Perangkat Keras

Pilih Mana: Sandisk Extreme vs Sandisk Extreme Pro?

Untuk menyimpan sebuah foto maupun video dan beberapa kebutuhan lainnya, tentunya kita membutuhkan sebuah kartu microSD yang berkualitas. Saat ini pun sudah banyak beredar kartu microSD dengan berbagai merk yang bagus, salah satunya seperti Sandisk Extreme dan Sandisk Extreme Pro.

Sandisk Extreme dan Sandisk Extreme Pro merupakan kartu microSD yang memiliki kualitas baik dan manfaat yang beragam, sehingga tak heran bila banyak orang yang mengandalkan microSD ini untuk kartu penyimpanan mereka, khususnya seorang photographer.

Nah, pada ulasan kali ini Selera.id akan membahas lebih dalam mengenai Sandisk Extreme dan Sandisk Extreme Pro ini agar bisa kamu jadikan sebagai referensi dan perbandingan dalam memilih kartu microSD andalan kamu. Disini aja ya guys!

Sandisk Extreme vs Sandisk Extreme Pro

Sandisk Extreme

SanDisk Extreme dibuat untuk memenuhi kebutuhan kamu yang sering melakukan aktivitas outdoor. MicroSD ini cocok disisipkan pada smartphone, kamera digital, drone sampai action cam. Tidak perlu meragukan ketahanan dari microSD ini, karena ia sudah dilengkapi dengan spesifikasi waterproof dan temperature resistance.

Nikmati kecepatan ekstrem untuk mentransfer data lebih cepat, meningkatkan kinerja aplikasi, serta merekam video dalam format 4K UHD. Ideal untuk ponsel pintar Android, dan kamera aksi atau drone kamu, kartu microSD kinerja tinggi ini melakukan perekaman video dalam format 4K UHD, video full HD, dan foto beresolusi tinggi.

Kartu memori microSDXC super-cepat SanDisk Extreme membaca sampai 160MB/detik dan menulis sampai 90MB/detik. Selain itu, perangkat ini berperingkat A2, sehingga kamu bisa mendapatkan kinerja aplikasi cepat untuk pengalaman ponsel pintar yang luar biasa. Baca juga: 9 microSD Terbaik 2019

Sandisk Extreme vs Sandisk Extreme Pro

Kelebihan Sandisk Extreme

  • Kecepatan tulis sampai 90MB/detik
    Mengambil foto aksi cepat atau merekam video dalam format 4K UHD 2 dengan kecepatan tulis sampai 90MB/detik. Kartu UHS-I microSD™ Extreme® SanDisk memungkinkan kamu menangkap dan mentransfer foto lebih kilat lagi. Mempunyai kecepatan baca sampai 160MB/detik, tentunya menghemat waktu kamu saat mentransfer foto beresolusi tinggi serta video dalam format 4K UHD 2.
  • Desain tahan lama untuk pemakaian di lingkungan ekstrem
    Kartu UHS-I microSDHC™ and microSDXC™ SanDisk Extreme tahan guncangan, tahan suhu, kedap air, dan tahan sinar-X3, jadi kamu bisa menikmati petualangan tanpa perlu mengkhawatirkan daya tahan kartu memori kamu.
  • Kompatibel dengan pembaca USB 3.0 Mobil Mate
    Pembaca kartu microSD USB 3.0 Mobile Mate dengan kecepatan transfer sampai 170MB/detik, kamu bisa memindahkan file besar dengan cepat, memindahkan banyak file dengan cepat ataupun cukup sering melakukan transfer file yang jauh lebih cepat.

Kekurangan Sandisk Extreme

  • Resiko barang palsu
    Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Sandisk Extreme adalah resiko akan barang palsu yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Karena seperti yang kita tahu bahwa Sandisk Extreme ini sudah terkenal dan memiliki banyak manfaat, sehingga ini bisa membuat beberapa peluang bagi para oknum untuk membuat barang palsu dari Sandisk Extreme ini.
  • Kecepatan masih kurang dengan yang Pro
    Kekurangan kedua dari Sandisk Extreme ini adalah kecepatan yang tentunya masih kalah dengan seri Pro. Jika kamu membutuhkan kecepatan dan kapasitas yang lebih tinggi untuk aktivitas kamu, maka sebaiknya menggunakan Sandisk Extreme Pro ketimbang Sandisk Extreme.
  • Varian kapasitas tidak sebanyak Pro
    Dan kekurangan terakhir dari Sandisk Extreme adalah varian kapasitas yang tidak sebanyak Pro. Varian kapasitas dari yang Pro sendiri sangat banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing, sementara Sandisk Extreme sendiri kebanyakan hanya menyediakan 16GB yang beredar dipasaran.

Sandisk Extreme Pro

SanDisk MicroSD Extreme Pro didesain untuk menunjang kerja para fotografer dan videografer profesional. Kecepatannya yang menakjubkan amat memudahkan proses pemindahan data. Namun, jika kamu bukan seorang profesional, kamu tetap dapat memakai memory card ini untuk pemakaian sehari-hari. Dengan memakai SanDisk MicroSD Extreme Pro, kamu dapat memindahkan banyak data dengan lebih cepat.

Sandisk Extreme vs Sandisk Extreme Pro

SanDisk MicroSD Extreme Pro mempunyai fitur pelindung alhasil membuat memory card bisa dipakai dalam keadaan ekstrem. Untuk kamu yang suka aktivitas outdoor, SanDisk MicroSD Extreme Pro amat cocok untukmu. Kamu bisa membawanya kemana pun tanpa khawatir akan rusak karena microSD ini tahan dengan segala kondisi apapun.

Kelebihan Sandisk Extreme Pro

  • Kecepatan membaca dan menulis data yang baik
    SanDisk MicroSD Extreme Pro sanggup membaca data dengan kecepatan 300 MB/detik. Untuk suatu MicroSD, 300 MB/detik merupakan kecepatan yang fantastis untuk membaca data. Selain itu, kecepatan menulis datanya juga tidak kalah jauh. SanDisk MicroSD Extreme Pro sanggup menulis data dengan kecepatan 260 MB/detik. Memory Card ini disebut-sebut sebagai yang tercepat di dunia.
  • Mampu menghasilkan gambar dan video dengan kualitas tinggi
    SanDisk MicroSD Extreme Pro bisa merekam gambar dengan akurat sehingga kamu dapat mengambil video atau foto dengan resolusi tinggi. Kamu juga bisa merekam atau memotret objek yang bergerak dengan cepat. Memory card ini juga memungkinkan untuk menghasilkan video Full HD atau 4K. Kelebihan ini pasti amat mendukung kamu yang memang membutuhkan kinerja maksimal untuk urusan gambar dan video profesional.
  • Mempunyai fitur pelindung 
    SanDisk MicroSD Extreme Pro mampu menahan suhu tinggi, radiasi sinar X, dan getaran. Selain itu, SanDisk MicroSD Extreme Pro juga bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar di dalam air karena memory card ini tahan air atau beberapa kondisi ekstrem lainnya.

Kekurangan Sandisk Extreme Pro

  • Resiko barang palsu
    Sama halnya dengan Sandisk Extreme tadi diatas, Sandisk Extreme Pro juga memiliki resiko barang palsu yang cukup tinggi. Untuk itu kamu harus berhati-hati dan lebih cermat dalam memilih kartu SSD ini. Kamu bisa mendapatkan beberapa info dari Google tentang bagaimana membedakan antara Sandisk Extreme Pro asli dengan Sandisk Extreme Pro palsu.
  • Harga yang mahal
    Setelah kita mengetahui beberapa kelebihan serta manfaat yang didapatkan dari Sandisk Extreme Pro ini, tentunya harga yang disematkan juga cukup tinggi yaitu sekitar Rp 2.200.000,- per November 2019. Kamu bisa dapatkan microSD ini di toko-toko peralatan komputer, bahkan toko online pun sekarang sudah banyak yang menjualnya.
  • Tidak semua perangkat host akan kompatibel dengan Sandisk Extreme Pro
    Sandisk Extreme Pro sendiri kompatibel dengan perangkat host yang berkemampuan SDXC dan SDXC UHS-I. Maka dari itulah tidak semua perangkat host akan cocok dengan microSD ini, sehingga cukup sulit untuk menggunakan kartu microSD ini jika tidak sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan.
Sandisk ExtremeSandisk Extreme Pro
Kecepatan tulis maks40 MB / s 90 MB / s
Kecepatan baca maks90 MB / s 95 MB / s
Kelas kecepatanU3 / V30 / kelas 10 U3 / V30 / kelas 10

Pilih Mana: Sandisk Extreme vs Sandisk Extreme Pro?

Sandisk ExtremeSandisk Extreme Pro
Kelebihan- Kecepatan tulis sampai 90MB/detik - Desain tahan lama untuk pemakaian di lingkungan ekstrem - Kompatibel dengan pembaca USB 3.0 Mobil Mate - Kecepatan membaca dan menulis data yang baik - Mampu menghasilkan gambar dan video dengan kualitas tinggi - Mempunyai fitur pelindung 
Kekurangan- Resiko barang palsu - Kecepatan masih kurang dengan yang Pro - Varian kapasitas tidak sebanyak Pro - Resiko barang palsu - Harga yang mahal - Tidak semua perangkat host akan kompatibel dengan Sandisk Extreme Pro

Kesimpulan

Setelah kita membahas mengenai Sandisk Extreme dan Sandisk Extreme Pro tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua kartu microSD ini memiliki kualitas dan manfaat yang baik untuk para penggunanya. Perbedaan signifikan dari kedua microSD ini tentunya adalah kecepatan membaca datanya. Tentukan kartu microSD andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sandisk Extreme vs Sandisk Extreme Pro

VS

Leave a Reply