FashionTrends

Pilih Mana: Sepatu Converse atau Sepatu Vans?

Sepatu merupakan aksesoris yang cukup untuk menunjang kepercayaan diri seseorang. Dengan menggunakan sepatu yang bagus dan memiliki desain yang menarik, orang senantiasa senang dan nyaman kala memakainya. Hal inilah yang diusung oleh dua merk sepatu raksasa, yaitu Converse dan Vans.

Converse dan Vans merupakan sepatu dengan banyaknya penggemar di seluruh dunia. Converse biasa dipakai untuk mereka yang ingin sekedar hangout bersama teman, sedangkan Vans biasa digunakan untuk mereka yang gemar bermain BMX dan skateboard.

Converse dan Vans tentunya memiliki segmen pasarnya sendiri-sendiri. Namun satu hal yang pasti, yaitu kedua merk sepatu ini tidak pernah lekang oleh waktu dengan desain nya yang sudah diusung sejak puluhan tahun lamanya.

Yuk simak terus pembahasan mengenai Converse dan Vans pada artikel kali ini agar bisa kamu jadikan perbandingan dan referensi dalam memilih sepatu andalan kamu. Stay tune guys!

Sepatu Converse

Sepatu Converse merupakan merk sepatu terkenal saat ini, yang digemari banyak orang khususnya para remaja. Sepatu Converse mungkin yang tertua, paling dicari, dan terlaris sepanjang masa.

Sudah diungkapkan bahwa Amerika sedikitnya 50% dari penduduknya mempunyai setidaknya sepasang sepatu converse. Converse merupakan perusahaan sepatu yang berbasis di Amerika yang telah dikenal keahlianya dalam pembuatan pakaian olahraga dan juga sepatu modern.

Bahkan di Indonesia para pengusaha sepatu baik offline maupun offline sudah banyak yang menjual sepatu Converse ini.

Tepatnya di Malden, Massachusetts pada bulan Februari 1908, Marquis Mills Converse mendirikan perusahaan sepatu yang bernama Converse Rubber Shoe Company.

Pembentukan usaha di produksi secara stabil dan berjalan baik, tiga belas tahun kemudian, Converse mulai memproduksi sepatu olahraga untuk tenis yang merupakan olahraga paling populer pada masa itu. Baca juga Pilih Mana: Sepatu Adidas atau Sepatu Nike?

Kelebihan Sepatu Converse

  • Nyaman dipakai
    Converse merupakan sepatu kanvas beralaskan karet dengan tali sederhana yang sangat nyaman dipakai. Meskipun dipakai setiap hari dalam berbagai kondisi, sepatu converse tidak pernah kehilangan kenyamanannya.
  • Memiliki daya tahan yang tinggi
    Alasan lain mengapa orang amat senang memakai sepatu converse yaitu karena sepatu converse dikenal mempunyai daya tahan yang tinggi. Hal ini terbukti dari beberapa orang yang memiliki converse mampu bertahan sampai lebih dari 3 tahun dengan pemakaian normal.
  • Tersedia dalam berbagai warna dan motif
    Sepatu converse sangat fleksibel dari segi fashion. Kamu bisa memakai sepatu converse berbagai warna dan bisa digabungkan dengan jeans dan kaos berbagai model dan warna. Belum lagi ada banyak sekali opsi warna dan motif yang bisa kamu padu pandankan dengan busanamu di berbagai kesempatan.

Kekurangan Sepatu Converse

  • Resiko barang palsu
    Seperti yang kita tahu bahwa Converse sendiri merupakan merk sepatu yang sangat terkenal di dunia, bahkan di Indonesia pun sudah banyak yang menyukai dan memiliki sepatu ini. Hal inilah yang menjadi kesempatan bagi oknum yang ingin mencari keuntungan tersendiri untuk membuat Converse dengan kualitas yang buruk alias barang palsu. Maka dari itu senantiasa hati-hati dan cermat dalam memilih Converse.
  • Sepatu Converse sedikit berat
    Sepatu Converse memiliki bobot yang cukup berat, termasuk sepatu olahraganya sekalipun. Hal ini tentu kurang cocok untuk pelari yang mesti memilih sepatu yang lebih enteng supaya bisa berlari dengan cepat. Sepatu converse terbuat dari banyak karet sehingga lebih berat dibanding sepatu lari lainnya.
  • Bagian bawah sepatu Converse sangat rata
    Masih di bagian olahraga, bagian bawah sepatu Converse cenderung sangat rata. Pelari mesti memilih sepatu dengan alas yang sedikit melengkung supaya gerakan kaki lebih sempurna dan bisa melangkah dengan lebih efisien, hal inilah yang tidak dimiliki oleh Converse. Karena itulah kamu akan melihat bahwa bagian dengan alas sepatu umumnya sedikit menyempit ketika mendekati jari kaki.

Rekomendasi Sepatu Converse

1. Converse Chuck Taylor All Star High Top
Converse Chuck Taylor All Star dengan model high cut ini bisa dikatakan teman sejati sebagian besar orang. Sebab, modelnya yang tidak banyak berubah dari dulu ini masih senantiasa bisa diandalkan sampai sekarang. Bahkan, untuk kamu yang berumur 30-an sepatu ini juga masih masuk ke fashion kamu.

2. Converse Chuck 70 Ox Canvas
Sepatu bergaya klasik dengan nuansa 90-an ini dikenal sangat nyaman digunakan. Saking nyamannya, bahkan ada yang bilang hampir seperti tidak sedang mengenakan sepatu. Dengan kenyamanan tersebut, sepatu model low cut ini bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari olahraga di gym, basket, ataupun untuk keperluan kasual sehari-hari.

3. Converse Chuck Taylor All Star Slip
Sepatu Converse sudah simpel, masih dibuat lebih simpel lagi dengan model slip on ini. Menarik bukan? Sepatu slip on ini membuat kamu lebih gampang memakainya dan hemat waktu untuk mengikat tali sepatu. Walaupun tanpa tali sepatu, desainnya tetap menarik dan colorful. Buat kamu yang aktif bergerak setiap harinya, produk ini bisa kamu andalkan.

Spesifikasi Converse Keterangan
AsalAmerika Serikat
Tahun berdiriTahun 1908
Rata-rata harga Rp 360.000 - Rp 8.850.000,- per Oktober 2019

Sepatu Vans

Merk sepatu yang dibangun tahun 1966 oleh Paul Van Doren bersama tiga orang rekannya ini sukses mempertahankan eksistensinya sampai saat ini. Tidak cuma bertahan, kepopuleran sneakers Vans justru semakin meningkat dan penggemarnya semakin luas. Apa yang menjadi alasannya? Orisinalitas sneakers Vans menjadi faktor utama kesuksesan Vans sampai saat ini.

Di tengah banyaknya merk yang menembus pasar mainstream lewat olahraga sepak bola atau basket, Vans mengambil jalur berbeda. Vans tetap setia pada dunia skateboard dengan gaya klasiknya. Perihal ini tercermin pada produk-produk andalannya yak tak lekang oleh zaman, seperti Vans Old Skool atau Vans Era.

Di kalangan anak muda, memakai sneakers Vans seperti sudah menjadi suatu kultur yang memberi kesan easy going, jadi diri sendiri, dan kreatif. Justru orisinalitas Vans ini bisa diterima oleh penggemar loyal atau pun pasar mainstream dengan sendirinya.

Selain kualitasnya yang mumpuni, ada beberapa keunikan Vans yang selalu menjadi daya tarik sepatu ini. Contohnya yaitu outsole berdesain waffle yang berukuran lebih lebar dari sepatu pada umumnya, sepatu dengan model papan catur, dan “jazz stripe” pada Vans Old Skool.

Kelebihan Sepatu Vans

  • Memiliki desain simpel, namun up to date
    Sepatu Vans mempunyai konsep yang tidak norak alias simpel sehingga ketika digunakan, sepatu ini enak dan nyaman dilihat. Selain itu, desainnya juga senantiasa up to date sesuai dengan model yang sedang trend sehingga kamu tidak perlu takut ketinggalan jaman jika mengenakan sepatu Vans.
  • Kualitas baik dan tahan lama
    Dengan membeli sepatu Vans, kamu tidak perlu lagi sering-sering ke toko sepatu untuk membeli sepatu baru karena sepatumu rusak. Sepatu Vans terbuat dari bahan yang berkualitas dan tahan lama sehingga bisa digunakan bertahun-tahun.
  • Memiliki banyak pilihan gaya dan warnanya
    Jika kamu jenis orang yang suka gonta-ganti gaya, Sepatu Vans merupakan opsi yang tepat buat kamu. Dengan referensi gaya dari Sepatu Vans yang tidak ada habisnya, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan gaya sebab sepatu Vans pasti senantiasa memberikan berbagai pilihan gaya dan warna.

Kekurangan Sepatu Vans

  • Resiko barang palsu
    Sama halnya dengan Converse, Vans pun merk yang sangat terkenal di dunia. Untuk itu sekarang sudah banyak beredar Vans palsu di pasaran. Maka dari itu senantiasa cermat dan hati-hati dalam memilih Sepatu Vans.
  • Warna kerap memudar
    Warna yang kerap memudar merupakan salah satu kekurangan Vans yang paling sering dijumpai, ini biasanya terjadi karena Vans sering dijadikan sebagai sepatu skateboard dan sering terpapar sinar matahari. Hal ini berbeda dengan Converse yang memiliki ketahanan warna yang sangat baik sampai bertahun-tahun.
  • Sol sepatu kerap rusak
    Sol sepatu pada Vans cenderung mudah rusak ketimbang Converse. Namun hal ini bukan menjadi halangan tertentu untuk para penggemarnya, khususnya mereka yang hobi bermain BMX atau skateboard.

Rekomendasi Sepatu Vans

1. Vans Checkerboard Slip On
Vans Checkerboard Slip On senantiasa menjadi primadona para penggemar Vans sejak tahun 1970-an sampai saat ini. Kemudahan saat menggunakannya dan kesan sporty casual yang diberikan produk ini jadi daya tariknya. Untuk kamu yang hobi bermain BMX maupun skateboard, produk ini bisa dipakai baik saat beraksi atau untuk bergaya saja.

2. Vans Gum Era
Vans Era atau yang mulanya diproduksi dengan nama The Vans#95 terkenal dengan desain bagian tongue dan collar yang empuk. Ditambah bagian insole yang nyaman, sepatu klasik ini sangat memuaskan saat digunakan berjalan atau pun bermain skateboard.

3. Vans Authentic
Sepatu Vans model klasik selain tidak pernah mati gaya dan selalu menjadi favorit, juga mempunyai keunikan tersendiri. Vans Authentic digemari oleh banyak orang karena desainnya yang keren dan bagian upper-nya terbuat dari bahan kanvas yang breathable. Oleh karena nyaman dan tidak pengap, sepatu ini cocok Kamu gunakan sehari-hari atau untuk hangout.

Spesifikasi VansKeterangan
AsalAmerika Serikat
Tahun berdiriTahun 1966
Rata-rata harga Rp 559.000 - Rp 2.000.000,- per Oktober 2019

Pilih Mana: Sepatu Converse atau Sepatu Vans?

Sepatu ConverseSepatu Vans
Kelebihan- Nyaman dipakai - Memiliki daya tahan yang tinggi - Tersedia dalam berbagai warna dan motif - Memiliki desain simpel, namun up to date - Kualitas baik dan tahan lama - Memiliki banyak pilihan gaya dan warnanya
Kekurangan- Resiko barang palsu - Sepatu Converse sedikit berat - Bagian bawah sepatu Converse sangat rata - Resiko barang palsu - Warna kerap memudar - Sol sepatu kerap rusak

Kesimpulan

Converse dan Vans tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Desain dan warna yang diusung pun selalu menarik hati para penggemarnya. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan sepatu andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepatu Converse vs Sepatu Vans

VS

Leave a Reply