KendaraanOlahraga

Pilih Mana: Sepeda Fuji atau Sepeda Santa Cruz?

Sepeda merupakan alat transportasi yang menyenangkan untuk dikendarai sekaligus menyehatkan untuk tubuh kita. Maka dari itu, biasakan diri untuk bersepeda ya guys hanya sekedar mengelilingi komplek rumah atau ke taman didekat rumah. Sepeda yang digunakan pun tidak harus mahal untuk kamu pemula, namun berbeda dengan yang sudah profesional, mereka kerap bersepeda menyusuri landasaran ekstrim dan gunung sekalipun. Untuk itu dibutuhkan sepeda yang memiliki ketangkasan dalam menghadapi landasan apapun, seperti Sepeda Fuji dan Sepeda Santa Cruz. Kedua merek sepeda ini sudah terkenal di seluruh dunia, produk yang dirilis pun memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dalam ulasan kali ini saya akan bahas mengenai Sepeda Fuji dan Sepeda Cruz, dan juga tips untuk membeli sepeda serta merawatnya. Check this out.

Sepeda Fuji

Salah satu merek sepeda terbaik yaitu Fuji. Produsen sepeda dari Jepang yang dibuat sejak tahun 1989. Fuji diketahui sebagai produsen untuk model sepeda BMX, sepeda anak, sepeda mode, sepeda gunung, sepeda jalan, serta sepeda wanita.

Harga sepeda ini sangat bermacam-macam, buat sepeda gunung Fuji ada di kisaran 3,5-50 juta rupiah, sedangkan harga sepeda jalannya antara 7-90 juta rupiah. Baca juga Pilih Mana: Sepeda Specialized atau Sepeda Polygon?

Sejarah Sepeda Fuji

Fuji Bikes, merupakan merek Jepang yang dimiliki oleh perusahaan Amerika. Perusahaan ini ialah generasi dari Nichibei Fuji Cycle Company. Fuji Bikes sendiri awal kali dibuat di Jepang di tahun 1899 lalu. Logo serta namanya didapat dari Gunung Fuji yang merupakan ikon daya tahan serta kekuatan Jepang.

Di akhir 1920-an, Fuji jadi merek sepeda yang sangat terkenal di Jepang. Sampai dikala ini juga, merek yang satu ini jadi salah satu merek yang diperhitungkan. Beberapa varian sepeda Fuji juga banyak digemari para pengemudi sepeda di seluruh dunia.

Fuji pernah jatuh di masa-masa sulit pada awal tahun 1990-an sampai akhirnya perusahaan itu melaporkan kebangkrutannya di tahun 1997. Tidak lama setelah itu, Nichibei Fuji Cycle Company Ltd yang merupakan perusahaan induk Fuji Amerika pula melaporkan kebangkrutannya. Di Amerika Serikat sendiri, merek Fuji dikala ini dimiliki serta didistribusikan oleh Advanced Sports International (ASI).

Rekomendasi Sepeda Fuji

  • Fuji Tour
    Fuji Tour mengembangkan sepeda touring sejak beberapa tahun terakhir. Frame berbahan baja chromoly bermutu serta dilengkapi komponen standar touring 2 rak bidon, rak depan dan belakang, serta spoke holder cadangan. Rim berukuran 700C dengan 36 lubang, 14 gauge spoke serta rem kantilever. Shifter STI, yang sebenarnya lumayan susah buat diperbaiki darurat saat di perjalanan, tetapi banyak pengendara sepeda memakainya dengan nyaman. Crankset 50/36/30 serta gabungan cassette belakang 11/34, baik untuk perjalanan touring ringan sampai medium di landasan perbukitan hingga pegunungan kecil.
  • Fuji SST 1.0
    Bentuk frame nampak lebih banyak curve di sebagian komponen. SST 2010 ini merupakan pioner revolusi bentuk frame Fuji Road bike. Head tube yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya, tapered head tube (1 1/8″ upper, 1 1/2 lower). Dengan dimensi Head Tube itu menjadikan SST 2010 lebih rigid, handling lebih nyaman kala melibas tikungan tajam. Konsep Toptube SST 1.0 Frame tampak langsing dengan lengkungan pada top tube. Toptube dengan bentuk Triangular-Shaped (segitiga lancip), memakai RIB Technology (Reinforced I-Beam). Seatpost memakai teknologi Tube-to-Tube sehingga berat frame semakin enteng.
  • Fuji XTR SLM 29 1.3
    Sepeda ini tentunya termasuk kedalam kategori sepeda gunung. Desain dari sepeda ini pun modern dan tidak bosan untuk dipandang setiap saat. Handlebar yang dipakai yaitu Handlebar Oval M-800 Carbon Flat Bar 31.8mm dan menggunakan Stem Oval M-800 RBT Carbon Matrix 31.8mm. Kamu sudah tidak perlu meragukan lagi kualitas dari sepeda yang satu ini.

Sepeda Santa Cruz

Sepeda merek Santa Cruz merupakan salah satu sepeda yang baru seumur jagung serta diproduksi sesuai dengan nama brandnya. Walaupun baru di dunia sepeda, sepeda ini telah dikenal di seluruh dunia akan kualitasnya yang cukup bagus. Sepeda Santa Cruz saat ini mempunyai 20 varian sepeda gunung yang mempunyai kualitas tinggi.

Hebatnya lagi sepeda ini sanggup buat membuat suatu gebrakan terkini dengan meluncurkan Juliana. Sepeda gunung khusus untuk wanita. Untuk masalah merek sepeda Santa Cruz kelihatannya hanya memproduksi sepeda gunung khusus dengan kualitas tinggi.

Sejarah Sepeda Santa Cruz

Perusahaan Santa Cruz mempunyai sejarah yang lumayan lama, dibangun pada tahun 1993 dengan 3 orang yang saling kenal serta bersahabat. Mereka yaitu Rich Novak, Mike Marquez serta Roskopp yang mana mempunyai pengalaman bertahun-tahun di dalam skateboard dan menjadi profesional.

Pada masa itu, mereka sepakat buat menciptakan brand sepeda dengan nama Nocaks Santa Cruz Skateboards yang membuat sebuah skateboard dengan nama “Roskopp”. Setelah itu Roskopp dan Novak bertemu, keduanya memutuskan buat mencari seorang engineer yang bernama Mike Marquez. Mike sendiri mempunyai pengalaman dibidang sepeda suspension yang lumayan lama.

Kemudian setelah mempunyai pengalaman serta kemampuan, mereka juga mengajak Tom Morris sebagai desain sehingga membuat prototype pertama di brand Santa Cruz. Dengan berjalannya waktu, Brand Santa Cruz telah terkenal ke seluruh dunia sampai di Indonesia juga salah satu pangsa pasar mereka. Banyak para atlet sepeda profesional yang memakai sepeda buatan Santa Cruz yang dimana kualitas serta kenyamanannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Karena banyaknya atlet sepeda yang memakai sepeda dengan brand Santa, mereka juga mempertegas brand untuk menjulang lebih tinggi. Walaupun dalam harga Santa Cruz ini terkesan mahal.

Akan tetapi sepeda MTB Santa Cruz ini memang didesain buat perjalanan terjal serta ekstrim. Sepeda downhill ini dapat dibilang terbaik dengan asumsi banyak atlet yang memakai sepeda Santa Cruz.

Rekomendasi Sepeda Santa Cruz

  • Santa Cruz V10
    Merek sepeda gunung paling terkenal salah satunya yaitu Santa Cruz. Merek yang satu ini mempunyai banyak jenis yang dapat dicoba untuk sepeda gunung. Salah satunya merupakan seri V10 nih yang dapat kamu beli.Sepeda ini mempunyai brake serta rotor dari Shimano XT. Sepeda ini terasa enteng dengan ban berdiameter 27,5 inci. Sepeda ini pula mempunyai sproket 7 speed selain rd & shifter saint 10 speed.
  • Santa Cruz Hightower LT
    Sepeda gunung dari Santa Cruz mayoritas siluetnya sama. Namun tunggu dulu sampai kalian melihat seri Hightower LT. Sepeda seri ini mempunyai segitiga depan karbon yang sama dengan Hightower pada umumnya. Produk ini cocok banget buat kalian yang senang ngebut di pegunungan. Cocok buat lomba maupun olahraga biasa. Sepeda ini dijual di website santacruzbicycle.com dengan harga Rp 53 jutaan. Dengan double sealed pivots, sepeda jadi lebih awet. Produk ini tersedia dalam ukuran S sampai XXL. Diameter roda sebesar 29 inci serta mempunyai frame karbon C dan karbon CC.
  • Santa Cruz Tallboy
    Merek Santa Cruz memang sudah populer akan produk sepeda gunungnya. Terdapat sekitar 20 model sepeda gunung yang sudah diluncurkan. Lirik saja salah satunya yaitu Tallboy. Seri ini menyuguhkan sepeda trail dengan style baru untuk landasan pegunungan. Sepeda Tallboy ini beratnya 2,4 kg dengan dropper post cable routing. Berbahan alloy buat frame front nya, sepeda ini mempunyai VPP suspension. Terdapat molded seatstay serta downtube protectors pada sepeda dengan ukuran M sampai XL ini.
Sepeda FujiSepeda Santa Cruz
Asal JepangAmerika Serikat
SpesialisLandasan mulus seperti jalanan kotaLandasaran ekstrim dan terjal
Harga Rp 5.000.000 - Rp 25.000.000,- keatasRp 50.000.000 - Rp 100.000.000,- keatas
Lihat juga:  Pilih Mana: Datsun Go atau Toyota Calya?

Tips Membeli Sepeda

Jangan anggap enteng masalah ini. Memilih sepeda, khususnya sepeda gunung atau MTB bukan perihal sepele. Begitu memasuki gerai sepeda terdapat beraneka ragam opsi yang membingungkan. Tanpa pengetahuan memadai mengenai sepeda bisa-bisa kita membeli sepeda yang tidak sesuai dengan gunanya.

Untuk yang berkantong tebal salah membeli sepeda tentu bukan masalah serius. Tetapi untuk mereka yang harus menabung sedikit demi sedikit untuk membeli sepeda, salah memilih merupakan masalah besar.

Jangan sekali-kali membeli sepeda cuma karena suka pada bentuknya, tetapi prioritaskan pada fungsi sepeda dan kebutuhan kita. Tentukan dahulu penggunaannya untuk apa. Jangan sampai salah setting.

Sepeda jadi atau sepeda rakitan
Opsi pertama yaitu membeli full-bike berarti tinggal datang ke gerai, pilih, bayar dan langsung pakai. Gampang sekali. Bila kamu tidak ingin repot, atau bersepeda semata-mata buat berolahraga dan sarana transportasi alternatif, maka membeli sepeda full-bike sangat sesuai banget buat kamu.

Opsi kedua yaitu sepeda rakitan, berarti kita memilih bagian serta membuat sepeda sendiri. Memang lebih merepotkan, tetapi kelebihannya yaitu sepeda rakitan mempunyai nilai kepuasan tersendiri untuk pemiliknya sebab sesuai dengan keinginan serta style pribadi.

Faktor yang wajib dicermati dalam merakit yaitu kita wajib paham kecocokan dari tiap-tiap komponen. Membeli sepeda secara rakitan karenanya kurang dianjurkan untuk pemula.

Hardtail atau Full-suspension
Sepeda gunung ada yang dilengkapi suspensi depan saja (hardtail), ada pula yang sekaligus mempunyai suspensi depan dan belakang (full-suspension/ fulsus). Bila kita baru memulai hobi ini pasti kita bingung akan memilih yang mana.

Ketika menanyakan perihal ini umumnya para pemula akan dianjurkan memulai dengan hardtail. Alasannya antara lain supaya para pemula terlebih dahulu menyesuaikan diri dengan sepeda yang lebih ringan, efisien dalam mengayuh, mudah dalam pengendalian dan sederhana dalam pemeliharaan. Baru setelah jam terbangnya dengan hardtail lumayan banyak bisa beralih ke fulsus.

Pastikan dahulu anggaran belanja sepeda anda
Supaya tidak salah dalam memastikan pilihan, sebaiknya pastikan dahulu berapa bujet belanja sepeda kamu, baru setelah itu cari sepeda yang sesuai dengan anggaran kita itu. Bila bujetnya hanya 800 ribu rupiah, carilah sepeda seharga itu. Jangan gampang tergiur serta kebablasan membeli sepeda di atas bujet yang disiapkan. Bisa-bisa yang di rumah bisa sewot sebab jatah bulanan berkurang.

Tips Merawat Sepeda

  • Cucilah sepeda secara teratur. Sebelum membersihkan, lepaskan dulu seluruh aksesoris yang menempel di handle bar alias stang, seperti lampu, bel, speedometer dan lain-lain. Bila sepeda kamu memakai rem V brakes maka lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipersnya.
  •  Saat membersihkan rantai dan gir, pakailah lap basah yang telah diberi sabun kemudian putarkan pedal, dengan posisi kain lap menempel ke rantai sampai kotoran pada rantai rontok.
  • Pergunakan air sabun dengan kain lap yang halus buat membersihkan bagian bawah frame, jangan lupa untuk lap secara menyeluruh keseluruhan bagian frame, stang depan, frame belakang serta frame depan. Bersihkan juga bagian penarik rem sepeda serta bagian kabel pemindah gigi sepeda.
  • Bersihkan roda sepeda dengan cara melepaskan kedua roda dari sepeda, setelah itu bersihkan bagian roda depan dan roda belakang, khususnya pada bagian jari-jari dan cakram pada roda sepeda. Saat kamu akan memasang kembali roda sepeda, pastikan klip pengencang roda telah terpasang dengan bagus dan benar.
  • Cek putaran roda depan dan belakang, bila masih goyang bisa jadi jari- jari roda sepeda perlu di stel kembali. Bila kamu tidak bisa memperbaikinya sendiri, bawa sepeda ke bengkel supaya jari-jari roda di stel kembali.
  • Cek sistem pengereman sepeda, cek rem dengan baik dan cermat, apabila sudah aus atau tidak dapat mengerem dengan baik segera ganti kampas remnya. Cek pula minyak rem serta setelan kabel, beri minyak pelumas.

Pilih Mana: Sepeda Fuji atau Sepeda Santa Cruz?

Sepeda FujiSepeda Santa Cruz
Kelebihan- Memiliki harga yang lebih murah - Tersebar luas di Indonesia - Spesifikasi yang mumpuni - Memiliki handle rem yang cekatan - Mampu menerjang seluruh landasan ekstrim - Cocok dijadikan sepeda balap atau hanya dipakai di jalanan kota
Kekurangan- Gerainya tidak terlalu banyak di Indonesia - Kualitas belum sebaik sepeda fuji- Memiliki harga yang mahal - Gerai belum tersebar luas di Indonesia

Kesimpulan

Seperti yang sudah di bahas diatas tadi, Sepeda Fuji dan Sepeda Santa Cruz memiliki kualitas dan detail yang mumpuni untuk kamu bawa ke landasan ekstrim atau hanya sekedar dibawa menyusuri jalanan kota. Namun kalau kalian menginginkan sepeda yang bisa menerjal seluruh landasan maka Sepeda Santa Cruz akan cocok buat kamu meskipun harga yang ditawarkan sekalipun mahal, namun kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kualitas dari sepeda pun tergantung dari cara kalian merawatnya ya guys. Maka dari itu sayangi sepeda kalian agar selalu awet tahan lama dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Fuji vs Sepeda Santa Cruz

VS

Leave a Reply