2.7 GHz + 1.7 GHz) yang dilengkapi dengan dengan 6GB RAM. Perbedaan platform chipset bagaimanapun juga berpengaruh terhadap kinerja smartphone ini.

Dari beberapa pengujian yang dilakukan tech reviewer terkemuka seperti Anandtech dan Androidcentral yang membandingkan smartphone dengan dua chipset berbeda, terlihat Samsung Galaxy S9 Plus dengan Snapdragon 845 lebih unggul dalam hal kinerja prosesor berdasarkan beberapa aplikasi benchmark.

Begitu juga dengan daya tahan baterai yang lebih tahan lama. Namun demikian, secara umum pengguna tidak akan mengalami perbedaan yang signifikan dalam hal pengalaman pengguna. Selama menggunakan ponsel ini, saya tidak pernah mengalami perlambatan kinerja pada Galaxy S9 + yang memakai Exynos 9810 saat digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan, termasuk video editing yang berlangsung cepat.

Kinerjanya secara umum sangat cepat dan smooth. Karena bagaimanapun juga, ini adalah smartphone dengan kasta tertinggi Samsung sehingga performanya pun berada di atas rata-rata.

Pilih Mana: Samsung Galaxy S10E atau Samsung Galaxy S9 Plus?

Samsung Galaxy S10ESamsung Galaxy S9 Plus
Kelebihan - Desain premium - Layar yang jernih - Tahan air- Layar dan desain yang brilian - Dual speaker stereo with Dolby Atmos - Diperkuat 6GB RAM
Kekurangan- Sensor sidik jari yang masih lamban - Slot yang hybrid- Baterai Tidak Dapat Dilepas - Isu Bloatware

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa Samsung Galaxy S10E atau Samsung Galaxy S9 Plus mempunyai spesifikasi terbaik dan mempunyai keunggulan tersendiri dari masing-masing kedua smartphone ini. Oleh karena nya dapat kalian pilih sesuai dengan spesifikasi yang sedang anda butuhkan yang sudah kita jelaskan di artikel di atas. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy S10E VS Samsung Galaxy S9 Plus

VS

Leave a Reply