ElektronikTechnology

Pilih Mana: SanDisk atau Kingston?

Flashdisk merupakan perangkat penting yang biasa digunakan untuk mentransfer data, file, gambar, video dan lain sebagainya menuju perangkat lain. Flashdisk sendiri berukuran kecil dan memiliki bobot ringan yang bisa ditaruh dimana saja sesuai yang kamu inginkan. Saat ini banyak jenis merek flashdisk yang dijual dipasaran, seperti halnya SanDisk dan Kingston.

SanDisk dan Kingston adalah flashdisk yang biasa digunakan oleh banyak orang mulai dari pelajar sampai orang dewasa sekalipun. Kecepatan transfer dari kedua merek flashdisk terkenal ini juga cepat dan tentunya dapat menghemat waktu kamu.

Namun dibalik itu semua, kedua flashdisk ini nyatanya sering di jadikan barang palsu alias barang KW oleh beberapa oknum yang ingin mencari keuntungan tersendiri. Dan masih terdapat beberapa kekurangan beserta kelebihan dari SanDisk dan Kingston yang akan diulas melalui artikel ini. Untuk itu stay tune terus ya!

Flashdisk SanDisk

SanDisk merupakan perusahaan multinasional Amerika yang dibangun pada tahun 1988 oleh Eli Harari, Jack Yuan dan Sanjay Mehrotra. Perusahaan ini mengembangkan serta memproduksi flash memory dan perangkat lunak dengan produk seperti, USB flash drives, flash memory card, digital audio player, dan kartu SIM. Perusahaan ini bermarkas di Milpitas, California.

Produk SanDisk dijual di lebih dari 250.000 lokasi ritel di lebih dari 100 negara dengan fasilitas pabrik di China. Tim penelitian dan pengembangan produk perusahaan tersebar di China, Prancis, Jerman, India, Irlandia, Israel, Jepang, Korea, Rusia, Skotlandia, Singapura, Spanyol, Swedia, Taiwan, dan Uni Emirat Arab dengan mempekerjakan lebih dari 4.600 pegawai di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri SanDisk paling terkenal di bagian flashdisk. Mulai dari pelajar, anak kuliahan sampai karyawan kantoran juga banyak yang menggunakan SanDisk untuk flashdisk andalan mereka.

Kelebihan Flashdisk SanDisk

  • Desain elegan
    Desain atau bodinya terlihat sederhana namun elegan, tipis serta mungil, alhasil manis dipandang dengan kombinasi warna hitam dan merah yang mulus, membuat pemakainya lebih percaya diri memakai Flashdisk Sandisk ini.
  • Kompatibel, mudah diinstal serta dioperasikan
    Flashdisk ini kompatibel dengan hampir semua perangkat yang mempunyai slot USB, sehingga proses instalasinya juga menjadi amat mudah. Cuma dengan mencolok atau memasukkan flashdisk ini ke slot USB komputer atau tablet yang aku punya, maka flashdisk nya juga langsung siap dipakai.
  • Mempunyai dukungan software
    Flashdisk Sandisk mempunyai Chip Pengontrol di setiap unitnya. Chip pengontrol ini akan mempermudah untuk menginstall USB flashdisk dengan berbagai berbagai aplikasi portabel, seperti Security Software, Partition Software, File Synchronization, dan lain-lain.

Kekurangan Flashdisk SanDisk

  • Resiko barang tiruan
    SanDisk merupakan merek terkenal untuk beberapa perangkat termasuk flashdisk. Dan tentu saja resiko barang tiruan alias KW bisa saja terjadi. Untuk itu kamu harus berhati-hati dan teliti kala ingin membeli flashdisk SanDisk.
  • Memiliki warna gelap
    Sebagian besar warna flashdisk dari SanDisk dominan berwarna hitam dan merah. Tentu saja warna yang gelap akan menyulitkan penggunanya kala ingin mencari flashdisk SanDisk di sekitaran mereka.
  • Fitur keamanan yang cukup lemah
    Untuk menggunakan SanDisk ini kalian perlu berhati-hati terhadap virus karena SanDisk ini cukup rentan terkena serangan virus. Oleh sebab itu, selain menyimpan data pada Flashdisk ada baiknya menyimpan cadangan di tempat lain untuk berjaga-jaga.

Rekomendasi Flashdisk SanDisk

SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0
Dilengkapi port USB tipe A dan micro B, produk ini mudah dikoneksikan pada komputer maupun perangkat Android. Kedua port-nya pula aman terlindungi sebab dapat kamu masukkan full ke dalam casing-nya. Mengingat harganya juga masih bersahabat, produk ini terlihat semakin menarik.

Sandisk Ultra Dual OTG Flash Drive M3.0
Dilapisi dengan casing yang transparan, produk ini terlihat begitu elegan. Tidak cuma tampilannya yang menonjol, kecepatan memindahkan datanya juga tidak bisa diremehkan. Produk ini sanggup memindahkan data sampai 150 MB per detik.

Sandisk Cruzer Fit USB Flash Disk
Sandisk Cruzer Fit USB Flash Disk merupakan USB Flash Disk untuk semua perangkat Kamu. Kamu bisa menghubungkannya ke port USB TV, notebook atau sistem audio mobil kamu. SanDisk Cruzer Fit memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dari USB 2.0 standar.

Kapasitas SanDisk Rata-rata harga
8GBRp 60.000 - Rp 70.000,- per September 2019
16GB Rp 70.000 - Rp 75.000,- per September 2019
32GBRp 145.000 - Rp 153.000,- per September 2019
64GBRp 350.000 - Rp 375.000,- per September 2019
Lihat juga:  Pilih Mana: Axioo atau Asus?

Flashdisk Kingston

Kingston Technology Corporation merupakan nama suatu perusahaan yang mempunyai merek dagang Kingston. Perusahaan ini bergerak sebagai perusahaan teknologi komputer multinasional yang terdapat di Amerika.

Perusahaan ini juga merupakan perusahaan milik pribadi yang memproduksi, mengembangkan, mensupport dan menjual produk memori flash dan berbagai produk memori komputer lainnya seperti flashdisk Kingston.

Perusahaan ini juga merupakan perusahaan independen penghasil memori terbesar di dunia. Setiap produk yang dikeluarkan merupakan produk yang mempunyai mutu kualitas yang tinggi. Tidak hanya itu, tersedia berbagai jenis flashdisk dengan berbagai kapasitas yang dapat dipilih dengan desain yang modern.

Kelebihan Flashdisk Kingston

  • Sebagian jenis mempunyai fitur keamanan yang canggih
    Fitur keamanan enkripsi pada beberapa jenis flashdisk Kingston akan langsung menampilkan layar yang mewajibkan pemakai membuat password terlebih dulu ketika pertama kali mengakses flashdisk. Password yang dibuat juga mesti cukup rumit dengan gabungan antara huruf dan angka.
  • Kecepatan transfer tinggi
    Dengan Kingston kamu dapat menghemat waktu untuk memindahkan data- data penting berkat dukungan kecepatan transfer yang tinggi. Walaupun kamu ingin memindahkan banyak data dari perangkat satu ke perangkat lainnya, kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk menunggu pengiriman data selesai.
  • Warna bervariasi
    Kelebihan yang dipunyai oleh flashdisk Kingston yaitu bentuknya yang praktis dan tersedia dalam beberapa opsi warna. Tiap-tiap warna mempunyai kapasitas memori yang berbeda-beda.

Kekurangan Flashdisk Kingston

  • Resiko barang tiruan
    Sama halnya dengan flashdisk SanDisk, Kingston juga merek flashdisk yang terkenal dikalangan pelajar sampai karyawan kantoran. Tentu hal ini menimbulkan kesempatan untuk para oknum membuat dan menjual barang tiruan alias barang KW dari Kingston.
  • Desain kurang menarik
    Jika dibandingkan dengan SanDisk, Kingston memang memiliki warna yang lebih bervariasi. Namun soal desain, SanDisk dirasa lebih unggul karena memiliki desain lebih elegan jika dibandingkan dengan Kingston.
  • Sering rusak
    Kelemahan terakhir yang ada pada flashdisk Kingston adalah sering rusak. Maka tak heran bila saat ini banyak yang memakai flashdisk SanDisk daripada Kingston.

Rekomendasi Flashdisk Kingston

Kingston Data Traveler Micro Duo
Flashdisk dengan ukuran yang kecil dan bobot yang ringan ini nyatanya mempunyai kapasitas 16 GB yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan apa saja. Dengan beratnya yang ringan, tentunya kamu dapat membawa flashdisk ini kemana saja tanpa ragu. Terlebih ukurannya yang kecil membuat USB ini dapat kamu letakkan dimana saja seperti di dompet, saku, tas dan masih banyak lainnya.

Kingston Data Travel R3.0 G2
Ini merupakan USB merek Kingston yang menghadirkan sebuah USN 3.0 antar wajah dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Flashdisk ini juga mempunyai kemampuan membaca data dengan kecepatan mencapai 120MB/s, sedangkan untuk kecepatan tulisnya yakni 45MB/s. Dengan kecepatan yang dimiliki inilah menjadikan kamu lebih cepat dalam memindahkan berbagai video, musik, foto dalam waktu yang singkat.

Kingston Data Traveler Generation 4
USB dengan kapasitas yang beraneka ragam dimulai dari 8 Gb, 16, Gb, 32 Gb dan 64 Gb ini amat sesuai buat menyimpan data yang kamu punya. Dilengkapi dengan USB 3.0 memungkinkan kamu memindah berbagai jenis file seperti musik, video, serta gambar dengan kecepatan yang tinggi. Apalagi dengan bentuknya yang kecil dan amat enteng menjadikan flashdisk ini dapat dengan mudah kamu bawa kemana saja.

Kapasitas KingstonRata-rata harga
8GBRp 30.000 - Rp 40.000,- per September 2019
16GB Rp 50.000 - Rp 55.000,- per September 2019
32GBRp 65.000 - Rp 150.000,- per September 2019
64GBRp 120.000 - Rp 200.000,- per September 2019

Pilih Mana: SanDisk atau Kingston?

SanDiskKingston
Kelebihan - Desain elegan - Kompatibel, mudah diinstal serta dioperasikan - Mempunyai dukungan software - Sebagian jenis mempunyai fitur keamanan yang canggih - Kecepatan transfer tinggi - Warna bervariasi
Kekurangan- Resiko barang tiruan - Memiliki warna gelap - Fitur keamanan yang cukup lemah - Resiko barang tiruan - Desain kurang menarik - Sering rusak

Kesimpulan

SanDisk dan Kingston merupakan flashdisk yang semua orang sudah tahu. Harga dari kedua flashdisk ini juga bervariasi tergantung dengan kapasitas penyimpanannya. Kamu bisa dapatkan kedua flashdisk ini di toko-toko elektronik atau toko yang berhubungan dengan komputer. Tentukan flashdisk andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

SanDisk vs Kingston

VS

Leave a Reply