Pilih Mana: Samsung J2 atau Xiaomi Redmi 4X?

Loading...

Saat ini produk smartphone semakin banyak beredar di pasaran. Samsung merupakan brand smartphone dari Korea yang telah dipercaya memiliki kemampuan sangat baik. Namun, Xiaomi muncul dengan produknya yang memiliki spesifikasi mumpuni dan mampu bersaing dengan semua brand termasuk Samsung. Produk dari dua brand ini yang kerap dibandingkan adalah Samsung J2 dan Xiaomi Redmi 4X. Manakah yang lebih baik dari kedua smartphone tersebut? Samsung J2 atau Xiaomi Redmi 4X?

Samsung J2 dan Xiaomi Redmi 4X merupakan dua merek smartphone yang banyak dicari dan digunakan oleh penggunanya. Meski sama-sama populer. Kedua smartphone ini memiliki banyak perbedaan, mulai dari desain yang dimiliki, resolusi kamera, resolusi layar dan sebagainya. Perbedaan lebih lengkap mengenai kedua produk tersebut dapat Anda simak pada artikel berikut.

Samsung J2

Samsung J2 merupakan salah satu produk dari Samsung yang dirilis pada September 2015 lalu. Smartphone besutan Korea ini beredar di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau sehingga mudah didapat. Penjelasan mengenai smartphone Samsung sebelumnya telah kami bahas pada Samsung S9 vs iPhone X.

Kelebihan Samsung J2

Berikut beberapa kelebihan Samsung J2 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan Samsung J2 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 4X. Perbedaan harga dari kedua smartphone ini juga terbilang lumayan besar. Dengan demikian, jika Anda memiliki budget terbatas Anda dapat menjadikan Samsung J2 sebagai pilihan.

  • Memiliki Desain Kekinian

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung J2 Prime adalah memiliki tampilan dan desain yang lebih kekinian. Samsung J2 memiliki frame yang terbuat dari metal. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan cover yang memiliki motif. Karena itulah Samsung J2 ini memiliki tampilan yang tampak elegan.

  • Baterai Bersifat Removable

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Samsung J2 adalah memiliki baterai yang sifatnya removable. Dengan demikian, Anda dapat melakukan penggantian atau perbaikan lebih mudah jika baterai mengalami kerusakan atau mengalami kendala. Hal ini tentu berbeda dengan baterai non-removable yang tidak mudah untuk diganti atau dilakukan perbaikan jika baterai terjadi kerusakan.

Kekurangan Samsung J2

Berikut beberapa kekurangan Samsung J2 yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Salah satu kekurangan Samsung J2 jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 4 adalah kapasitas baterai yang dimiliki oleh Samsung J2 ini lebih kecil. Samsung J2 hanya memiliki baterai dengan kapasitas 2.600 mAh, sedangkan Xiaomi Redmi 4X telah memiliki baterai dengan kapasitas 4.100 mAh. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh terhadap daya tahan smartphone ketika digunakan.

  • Resolusi Kamera Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung J2 adalah memiliki resolusi kamera yang lebih kecil daripada Xiaomi Redmi 4X. Samsung J2 memiliki kamera utama dengan resolusi 8 MP, sedangkan Xiaomi Redmi 4X telah memiliki kamera utama dengan resolusi 13 MP. Meski demikian, kedua smartphone ini memiliki kamera depan dengan resolusi yang sama, yakni 5 MP.

Loading...
  • Resolusi Layar Kurang Mumpuni

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki Samsung J2 adalah memiliki resolusi layar yang kurang mumpuni. Meski memiliki ukuran yang sama, namun resolusi dan teknologi layar keduanya jelas sangat berbeda. Samsung J2 layar beresolusi 960 x 540 piksel dan berteknologi PLS TFT. Hal ini berbeda dengan Redmi 4X memiliki layar beresolusi Full HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS LCD.

Kelebihan Samsung J2Kekurangan Samsung J2
- Harga lebih terjangkau - Kapasitas baterai lebih kecil
- Memiliki desain kekinian- Resolusi kamera lebih kecil
- Baterai bersifat removable- Resolusi layar kurang mumpuni

Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4X merupakan salah satu produk besutan brand Xiaomi. Produk ini dirilis pada Mei 2017 lalu. Smartphone ini telah memiliki fitur dan spesifikasi yang sangat baik.

Kelebihan Xiaomi Redmi 4X

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 4X yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Salah satu kelebihan Xiaomi Redmi 4X adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan dengan Samsung J2 Prime. Dengan kapasitas yang lebih besar, maka baterai akan memiliki daya tahan yang lebih lama dalam penggunaannya. Xiaomi Redmi 4X memiliki baterai dengan kapasitas 4.100 mAh, sedangkan Samsung J2 hanya memiliki baterai dengan kapasitas 2.600 mAh. Dikutip dari Kompas.com baterai Xiaomi Redmi 4X dapat bertahan selama 15 jam jika digunakan untuk menonton video.

  • Resolusi Kamera Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah memiliki resolusi kamera yang lebih besar dan lebih baik daripada Samsung J2 Prime. Dengan keunggulannya ini, Anda bisa mendapatkan hasil potret yang lebih baik. Bagi Anda yang menyukai aktivitas berfoto, maka Xiaomi Redmi 4X lebih baik Anda gunakan daripada Samsung J2.

  • Resolusi Layar Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah memiliki resolusi layar yang lebih baik daripada Samsung J2. Xiaomi Redmi 4X telah memiliki layar dengan resolusi Full HD (1.280 x 720 piksel) dan berteknologi IPS LCD. Meskipun memiliki ukuran layar yang sama, tapi resolusi layar Xiaomi Redmi 4X lebih baik daripada kompetitornya.

Kekurangan Xiaomi Redmi 4X

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 4X yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Xiaomi Redmi 4X adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Samsung J2. Perbedaan harga kedua smartphone ini mencapai 400 hingga 500 ribu. Meski demikian, dengan harga yang lebih mahal Xiaomi Redmi 4 memberikan teknologi dan hardware serta fitur yang lebih baik daripada Samsung J2 Prime.

  • Baterai Non-removable

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah memiliki baterai yang sifatnya non-removable. Karena itu, jika terjadi kerusakan atau kendala pada bagian baterainya Anda akan lebih sulit untu melakukan pergantian atau perbaikan baterai. Dengan demikian Anda perlu merawat smartphone jenis ini dengan baik apalagi pada bagian baterai dan penggunaan baterainya.

  • Tidak Dilengkapi Pelindung Layar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 4X adalah tidak dilengkapi dengan pelindung layar. Karena itulah, layar akan lebih mudah tergores dan rusak jika terkena benda tajam. Anda perlu menambahkan pelindung layar sendiri agar smartphone Anda terhindar dari goresan dan tidak mudah rusak.

Kelebihan Xiaomi Redmi 4XKekurangan Xiaomi Redmi 4X
- Kapasitas baterai lebih besar- Harga lebih mahal
- Resolusi kamera lebih besar- Baterai non-removable
- Resolusi layar lebih baik- Tidak dilengkapi pelindung layar

Pilih Mana: Samsung J2 atau Xiaomi Redmi 4X?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Samsung J2 dan Xiaomi Redmi 4X. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Samsung J2Xiaomi Redmi 4X
- Baterai removable- Baterai non-removable
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Resolusi kamera dan layar lebih kecil- Resolusi kamera dan layar lebih baik
- Cek harga Samsung J2 online termurah, Klik di sini- Cek harga Xiaomi Redmi 4X online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Samsung J2 dan Xiaomi Redmi 4X dapat disimpulkan bahwa Xiaomi Redmi 4X memiliki spesifikasi serta fitur yang lebih baik daripada Samsung J2. Namun Xiaomi Redmi 4X memiliki harga yang lebih mahal pula.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung J2 vs Xiaomi Redmi 4X

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *