Pilih Mana: Samsung S9 atau iPhone X?

Loading...

Handphone memiliki peran yang sangat penting, saat ini hampir semua aktivitas dapat dilakukan dan dibantu menggunakan handphone. Handphone yang saat ini banyak diminati karena memiliki kualitas dan spesifikasi yang sangat baik di antaranya yaitu Samsung S9 dan iPhone X. Manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? Samsung S9 atau iPhone X?

Samsung S9 dan iPhone X merupakan dua handphone mewah yang sama-sama memiliki banyak penggemar. Namun, iPhone X memiliki harga yang lebih mahal daripada Samsung S9. Karena itulah, untuk mendapatkan handphone ini Anda perlu menyiapkan budget yang cukup besar.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: TV LCD atau LED?

Samsung S9

Samsung S9 merupakan salah satu handphone besutan Samsung yang merupakan pengembangan dari tipe sebelumnya. Samsung S9 memiliki tampilan dan spesifikasi yang sangat baik sehingga sangat disukai oleh banyak penggunanya.

Kelebihan Samsung S9

Berikut beberapa kelebihan Samsung S9 yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan Tampilan Layar yang Lebih Tajam

Menjadi salah satu ponsel terbaik di pasar, S9 memiliki layar melengkung Super AMOLED sepanjang 5,8 inci. Menampilkan layar 529 piksel per inci yang sangat tajam, ia memiliki bingkai tipis dengan tubuh logam dan gorilla glass. Perangkat andalan Apple juga memiliki layar 5,8 inci, tetapi S9 sedikit lebih tinggi. Selain itu, S9 lebih tajam karena iPhone X memiliki layar 458 PPI. Padahal, iPhone X memiliki layar super retina dari panel OLED dan layar depan tanpa bingkai, yang merupakan salah satu dari jenisnya.

  • Memiliki Kualitas Baterai yang Lebih Baik

Samsung Galaxy S9 memiliki baterai 3000 mAh yang mendukung Quick Charge 2.0. Anda akan dapat menggunakannya untuk sehari dengan mudah setelah pengisian sepenuhnya. Samsung memiliki sedikit kelebihan pada baterai iPhone X 2.716 mAh. Kedua perangkat mendukung pengisian nirkabel juga. Seperti yang Anda ketahui, iPhone X hadir dengan port pengisian cepat. Samsung telah mempertahankan port USB-C dengan S9.

  • Memiliki Suara dan Efek Suara yang Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Samsung adalah memiliki suara dan efek suara yang lebih baik. Samsung telah mempertahankan fitur jack headphone di S9.Keuntungan lain dengan S9 adalah ia memiliki speaker AKG dengan Dolby Atom. Ini memberikan efek suara surround yang super.

Kekurangan Samsung S9

Berikut beberapa kekurangan Samsung S9 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kinerja yang Lebih Rendah

Salah satu kekurangan Samsung S9 adalah memiliki kinerja yang masih lebih rendah jika dibandingkan dengan iPhone X. Prosesor pada Samsung S9 masih lebih lambat daripada iPhone X. Selain itu, iPhone juga lebih baik digunakan dan lebih mampu digunakan untuk multitasking dengan cara yang lebih baik.

  • Asisten Virtual dan Emoji yang Belum Familiar dan Belum Baik

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung S9 adalah asisten virtual yang dimiliki dan emoji yang ada masih belum familiar dan belum baik. Bixby yang dimiliki Samsung baru saja diluncurkan sehingga masih membutuhkan proses dan perjalanan yang panjang untuk bisa lebih familiar ataupun agar menjadi lebih baik. Selain itu, emoji AR yang dimiliki oleh Samsung juga belum bisa memenuhi harapan para penggunanya.

Loading...
  • Memiliki Sensitivitas yang Terlalu Tinggi

Salah satu hal yang penting dipertimbangkan untuk perangkat touchscreen adalah sensitivitas. Namun sayangnya Samsung S9 memiliki sensitivitas yang terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan tampilan Samsung S9 yang memiliki desain yang melengkung di kedua sisinya membuat Samsung S9 menjadi terkesan over sensitif.

Kelebihan Samsung S9Kekurangan Samsung S9
- Memberikan tampilan layar yang lebih tajam - Memiliki kinerja yang lebih rendah
- Memiliki kualitas baterai yang lebih baik- Asisten virtual dan emoji yang belum familiar dan belum baik
- Memiliki suara dan efek suara yang lebih baik- Memiliki sensitivitas yang terlalu tinggi

iPhone X

iPhone X merupakan sebuah handphone mewah dan mahal besutan dari apple. iPhone X merupakan pengembangan dari tipe sebelumnya. Jika dilihat dari dimensinya, iPhone X memiliki ukuran yang yang hampir sma dengan iPhone 8 namun dengan layar yang lebih besar.

Kelebihan iPhone X

Berikut beberapa kelebihan iPhone X yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kinerja yang Lebih Baik

Seperti yang Anda ketahui, iPhone X berjalan di iOS 11 sedangkan S9 berjalan di Android 8.0 seperti yang sekarang. Samsung S9 berjalan pada Snapdragon 845 dengan Adreno 630 sementara iPhone X memiliki prosesor A11 Bionic dan co-processor M11. Jika dibandingkan dengan S9, iPhone X memiliki kinerja yang lebih baik.Prosesornya cepat dan bahkan dengan RAM yang lebih kecil, ia mampu melakukan multitasking dengan cara yang lebih baik. Namun, jika Anda ingin memperluas penyimpanan, maka S9 akan menjadi opsi yang lebih baik karena mendukung memori yang dapat diperluas hingga 400 GB.

  • Memiliki Asisten Virtual dan Emoji yang Lebih Baik

Siri telah ada selama bertahun-tahun sekarang dan telah berevolusi menjadi salah satu bantuan AI terbaik. Di sisi lain, Bixby pada Samsung masih memiliki jalan dan proses yang panjang. Apple juga memperkenalkan Animojis di iPhone X, yang memungkinkan penggunanya untuk menciptakan emoji AI yang unik. Sementara Samsung mencoba datang dengan rendition mereka sendiri sebagai emoji AR, namun hal itu tidak memenuhi harapan para penggunanya.

  • Memiliki Kamera dengan Kualitas yang Baik

iPhone X memiliki kamera 12 MP ganda dengan f / 1.7 dan f / 2.4 apertures. Sementara S9 + dan iPhone X memiliki close run untuk kualitas kamera terbaik, S9 tidak memiliki fitur ini dengan hanya satu lensa. Padahal, S9 hadir dengan kamera depan 8 MP yg lebih baik.

Kekurangan iPhone X

Berikut beberapa kekurangan iPhone X yang perlu Anda ketahui:

  • Hanya Menggunakan Face ID Sebagai Pengaman

Salah satu kekurangan iPhone X adalah hanya mengggunakan Face ID sebagai satu-satunya cara yang digunakan untuk autentifikasi pengguna handphone tersebut. Anda tidak bisa melakukan autentifikasi dengan menggunakan sensor pemindai sidik jari atau Touch ID. Dengan demikian, pengguna akan merasa sedikit lebih repot bagi yang tidak menyukai sistem autentifikasi macam ini.

  • Harga Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh iPhone X adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Samsung S9. Dengan spesifikasi dan fungsi yang tidak terlalu berbeda, harga ini bisa dikatakan cukup mahal untuk iPhone X. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, Anda mungkin lebih baik untuk memilih Samsung S9.

  • Tidak Memiliki Slot MicroSD

Kekurangan lain yang dimiliki oleh iPhone X adalah tidak memiliki slot microSD. Dengan harga yang terbilang mahal ini, iPhone X tidak dapat Anda gunakan untuk menambah memori eksternal. Meskipun begitu, iPhone X sebenarnya telah memiliki kapasitas internal yang cukup besar, yakni 64 GB dan 256 GB.

Kelebihan iPhone X Kekurangan iPhone X
- Memiliki kinerja yang lebih baik - Hanya menggunakan Face ID sebagai pengaman
- Memiliki asisten virtual dan emoji yang lebih baik- Harga lebih mahal
- Memiliki kamera dengan kualitas yang baik- Tidak memiliki slot microSD

Pilih Mana: Samsung S9 atau iPhone X?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Samsung S9 dan iPhone X. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Samsung S9iPhone X
- Harga lebih terjangkau - Harga relatif lebih mahal
- Memiliki slot microSD- Tidak memiliki slot microSD
- Memiliki kinerja yang kurang baik - Memiliki kinerja yang lebih baik
- Cek harga Samsung S9 online termurah, Klik di sini- Cek harga iPhone X online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Samsung S9 dan iPhone X di atas, dapat dikatakan bahwa kedua jenis handphone tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda dapat memilih dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Samsung S9 vs iPhone X

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *