KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Sangobion atau Sakatonik Liver?

Ketika tubuh terkadang terasa lemas dan tidak bertenaga bisa saja itu dikarenakan kekurangan darah atau anemia. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan  sel darah merah atau ketika sel darah merah tidak berfungsi secara normal. 

Hal inilah yang akan menyebabkan organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan membuat penderita memiliki wajah pucat serta mudah lelah. Baca Juga: 8 Merk Suplemen Penambah Darah Terbaik 2022

Anemia bisa terjadi dalam jangka waktu yang sementara atau dalam jangka panjang dengan tingkat keparahan yang ringan sampai berat. Walaupun tubuh dapat memproduksi sel darah merah sendiri tetapi untuk penderita anemia dianjurkan meminum suplemen penambah darah.

Tak hanya penderita anemia saja yang diperbolehkan untuk meminum suplemen penambah darah tetapi yang tidak mengalami anemia juga dibolehkan mengkonsumsi suplemen penambah darah agar imun tubuh tetap terjaga.

Beberapa suplemen penambah darah yang digemari adalah Sangobion dan Sakatonik liver. Kedua produk suplemen ini mudah untuk dijumpai tetapi kedua produk ini pastinya memiliki keunggulan masing-masing. Mari simak pembahasan dari kedua suplemen ini!

Suplemen Penambah Darah Sangobion

Suplemen Sangobion berisi kandungan zat besi. Salah satu faktor terjadinya anemia ialah minimnya zat besi di dalam tubuh. Zat besi diperlukan untuk pembuatan sel darah merah. Apabila keperluan zat besi terpenuhi, anemia defisiensi besi dapat teratasi.Selain zat besi produk suplemen ini mengandung vitamin dan mineral lainnya seperti copper sulfate, vitamin C, asam folat dan juga vitamin B12. Produk suplemen Sangobion ini memiliki bentuk kapsul, sirop, tablet effervescent.

Kelebihan Suplemen Sangobion

1.  Memiliki varian produk

Kelebihan yang utama dari Sangobion ini adalah tersedianya varian produk yang menyesuaikan dengan dosis dan umur konsumennya. Adapun jenis dari Sangobion ini adalah

  • Sangobion kapsul

Suplemen ini mengandung 259 mg zat besi jenis ferrous gluconate yang setara dengan 30 mg elemental zat besi.

  • Sangobion vita-tonik

Suplemen ini berbentuk sirop dengan rasa buah cranberry. Mengandung 113 mg zat besi jenis ferrazone yang setara dengan 15 mg elemental zat besi.

  • Sangobion fizz

Sama dengan Sangobion vita-toniks suplemen ini memiliki rasa buah cranberry tapi  suplemen ini berbentuk effervescent. Mengandung 215 mg zat besi ferrazone setara dengan 28 mg elemental zat besi dan mengandung vitamin lainnya.

  • Sangobion baby

Sesuai dengan namanya, suplemen ini diformulasikan untuk anak berusia 0-2 tahun dan memiliki bentuk sirop.

  • Sangobion Kids

Untuk suplemen ini ditujukan untuk anak berusia 2-12 tahun. Suplemen ini berbentuk sirop yang akan memudahkan dalam memberikannya kepada anak.

2. Tergolong obat bebas

Suplemen Sangobion ini tergolong suplemen bebas sehingga tidak memerlukan resep dari obat untuk membeli obat ini di apotek.

3. Aman untuk ibu hamil dan menyusui

Untuk suplemen penambah darah ini aman jika dikonsumsi pada ibu hamil dikarenakan tidak menunjukkan adanya risiko terhadap janin. Suplemen ini sebenarnya dapat terserap ke dalam ASI, tetapi kandungan zat besi pada ASI tidak akan dipengaruhi kadar zat dari dalam tubuh ibu.

Lihat juga:  8 Merk Kaldu Bubuk Instan Terbaik 2022

4. Memiliki produk herbal

Sangobion ini juga memiliki produk herbal yang tidak memiliki kandungan zat besi pada dua produknya. Produk herbal ini adalah Sangobion menstrupain untuk meredakan nyeri haid dan Sangobion fit untuk menjaga stamina.

Kekurangan Suplemen Sangobion

1. Tidak dianjurkan untuk penderita diabetes

Untuk produk Sangobion sirop atau effervescent mengandung gula tambahan atau pemanis buatan di dalam produknya. Sehingga untuk pengguna diabetes perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi suplemen jenis ini.

2. Tidak dianjurkan untuk penderita sakit anemia akut

Beberapa kasus penyakit seperti hemkromatosis dan anemia hemolitik sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi Sangobion. Dikarenakan dapat menimbulkan komplikasi obat di dalam tubuh.

Suplemen Penambah Darah Sakatonik Liver

Sakatonik Liver adalah suplemen multivitamin yang berisi zat besi, vitamin B, serta mineral lain, serupa mangan, kalsium, serta zinc. Vitamin serta mineral ini diperlukan untuk pembuatan sel darah merah, perbaruan sel tubuh, dan sistem metabolisme serta pembentukan stamina.Suplemen Sakatonik Liver ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan serta mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi. Tak hanya itu, Sakatonik Liver pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral.

Produk ini memiliki dua bentuk produk yaitu kaplet dan sirop.

Kelebihan Suplemen Sakatonik Liver

1. Harga yang terjangkau

Kelebihan dari suplemen ini adalah harganya yang terjangkau dibandingkan suplemen penambah darah lainnya.

2. Memiliki dua bentuk produk

Sakatonik liver ini memiliki dua bentuk produk yaitu kaplet dan sirop. Dengan tersedianya bentuk suplemen sirop menjadikan suplemen ini mudah untuk dikonsumsi anak.

3. Tidak memiliki efek samping

Suplemen penambah darah ini tidak memiliki efek samping bagi tubuh. Selagi diminum dengan tidak melebihi dosis yang dianjurkan maka suplemen ini tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Kekurangan suplemen Sakatonik liver

1. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil

Beberapa studi kasus mencoba menyuntikan suplemen ini pada hewan dan hasilnya Sakatonik liver memberikan efek samping terhadap janin. Walaupun belum ada studi langsung terhadap ibu hamil tapi ada baiknya tetap mengkonsultasikan kepada dokter kandungan.

2. Tidak ada umur yang jelas bagi anak

Memang Sakatonik liver ini diperbolehkan jika dikonsumsi oleh anak-anak, tetapi Sakatonik ini tidak memberikan umur yang spesifik bagi anak-anak.

Pilih Mana: Sangobion atau Sakatonik Liver?

Keterangan SangobionSakatonik Liver
Kelebihan - Memiliki varian produk - Tergolong obat bebas - Aman untuk ibu hamil dan menyusui - Memiliki produk herbal- Harga yang terjangkau - Memiliki dua bentuk produk - Tidak memiliki efek samping
Kekurangan - Tidak dianjurkan untuk penderita diabetes - Tidak dianjurkan untuk penderita sakit anemia akut- Tidak dianjurkan untuk ibu hamil - Tidak ada umur yang jelas bagi anak
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari pembahasan kedua produk suplemen di atas terlihat bahwa kedua suplemen ini berfungsi untuk menambah sel darah merah. Jadi, pilih dan konsumsilah suplemen penambah darah yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu ya. Semoga bermanfaat! 

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sangobion vs Sakatonik Liver

VS