ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Samsung J7 Pro atau J7 Plus?

Samsung Galaxy J7 Series memiliki seri J 7 Pro dan Galaxy J7 Plus. Kedua ponsel ini menyasar ke kelas menengah pangsa pasar smartphone. Meskipun memiliki nama depan yang sama, kedua perangkat ini memiliki harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. Lantas, bagus mana Samsung J7 Pro vs J7 Plus? Berikut ulasannya untuk Anda.

Samsung J7 Pro

Samsung Galaxy J7 Pro yang dipasarkan dengan harga lebih murah, hanya dilengkapi dengan prosesor Exynos 7870 yang memiliki clock sebesar 1,6 GHz dan kapasitas RAM 3 GB. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy M20 atau Asus Zenfone Max Pro M2?

Kelebihan Samsung J7 Pro

1. Tahan Terhadap Percikan Air
Meskipun memiliki besar ruang penyimpan internal dan eksternal yang sama, namun J7 Pro jauh lebih unggul karena ponsel ini tahan terhadap percikan air karena telah memiliki sertifikat IP54.

2. Baterai Tahan Lama
Kapasitas baterai yang dipasok untuk J7 Pro terbilang cukup besar karena berukuran 3600 mAh yang diklaim dapat bertahan lama hingga 9 jam 24 menit.

Kekurangan Samsung J7 Pro

1. Satu Kamera Belakang
Kualitas kamera sekunder dari Samsung Galaxy J7 Pro kalah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy J7 Plus ini karena kamera J7 Pro hanya beresolusi 13 MP.

2. Tidak Mendukung Fast Charging
Meskipun dipasok baterai yang cukup besar, sayangnya J7 Pro tidak mendukung fitur Fast Charging atau pengisian cepat sehingga pengguna membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya baterai sampai penuh.

Samsung J7 Plus

Samsung Galaxy J7 Plus dikembangkan oleh Samsung menggunakan prosesor Mediatek Helio P20 yang memiliki clock speed hingga 2,4 GHz ditambah dengan kapasitas RAM 4GB. Spesifikasi dapur pacu ini tentu memberi Samsung Galaxy J7 Plus kinerja yang superior jika dibandingkan dengan pendahulunya Samsung Galaxy J7 Pro.

Kelebihan Samsung J7 Plus

1. Dual Camera
Samsung Galaxy J7 Plus membenamkan teknologi dual-kamera yang kini sedang populer. Dikutip dari Kompas.com, J7 Plus dibekali kamera beresolusi 13 MP sebagai kamera utamanya dan 5 MP sebagai kamera sekundernya. Dengan dual camera ini Samsung mengklaim akan menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Selain itu, dilengkapi juga kamera selfie beresolusi 16 MP.

2. Layar Super AMOLED
Meskipun mengusung ukuran layar yang sama dengan J7 Pro, namun J7 Plus memiliki kualitas layar super AMOLED yang dilengkapi dengan Always On Display.

Kekurangan Samsung J7 Plus

1. Tidak Memiliki Sertifikat IP54
Karena J7 Plus tidak memiliki sertifkat IP54, sehingga mengharuskan penggunanya untuk sebisa mungkin menjauhkan ponsel dari hal-hal yang dapat membuatnya terkena percikan air. Jadi dapat dikatakan ponsel ini sangat rentan terhadap air.

2. Belum Ada Fitur OIS
Fitur OIS (Optical Image Stabillization) berguna untuk meredam getaran tangan saat penggunanya mengambil gambar sehingga penggunanya tidak perlu khawatir gambar yang diambil menjadi blur atau buram. Namun sayangnya belum ada fitur OIS di kamera Samsung J7 Plus.

Pilih Mana: Samsung J7 Pro atau J7 Plus?

Samsung J7 ProSamsung J7 Plus
Perilisan- Juli 2017- September 2017
Harga- Lebih murah- Lebih mahal
Kapasitas baterai- Dipersenjatai dengan kapasitas baterai 3600 mAh- Dipersenjatai dengan kapasitas baterai 3000 mAh

Kesimpulan

Apabila Anda menginginkan baterai berkapasitas besar dengan fitur IP54 yang tahan percikan air, maka J7 Pro bisa jadi pilihan Anda. Namun, jika Anda memiliki budget berlebih tidak ada salahnya memilih J7 Plus yang memiliki spesifikasi dan sektor kamera yang lebih mumpuni. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung J7 Pro vs J7 Plus

VS

Leave a Reply