Fashion

Pilih Mana: Sepatu Hush Puppies atau Clarks?

Saat ini Sepatu tidak hanya sekedar sebagai alas kaki atau penutup kaki saja. Perubahan mode fashion membuat sepatu kini juga menjadi salah satu bagian terpenting dalam berpakaian. Model sepatu sekarang sangat bervariasi baik dari jenis, model, dan juga bahan bakunya. Banyak juga brand sepatu yang sudah hadir cukup lama yang masih terkenal hingga saat ini yaitu Sepatu Hush Puppies dan Clarks.

Dalam artikel kali ini kami akan membandingkan antara Sepatu Hush Puppies dan Clarks, untuk melihat diantara keduanya manakah yang lebih unggul? Untuk mengetahui jawabannya, Yuk langusung saja di lihat pada artikel di bawah ini!

Sepatu Hush Puppies

Hush Puppies adalah brand sepatu internasional kontemporer. Brand ini menjual produk sepatu kasual untuk pria, wanita dan anak-anak. Selain produk sepatu, brand Hush Puppies juga digunakan untuk label pakaian, kacamata, dan mainan. Baca juga Pilih Mana: Sepatu Converse atau Keds?

Brand Hush Puppies ditemukan pada tahun 1958, nama dan maskotnya diciptakan oleh manager penjualan saat itu, James Gaylord Muir.

Asal nama ini Hush Puppies tercipta, ketika James melihat petani melempar makanan Hush Puppies (makanan tradisional daerah selatan Amerika) untuk menenangkan anjingnya yang menggonggong keras. Dengan melihat itu ia mencipatkan ide untuk membuat sepatu baru yang begitu nyamannya, bahkan dapat menenangkan ‘anjing yang menggonggong keras’.

Hush Puppies merupakan divisi dari manufaktur sepatu Wolverine World Wide. Perusahaan ini memiliki lisensi atas nama Hush Puppies di lebih dari 120 negara di dunia. Hush Puppies menciptakan sepatu kasual pertama di dunia, memberikan ekspresi gaya hidup santai. 

Sepatu Hush Puppies Harga Per Oktober 2019
Hush Puppies Graton Ez Dress Tan Rp. 800.000
Hush Puppie Wallen Loafers Rp. 500.000
Hush Puppies Verco Loafers Rp. 700.000
Hush Puppies Simon Hooper Rp. 1.800.000

Kelebihan Sepatu Hush Puppies

  • Dibuat dengan material terbaik
    Sepatu Hush Puppies ini didesain untuk memberikan kenyamanan  kaki dengan material terbaik di insole dan outsole yang emiliki kelembutan dan kenyamanan tersendiri saat sepatu ini dipakai untuk beraktifitas.
  • Desain sepatu yang kasual dan modern
    Sepatu hush puppies ini terus berinovasi namun tetap mempertahankan gayanya yang kasual dan modern. Bisa banget kan sepatu hush puppies ini menjadi referensi yang harus dan wajib untuk dimiliki. Desain yang diberikan oleh sepatu Hush Puppies ini juga tidaklah monoton.
  • Memiliki ketahanan yang baik
    Sepatu Hush Puppies juga ada advanced foam yang turut melapisi bagian insole yang dibuat dengan sol busa lembut berfungsi memberikan keunggulan, ketahanan, dan rebound yang baik pada kualitas sepatunya tersendiri.

Kekurangan Hush Puppies

  • Harga cukup tinggi
    Kekurangan yang pertama pada sepatu Hush Puppies yaitu harga yang dibandrol untuk sepasang sepatunya dapat mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Oleh karenanya, beberapa orang menjadikan ini bahan pertimbangan sebelum membelinya.
  • Store yang belum tersedia di beberapa tempat
    Kekurangan selanjutnya yaitu store Hush Puppies ini hanya tersedia di beberapa tempat di wilayah Indonesia.Namun, Kalian juga dapat membeli sepatu Hush Puppies secara online ya jika store belum tersedia di tempat kalian.
  • Sepatu casual yang kurang terkenal
    Dan untuk kekurangan yang terakhir adalah Hush Puppies terkenal dengan dengan sepatu formalnya yang biasanya dicari oleh pekerja kantor untuk kebutuhan kerja dan acara formal lainnya. Nah, untuk sepatu casual Hush Puppies ini masih jarang sekali diminati karena modelnya yang tidak begitu up-to-date.

Sepatu Clarks

Clarks adalah label sepatu asal inggris yang masuk ke Indonesia sejak 2004 lalu lewat distributor PT Anglo Distrindo Antara. Clarks datang dengan membawa konsep sepatu klasik dan sederhana khas Inggris.

Clarks terus mengembangkan karirnya hingga ke mancanegara. Sampai saat ini, Clarks sudah membuat lebih dari 22 ribu model sepatu. Beberapa model masih digandrungi sampai saat ini, seperti sepatu ikonik Clarks Desert Boot yang didesain Nathan Clark. Clarks Desert Boot yang pertama kali diluncurkan pada 1950 itu masih beredar di pasaran dengan beberapa pembaruan.

Sepatu merek Clarks pertama kali masuk ke Indonesia dan dijual di sejumlah gerai yang ada di pusat perbelanjaan sejak 2004.

Di Indonesia, Clarks populer sebagai salah satu label sepatu mahal untuk pria dan wanita. Clarks sudah memiliki lebih dari 20 gerai dan konter yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, dan Medan.

Sepatu ClarksHarga Per Oktober 2019
Clarks 26120699 Kenley Walk Rp.2.800.000
Clarks 26120235 Trimocc Free Tan Lea Rp.2.500.000
Clarks 26120689 Kenley Mid Mushroom Rp. 2.800.000
Clarks 26119801 Trimocc Free Rp. 2.400.000

Kelebihan Sepatu Clarks

  • Pilihan model sepatu yang beragam
    Clark menyediakan berbagai model sepatu pria dan wanita. Untuk sepatu wanita, Clarks banyak menjajakan wedges dan heels serta sepatu teplek. Sedangkan untuk pria, Clarks menawarkan ragam pantofel dan sepatu yang casual.
  • Memiliki bantalan sepatu yang nyaman
    Ada juga beberapa teknologi yang berasal dari Clarks, misalnya sistem bantalan yang ada di sepatu agar nyaman dipakai dari Clarks. Beberapa merek sepatu olahraga belum ada saat Clarks menciptakan bantalan itu. Mesin pertama yang membuat produk bantalan adalah juga buatan Clarks.
  • Mengadakan diskon
    Jika tempat kalian sudah ada gerai sepatu Clarks, Kalian harus rajin mengecek infromasi terbaru nya ya karena beberapa gerai sering mengadakan diskon lho!
Lihat juga:  Pilih Mana: Tas Consina atau Tas Rei?

Kekurangan Sepatu Clarks

  • Model sepatu yang cukup monoton
    Hanya saja, model sepatu Clarks yang masih berpegangan dengan ciri klasik Inggris membuatnya tak banyak diminati. Gaya Clarks yang cenderung tua membuat label ini kalah saing dibanding label lainnya yang lebih modern dan glamor. Namun, beberapa model sepatu Clarks yang mengikuti tren pasar tetap diminati publik.
  • Harga yang relatif mahal
    Harga sepasang Clarks, saat ini berkisar Rp1 hingga Rp3 juta, tergantung berdasarkan model dan bahan yang digunakan. Harga itu sesekali bisa berkurang jika sedang diskon.
  • Gerai yang belum banyak tersebar di Indonesia
    Merek sepatu asal Inggris ini tercatat memiliki 10 gerai yang tersebar di Indonesia. Karenanya masih sangat sulit sekali menemui merk Clarks ini, sehingga bagi beberapa orang sedikit asing dengan namannya.

Berikut jenis-jenis sepatu pria:

1. Sneaker
Sneaker ini awalnya didesain untuk aktifitas olahraga atau bentuk lain dari latihan fisik. Sneakers telah berevolusi untuk dipakai untuk kegiatan sehari-hari dalam acara santai. Sepatu Sneaker ini kebanyakan didesain dengan sol fleksibel yang terbuat dari karet atau bahan sintetis dan bagian atas terbuat dari kulit atau bahan sintetis.

2. Slip-onsSlippers
Sepatu jenis slip-ons ini biasanya didesain lebih rendah dari jenis lainnya, atau juga disebut memiliki konstruksi moccasin. Dari namanya, Slip langsung On, sepatu ini didesain sederhana dan simpel. Tanpa tali dan hanya terdapat lubang untuk kemasukan kaki saja.

3. Boots
Sepatu Boots pada umumnya memiliki bentuk menutupi seluruh kaki hingga diatas mata kaki, bahkan ada yang hingga ke bagian betis. Alas sepatu boots biasanya lebih tebal dati jenis lain, terutama pada bagian tumit kaki. Secara tradisional terbuat dari bahan dasar kulit atau karet, sepatu boots modern terbuat dari berbagai bahan.

Sepatu Boots awalnya digunakan untuk melindungi kaki dari air, suhu dingin yang ekstrim, lumpur atau bahaya lainnya (misalnya, sepatu bot dapat melindungi pemakai dari bahan kimia atau bahan logam keras seperti baja atau besi) atau memberikan dukungan pergelangan kaki tambahan untuk aktivitas berat (misalnya, hiking/mendaki gunung) dan untuk saat ini bahkan dipakai untuk berbagai kegiatan.

4. Sport
Sudah dapat terlihat dari namanya, sepatu jenis ini digunakan untuk berbagai kegiatan olahraga. Sepatu sport tentu saja tidak cocok untuk aktifitas sehari-hari selai lahraga itu sendiri, berbeda dengan casual. Kenapa tidak cocok? Karena, bagian sol dari sepatu sport biasanya lebih tebal dan keras.

Contoh sepatu sport adalah sepatu futsal, sepatu badminton, sepatu basket, sepatu volley, dll.

5. Sepatu Formal (Pantofel / Monk-strap / Oxford / Wingtips)
Sepatu formal kebanyakan terbuat dari bahan kulit baik asli ataupun sintetis, sehingga warnanya mengkilap. Sepatu formal memiliki varian beragam, pada umumnya adalah pantofel. Selain itu ada Monk-strap, Oxford dan juga Wingtips. Sepatu Pantofel kebanyakan memiliki desain sepatu yang elegan dan formal.

Pilih Mana: Sepatu Hush Puppies atau Clarks?

Sepatu Hush Puppies Sepatu Clarks
Kelebihan- Dibuat dengan material terbaik - Desain sepatu yang kasual dan modern - Memiliki ketahanan yang baik - Pilihan model sepatu yang beragam - Memiliki bantalan sepatu yang nyaman - Mengadakan diskon
Kekurangan- Harga cukup tinggi - Store yang belum tersedia di beberapa tempat - Sepatu casual yang kurang terkenal - Model sepatu yang cukup monoton - Harga yang relatif mahal - Gerai yang belum banyak tersebar di Indonesia

Kesimpulan

Sepatu Hush Puppies dan Clarks merupakan sepatu yang sudah cukup lama hadir dengan mengedepankan desain yang cukup klasik dan mewah. Namun, dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi, kami bisa memberikan saran untuk lebih memilih sepatu Hush Puppies karena desainnya yang masih cukup up-to-date di bandingkan dengan Clarks. Tetapi semuanya kembali ke selera kalian masing-masing ya guys! Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepatu Hush Puppies vs Sepatu Clarks

VS

Leave a Reply