Elektronik

Pilih Mana: Seagate atau WD?

Jika kita membahas mengenai harddisk atau ruang penyimpanan data, dua merek yang selalu menjadi perbandingan adalah Seagate dan Western Digital. Kedua merek ini selalu menghadirkan produk terbaiknya. Manakah harddisk yang lebih baik dari kedua produk ini? Seagate atau WD?

Seagate dan Western Digital merupakan dua merek yang selalu menghadirkan produk terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan perbandingan antara harddisk Seagate dan Western Digital agar Anda tahu mana harddisk yang cocok untuk Anda. Baca juga Pilih Mana: Bukalapak atau Tokopedia?

Seagate

Seagate merupakan sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1979. Perusahaan ini memproduksi berbagai macam produk komputer termasuk harddisk. Selain harddisk, Seagate juga menghasilkan banyak produk komputer lainnya.

Kelebihan Seagate

Berikut beberapa kelebihan Seagate yang perlu Anda ketahui:

  • Konektivitas Lebih Baik

Jika dilihat dari konektivitasnya, Seagate memiliki kemampuan yang lebih baik jika kita bandingkan dengan Western Digital. Seagate telah memiliki dukungan konektivitas FireWire 800. Dengan demikian konektivitas yang dimilikinya ini menjadi lebih baik dan lebih mumpuni. Jika Anda membutuhkan harddisk dengan konetivitas yang lebih baik. Maka Seagate merupakan pilihan yang lebih cocok untuk Anda gunakan.

  • Mampu Bekerja Lebih Lama

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Seagate adalah unggul dalam waktu pemakaian. Seagate lebih unggul dibandingkan dengan Western Digital karena mampu bekerja selama 24 jam. Hal ini tidak dimiliki oleh Western Digital sehingga Seagate jelas lebih unggul dalam hal ini. Meski mampu bekerja lebih lama, namun Seagate juga lebih mudah panas.

  • Kecepatan Lebih Tinggi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Seagate adalah memiliki kecepatan yang lebih tinggi atau lebih baik dibandingkan dengan Western Digital. Tentunya pengguna lebih menyukai harddisk yang lebih cepat daripada yang lambat. Namun sayangnya meskipun lebih cepat, Seagate juga lebih mudah panas ketimbang Western Digital.

Kekurangan Seagate

Berikut beberapa kekurangan Seagate yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal dan Lebih Boros Energi

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Seagate adalah memiliki harga yang lebih mahal dan lebih boros energi dibandingkan dengan Western Digital. Namun, hal ini sesuai dengan kelebihan yang dimiliki oleh Seagate. Jadi wajar saja bila perangkat ini memiliki harga yang lebih mahal.

  • Kurang Cocok untuk Desktop

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Seagate adalah kurang cocok jika digunakan untuk desktop. Hal ini dikarenakan Seagate memiliki penyimpanan yang lebih rendah atau lebih kecil dibandingkan dengan Western Digital. Western Digital telah memiliki perangkat hingga 4 TB sedangkan Seagate hanya 2 TB.

  • Lebih Mudah Panas

Karena Seagate memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan Western Digital, maka Seagate ini lebih cepat dan lebih mudah panas. Hal ini menjadi sedikit mengganggu karena panas dan tidak nyaman jika tersentuh.

Kelebihan SeagateKekurangan Seagate
- Konektivitas lebih baik- Harga lebih mahal dan boros energi
- Mampu bekerja lebih lama- Kurang cocok untuk desktop
- Kecepatan lebih tinggi- Lebih mudah panas

Western Digital

Dikutip dari Wikipedia.org Western Digital Corporation merupakan sebuah perusahaan asal Amerika yang didirikan pada 23 April 1970. Perusahaan ini bergerak di industri teknologi termasuk harddisk.

Lihat juga:  Pilih Mana: Asus Zenfone Max M2 Pro atau Xiaomi Redmi Note 7?

Kelebihan Western Digital

Berikut beberapa kelebihan Western Digital yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Hemat Energi dan Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan Western Digital adalah lebih hemat energi dan memiliki harga yang lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan Seagate. Western Digital bisa menjadi pilihan yang sangat tepat apabila Anda mengalami keterbatasan budget namun ingin memiliki harddisk yang memiliki performa mumpuni.

  • Lebih Cocok untuk Desktop

Jika digunakan untuk lini desktop, maka harddisk eksternal WD lebih cocok dan lebih baik untuk digunakan karena memiliki kapasitas yang lebih besar jika kita bandingan dengan kapasitas yang dimiliki seagate. Melalui My Book Studio Edition II, WD telah hadir dengan kapasitas yang mencapai 4 TB. Sedangkan Seagate hanya hadir dalam kapasitas penyimpanan 2 TB melalui FreeAgent Desk.

  • Tidak Mudah Panas

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Western Digital adalah tidak terlalu mudah panas seperti Seagate. Hal ini dikarenakan Western Digital memiliki kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan seagate sehingga perangkat ini tidak terlalu mudah panas.

Kekurangan Western Digital

Berikut beberapa kekurangan Western Digital yang perlu Anda ketahui:

  • Konektivitas Lebih Lambat

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Western Digital adalah memiliki konektivitas yang lebih lambat jika kita bandingkan dengan Seagate. Jika Anda mengutamakan kecepatan, maka Western Digital ini bukan pilihan yang tepat. Tapi jika Anda membutuhkan perangkat yang dapat mendukung mobilitas, maka Western Digital ini sangat tepat untuk Anda.

  • Tidak Mampu Bekerja 24 Jam

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Western Digital adalah memiliki kemampuan yang tidak terlalu dapat bertahan lama. Anda tidak bisa menggunakan Western Digital bekerja 24 jam karena perangkat ini tidak akan mampu untuk bekerja dalam waktu 24 jam.

  • Kecepatan Lebih Rendah

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Western Digital adalah memiliki kecepatan yang lebih rendah jika kita bandingkan dengan Seagate. Dalam hal kecepatan, Seagate memang lebih unggul dan lebih baik.

Kelebihan Western DigitalKekurangan Western Digital
- Lebih hemat energi dan lebih terjangkau- Konektivitas lebih lambat
- Lebih cocok untuk desktop- Tidak mampu bekerja 24 jam
- Tidak mudah panas- Kecepatan lebih rendah

Pilih Mana: Seagate atau WD?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Seagate dan WD. Kami telah merangkum perbedaan keduanya pada tabel berikut ini:

SeagateWestern Digital
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Kecepatan lebih tinggi - Kecepatan lebih rendah
- Mampu bekerja 24 jam- Tidak mampu bekerja 24 jam
- Cek harga harddisk Seagate online termurah, Klik di sini- Cek harga harddisk Western Digital online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Seagate dan Western Digital di atas, dapat kita lihat bahwa kedua perangkat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal kecepatan dan daya tahan, Seagate lebih tepat untuk Anda gunakan. Tapi jika Anda menginginkan kapasitas yang lebih besar, maka Western Digital lebih cocok untuk Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Seagate vs WD

VS

Leave a Reply