ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Samsung Galaxy S10e atau Samsung Galaxy S9?

Memilih smartphone pasti tidak lepas dari merek suatu smartphone itu sendiri. Spesifikasi dan juga kualitas dari smartphone juga, terlebih lagi kamera yang menjadi patokan saat memilih smartphone. Salah satu merek smartphone yang memiliki kualitas kamera yang baik juga spesifikasi lainnya adalah Samsung. Banyak mengeluarkan tipe smartphone yang bagus membuat Samsung menjadi incaran banyak orang. Salah satu tipe yang banyak menjadi incaran orang adalah Samsung Galaxy S10e dan Samsung Galaxy S9. Disini saya akan menjelaskan mengenai spesifikasi kedua smartphone tersebut.

Samsung

Samsung Group merupakan salah satu industri elektronik terbanyak di dunia. Dibuat oleh Lee Byung- chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, industri ini beroperasi di 58 negara serta mempunyai lebih dari 208. 000 pekerja. Sampai saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbanyak di dunia dengan menghasilkan handphone pintar yang menjadi pemenang dalam persaingan pasar uang pasar kerja. Samsung merupakan salah satu konglomerat(chaebol) Korea Selatan terbanyak yang bermula sebagai industri ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat bertumbuh ke aspek yang lain.

Sekarang ini, Samsung bekerja dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi(telepon genggam dan jaringan), perlengkapan rumah tangga digital(termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dan lainnya), alat digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor(termasuk alat berat). Samsung mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan ekonomi, politik, alat dan budaya Korea Selatan dan sudah menjadi kekuatan pendorong penting dibalik fenomena” Keajaiban di Sungai Han”. Baca juga Pilih Mana: Realme 3 Pro atau Samsung A50?

Tampilan Samsung Galaxy S10e

Tampilan yang didesain sangat menarik, dan ringan saat digenggam. Samsung Galaxy S10e memiliki ukuran sangat compact dibandingkan seri 10 lainnya. Smartphone ini memiliki dimensi 142 x 69.9 x 7.9 milimeter. Dengan ukuran sekecil ini, membuatnya lebih nyaman untuk digenggam. Termasuk untuk yang pengguna smartphone dengan satu tangan. Meski berukuran lebih kecil dan resolusi lebih kecil, namun kualitas panel layar ini tidak bisa dianggap remeh.

Karena telah memakai panel Dynamic AMOLED sama seperti kakaknya. Ukuran layar 5.8 inci membuatnya tetap nampak tajam meski hanya mengusung resolusi 1080 x 2280 piksel saja. Soal warna dan kecerahan tidak berbeda dengan seri 10 lainnya. Masuk dalam line-up kelas atas Samsung jelas membuat Samsung Galaxy S10e dilengkapi dengan antarmuka One UI dan Android 9 Pie. Sistem antarmuka ini jadi andalan smartphone Samsung terbaru. Menghadirkan tampilan smartphone yang lebih memudahkan pengguna.

Kamera Samsung Galaxy S10e

Galaxy S10e jadi satu-satunya ponsel seri Galaxy S10 yang hanya mengusung dua kamera utama, sedangkan dua seri 10 lainnya memiliki tiga sekaligus. Akan tetapi, ini tidak mengurangi kualitasnya untuk fotografi. Smartphone ini tetap dapat diandalkan dengan kamera utama ganda berkonfigurasi 12 MP(f atau 1.5- 2.4, dual pixel PDAF, OIS).

Ditambah sensor 16 MP(f atau 2.2, lensa ultrawide). Bukaan lensanya yang lebar dapat diatur menyesuaikan keadaan cahaya pada lingkungan. Sensor terbaru ditambah teknologi image processing bawaan dari chipset, membuatnya sanggup menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi.

Baterai Samsung Galaxy S10e

Lagi-lagi kelebihan ponsel ini terdapat pada teknologi pengisian daya nirkabel. Kini, Samsung sudah mempunyai terobosan bagaimana caranya pengguna bisa lebih cepat dalam mengisi baterai smartphone meski tanpa kabel charger. Kapasitas baterainya memang hanya 3.100 mAh, tetapi karakteristik wireless charging berdaya 15 Watt membuatnya mampu terisi penuh dalam waktu jauh lebih cepat.

Harga Samsung Galaxy S10e

Harga yang dijual dari Samsung Galaxy seri 10 ini yaitu Samsung Galaxy S10e sekitar Rp. 10.000.000. Ini harga termurah dibanding 2 seri Samsung 10 lainnya.

Tampilan Samsung Galaxy S9

Galaxy S9 menggunakan layar dengan teknologi khas Samsung yaitu Super AMOLED. Ukuran layarnya 5.8 inci dengan resolusi layar 1440 x 2960 piksel. Layarnya terang dan gambar yang dihasilkan juga tampak prima. Tidak seperti kompetitor lainnya, Samsung tidak menggunakan layar berponi di Galaxy S9. Jika tidak penggemar layar berponi, tentu ini merupakan berita yang bagus.

Dengan tidak adanya poni di bagian layar membuat area notifikasi smartphone terlihat luas. Dengan ukuran layar yang unik ini, Samsung menyematkan fitur yang bisa dengan mudah membuat aplikasi-aplikasi yang ada untuk memanfaatkan keseluruhan area layar smartphone. Kamu cukup menyentuh bagian bawah aplikasi untuk membuat tampilan aplikasi menjadi memenuhi layar.

Fitur pemenuhan layar yang disediakan oleh Samsung ini merupakan salah satu yang sangat mudah digunakan dibandingkan smartphone merek lainnya dengan ukuran layar yang mirip. Dengan performa yang tinggi ini, Galaxy S9 dapat memainkan game-game yang berat di grafis tanpa kesulitan.

Kamera Samsung Galaxy S9

Smartphone Galaxy S9 hanya mengusung satu kamera belakang. Tetapi begitu kamera yang digunakan di Galaxy S9 tetap kamera kelas atas. Menariknya, ada fitur Dual Aperture di Galaxy S9. Dengan Dual Aperture, kameranya akan secara spontan menyesuaikan mode aperture sesuai dengan situasi cahaya untuk menciptakan foto yang memuaskan. Aperture F1.5 akan otomatis digunakan dalam suasana gelap.

Sedangkan pada suasana terang akan digunakan aperture F24. Dengan ini foto akan tampak lebih terang di suasana gelap dan tampak lebih tajam di suasana terang. Untuk merekam video, ada fitur Super Slow-mo yang bisa merekam adegan dengan lambat. Tetapi sayangnya fitur ini hanya mendukung resolusi HD untuk videonya dan mempunyai keterbatasan dalam lama perekaman.

Baterai Samsung Galaxy S9

Galaxy S9 dilengkapi dengan baterai sebesar 3.000 mAh, kapasitas yang standar untuk ponsel saat ini. Sepanjang penggunaan, umumnya cuma mendapat screen on time 3 jam. Untuk penggunaan wajar, smartphone ini masih dapat tahan seharian namun jika aktif digunakan terutama untuk bermain game atau berselancar web.

Kemungkinan besar sudah akan perlu dicharge smartphonenya di sore hari. Cara pengisian energi baterai sudah cukup cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit untuk mengisi daya baterai dari level 15% ke 100%.

Harga Samsung Galaxy S9

Harga yang dijual oleh smartphone Samsung tipe Galaxy S9 sekitar Rp. 11.000.000. Kamu dapat membelinya di toko offline dan juga online.

Pilih Mana: Samsung Galaxy S10e atau Samsung Galaxy S9?

Samsung Galaxy S10e Samsung Galaxy S9
Kelebihan - Fast wireless charging - Desain bodi yang nyaman digenggam - Kapasitas penyimpanan internal jumbo- Layar yang bagus dan super AMOLED - Performa yang kencang - Hasil foto dari kamera sangat bagus
Kekurangan - Kapasitas baterai yang tanggung - Harga yang terbilang sangat mahal- Tidak ada dual kamera - Harga yang terbilang sangat mahal

Kesimpulan

Samsung Galaxy S10e dan Samsung Galaxy S9 adalah tipe smartphone yang memang memiliki spesifikasi yang sangat baik, tetapi jika kamu sudah membaca penjelasan diatas maka terlihat bahwa Samsung Galaxy S10e memang lebih unggul dibanding Samsung Galaxy S9. Seperti di sektor kamera, jelas lebih unggul Samsung Galaxy S10e. Pada sektor baterai memang tidak jauh beda kapasitas besarnya namun tetap lebih unggul Samsung Galaxy S10e. soal harga lebih murah Samsung Galaxy S9 dibanding Samsung Galaxy S10e. Jadi, yang mana pilihan kamu? Pilih sesuai selera kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy S10e vs Samsung Galaxy S9

VS

Leave a Reply