Home

Pilih Mana: Seng atau Asbes?

Orang kerap bingung mau menggunakan seng atau asbes sebagai atap dari rumah atau bangunan mereka karena tentunya seng dan asbes memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seng dan Asbes memiliki harga yang relatif murah maka banyak juga orang yang memakai seng atau asbes sebagai atap bagunan mereka. Kali ini saya akan membahas mengenai seng dan asbes. Disini aja ya..

Seng

Seng sendiri mempunyai sifat yang fleksibel dan tentunya bisa dibentuk dalam aneka rupa, maka tak heran banyak arsitek yang menyukai atap jenis ini. Meskipun bentuknya bisa diubah-ubah, seng tetap terjaga dengan baik kualitasnya. Baca juga Pilih Mana: Genteng atau Asbes?

Seng sendiri mempunyai banyak kelebihan, diantaranya adalah material ini tahan lama dan tahan terhadap goresan. Yang ada goresan tersebut lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya.

Pembuatan dari seng sendiri terbilang cepat karena hanya menggunakan logam dengan titik yang paling rendah.

Bobot dari seng sendiri ringan dan jika kejatuhan benda dengan bobot yang berat seng tidaklah rusak, karena memiliki sifat anti pecah dan juga lentur. Seng juga memiliki sifat memantulkan sinar matahari.

Tidak hanya itu, seng juga memiliki sifat yang tahan dengan kondisi apapun seperti hujan dan panas. Maka pemeliharaan seng ini juga minim jadi kamu tidak perlu khawatir jika memilih seng untuk atap bangunan kamu ya guys.

Karena bahannya yang terbuat dari logam maka tak heran bila terkena air hujan seng akan mengeluarkan suara yang sangat bising, maka dari itu bagusnya diberikan lapisan pengedap suara seperti asbes.

Umumnya seng memiliki ukuran berdiameter 200 x 83 cm dengan ketebalan 0,5 ; 0,7 ; 0,8 sampai 1 mm tergantung dengan kebutuhan dan keinginan kalian.

Kamu bisa dapatkan seng ini dengan kualitas yang baik di toko bangunan atau di depo bangunan.

Jenis Seng:

Seng Gelombang
Seng ini banyak ditemukan di seluruh sudut wilayah Indonesia, dimulai dari rumah warga, warung, kanopi dan sebagainya.. Kamu bisa dapatkan seng ini dengan harga dimulai dari Rp 48.000,- per lembar sesuai dengan ukuran dan ketebalan seng.

Seng Spandek
Seng ini terbuat dari campuran aluminium dan juga seng, dengan rasio 55 % aluminium dan juga 43% dari seng sisanya adalah bahan dari silikon. Seng ini juga mempunyai banyak varian warna sehingga kamu tidak perlu bingung memilihnya. Kamu bisa dapatkan seng ini dengan harga dimulai dari Rp Rp 63.000,- per lembar sesuai dengan ukuran dan ketebalan dari seng.

Seng Galvalum
Seng ini sama seperti seng gelombang, namun memiliki kualitas yang lebih tinggi dari pada seng gelombang yang tentunya membuat harganya juga lebih mahal. Kamu bisa dapatkan seng galvalum ini dengan harga dimulai dari Rp 119.000,- per lembar sesuai dengan ukuran dan ketebalan seng.

Cara Membersihkan Seng:

1. Siapkan air, sikat dan juga lap
2. Sikat setiap seng kamu dengan air agar jauh lebih bersih
3. Lap hingga bersih karena seng bisa berkarat jika tidak kita lap secara langsung
4. Kamu bisa mengganti seng yang lama dengan seng yang baru jika merasa seng sudah tidak layak dipakai sebagai atap lagi

Asbes

Asbes sendiri adalah jenis dari berbagai macam atap yang bentuknya kurang lebih sama seperti seng, yakni bergelombang.

Asbes terbuat dari semen atau fiber dengan ukuran dan panjang yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan.

Berbeda dengan seng, atap jenis ini tidak bisa memantulkan sinar matahari namun dapat menyerap sinar matahari dengan baik. Atap jenis ini biasanya dipasang pada garasi, gudang bahkan rumah tinggal.

Sama seperti seng, asbes memiliki berat yang ringan yang tentunya mudah saat dipasang dan juga kamu tidak perlu penyangga tambahan karena memang ukurannya yang lebar.

Karena bisa menyerap sinar matahari dengan baik tentunya asbes membuat orang yang berada didalamnya akan merasa kepanasan, maka dari itu abses tidak disarankan dipasang pada daerah yang panas. Atau hanya pasang di beberapa daerah yang tidak begitu sering kita tempati seperti gudang atau garasi.

Asbes mengeluarkan zat yang dapat berpengaruh bagi pernapasan kita, maka dari itu sudah sedikit orang yang memakai asbes sebagai atap bangunan mereka. Kemungkinan terburuknya adalah dapat menyebabkan kanker paru-paru yang berakibat kematian.

Kamu bisa dapatkan asbes dengan kualitas yang baik di toko bangunan atau di depo bangunan.

Jenis Asbes:

Asbes Plastik Solartuff
Asbes ini terbuat dari polikarbonat yang kuat dan bentuknya bergelombang sama seperti seng. Asbes ini juga memiliki varian warna dan juga transparan. Kamu bisa pakai asbes plastik solartuff ini pada atap untuk kolam renang, gazebo, kanopi, garasi dan sebagainya. Asbes plastik solartuff ini dijual dimulai dari harga Rp 135.000,- per 1 meter.

Asbes Plafon
Asbes ini dibuat dari campuran semen dan material lainnya. Asbes ini biasanya dipakai orang untuk atap rumah mereka berbeda dengan asbes plastik solartuff yang digunakan hanya untuk bagunan mereka yang seperti gazebo, kanopi dan sebagainya. Harga dari atap jenis ini pun beragam, semakin tebal asbes plafon ini maka semakin mahal pula harganya. Warna dari asbes ini pun beragam sesuai dengan keinginan kamu. Harga dari asbes ini pun tergantung dengan merek nya yang beragam, umumnya asbes ini dijual dengan harga Rp 45.000,- dengan ukuran 150 x 105 cm.

Asbes Seng Gelombang
Sesuai dengan namanya, asbes ini kurang lebih sama seperti seng. Beratnya pun enteng dan pemasangannya pun mudah. Atap jenis ini biasanya tidak dipasang rumah melainkan dipasang di gudang, garasi dan sebagainya karena bahannya yang tidak dapat menyerap panas dengan baik. Harga dari asbes seng gelombang ini pun beragam dimulai dari Rp 45.000,- dengan ukuran 150 x 105 cm.

Cara Membersihkan Asbes:

Seperti yang kita tahu bahwa asbes rentan akan lumut maka dari itu kita harus rajin membersihkannya
1. Siapkan sikat dan air
2. Sikat asbes kamu dengan air khususnya asbes yang sudah berlumut karena dapat menurunkan kualitas dari asbes dan juga merusak pemandangan
3. Jika memang sudah bersih kamu bisa mengecat ulang asbes kamu agar bisa terlihat seperti baru lagi.
4. Kamu bisa mengganti asbes kamu yang lama dengan asbes yang baru jika memang sudah tidak layak dipakai sebagai atap kamu.

Pilih Mana: Seng atau Asbes?

SengAsbes
Kelebihan - Harganya murah - Tahan korosi dan awet - Ringan tidak mudah pecah- Harganya murah - Ringan - Mudah dipasang
Kekurangan- Bising jika terkena air hujan - Panas- Mudah berlumut - Mudah pecah

Kesimpulan

Seng dan Asbes sama-sama atap bangunan dengan kualitas yang baik dan juga memiliki kekurangannya masing-masing. Meski begitu tak sedikit juga orang yang memakai bahan seng atau asbes karena memang bagus dan juga harganya yang tidak terlalu mahal. Rawat sebaik mungkin atap rumah kamu agar kualitasnya selalu terjaga. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Seng vs Asbes

VS

Leave a Reply