Makanan dan Minuman

Pilih mana: Saus Tomat vs Sambal?

Bagi Anda yang suka menambahkan saus pada makanan Anda. Mungkin Anda sudah familiar dengan salah satu bahan pelengkap rasa makanan ini. Yap, Saus tomat dan Sambal yang seringkali menjadi bahan pelengkap makanan.

Hampir semua orang menggemarinya. Apapun makanannya, rasanya akan terasa makin sedap dan nikmat jika disajikan bersama saus tomat dan sambal. Meski begitu, kita harus tetap berhati-hati dalam memilih saus.

Produk saus tomat dan sambal yang ada di luaran sana. Kadang mengandung bahan kimia yang tidak layak dikonsumsi bagi tubuh. Namun, tenang tidak semua saus mengandung bahan yang berbahaya.

Bahan pelengkap ini juga memberikan manfaat untuk tubuh,loh. Mau tahu apa saja? Jangan kemana-mana stay tune terus di selera.id. Baca juga: 10 Merk Saus Sambal Terbaik 2020

Saus Tomat vs Sambal

Saus Tomat

Saus tomat adalah saus yang dibuat dari buah tomat yang sudah masak ditambah gula, garam, cuka dan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Bawang bombay, seledri dan sayuran lain juga sering ditambahkan ke dalam saus tomat.

Bahan pendamping makanan satu ini sangat sering dijumpai di kedai-kedai makan, restoran dan warung makan lainnya. Saus tomat sangat cocok ditambahkan diberbagai masakan Indonesia seperti soto ayam, mie ayam dan sebagainya. Saus tomat Indofood dan saus tomat ABC adalah salah satu merk-merk saus tomat yang terkenal di Indonesia.

Manfaat Saus Tomat

Ada beberapa manfaat yang terdapat pada saus tomat. Dan manfaat itu baik untuk kesehatan Tubuh Anda. Berikut Manfaatnya:

  • Melindungi paru-paru
    Penelitian dilakukan oleh Drs Lenore Arab dan Michael Madden dari University of California mengungkapkan bahwa tomat dapat meningkatkan kadar likopena di dalam darah. Likopena berfungsi untuk melindungi paru-paru kita dari radikal bebas.
  • Mengurangi risiko katarak
    Kandungan zat  karotenoid yang ada di dalam saus tomat dapat melindungi mata kita dari usia dan radikal bebas. Dua jenis karotenoid yang berfungsi melindungi mata adalah lutein dan zeaksantin.
  • Menurunkan kadar kolesterol
    Penelitian yang dilakukan oleh dr Sohvi Horkko dari University of Oulu, Finlandia, mengungkapkan, saus tomat dapat menurunkan kadar kolesterol. Dua puluh satu relawan diminta untuk mengonsumsi 30 mg saus tomat dan 400 ml jus tomat selama 3 minggu. Hasilnya, kadar kolesterol mereka turun hingga 13 persen. Kadar kolesterol rendah, risiko diabetes pun akan ikut berkurang.

Saus Tomat vs Sambal

Cara Membuat Saus tomat

  1. Blender halus tomat dan bawang bombay. Rebus sebentar dalam panci hingga mendidih.
  2. Masukkan gula, margarin, garam dan penyedap rasa secukupnya. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  3. Masak saus tomat kurang lebih 45 menit atau hingga airnya berkurang dan jadi mengental. Jika masih ada yang bergerindil, hancurkan dengan spatula hingga saus tomat halus. Jika sudah, diamkan hingga suhu ruangan.
  4. Siapkan botol tertutup, simpan di dalamnya dan agar lebih tahan lama, masukkan ke kulkas. Siap deh, saus tomat homemade bisa dinikmati kapan saja.

Rekomendasi merk saus tomat terbaik

1. Saus tomat Kokita
Kokita memproduksi saus tomat berkualitas tinggi dengan rasa khas Indonesia. Saus tomat buatan Kokita ini telah memiliki sertifikat HACCP yang terbukti aman untuk dikonsumsi. Dengan menggunakan resep tradisional, harum saus tomat akan membuat masakan jadi lebih sedap.

2. Saus tomat Del Monte
Saus tomat buatan Del Monte ini telah bebas dari pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Rasanya tidak terlalu asam dan manis. Untuk penggemar bakso, saus tomat ini sangat pas untuk memperkaya rasa kuah kaldu!

3. Saus tomat Indofood
Indofood juga mengeluarkan saus tomat enak dengan harga yang terjangkau. Bahan-bahan terpilih membuat rasa asam dan gurih saus tomat begitu pas. Kemasan botol flip-flop juga memudahkan konsumen saat menuangkan saus ke wadah.

Sambal

Saus sambal memang menjadi salah satu bumbu masak & pelengkap dalam berbagai makanan. Misalnya ketika makan bakso, mie ayam, mie instan, aneka gorengan, dan lainnya, keberadaan saus cabai menjadi penyempurna cita rasa makanan tersebut. Ditambah mayoritas masyarakat Indonesia memang penyuka rasa pedas dari saus sambal.

Lihat juga:  Pilih Mana: Mentega atau Margarin?

Manfaat Sambal

Ada beberapa manfaat yang terdapat pada saus sambal. Dan manfaat itu baik untuk kesehatan Tubuh Anda. Berikut Manfaatnya:

    • Kaya akan vitamin  C
      Cabai tinggi akan kandungan vitamin C. Vitamin ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga Anda perlu asupan dari makanan. Di dalam tubuh Anda, vitamin C sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.
    • Mengandung antioksidan
      Buah yang berwarna merah menyala seperti cabai merah mengandung karotenoid khusus bernama likopen. Likopen sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel, sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak. Kandungan ini juga diketahui mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh Anda.
    • Rendah lemak dan kalori
      Jika dibandingkan dengan saus lainnya seperti mayones atau Thousand island, saus sambal memang lebih rendah lemak dan kalori. Maka, Anda bisa menyantap makanan Anda dengan saus sambal tanpa tambahan terlalu banyak kalori.

Saus Tomat vs Sambal

Cara Membuat Sambal

  1. Rebus 250 gram cabe merah, 100 gram cabe rawit, 3 siung bawang putih dengan 500 ml air sampai empuk.
  2. Setelah empuk, angkat dan tunggu dingin, lalu blender sampai halus, kemudian tambahkan air rebusan cabe  untuk tambahan, dan saring.
  3. Rebus kembali sampai mendidih, lalu tambahkan garam, gula dan air jeruk nipis.
  4. Masukkan larutan tepung maizena. lalu aduk cepat.dan tunggu sampai mendidih, matikan api, angkat, saring dan buang ampasnya, biarkan pada suhu ruang sampai dingin.
  5. Setelah saus dingin tuangkan ke dalam botol yang sudah dicuci bersih.
  6. Simpan saus di dalam lemari es ( bisa tahan selama 2 bulan).

Rekomendasi Merk Sambal Terbaik

1. Saus Sambal Jawara
Saus sambal pertama yang cukup menarik untuk di coba disini adalah saus sambal Jawara. Saus ini memiliki tingkat kepedasan yang tinggi. Sejauh ini sebenarnya masih cukup baru namun saat ini sudah memiliki para pembeli setia. Dengan demikian, sudah jelas rasanya lezat dan memang saus sambal jawara ini memiliki rasa pedas yang oke. Khususnya untuk varian yang Hot dan Ekstra hot.

2. Saus Sambal Sasa Ekstra Pedas
Merk sasa tentu saja sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Dalam hal ini saus sambal sasa sendiri memiliki beberapa varian. Namun, untuk kategori saus sambal terpedas, yang masuk adalah varian rasa ekstra pedas. Tentu saja ini adalah varian yang pedasnya di atas level pedas saja. Jika Anda penggemar saus pedas, maka bisa mulai berpikir untuk mencoba yang satu ini.

3. Saus Sambal ABC Ekstra Pedas
Masih dengan varian ekstra pedas, disini saus sambal dari ABC juga tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan para pecinta rasa pedas. Saus sambal ini variannya memang tidak banyak. Namun, khusus untuk yang ekstra pedas sudah teruji dan siap menjadi pilihan santapan Anda. Selain pedasnya saja, tentu sambal ABC pun cita rasa khasnya juga sudah diakui.

Pilih mana: Saus Tomat vs Sambal?

Keterangan Saus TomatSaus Sambal
Manfaat -Melindungi paru-paru -Mengurangi risiko katarak -Menurunkan kadar kolesterol-Kaya akan vitamin  C -Mengandung antioksidan -Rendah lemak dan kalori
Rekomendasi merk produk-Saus tomat Kokita -Saus tomat Del Monte -Saus tomat Indofood-Saus Sambal Jawara -Saus Sambal Sasa Ekstra Pedas -Saus Sambal ABC Ekstra Pedas

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa saus tomat dan sambal memiliki manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi. Namun, disarankan untuk tidak mengkonsumsi berlebihan karena akan menyebabkan retensi cairan (kelebihan cairan dalam tubuh), ketidakseimbangan elektrolit, dan kembung.Oleh karena itu konsumsi sesuai kebutuhan dan takaran ya!
Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Saus Tomat vs Sambal

VS

 

Leave a Reply