Technology

Pilih Mana: SanDisk atau Toshiba?

Salah satu media penyimpanan eksternal yang sangat menolong untukmenyimpan dan memindahkan data yaitu flashdisk. Terkadang benda kecil ini lebih banyak dipilih dibandingkan hard disk karena bentuknya mini, dan sudah banyak flash drive berkapasitas besar seperti SanDisk dan Toshiba yang mempunyai kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Jika kalian sedang mencari flashdisk terbaik diantara SanDisk dan Toshiba, kali ini kita akan membahas keduanya dari segi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki keduanya, tingkat kecepatan transfer datanya dan beberapa faktor unggulan yang terdapat pada keduanya, Yuk disimak!

SanDisk

SanDisk merupakan salah satu merek produk yang cukup terkenal. Perusahaan yang didirkan pada 1988 ini bermarkas di California dan terkenal akan produk unggulannya yaitu produk flash memory. Mulai dari memory card, USB flash drives, dan MP3 players. Baca juga Pilih Mana: SanDisk atau V-GeN?

Pada Februari 2015, SanDisk menjadi perusahaan manufaktur terbesar ketiga dalam bidang flash memory. 

Ada berbagai fitur canggih yang disematkan ke dalam produk flash drive Sandisk. USB flash drive SanDisk yang memiliki fitur RescuePRO Deluxe memungkinkan untuk dapat mengembalikan file yang sudah dihapus. Selain itu, proteksi data dengan password bisa dilakukan agar data tetap aman dengan software dari SanDisk SecureAccess.

Kelebihan SanDisk

  • Harga yang terjangkau
    Kelebihan yang pertama ini menjadi salah satu alasan utama mengapa flash drive SanDisk bisa menjadi pertimbangan dan menjadi pilihan banyak orang. Walaupun memiliki banyak fitur canggih yang menjadi unggulan, SanDisk memiliki harga yang terjangkau sehingga banyak diminati oleh masyarakat luas.
  • Memudahkan penggunaan plug and play
    SanDisk memiliki fitur plug and play yang memungkinkan para pengguna untuk dapat langsung menggunakan flash drive tanpa melakukan instalasi apapun. Data di dalam flash drive akan langsung terbaca oleh sistem yang kamu gunakan. 
  • Desain yang elegan
    Tampilan yang menarik juga menjadi salah satu faktor mengapa SanDisk unggul dalam penjualan flash drive. Ada beberapa pilihan desain seperti flash drives yang terbuat dari bahan logam alumunium yang kokoh.

Kekurangan SanDisk

  • Banyak barang tiruan
    Tidak sulit untuk mencari tempat yang menjual flashdisk SanDisk. Walaupun begitu, tetap hati-hati untuk membeli flashdisk SanDrik yang asli karena dengan harga yang murah produk ini juga banyak bahan tiruan.
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk mengcopy data
    Flashdisk ini memang cocok untuk semua orang. Bagi Anda yang menginginkan waktu copy yang lebih cepat, sepertinya flash disk ini tidak cocok untuk kalian. Namun, bagi kalian yang sering menggunakan flashdisk sebagai bank data, flash disk ini sangat cocok.
  • Fitur keamanan yang cukup lemah
    Untuk menggunakan SanDisk ini kalian perlu berhati-hati terhadap virus karena SanDisk ini cukup rentan terkena serangan virus, Oleh sebab itu, selain menyimpan data pada Flash disk ada baiknya kalian menyimpan cadangan di tempat lain untuk berjaga-jaga ya guys.

Berikut beberapa rekomendasi flashdisk SanDisk beserta harga pada tabel di bawah ini:

SanDisk KapasitasHarga Per September 2019
Sandisk Ultra 64GBRp 125.000
Sandisk Cruzer Blade 16GBRp 37.800
Sandisk Cruzer Blade 32 GBRp 45.900
Sandisk Ultra Dual32GBRp 79.800

Toshiba

Toshiba merupakan perusahaan elektronik asal Jepang dan sudah menjadi kepercayaan di seluruh dunia soal elektronik. Begitu juga dengan produk dalam kategori memory, salah satunya flashdisk.

Bisa dikatakan Toshiba sangat memikirkan kebutuhan konsumennya soal produk minimalis supaya tidak memakan tempat. Desainnya sangat compact tetapi, memiliki kapasitas penyimpanan besar, menjadikannya mudah dibawa kemana pun.

Tidak hanya desain, kualitas serta kemampuannya pun tidak kalah karena Toshiba sudah mengusung teknologi USB 3.0, lebih cepat dibanding USB 2.0.

Kelebihan Toshiba

  • Memiliki ukuran yang gampang di bawa kemanapun
    Memiliki ukuran yang kecil dan cara penggunaanya yang gampang. Sebuah Flashdisk Toshiba dapat berumur 10 tahun jika cara penggunaannya tepat. Cara penggunaan yang tepat adalah menghindari pencabutan Flashdisk Toshiba secara paksa karena dapat menyebabkan data yang disimpan dan ditulis Flashdisk Toshiba menjadi rusak.
  • Memiliki kapasitas yang cukup besar
    Flashdisk Toshiba memiliki kapasitas penyimpanan data yang cukup besar, yang dapat menampung banyak data, namun kapasitas yang dimilikinya pun beragam sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian ya guys.
  • Memiliki harga yang terjangkau
    Flashdisk Toshiba ini memiliki harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan baik untuk anak sekolahan maupun orang umum sekalipun sehingga Flashdisk ini banyak di gunakan oleh masyarakat luas. Selain harga yang terjangkau flashdisk Toshiba ini juga gampang ditemukan du offline maupun di online store seperti di Tokopedia,

Kekurangan Toshiba

  • Lebih cepat rusak
    Kekurangan yang pertama pada Toshiba ini yaitu rentan rusak. Oleh sebab itu saat penggunaan kalian harus berhati-hati dalam penggunaan, sebagai contoh jangan di lepas paksa saat sedang dalam pemasangan.
  • Mudah terserang oleh virus
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada Toshiba yaitu mudahnya terserang virus, Oleh sebab itu kalian harus memasang keamanan double untuk mencegah virus, Namun, agar lebih aman data yang penting sebaiknya dicadangkan di tempat lain.
  • Rentan pemalsuan
    Kalian pernah merasakan menggunakan Toshiba Kapasitas yang terbaca hanya sedikit, padahal dikapasitas terdapat 32GB dan yang terbaca hanya 4GB, itu karena kalian mendapatkan Flasdisk yang palsu. Oleh sebab itu, untuk membelinya kalian harus berhati-hati dan lebih baik ke toko yang terpercaya ya.
Lihat juga:  Pilih Mana: Tempered Glass vs Gorilla Glass

Berikut beberapa rekomendasi flashdisk Toshiba beserta harga pada tabel di bawah ini:

ToshibaKapasitasHarga Per September 2019
Toshiba Hayabusa USB Flash Drive16GBRp 130.000
Toshiba Hayabusa USB Flash Drive 64GBRp 320.000
Toshiba Hayabusa USB Flash Drive8GBRp 99.000
Toshiba Daichi USB Flash Drive 3.032GBRp 224.000

Tips memilih Flashdisk SanDisk dan Toshiba

1. Perhatikan Casing
Casing menjadi salah satu elemen yang harus diperhatikan dalam memilih Flashdisk. Bukan hanya warna dan bentuk yang menarik, tetapi kalian harus memperhatikan kekuatan casing. Casing Flashdisk yang bagus adalah casing yang akan kuat melekat melindungi bagian dalam Flashdisk.

Casing Flashdisk harus benar-benar kuat terutama karena dalam penggunaannya akan berulangkali harus ditancapkan dan dicabut. Selain kekuatan casing, ukuran casing juga harus diperhatikan. Jangan sampai ukuran casing yang terlampau besar jadi menghalangi port USB yang bersebelahan sehingga tidak bisa digunakan.

Casing Flashdisk yang ramping lebih mudah dibawa dan mudah pula ditancapkan pada port USB yang berdampingan.

Seperti pada SanDisk Extreme Pro USB 3.1 ini dilengkapi dengancasing aluminium, SanDisk Extreme Pro jadi terlihat lebih tangguh dan tahan banting. Produk ini sudah mengusung teknologi USB 3.1, tetapi kamu tetap bisa memakainya di perangkat yang mendukung USB 2.0 atau 3.0.

2. Kapasitas Penyimpanan
Kini kapasitas Flashdisk semakin beragam tersedia di pasaran. Kapasitas yang terlampau kecil semakin sulit ditemukan, sedangkan kapasitas yang semakin besar terus bermunculan.

Selain itu, harga Flashdisk pun semakin terjangkau. Nah, kapasitas Flashdisk yang mesti kalian pilih bergantung pada tujuan penggunaannya dan juga tergantung dari budget yang kalian sediakan.

3. Kecepatan Transfer Data
Kecepatan transfer data adalah kecepatan yang dimiliki Flashdisk untuk membaca data dan menyimpan data. Kecepatan membaca data biasanya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Kecepatan membaca tertinggi pada Flashdisk mencapai 34 Mbyte/s (272 Mbit/s), sedangkan untuk kecepatan penyimpanan maksimal mencapai 28 Mbyte/s (224 Mbit/s). Sementara itu kecepatan transfer data dari USB 2.0 berkisar antara 14 Mb/s hingga 24 Mb/s. Tetapi kecepatan tersebut nantinya akan menurun jika menggunakan kabel USB atau USB hub.

Seperti contohnya pada Flashdisk dari Toshiba TransMemory-EX™ U382 ini dipasarkan dengan ukuran 32 GB saja. Produk ini dipersenjatai dengan konektor ganda Type A dan Type C.

Selain bisa digunakan untuk PC, Toshiba TransMemory-EX U382 support di perangkat lainnya seperti smartphone dan tablet (khusus Android, minimal versi 6.0).

Dengan dukungan USB 3.0-nya, flashdisk ini mampu memberikan kecepatan membaca hingga 95 MB/detik dan menulis hingga 80 MB/detik. Yang membuat transfer data tidak perlu memakan waktu yang lama.

4. Fitur Keamanan
Pada umumnya Flashdisk memiliki fitur menyimpan dan menampilkan data saja. Untuk Flashdisk yang memiliki fitur dasar seperti ini, para penggunanya harus melakukan modifikasi dengan menambahkan beberapa software agar Flashdisk memiliki fitur tambahan. Misalnya saja penambahan software keamanan untuk menambahkan fitur pengaman data pada Flashdisk.

Seperti SanDisk Ultra Fit USB 3.1 yang memiliki fitur keamanan  yang dapat membuat folder-folder privat di dalamnya dengan bantuan software SanDisk SecureAccess. Jadi, file penting kamu bisa dienkripsi dan terlindungi di dalamnya.

Pilih Mana: SanDisk atau Toshiba?

SanDiskToshiba
Kelebihan - Harga yang terjangkau - Memudahkan penggunaan plug and play - Desain yang elegan - Memiliki ukuran yang gampang di bawa kemanapun - Memiliki kapasitas yang cukup besar - Memiliki harga yang terjangkau 
Kekurangan- Banyak barang tiruan - Membutuhkan waktu yang lama untuk mengcopy data  - Fitur keamanan yang cukup lemah - Lebih cepat rusak - Mudah terserang oleh virus - Rentan pemalsuan

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas mengenai SanDisk  dan Toshiba, dapat kita simpulkan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kalian ingin memilih Flash disk dengan daya tahan yang kuat atau tidak rentan rusak SanDisk dapat menjadi pilihan yang pertama jika dibandingkan dengan Toshiba. Namun, Toshiba juga banyak keunggulan yang dapat kalian pilih. Oleh karenanya dalam memilih keduanya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kalian ya guys.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

SanDisk VS Toshiba

VS

Leave a Reply