Pilih mana: Sepatu atau Sandal

Loading...

Menggunakan alas kaki tentunya sangat penting yakni sebagai pelindung kaki kita dari batu, kerikil dan sebagainya. Tidak lain dan tidak bukan adalah sepatu dan sandal. Selain dari melindungi kaki kita agar tetap aman, sepatu dan sandal juga sudah merambah ke dunia fashion. Kali ini saya akan membahas mengenai sepatu dan sandal. Stay tune ya..

Sepatu
Sepatu adalah alas kaki dengan hak atau sol yang terdapat di bagian bawahnya, lalu terdapat tali untuk mengencangkan agar tidak mudah lepas. Namun ada beberapa jenis sepatu yang tidak memiliki tali sepatu. Baca juga artikel sebelumnya Pilih Mana: Sepatu Nike atau Adidas

Sepatu sendiri bisa dipakai oleh kaum pria dan kaum perempuan tergantung dengan jenis dari sepatu itu sendiri. Merek sepatu yang terkenal adalah Pedro, Nike, Adidas, Buccheri dan sebagainya.

Orang akan selalu tampil percaya diri dan terlihat sopan saat menggunakan sepatu, seperti halnya kita mendatangi sebuah rapat, ke mall, mengikuti wawancara kerja, olahraga dan sebagainya. Tidak hanya itu, di semua instansi pendidikan juga mengharuskan semua muridnya mengenakan sepatu, dimulai dari SD, SMP, SMA.

Pada saat kuliah pun mahasiswa diwajibkan memakai sepatu. Jadi sudah pada tahu kan betapa pentingnya sepatu untuk kehidupan kita sehari-hari.

Bahan utama pembuatan sepatu pun beragam, seperti canvas, kulit, bludru, denim, kulit sintetis dan sebagainya tergantung dengan kesesuaian sepatu tersebut.

Kamu bisa membetulkan sepatu kamu yang rusak di tukang soll sepatu, atau toko-toko service sepatu lainnya.

Jenis sepatu pria:
Sneakers
Sepatu ini adalah sepatu yang sangat trending sepanjang masa, karena sepatu ini sangat banyak dimiliki oleh semua kalangan di mulai dari anak-anak, remaja bahkan orang dewasa juga banyak memilikinya. Merek sepatu yang terkenal juga banyak memproduksi sneakers karena yang paling laku penjualannya.

Boat Shoes
Sepatu ini sangat trend dikalangan remaja, umumnya warna sepatu ini berwarna gelap seperti hitam dan coklat. Sepatu ini cocok dipadupadankan dengan kemeja dan chinos berwarna cream. Kamu juga bisa kenakan sepatu ini saat mengikuti perkuliahan.

Cap Toe Shoes
Sepatu jenis ini memiliki tapak yang rendah dan memiliki shaft yang tinggi. Umumnya sepatu ini juga berwarna gelap seperti hitam dan coklat. Sepatu ini cocok digunakan dengan kemeja dan celana jeans.

Slip on
Sepatu ini memiliki kesan yang santai, karena tidak memiliki tali sepatu seperti kebanyakan sepatu. Sepatu ini lebih keren jika tidak memakai kaus kaki di dalamnya karena sepatu ini ukurannya berada dibawah mata kaki. Umumnya sepatu ini terbuat dari bahan canvas.

Oxford Shoes
Sepatu ini memiliki kesan yang formal, karena terbuat dari bahan seperti kulit sintetis atau bahan lainnya yang memiliki tekstur keras dan padat, ciri-ciri lainnya sepatu ini memiliki lubang-lubang yang tentunya menambah kesan modern. Sepatu ini cocok banget buat kamu yang ingin terlihat formal dan ingin mendatangi sebuah acara penting.

Brogue Shoes
Sepatu ini sekilas terlihat sama seperti Oxford Shoes, namun yang membedakannya adalah lubang-lubang yang lebih banyak dan terlihat vintage. Sepatu ini juga bisa kamu gunakan saat mengikuti perkuliahan atau sekedar hang out bersama teman-teman.

Chukka Shoes
Sepatu ini memiliki tapak yang rendah dan lubang untuk tali sepatunya hanya memiliki 2 sampai 3 lubang saja. Sepatu ini terkesan seperti boots yang dipadupadankan dengan sepatu casual. Warna dari sepatu ini pun sangat beragam sesuai dengan keinginan kalian.

Sport
Sepatu ini kerap dipakai seseorang saat sedang berolahraga, karena sepatu ini sangat enteng saat digunakan yang tentunya cocok banget buat kalian yang sedang jogging atau melakukan kegiatan olahraga lainnya.

Jenis sepatu wanita:
Wedges
Sepatu ini memiliki hak yang tinggi dan datar yang tentunya sejajar dengan lantai. Sepatu ini kerap dipakai oleh wanita jika sedang berpergian ke mall, sekedar hang out bersama teman dan semacamnya. Jenis ini cocok banget buat kamu yang ingin terlihat tinggi namun tidak ingin memakai high heels.

Flat Shoes
Sepatu ini masih trending sampai saat ini, hak sepatu ini umumnya rendah dan datar. Sepatu ini sangat simpel dan tidak ribet memakainya.

Sneakers
Sama seperti pria, wanita pun juga kerap memakai sneakers sebagai alas kaki mereka. Karena sneakers sangat simpel dan modern yang anak jaman sekarang pun banyak yang memilikinya.

Loading...

T-Bar Shoes
Sepatu ini memiliki ciri sabuk yang berada di dekat mata kaki. Hak dari sepatu ini juga tinggi sekitar 2-3 centimeter yang hanya terdapat diujung sepatu nya. Sepatu ini cocok banget buat kamu yang ingin mendatangi acara yang penting.

Platform
Sepatu ini kurang lebih sama seperti T-Bar shoes, namun tidak memiliki sabuk di dekat mata kakinya, dan bahan dari Platform ini juga sangat tebal. Sepatu ini juga cocok untuk kamu yang mau mendatangi acara penting.

Sport
Sama seperti pria, wanita pun memiliki sepatu jenis sport untuk kebutuhan olahraga mereka yang tentunya enteng dan nyaman mengenakannya.

Kitten Heels
Berbeda dengan T-Bar shoes dan Platform, sepatu ini memiliki hak yang rendah. Jadi lebih nyaman menggunakannya dan lebih leluasa saat menggunakannya.

Cara membersihkan sepatu:
1. Ambil tali sepatu kamu terlebih dahulu dan cuci terlebih dahulu (Jika sepatu kamu memiliki tali)
2. Sikat dengan perlahan sepatu kamu agar tidak merusak bahan sepatu kamu menggunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai atau sikat yang ukurannya lebih besar dari sikat gigi
3. Jemur tali dan sepatu kamu dibawah sinar matahari
4. Jika sudah kering kamu bisa setrika tali sepatu kamu
5. Masukkan dan rangkai kembali tali sepatu ke dalam sepatu kamu
6. Sepatu siap dipakai

Cara diatas merupakan cara mencuci sepatu yang terdapat tali seperti sneakers, dan cara membersihkan sepatu wanita tergolong mudah yakni dengan memakai lap bersih dan keringkan saja di bawah sinar matahari karena bahan dari sepatu wanita tergolong sensitif jadi juga harus hati-hati dalam membersihkannya.

Sandal
Sandal adalah alas kaki yang terbuka di bagian jari-jari kaki dan terdapat penahan yang berada di jari-jari agar tidak mudah terlepas saat mengenakan sandal.

Sandal sendiri bisa dipakai oleh kaum pria dan kaum wanita tergantung dengan jenis dan model nya.

Sandal biasa digunakan saat kita ingin santai berkunjung ke tempat teman, sekedar nongkrong, bermain bersama teman, dan sebagainya.

Sandal juga bisa kita pakai saat kita hanya ingin ke warung atau sekedar ke supermarket terdekat karena lebih mudah dipakai dan mudah dilepas, berbeda dengan sepatu yang umumnya sedikit susah untuk memakai dan melepaskannya.

Untuk sandal dengan kualitas yang biasa aja kamu bisa temukan di warung terdekat, atau supermarket terdekat. Dan jika kamu ingin memakai sandal dengan kualitas yang baik dan lebih bercorak, kamu bisa dapatkan di mall dengan merek yang terkenal.

Jenis sandal pria:
Sandal Flip Flop
Sandal ini cocok banget buat kamu yang ingin memakai alas kaki dirumah, atau sekedar ingin bermain kerumah teman. Sandal ini memiliki desain yang simple yang tentunya banyak orang yang menyukainya.

Sandal Refleksi
Sandal ini cocok banget kalau kamu ingin refleksi, terdapat batu batu yang terbuat dari plastik atau bahan lainnya yang bisa membuat kaki kamu menjadi lebih rileks.

Sandal Rotan
Sandal ini tentunya terbuat dari rotan, dengan model penahan di bagian dekat jari-jari kaki. Sandal ini umumnya berwarna coklat yang sama seperti warna rotan.

Sandal Hotel
Sandal ini tentunya sandal yang didapatkan saat kita menginap di hotel, bahan sandal ini sangat halus dan enteng yang membuat orang memakainya juga nyaman dibuatnya.

Sandal Gunung
Sandal ini dikhususkan untuk pendaki yang mana penahannya berada di dekat jari-jari kaki dan berada di dekat mata kaki. Namun sudah banyak juga orang yang memakai sandal gunung hanya untuk berpergian ke mall karena desainnya yang modern.

Jenis sandal wanita:
Sandal Wedges
Sandal ini kurang lebih sama seperti sepatu wedges, di atasnya hanya ada penahan di dekat jari-jari kakinya. Memiliki hak yang lumayan tinggi juga. Sandal ini cocok buat kamu yang ingin berpergian ke mall.

Sandal Tali
Sandal ini sesuai dengan namanya, yakni terdapat penahannya berupa tali di atas nya. Sandal ini berkesan modern dan cocok banget buat kamu yang memiliki kaki yang kecil.

Sandal Flat
Sandal ini memiliki tapak yang flat, tentunya sangat cocok buat kamu yang ingin bersantai. Sandal ini cocok banget buat kamu yang ingin berpergian ke pantai atau ingin mendatangi tempat yang santai.

Sandal Flatbed
Sandal ini sempat trending di kalangan wanita. Tapak atau sol dari sandal ini cukup tebal dan empuk. Sandal ini juga cocok banget buat kamu yang ingin berkunjung kerumah teman, mall dan tempat lainnya.

Cara merawat sandal:
1. Cuci menggunakan lap bersih
2. Keringkan dibawah sinar matahari langsung
3. Sandal siap dipakai dan jangan sampai terkena kotoran agar sandal kamu selalu awet

Pilih mana: Sepatu atau Sandal

SepatuSandal
Kelebihan - Lebih terkesan sopan - Lebih trendi - Lebih banyak jenis dan coraknya- Lebih santai - Lebih mudah dipakai dan dilepas - Lebih simpel
Kekurangan- Harganya lebih mahal dari sandal - Cara membersihkannya lumayan susah dari sandal- Mudah rusak - Variannya tidak sebanyak sepatu

Kesimpulan:
Sepatu dan Sandal sama-sama alas kaki yang melindungi kaki kita agar tetap aman dan terjaga, dan tentunya sudah merambah ke dalam dunia fashion. Begitu banyak jenis dari sepatu dan sandal yang membuat banyak orang yang sampai sekarang gemar mengkoleksi sepatu dan sandal. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepatu vs Sandal

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *