Pilih Mana: Sepatu Nike atau Adidas?

Loading...

Sepatu memiliki fungsi yang sangat penting. Selain sebagai pelindung kaki Anda, sepatu juga memiliki banyak fungsi lain. Fungsi tersebut misalnya untuk menunjang aktivitas lain, sebagai penunjang fashion dan lain sebagainya. Dua brand sepatu besar yang layak menjadi pertimbangan Anda adalah Nike dan Adidas. Manakah sepatu yang lebih baik untuk Anda gunakan? Sepatu Nike atau Adidas?

Sepatu Nike dan sepatu Adidas merupakan dua sepatu dengan brand besar. Meskipun sama-sama berasal dari brand besar keduanya memiliki banyak perbedaan. Seperti teknologi yang digunakan, target pasar, harga dan lain sebagainya.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Abaya atau Gamis?

Sepatu Nike

Sepatu Nike merupakan sebuah sepatu yang diproduksi oleh brand Nike. Nike ini merupakan perusahaan yang memproduksi barang untuk berolahraga. Perusahaan Nike berbasis di Amerika Serikat dan didirikan pada tahun sekitar 1970an.

Kelebihan Sepatu Nike

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan sepatu Nike yang perlu Anda ketahui:

  • Telah Memiliki Teknologi ACC

Salah satu kelebihan sepatu Nike adalah telah memiliki teknologi ACC. Teknologi ini dibuat untuk menyambut musim semi dan musim hujan. Selain teknologi ACC, Nike juga berinovasi dengan adanya teknologi lain dengan nama Green Speed. Teknologi ini merupakan teknologi yang ramah lingkungan. Namun Adidas belum memiliki dua teknologi semacam ini.

  • Mendahulukan Kepentingan Pemakai

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sepatu Nike adalah lebih mengutamakan dan memikirkan kepentingan pemakai. Nike hampir selalu memikirkan siapa orang yang akan menggunakan sneakers tersebut, dan komponen-komponen apa saja yang harus ada pada sneakers tersebut.

  • Tidak Hanya Memiliki Produk Sepatu

Nike tidak hanya memiliki produk sepatu saja, brand ini juga memiliki produk lain yang dapat melengkapi kebutuhan Anda. Hal ini juga dimiliki oleh Adidas, dengan demikian keduanya memiliki banyak produk yang dapat menjadi pilihan Anda.

Kekurangan Sepatu Nike

Berikut beberapa kekurangan sepatu Nike yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Salah satu kekurangan sepatu Nike adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sepatu Adidas. Dengan harga yang sama antara sepatu Nike dan sepatu Adidas, sepatu Adidas lebih nyaman. Artinya, jika Anda ingin memiliki sepatu yang lebih nyaman dan sesuai dengan kebutuhan, Anda perlu mengeluarkan budget yang lebih besar.

  • Kurang Funky dan Kreatif

Dibandingkan dengan sepatu Adidas, sepatu Nike memiliki desain yang kurang funky dan kurang kreatif. Namun hal ini bukan menjadi tolak ukur kualitas sepatu Nike. Hal ini berbeda karena kedua brand ini memiliki target pasar yang berbeda. Nike lebih mengutamakan fungsi dari sepatu tersebut.

Loading...
  • Popularitas Masih Baru

Nike merupakan brand yang popularitasnya terbilang lebih baru atau lebih mudah dibandingkan dengan sepatu Adidas. Saat Adidas telah populer, Nike masih merupakan brand yang kecil. Meskipun lebih baru, saat ini Nike telah mampu bersanding dan bersaing dengan pendahulunya yakni Adidas.

Kelebihan Sepatu NikeKekurangan Sepatu Nike
- Telah memiliki teknologi ACC- Harga relatif lebih mahal
- Mendahulukan kepentingan pemakai- Kurang funky dan kreatif
- Tidak hanya memiliki produk sepatu- Popularitas masih baru

Sepatu Adidas

Sepatu Adidas merupakan sebuah sepatu yang dibuat atau diproduksi oleh perusahaan Adidas. Adidas didirikan sejak tahun 1948 dengan logo tiga baris paralel.

Kelebihan Sepatu Adidas

Berikut beberapa kelebihan sepatu Adidas yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan sepatu Adidas adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan sepatu Nike. Berdasarkan hasil review para pemakai Adidas, harga sepatu dengan brand ini lebih terjangkau dengan kualitas yang lebih baik pula. Dengan harga yang sama dengan sepatu Nike, memakai sepatu Adidas terasa lebih nyaman.

  • Lebih Funky dan Kreatif

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Adidas adalah memiliki koleksi sneakers yang lebih funky dan kreatif. Hal ini dikarenakan konsumen yang ditargetkan oleh Adidas adalah kaum milenial yang memiliki umur berkisar 18-25 tahun.

  • Lebih Dahulu Menguasai Pasar

Jika dilihat dari usia dan kejayaannya, maka Adidas hadir lebih dulu menguasai pasar. Adidas muncul terlebih dahulu pada tahun 1949. Sedangkan Nike baru muncul pada tahun 1970an, saat itu Adidas telah menguasai pasar produk peralatan sepak bola.

Kekurangan Sepatu Adidas

Berikut beberapa kekurangan sepatu Adidas yang perlu Anda ketahui:

  • Teknologi Masih Tertinggal

Salah satu kekurangan sepatu Adidas adalah masih tertinggal dalam hal teknologi. Ketika sepatu Nike telah memiliki banyak teknologi, sepatu Adidas belum melakukan hal yang sama dan belum memiliki teknologi yang lebih mutakhir.

  • Lebih Mengutamakan Desain

Kekurangan lain yang dimiliki oleh sepatu Adidas adalah lebih mengutamakan desain dibandingkan dengan kepentingan penggunanya. Meskipun demikian, hal ini sesuai dengan konsumen yang ditargetkan oleh Adidas. Nike memang fokus dengan komponen dan kepentingan pengguna, tapi Adidas lebih fokus dengan desain produknya.

  • Perkembangan Sedikit Lambat

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Adidas adalah memiliki perkembangan relatif lambat. Hal ini bisa kita lihat dari teknologi yang digunakan dan kekhawatiran Adidas dalam menghadapi pesaingnya. Salah satu contoh bentuk kekhawatirannya ini adalah dengan cara mengontrak David Beckham sebagai brand ambassador agar tidak diambil kompetitornya.

Kelebihan Sepatu AdidasKekurangan Sepatu Adidas
- Harga lebih terjangkau- Teknologi masih tertinggal
- Lebih funky dan kreatif- Lebih mengutamakan desain
- Lebih dahulu menguasai pasar- Perkembangan sedikit lambat

Pilih Mana: Sepatu Nike atau Adidas?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara sepatu Nike dan sepatu Adidas. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Sepatu NikeSepatu Adidas
- Teknologi lebih mutakhir- Teknologi belum berkembang
- Mengutamakan kepentingan pengguna- Mengutamakan tampilan desain
- Brand Nike berdiri pada tahun 1970an - Brand Adidas berdiri pada tahun 1948

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai sepatu Nike dan sepatu Adidas di atas, dapat kita lihat bahwa kedua sepatu ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua brand ini juga memiliki target pasar yang berbeda sehingga juga memiliki banyak perbedaan. Sepatu Adidas lebih cocok digunakan bagi Anda yang ingin tampil lebih modis, namun sepatu Nike di desain untuk menjawab kebutuhan pelanggan dan menunjukkan kepribadian penggunanya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepatu Nike vs Adidas

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *