AlamFashion

Pilih Mana: Sandal Gunung atau Sepatu Gunung?

Dalam kegiatan mendaki tentu kita harus membawa perlengkapan penting yang dibutuhkan seperti tenda, makanan, topi dan yang paling penting adalah alas kaki untuk menapak gunung tersebut. Kamu bisa memakai Sandal atau Sepatu gunung untuk mendaki sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas Sandal Gunung dan Sepatu Gunung. Stay tune guys.

Sandal Gunung

Sandal gunung atau sandal outdoor merupakan salah satu perlengkapan pendakian yang harus Kamu bawa. Posisinya dalam catatan perlengkapan memang terletak di bawah sepatu gunung, tetapi barang ini bakal memudahkan aktivitas Kamu kala ada “panggilan alam”. Umumnya sandal gunung digunakan pada saat tenda sudah berdiri, alhasil keperluan mondar-mandir di sekitaran tenda lebih nyaman memakai sandal gunung. Tidak butuh mengencangkan atau melepas seperti sepatu gunung yang cukup repot.

Aktivitas lain pula masih cocok bila memakai sandal gunung, misalnya ke pasar, kondangan, berjalan-jalan di kota, bermain pasir di tepi laut juga masih cocok. Sandal gunung ialah suatu alas kaki yang dapat kita gunakan kala kita keluar rumah. Baca juga Pilih Mana: Sepatu atau Sandal?

Rekomendasi Sandal Gunung

Jack Wolfskin Seven Seas
Jack Wolfskin memberikan sol dalam yang empuk dari bahan EVA sebagai alas pijakan, yang mensupport penampilan sandal ini supaya sanggup meresap getaran kala dipakai kala berjalan.

Melengkapi fitur-fitur sebelumnya, sandal ini pula dilengkapi dengan sol luar yang fleksibel serta bisa mencengkeram dengan bagus. Jadi, tidak perlu ragu buat memakainya ke medan mana pun.

Adidas Cyprex Ultra II
Perusahaan multinasional asal Jerman ini sudah lebih dari 80 tahun jadi bagian dari dunia olahraga dengan memproduksi beraneka ragam produk olahraga dari sepatu, perlengkapan, pakaian, dan lain semacamnya yang mempunyai sentuhannya tersendiri.

Salah satu produk sandal kepunyaan Adidas yang dapat kalian gunakan sebagai sahabat perjalananmu yakni Adidas Cyprex Ultra Sandal II dimana material yang dipakai cepat kering kala kalian melampaui medan berair.

Eiger Caldera Man Roll Strap
Caldera Man ialah opsi pas untuk kalian yang menginginkan alas kaki buat kebutuhan sehari-hari maupun penjelajahan alam. Eiger mendesain sandal ini dengan bentuk yang fleksibel ditambah sol luar berbahan rubber. Paduan seperti itu yang membuat Caldera Man mampu menapak dengan baik di bermacam medan, baik tanjakan, turunan, juga jalan datar.

Tips Merawat Sandal Gunung

Hindari seringnya terkena air
Sandal yang sering terkena air lama-kelamaan akan hancur juga. Lem sekuat apapun pada akhirnya akan mengikis juga jika terlalu sering terkena air.

Jauhkan dari api
Sandal gunung memang terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Maka dari itu jauhkan sandal gunung kalian dari api.

Jauhkan dari minyak
Sama seperti air, sandal gunung yang terkena minyak lama kelamaan akan mengikis juga pada akhirnya.

Simpan ditempat yang kering
Ditempat yang kering akan membuat sandal gunung kalian awet tahan lama, hindari juga menaruh sandal gunung dengan tumpukan sandal atau sepatu lainnya.

Sepatu Gunung

Dalam berjalan di alam bebas, terutama kawasan berat seperti gunung. kita membutuhkan alas kaki yang kokoh, nyaman serta aman, salah satunya yaitu sepatu gunung. Kenyamanan itu dapat diperoleh dari pemilihan sampai pemeliharaan sepatu gunung.

Harga sepatu gunung dapat dibilang lumayan bervariasi, tergantung mutu yang ditawarkan. Buat sebagian pendaki, butuh menyisihkan duit buat ditabung supaya bisa mempunyai sepatu gunung yang di idamkan. Bila melihat kembali pengorbanan dalam membeli sepatu gunung, maka sudah jadi keharusan buat menjaga sepatu gunung itu dengan penuh perhatian.

Rekomendasi Sepatu Gunung

SNTA Outdoor 470
Sepatu dengan fitur waterproof umumnya dijual dengan harga tinggi, namun SNTA 470 berbeda dari produk lain. Daya waterproof- nya dapat menahan hujan ringan. Sepatu ini amat sesuai buat Kamu yang pertama kali mau mencoba trekking ke gunung serta mencari sepatu dengan harga murah, namun mempunyai kadar waterproof lumayan bagus.

Eiger Mid Boot Shamrock
Eiger menggunakan suede leather sebagai bahan utama sepatu yang digabungkan dengan polyester fabric. Sepatu ini pula memakai bahan waterproof dengan kualitas sedang. Eiger Mid Boot Shamrock sesuai buat dikenakan oleh pemula dan mau telihat lebih bergaya baik di alam ataupun di kota.

Consina Ascend
Bagian luarnya yang keras bakal tahan kepada benturan serta melindungi kaki kamu. Buat performa, sepatu ini juga termasuk keren dan juga menyediakan warna-warna bervariasi buat sepatu ini. Salah satu alternatif sepatu trekking jarak jauh yang oke di kantung buat kamu yang mau berhemat!

Tips Merawat Sepatu Gunung

Pakailah Perlengkapan Pembersih yang Tepat
Buat bagian atas (luar) kamu bisa memakai lap berair atau sikat lembut yang diusapkan dengan pelan serta sedikit tekanan. Perihal ini dimaksudkan buat senantiasa melindungi lapisan itu.

Buat bagian atas (dalam) kamu wajib melepaskan terlebih dulu insole sepatu, kemudian pakailah sikat halus yang kering buat membersihkan bagian dalam itu. Setelah itu buat insole sepatu dapat kamu bersihkan dengan sikat halus yang basah.

Cara Pengeringan
Pengeringan yang baik dan betul yaitu dengan metode tidak terkena cahaya matahari langsung. Dapat dicoba dengan cara letakkan di bawah atap yang terkenang angin. Perihal ini dilakukan buat menghindari hancurnya material sepatu serta memudarnya warna sepatu.

Cara Perawatan Sebelum Disimpan
Bahan sepatu gunung umumnya dibuat dari 2 tipe, yakni kulit dan kanvas, dan kombinasi dari keduanya. Cara perawatan sebelum penyimpanan sepatu berbahan kulit yaitu dengan cara menyemir sepatu sebelum sepatu mendekati kering, perihal ini dilakukan buat senantiasa melindungi kelembaban supaya kulit tidak terlalu kering.

Cara Penyimpanan
Setelah seluruh tahap dilakukan alhasil sepatu gunung kamu sudah bersih dan kering, isikan gumpalan kertas ke dalam sepatu kamu buat melindungi bentuk sepatu supaya senantiasa seperti semula. Pakailah kertas polos, hindari memakai kertas koran buat menjauhi tempelan atau lunturan tinta koran. Masukkan ke dalam dus kering yang dikasih beberapa silica gel buat menghindari jamur. Simpan dus itu di dalam tempat yang kering.

Pilih Mana: Sandal Gunung atau Sepatu Gunung?

Sandal GunungSepatu Gunung
Kelebihan - Lebih praktis - Harganya lebih murah dari sepatu gunung - Ringan- Kuat tahan banting - Lebih nyaman dipakai - Bisa melindungi dari racun atau semacamnya
Kekurangan - Mudah rusak - Kurang begitu melindungi kaki- Harganya mahal - Ribet saat memakainya

Kesimpulan

Sandal Gunung dan Sepatu Gunung adalah alas kaki yang berguna untuk melindungi kaki dari dataran yang terjal pada saat mendaki gunung. Namun kamu bisa menggunakan kedua alas kaki ini untuk kegiatan lainnya. Saya sangat merekomendasikan Sepatu Gunung untuk alas kaki kamu saat sedang mendaki, karena tentu bisa melindungi kaki kamu dari kondisi apapun berbeda dengan Sandal Gunung yang beberapa sisinya masih terbuka. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sandal Gunung vs Sepatu Gunung

VS

Leave a Reply