Pilih Mana: Sepeda Gunung atau Sepeda Balap?

Loading...

Sepeda merupakan salah satu aktivitas yang digemari banyak orang. Hal ini wajar saja, sebab bersepeda merupakan aktivitas yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Terdapat beberapa jenis sepeda yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya yaitu sepeda gunung dan sepeda balap. Manakah yang paling tepat dan cocok untuk Anda gunakan? Sepeda gunung atau sepeda balap?

Sepeda gunung dan sepeda balap merupakan duajenis sepeda yang memiliki fungsi dasar yang sama, yaitu mendukung aktivitas bersepeda. Namun, sesuai dengan namanya, sepeda gunung lebih cocok digunakan untuk aktivitas yang melalui jalan yang terjal seperti pegunungan. Sedangkan sepeda balap merupakan jenis sepeda yang lebih cocok digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan kecepatan dalam penggunaanya.

Baca juga: Pilih Mana: Samsung S9 atau iPhone X?

Sepeda Gunung

Dikutip dari Wikipedia.org sepeda gunung merupakan sepeda yang biasanya digunakan pada medan atau jalan yang lebih berat. Sepeda jenis ini pertama kali digunakan pada tahun 1970.

Kelebihan Sepeda Gunung

Berikut beberapa kelebihan sepeda gunung yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Digunakan pada Jalan On Road dan Off Road

Salah satu kelebihan sepeda gunung adalah dapat digunakan pada berbagai jenis jalan dan dan medium jalan. Anda dapat menggunakan sepeda jenis ini untuk median yang menantang ataupun pada jalan yang mulus. Dengan demikian, sepeda gunung fleksibel digunakan untuk berbagai jenis kondisi yang akan Anda lewati.

  • Memiliki Harga yang Lebih Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sepeda gunung adalah memiliki harga yang lebih terjangkau dan lebih bersahabat jika dibandingkan dengan sepeda balap. Harga merupakan salah satu aspek yang sangat penting yang memiliki pengaruh besar untuk menentukan seseorang membeli sesuatu atau tidak. Dengan biaya yang lebih bersahabat dibandingkan dengan sepeda balap, Anda telah dapat menggunakan dan mendapatkan sepeda gunung.

  • Posisi Duduk Lebih Dapat Membuat Nyaman

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh sepeda gunung adalah memiliki posisi duduk yang tegak dan dapat membuat penggunanya menjadi lebih nyaman. Posisi yang duduk seperti ini juga cocok digunakan untuk bersepeda dengan santai dan tidak membutuhkan kecepatan yang maksimal.

Kekurangan Sepeda Gunung

Berikut beberapa kekurangan sepeda gunung yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok untuk Menempuh Jarak yang Lebih Jauh

Salah satu kekurangan sepeda gunung adalah kurang cocok digunakan untuk menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan sepeda balap. Hal ini dikarenakan sepeda gunung memiliki ban yang lebih besar dan lebih besar, hal itu membuat sepeda gunung membutuhkan gesekan yang lebih besar.

  • Performa Kalah di Jalan On Road

Karena memiliki ban yang lebih besar tersebut, tentu saja sepeda gunung memiliki performa yang lebih rendah dan lebih kalah dibandingkan dengan sepeda balap. Anda akan tertinggal dan lebih lambat dibandingkan dengan sepeda balap. Namun, untuk mengatasi hal ini Anda dapat mengakalinya dengan cara menggunakan ban yang memiliki ukuran yang lebih kecil.

Loading...
  • Membutuhkan Energi yang Lebih Besar

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh sepeda gunung adalah Anda akan membutuhkan energi yang lebih besar jika ingin mengebut saat menggunakan jenis sepeda ini. Jika Anda memiliki kebutuhan atau rutinitas dan kegemaran dengan cara menggunakan sepeda dengan laju yang cepat dan ngebut, maka sepeda yang lebih cocok dan tidak membutuhkan energi yang besar adalah sepeda balap bukanlah sepeda gunung.

Kelebihan Sepeda GunungKekurangan Sepeda Gunung
- Dapat digunakan pada jalan on road dan off road - Kurang cocok untuk menempuh jarak yang lebih jauh
- Memiliki harga yang lebih terjangkau- Performa kalah di jalan on road
- Posisi duduk lebih dapat membuat nyaman- Membutuhkan energi yang lebih besar

Sepeda Balap

Sepeda balap merupakan jenis sepeda yang biasanya digunakan untuk aktivitas bersepeda yang membutuhkan kecepatan yang lebih maksimal pada jalan yang rata dan mulus.

Kelebihan Sepeda Balap

Berikut beberapa kelebihan sepeda balap yang perlu Anda ketahui:

  • Sangat Unggul di Medan On Road

Salah satu kelebihan sepeda balap adalah sangat unggul digubakan di medan off road jika dibandingkan dengan sepeda gunung. Jika Anda memiliki lokasi atau tempat bersepeda dengan kondisi yang mulus dan lebih rata, maka pilihan yang paling tepat adalah menggunakan jenis sepeda balap.

  • Jarak Jangkauan Lebih Jauh

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sepeda balap adalah dapat menjangkau jarak yang lebih jauh jika dibandingkan dengan sepeda gunung. Dengan jarak tempuh yang sama, sepeda balap lebih mampu dan memiliki performa yang lebih baik dalam menjangkau jarak tersebut. Hal ini tentu saja llebih baik jika dibandingkan dengan sepeda gunung yang kurang mampu menjangkau jarak yang lebih jauh.

  • Dapat Dipacu untuk Menghasilkan Kecepatan yang Tinggi

Selain dapat menjangkau jarak yang lebih jauh, sepeda balap juga memiliki kemampuan untuk dipacu agar bisa menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi dan lebih baik. Hal ini dikarenakan sepeda balap menggunakan ukuran ban yang relatif lebih kecil sehingga gesekan lebih kecil dan tidak membutuhkan energi yang besar untuk menghasilkan kecepatan maksimal.

Kekurangan Sepeda Balap

Berikut beberapa kekurangan sepeda balap yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Salah satu kekurangan sepeda balap adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan sepeda gunung. Dengan harga yang kurang bersahabat ini, Anda harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mendapatkan sepeda ini.

  • Tidak Bisa Digunakan di Off Road

Kekurangan lain yang dimiliki oleh sepeda balap adalah tidak bisa digunakan untuk jalan off road. Sepeda balap hanya memiliki kemampuan dan performa yang baik pada jalan on road yang memiliki permukaan yang rata dan mulus.

  • Posisi Duduk Kurang Nyaman

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh sepeda balap adalah memiliki posisi duduk yang kurang nyam jika dibandingkan dengan sepeda gunung. Sepeda balap memiliki posisi duduk yang lebih membungkuk, karena itulah membuat pengguna merasa kurang nyaman.

Kelebihan Sepeda BalapKekurangan Sepeda Balap
- Sangat unggul di medan on road- Harga relatif lebih mahal
- Jarak jangkauan lebih jauh- Tidak bisa digunakan di off road
- Dapat dipacu untuk menghasilkan kecepatan yang tinggi- Posisi duduk kurang nyaman

Pilih Mana: Sepeda Gunung atau Sepeda Balap?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara sepeda gunung dan sepeda balap. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Sepeda GunungSepeda Balap
- Harga lebih terjangkau - Harga relatif lebih mahal
- Dapat digunakan untuk semua jalan baik on road ataupun off road- Hanya dapat digunakan untuk on road
- Kurang mampu untuk jarak jauh - Lebih baik untuk jarak yang lebih jauh
- Cek harga sepeda gunung online termurah, Klik di sini- Cek harga sepeda balap online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai sepeda gunung dan sepeda balap, dapat dilihat bahwa kedua jenis sepeda ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sepeda gunung lebih fleksibel digunakan untuk berbagai jenis medan yang ditempuh dengan harga lebih terjangkau. Sedangkan sepeda balap hanya dapat digunakan untuk medan tertentu. Dengan demikian, Anda perlu melihat medan yang akan ditempuh dan aktivitas yang sesuai dengan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Gunung vs Sepeda Balap

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *