ElektronikSmartphone

Pilih mana: Samsung Galaxy S20 vs S10?

Siapa yang tidak mengenal brand elektronik yang sedang hangat diperbincangkan. Yap, Samsung. Sebagian dari Anda mungkin adalah pengguna setia brand satu ini.

Dan pastinya Anda sudah tahu bukan, jika Samsung menghadirkan smartphone yang bernama Samsung Galaxy S20 dan S10. Meski kedua produk ini lahir dari brand yang sama. Tentu, memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Penasaran, apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua produk smartphone  tersebut? Yuk langsung saja disimak!

Samsung Galaxy S20 vs S10

Samsung Galaxy S20

Samsung sampai saat ini masih terus bertahan menjadi merek smartphone pilihan terbaik dan populer yang menjadi idaman setiap orang di dunia, termasuk Indonesia.

Smartphone Samsung Galaxy S20 ini telah diluncurkan di Galaxy Unpacked 2020 yang bertempat pada Palace of Fine Arts, San Fransisco, Amerika Serikat. Produk smartphone dengan kualitas yang tinggi ini kini telah resmi hadir.

Salah satu produk smartphone terlaris Samsung berasal dari Seri Galaxy yang saat ini sangat populer di masyarakat. Bahkan produk Seri Galaxy terbaru yang diberi nama Samsung Galaxy S20 telah menarik perhatian masyarakat. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh samsung.

Baca juga: Pilih Mana: Samsung Galaxy A51 vs Samsung Galaxy A70

Kelebihan Samsung Galaxy S20

Berikut ini Kelebihan dari Samsung Galaxy S20:

  • Memiliki performa kamera yang keren
    Kelebihan lainnya yang ada pada produk ini yaitu menawarkan serangkaian spesifikasi kamera yang lebih mengesankan di atas kertas. Seri vanilla Galaxy S20 hadir dengan dua kamera 12MP, yakni kamera utama dan kamera ultrawide. Juga didukung kamera telefoto 3x berkekuatan 64MP. Selain itu, Samsung juga menambahkan sensor time-of-flight (ToF). Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan 10MP, loh. Sangat cocok untuk Anda yang sangat suka mengambil foto.
  • Kualitas layar yang tinggi
    Kelebihan pertama yang ada pada produk ini ada pada keunggulan layar dimensinya. Galaxy S20 menggunakan layar 6,9 inci dengan resolusi 1.440×3.200. Cukup luas bukan? Serta Galaxy S20 juga memungkinkan pengguna untuk beralih secara bebas antara opsi 60Hz dan 120Hz.
  • Kualitas Speaker Stereo yang Bagus
    Salah satu keunggulan lain yang jarang diperhatikan adalah soal kualitas audio. Sebagai sebuah ponsel kelas atas, Galaxy S20 Ultra jelas menghadirkan kualitas suara yang baik. Dan menurut Stuff.tv, kualitas speaker stereo di ponsel ini benar-benar bagus dan terdengar sangat keras. Salah satu kelebihan yang menarik bukan?

Samsung Galaxy S20 vs S10

Kekurangan Samsung Galaxy S20

Berikut ini Kekurangan dari Samsung Galaxy S20:

  • Daya tahan baterai kurang
    Kekurangan yang ada pada Samsung Galaxy S20 yaitu datang dari baterainya. Produk smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh. Menilik ukuran layar dan fiturnya, kapasitas baterai ponsel ini jelas terkesan pas-pasan. Padahal untuk tipe ponsel lain, kapasitas tersebut tergolong besar.
    Masalahnya, produk ini hadir dengan dimensi 6,9 inci dan mendukung refresh rate 120 Hz. Hal ini membuat daya tahan baterai ponsel ini ketika dalam mode refresh rate 120 Hz tergolong boros.
  • Tidak banyak varian design
    Produk dari samsung ini hadir dengan desain yang cukup menarik. Desain bodi ponsel ini yang terbuat dari frame aluminium jelas membuat desain bodinya benar-benar bagus. Terlebih ponsel ini juga sudah mengantongi sertifikasi tahan air. Sayangnya, desain bodi ponsel ini terlihat membosankan. Tidak ada hal yang berbeda secara desain dibandingkan ponsel lainnya. Penempatan kameranya yang mengotak panjang juga tidak terlalu jadi ciri khas menarik.
  • Kemampuan Sensor Sidik Jari yang lemah
    Satu hal yang cukup mengecewakan dari produk ini, yakni respon sensor sidik jari di layar yang lambat. Hal ini dikeluhkan oleh Android Central. Menurut mereka, sensor sidik jari dalam layar di ponsel ini tergolong lambat dan sering rewel. Android Central punya pengalaman menggunakan Galaxy S10 yang kemampuan sensor sidik jari di layarnya mengecewakan. Dan hal ini terjadi di Galaxy S20, yang artinya tidak ada peningkatan atau perbaikan untuk urusan ini dari Samsung sendiri.
Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 5 atau Samsung Galaxy A20?

Samsung Galaxy S10

Samsung juga pernah merilis smartphone unggulannya sebelum S20 yakni Samsung Galaxy S10 yang tentu saja memberikan kejutan tersendiri bagi para pecinta gadget, khususnya untuk pecinta HP Samsung.

Fitur-fitur yang terdapat pada samsung s10 juga tidak kalah hebat dari jenis samsung lainnya. Dibuktikan dengan beberapa keunggulan kualitas, layar serta spesifikasi yang jauh lebih maju satu langkah.

Baca juga: Pilih Mana: Samsung S10 vs Xiaomi Mi 10

Samsung Galaxy S20 vs S10

Kelebihan Samsung Galaxy S10

Berikut ini Kelebihan Samsung Galaxy S10:

  • Memiliki fitur fingerprint yang aman
    Samsung Galaxy S10 kini juga sudah menerapkan teknologi terbaru, sensor fingerprint yang tertanam di dalam layar. Bahkan, sensor fingerprint ini diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan sensor fingerprint in-display lain. Hal ini karena Samsung menggunakan teknologi sensor fingerprint berbasis gelombang ultrasonik, sementara perangkat lain biasanya menggunakan teknologi sensor fingerprint berbasis optik (cahaya).
  • Lensa kamera lebih lengkap
    Selain teknologi dual aperture yang masih dipakainya, Produk samrtphone ini  juga dilengkapi dengan kombinasi lensa yang lengkap, yakni 16 MP lensa Ultra wide + 12 MP lensa Wide angle + 12 MP lensa Telephoto.
  • Memiliki RAM yang besar
    Samsung juga melengkapi Samsung Galaxy S10 dengan RAM yang sangat luas, 8 GB, yang dipadukan dengan memori internal yang cukup besar, yang bisa dipilih antara 128 GB atau 512 GB. Sehingga cocok untuk Anda yang menyukai RAM luas.

Kekurangan Samsung Galaxy S10

Berikut ini Kekurangan Samsung Galaxy S10:

  • Memiliki kualitas kamera yang kurang
    Berbeda dengan seri Samsung lainnta yang sudah dilengkapi kamera selfie ganda, Samsung Galaxy S10 masih menggunakan kamera tunggal berukuran 10 MP. Hal ini kerapkali menjadi masalah bagi sebagian orang sangat suka mengambil foto.
  • Belum menggunakan 3D Depth Sensor
    Meskipun telah membawa kamera utama dengan lensa yang lebih lengkap, kekurangan lainnya dari versi menengah Samsung Galaxy S10 Series ini adalah tidak dilengkapi dengan 3D Depth Sensor. 3D Depth Sensor merupakan sebuah sensor untuk mengambil gambar 3D. Atau secara khusus, sensor ini bisa digunakan untuk membuat gambar bokeh lebih baik karena bisa membedakan objek utama dan latar.
  • Kurangnya Slot hybrid
    Sangat disayangkan, samrtphone Samsung Galaxy S10 yang nyaris sempurna ini ternyata juga memiliki kekurangan di bagian slot penyimpanan card. Slot-nya yang bertipe hybrid, yang mengharuskan Anda untuk merelakan microSD card jika Anda ingin menggunakan dua SIM Card pada smartphone ini. Namun, kalau memori internalnya cukup untuk Anda, maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Yah, tapi tetap saja nggak sedikit dari para pengguna ponsel yang membutuhkan penyimpanan ekstra, walau penyimpanan bawaan dari smartphone tersebut juga sudah sangat amat lega.

Pilih mana: Samsung Galaxy S20 vs S10?

KeteranganSamsung Galaxy S20 Samsung Galaxy S10
Kelebihan -Memiliki performa kamera yang keren -Kualitas layar yang tinggi -Kualitas Speaker Stereo yang Bagus-Memiliki fitur fingerprint yang aman -Lensa kamera lebih lengkap -Memiliki RAM yang besar
Kekurangan-Daya tahan baterai kurang -Tidak banyak varian design -emampuan Sensor Sidik Jari yang lemah-Memiliki kualitas kamera yang kurang -Belum menggunakan 3D Depth Sensor -Kurangnya Slot hybrid

Kesimpulan

Itulah ulasan yang bisa kami uraikan mengenai Samsung Galaxy S20 dan S10. Tentunya, walau dari brand yang sama. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Pilihan semua tergantung pada Anda, kami sarankan pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung Galaxy S20 vs S10

VS

Leave a Reply