ElektronikTechnology

Pilih Mana: SanDisk atau V-GeN?

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Banyak berbagai merek flashdisk yang menjadi pilihan untuk semua orang seperti SanDisk dan V-Gen.

SanDisk dan V-Gen adalah merek yang mempunyai berbagai tipe flashdisk yang banyak menjadi pilihan semua orang karena memang kualitas yang cukup baik. Tetapi apakah kamu tahu kelebihan dan kekurangan dari kedua flashdisk ini? Disini saya akan membahas mengenai flashdisk dari kedua merek tersebut.

SanDisk

SanDisk adalah perusahaan multinasional Amerika yang didirikan pada tahun 1988 oleh Eli Harari, Jack Yuan dan Sanjay Mehrotra. Perusahaan ini mengembangkan dan memproduksi flash memory dan perangkat lunak dengan produk seperti, flash memory card, digital audio player, dan kartu SIM, dan produk yang menjadi unggulan merek ini adalah flashdisk. Baca juga Pilih Mana: Sandisk Merah atau Putih?

Rekomendasi Flashdisk SanDisk

1. SanDisk Extreme Pro USB 3.1

SanDisk Extreme Pro USB 3.1  hadir memberikan kinerja yang cepat dan solid. Flashdisk yang satu ini dilengkapi dengan kecepatan membaca data hingga 420MB/detik dan kecepatan menulis 380MB/detik.

Performa yang tangguh pada  SanDisk Extreme Pro USB 3.1 memungkinkanmu memindahkan video dengan ukuran 4K dari flashdisk ke perangkat lain dalam waktu kurang dari 15 detik dan 1.000 foto dalam waktu kurang dari 25 detik.

2. SanDisk Ultra USB 3.0 Flash Drive

Dengan desain retractable, flash drive akan memiliki konektor yang digunakan dengan cara ditarik untuk mengeluarkan USB sehingga memudahkan penggunaan dengan cara yang lebih praktis. Dengan desain seperti ini, pengguna tidak perlu memerlukan penutup yang biasanya sering dikeluhkan pengguna cepat hilang setelah menggunakan flash drive.

Beberapa produk USB flash drive SanDisk dengan desain retractable ini juga memiliki lubang tali yang dapat diikat ke gantungan kunci, lanyard, atau lainnya sehingga pengguna tidak perlu kerepotan mencari flash drive terutama jika sering menggunakannya.

3. SanDisk Extreme Go USB 3.1

SanDisk juga memproduksi Extrem Go yang juga merupakan produk flashdisk yang patut untuk dipertimbangkan.

Mengingat flashdisk ini sudah mengusung teknologi USB 3.1, maka dapat dipastikan kecepatan mentransfer data USB ini jauh lebih cepat dibanding flashdisk USB 2.0.

Tabel di bawah ini akan memberikan harga dari ketiga flashdisk rekomendasi SanDisk di atas.

Tipe FlashdiskHarga Per September 2019
SanDisk Extreme Pro USB 3.1 16 GB sekitar Rp. 200. 000 128 GB sekitar Rp. 500.000
SanDisk Ultra USB 3.0 Flash Drive 16 GB sekitar Rp. 100.000 128 GB sekitar Rp. 280.000
SanDisk Extreme Go 16 GB sekitar Rp. 385.000 128 GB sekitar Rp. 700.000

Kelebihan SanDisk

  • Kompatibel
    Flashdisk ini kompatibel dengan hampir semua perangkat yang memiliki slot USB, sehingga proses instalasinya juga menjadi sangat mudah. Hanya dengan mencolok atau memasukkan flashdisk ini ke slot USB komputer atau tablet yang kamu miliki, maka flashdisk nya pun langsung siap digunakan.
  • Desain yang bagus
    Seperti pada flashdisk SanDisk Ultra USB 2.0 Flash Drive Dengan desain retractable, flash drive akan memiliki konektor yang digunakan dengan cara ditarik untuk mengeluarkan USBnya sehingga memudahkan penggunaan dengan cara yang lebih praktis.
  • Sudah populer
    SanDisk sudah sangat terkenal dan populer di berbagai kalangan yang membutuhkan seperti microSD hingga SD Card dan berbagai macam produk yang lainnya.

Kekurangan SanDisk

  • Sering terjadi produk ditirukan
    SanDisk dengan kualitasnya yang baik dan sudah sangat digemari oleh banyak orang, menjadikan orang untuk berniat jahat menirukan produk flashdisk SanDisk ini dengan kualitas yang sangat tidak baik, hal ini dilakukan bagi oknum-oknum yang berkepentingan yang tidak bertanggung jawab.
  • Harga yang relatif mahal
    Harga produk yang dijual oleh SanDisk ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan produk lainnya, misalnya produk penyimpanan atau flashdisk yang dijual oleh SanDisk memang cukup mahal tetapi hal tersebut sesuai dengan kualitas yang diberikan.
  • Suka terjadi eror pada flashdisk
    SanDisk ini suka terjadinya eror pada flashdisk tetapi hal itu jika kamu menggunakannya tidak dengan baik sehingga terjadi virus atau kerusakan lainnya pada flashdisk. Tetapi hal ini sebenarnya tergantung dengan cara penggunaan setiap orang

V-GeN

V-GeN sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan produk-produk aksesori gadget, menawarkan sejumlah produk kartu penyimpanan data eksternal untuk penggunaan di smartphone atau gadget lainnya. Sebagai salah satu produsen aksesori perangkat elektronik ternama di Indonesia flashdisk adalah produk yang unggul pada merek V-GeN.

V-GeN selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada para konsumen melalui produk-produk ciptaannya. Hal ini juga dilakukan agar V-GeN mampu bersaing dengan merek lain di pasar aksesori perangkat teknologi. Dengan mengikuti tren perkembangan teknologi terkini, V-GeN mampu menciptakan beragam aksesori dengan performa yang mumpuni.

Rekomendasi Flashdisk V-GeN

1. Flashdisk USB 2.0

Kategori ini mengusung teknologi yang paling lama. USB 2.0 merupakan standar bus (sistem transfer data antar komponen komputer) yang digunakan flashdisk ini. Produk V-GeN yang masuk dalam kategori ini antara lain, USB Astro 2.0, USB Domino 2.0, dan USB Atom 2.0. Perbedaan ketiga produk di atas terletak di tampilan bodi dan ukurannya saja, sementara detail spesifikasinya hampir sama.

Flashdisk V-GeN di kategori ini memiliki kecepatan membaca data hingga 29 mbps, sedangkan kemampuannya untuk menulis data hingga 15 mbps.

2. Flashdisk Titans USB 3.0

Versi USB sudah mencapai 3.0. Sekilas, jika kamu perhatikan, hampir tidak ada perbedaan antara USB 2.0 dengan USB 3.0. Secara fisik, ukuran mereka sama. Yang membedakan keduanya adalah USB 2.0 memiliki bantalan berwarna putih di colokannya, sedangkan USB 3.0 berwarna biru.

USB 3.0 memiliki kecepatan lebih tinggi, sekitar 3.2Gbps (400MB/s) dan dapat mencapai 4.8Gbps. Kecepatan ini 6-10 kali lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0.

3. OTG Flash Drive

USB On The Go atau yang biasa disingkat USB OTG adalah standarisasi koneksi USB yang memungkinkan suatu perangkat untuk membaca data dari koneksi USB tanpa memerlukan PC. OTG Flash Drive adalah satu-satunya produk OTG yang dimiliki oleh V-GeN.

Flash drive ini dilengkapi kecepatan membaca data hingga 19.36mbps dan kemampuan menulis data hingga 8.97 mbps. Produk ini ditawarkan dengan varian kapasitas mulai dari 8 GB hingga 64 GB, dan memiliki beberapa varian warna.

Tabel di bawah ini akan memberikan harga dari ketiga flashdisk rekomendasi V-GeN di atas.

Tipe FlashdiskHarga Per September 2019
Flashdisk USB 2.0 16 GB sekitar Rp. 60.000 128 GB sekitar Rp. 300.000
Flashdisk Titans USB 3.0 16 GB sekitar Rp. 65.000 128 GB sekitar Rp. 300.000
OTG Flash Drive 16 GB sekitar Rp. 75.000 128 GB sekitar Rp. 400.000

Kelebihan V-GeN

  • Kualitas yang bagus
    Flashdisk dari V-Ge Nini kualitasnya yang bagus tidak perlu kamu ragukan lagi, sehingga flashdisk merek dari V-GeN ini banyak menjadi pilihan atau andalan bagi orang yang membutuhkan flashdisk.
  • Kecepatan membaca data
    Kecepatan membaca data pada flashdisk V-GeN ini juga menjadi unggulannya seperti OTG Flash Drive Flash drive ini dilengkapi kecepatan membaca data hingga 19.36mbps dan kemampuan menulis data hingga 8.97mbps.
  • Terkenal dan populer
    Kelebihan yang terakhir adalah bahwa produk-produk dari V-GeN ini sudah terkenal dan populer semua kalangan, dengan banyaknya produk dari merek ini membuat V-GeN banyak menjadi andalan bagi semua orang.

Kekurangan V-GeN

  • Produk sering rusak
    Meski dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan oleh produk V-GeN ini, kualitasnya yang baik tetapi banyak review juga bahwa produk dari V-GeN seperti flashdisk yang sering terjadinya keeroran seperti virus bahkan kerusakan.
  • Sering terjadi pemalsuan produk
    Kekurangan lainnya dari V-GeN adalah bahwa produk flashdisk dari V-GeN ini sering terjadinya pemalsuan produk, jadi kamu harus benar-benar teliti saat kamu ingin membeli flashdisk dari V-GeN ini jangan sampai kamu membeli dengan flashdisk yang palsu.
  • Harga yang relatif mahal
    Harga produk flashdisk dari V-GeN ini memang relatif cukup mahal dibanding dengan flashdisk merek lainnya, hal ini serupa dengan SanDisk yang harganya cukup mahal. Tetapi dengan begitu tetap saja beberapa produk dari merek V-GeN menjadi andalan bagi orang yang membutuhkan.

Pilih Mana: SanDisk atau V-GeN?

SanDiskV-Gen
Kelebihan - Kompatibel - Desain yang bagus - Sudah populer - Kualitas yang bagus - Kecepatan membaca data - Terkenal dan populer
Kekurangan- Sering terjadi produk ditirukan - Harga yang relatif mahal - Suka terjadi eror pada flashdisk - Produk sering rusak - Sering terjadi pemalsuan produk - Harga yang relatif mahal

Kesimpulan

Flashdisk dari SanDisk dan V-GeN memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga dari penjelasan di atas, kamu dapat mengetahuinya lebih jelas mengenai kedua merek flashdisk tersebut. Sebenarnya memang untuk pemilihan flashdisk sendiri bisa kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu, cara penggunaan dengan benar sehingga tidak cepat terjadi kerusakan pada flashdisk tersebut.

Pilih Mana: SanDisk atau V-GeN?

Leave a Reply