Parenting

Pilih Mana: Sekolah Internasional atau Nasional Plus?

Salah satu hal yang penting dan menjadi perhatian oleh orang tua adalah pendidikan anak. Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik untuk masa depan anaknya. Orang tua ingin agar sang anak mampu bersaing di dunia yang semakin global ini. Untuk memberikan pendidikan yang baik untuk anak, Anda dapat memilih beberapa jenis sekolah. Dua di antaranya yaitu sekolah internasional dan sekolah nasional plus. Manakah sekolah yang sebaiknya Anda pilih? Sekolah internasional atau nasional plus?

Sekolah internasional merupakan sekolah yang menggunakan kurikulum internasional. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris. Aturan dalam penyelenggaraan kurikulum asing dalam sekolah internasional misalnya diwajibkan mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan mata pelajaran Agama dan PPKN tidak wajib. Sedangkan sekolah nasional plus merupakan sekolah yang menggunakan kurikulum nasional dan juga mengadopsi kurikulum internasional. Bahasa pengantar sekolah ini menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Jenius atau Digibank?

Sekolah Internasional

Sekolah internasional merupakan sekolah yang menggunakan kurikulum internasional. Sekolah dengan kurikulum internasional misalnya Binus International School, Swiss German University, Global Jaya, Global Mandiri, dan banyak lagi. Sekolah-sekolah internasional ini harus memiliki akreditasi pemerintah untuk melihat kualitasnya dan apakah kurikulum yang diterapkan sudah sesuai dengan aturan.

Kelebihan Sekolah Internasional

Berikut beberapa kelebihan sekolah internasional yang perlu Anda ketahui:

  • Mementingkan Proses dan Keaktifan Anak

Saat Anda menyekolahkan anak di sekolah internasional, anak akan dinilai dari proses pembelajaran, bukan dilihat dari hasilnya. Selain itu, sekolah juga mengakomodasi kebutuhan masing-masing individu yang berbeda-beda. Hal ini sangat baik karena dalam pendidikan yang paling penting adalah proses bukan hasil akhir. Keunggulan lainnya, sekolah internasional memiliki metode pengajaran yang tidak kaku. Pembelajaran non-menghafal mendorong anak bersikap proaktif, memiliki jiwa leadership, kreativitas, dan skillkomunikasi yang baik sehingga jadi nilai jual yang banyak menarik minat orang tua.

  • Kebutuhan Anak Terpenuhi

Sekolah internasional kebanyakan mampu mengakomodasi kebutuhan masing-masing anak. Anak dapat memilih sendiri aktivitas yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan agar anak dapat belajar sesuai dengan minat dan kemampuannya. Di sekolah internasional, anak lebih berpeluang untuk berekspresi. Hal ini dikarenakan sekolah internasional cenderung memberi kebebasan lebih pada anak. Selain itu, menurut psikolog Jacinta F. Rini, Msi, yang dikutip dari Kompas.com sekolah internasional mempersiapkan anak didiknya untuk memiliki kepribadian dan wawasan yang “internasional” setara dengan anak-anak di belahan dunia lain.

  • Menggunakan Kurikulum Internasional

Sekolah internasional menggunakan kurikulum internasional dalam proses pendidikannya. Kurikulum yang digunakan seperti International Baccalaureate (IB), Cambridge, IPC, Montessori, dan masih banyak lagi. Berdasarkan kurikulum internasional itu, semua bahan ajar akan disampaikan menggunakan bahasa Inggris. Banyak orang tua yang mengharapkan anaknya menjadi lebih pandai menggunakan bahasa Inggris setelah bersekolah di sekolah internasional. Kurikulum internasional harus ada akreditasi (minimal A) dari salah satu negara yang tergabung dalam Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) atau negara maju, artinya berstandar sama dengan negara tersebut atau diakui secara internasional. Contohnya, Jakarta International School.

  • Fasilitas yang Baik

Pada umumnya sekolah internasional memiliki fasilitas yang sangat baik. Untuk masalah kualitas fasilitas, sekolah internasional tidak dapat diragukan lagi.

Kekurangan Sekolah Internasional

Berikut beberapa kekurangan sekolah internasional yang perlu Anda ketahui:

  • Biaya Relatif Lebih Mahal

Untuk memasukkan anak di sekolah internasional Anda memerlukan biaya yang cukup besar. Anda juga perlu menyiapkan rencana jangka panjang yang matang karena biaya yang diperlukan terbilang relatif mahal. Anda harus memperhitungkan biaya ini sampai anak selesai sekolah.

  • Tidak Kontekstual

Materi ajar sekolah asing ini kiblatnya ke luar negeri, sehingga kadang kehilangan rasa lokal atau tidak sesuai konteks lokal. Misalnya saja, dalam kurikulum Cambridge International, untuk pelajaran Geografi itu bukan Geografi di Indonesia yang dipelajari, tapi di Inggris. Akibatnya, siswa jadi tidak mengenal negaranya sendiri. Dan, bahkan tidak sedikit yang kurang fasih berbahasa Indonesia karena sehari-hari mereka menggunakan bahasa asing di sekolah.

  • Tidak Kompatibel dengan Pendidikan Lokal

Anak memang dituntut lebih kreatif dan berorientasi pada proses daripada hasil ketika menggunakan kurikulum internasional. Tapi, ada dampak lain dari kurikulum internasional yang Anda perlu tahu. Di antaranya, tidak kompatibel dengan pendidikan lokal sehingga sulit bagi Anda untuk memindahkan anak ke sekolah nasional apabila dulunya ia berasal dari sekolah internasional.

Kelebihan Sekolah InternasionalKekurangan Sekolah Internasional
- Mementingkan proses dan keaktifan anak- Biaya relatif lebih mahal
- Kebutuhan anak terpenuhi- Tidak sesuai dengan konteks lokal
- Menggunakan kurikulum internasional- Tidak kompatibel dengan pendidikan lokal
Lihat juga:  Pilih Mana: Enfamil atau Bebelove?

Sekolah Nasional Plus

Sekolah nasional plus merupakan sekolah yang tetap menggunakan kurikulum nasional, namun juga mengadopsi kurikulum internasional. Berikut beberapa sekolah nasional plus, seperti High Scope, Pelita Harapan, Tiara Bangsa, Mentari International School, Victory Plus, dan sebagainya. Bahasa pengantar yang digunakan oleh sekolah nasional plus adalah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Meski mengadopsi kurikulum internasional, sekolah nasional plus tetap mempelajari pelajaran Agama dan PPKN sebagai identitas lokal.

Kelebihan Sekolah Nasional Plus

Berikut kelebihan sekolah nasional plus yang perlu Anda ketahui:

  • Dana Tidak Terlalu Besar

Biaya yang dikeluarkan untuk menyekolahkan anak ke sekolah nasional plus lebih murah jika dibandingkan dengan sekolah internasional. Memilih sekolah nasional plus bisa jadi jembatan bagi orang tua yang punya dana tidak begitu besar, tapi ingin anak-anaknya punya nilai plus dari sisi bahasa dan juga mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN), menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan ada upacara bendera. Dengan begitu, anak diharapkan memiliki jiwa nasionalisme dan kecintaan pada negara Indonesia.

  • Lebih Kontekstual dan Mengandung Identitas Lokal

Karena masih mengikuti kurikulum nasional, beberapa pelajaran tetap disesuaikan dengan konteks yang berada dekat dengan anak. Para peserta didik masih diberikan pelajaran kesenian sesuai dengan seni lokal, pendidikan kewarnegaraan, dan pelajaran lainnya. Pelajaran yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris biasanya merupakan pelajaran-pelajaran science seperti Fisika, Kimia, Biologi, dan pelajaran Matematika.

  • Lebih Fleksibel

Sekolah nasional plus memberikan benefit bahasa pengantar bahasa Inggris serta fleksibilitas pindah ke sekolah umum. Jika suatu hari di tengah orang tua tidak mampu menyediakan dana sekolah yang lebih tinggi dari sekolah umum. Kurikulum pada sekolah nasional plus masih mengikuti kurikulum nasional sehingga orang tua bisa lebih fleksibel dalam melanjutkan pendidikan anak.

Kekurangan Sekolah Nasional Plus

Berikut kekurangan sekolah nasional plus yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Ditetapkan Aturan Oleh Pemerintah

Meski melakukan pengawasan langsung terhadap keberadaan Sekolah Nasional Plus, namun pemerintah belum menerapkan aturan untuk sekolah ini. Akibatnya, ada sekolah yang menyatakan diri sebagai sekolah nasional plus. Padahal, sekolah tersebut hanya mengajarkan satu mata pelajaran dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

  • Kalah Bersaing untuk Melanjutkan Pendidikan ke Luar Negeri

Sekolah nasional plus terbilang masih belum bisa menyaingi ouput dari sekolah internasional jika Anda ingin anak melanjutkan sekolah ke luar negeri. Jadi, Anda juga perlu menetapkan tujuan sebelum memilih mana sekolah yang sesuai. Jika tujuan Anda selanjutnya adalah melanjutkan pendidikan anak ke luar negeri, maka sebaiknya Anda memilih sekolah internasional bukan sekolah nasional plus.

  • Fasilitas Masih di Bawah Sekolah Internasional

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh sekolah nasional plus adalah fasilitas yang ada di sekolah masih di bawah sekolah internasional. Hal ini wajar saja mengingat biaya yang dikeluarkan untuk sekolah ini juga lebih rendah daripada biaya yang harus dikeluarkan di sekolah internasional.

Kelebihan Sekolah Nasional PlusKekurangan Sekolah Nasional Plus
- Dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar- Belum ditetapkan aturan oleh pemerintah
- Lebih kontekstual dan mengandung identitas loka- Kalah bersaing untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri
- Lebih fleksibel untuk melanjutkan pendidikan anak- Fasilitas masih di bawah sekolah internasional

Pilih Mana: Sekolah Internasional atau Nasional Plus?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara sekolah internasional dan sekolah nasional plus. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Sekolah InternasionalSekolah Nasional Plus
- Menggunakan kurikulum internasional- Menggunakan kurikulum nasional dan mengadopsi kurikulum internasional
- Tidak mewajibkan mata pelajaran Agama dan PPKN- Masih mewajibkan pelajaran Agama dan PPKN
- Anak yang bersekolah di sekolah internasional tidak bisa atau sulit pindah ke sekolah umum- Anak yang bersekolah di sekolah nasional plus tetap bisa pindah ke sekolah umun

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai sekolah internasional dan sekolah nasional plus, dapat disimpulkan bahwa keduanya sangat baik untuk perkembangan anak. Anda hanya perlu menentukan tujuan untuk memilih satu di antara kedua sekolah ini. Jika orientasi Anda selanjutnya adalah menyekolahkan anak ke luar negeri, maka sebaiknya Anda memasukkan anak Anda ke sekolah internasional untuk mengenalkan dan membiasakan anak lebih dini. Tapi, jika Anda ingin anak Anda melanjutkan sekolah di dalam negeri namun memiliki skill yang lebih baik, maka Anda dapat menyekolahkan anak Anda di sekolah nasional plus.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sekolah Internasional vs Nasional Plus

VS

Leave a Reply