LifestyleOlahraga

Pilih mana: Sepeda Hybrid vs Sepeda Lipat?

Anda penggemar salah satu olahraga satu ini? Yap, bersepeda. Mungkin sudah familiar mendengarnya bukan? Karena siapapun bisa menggunakannya, bersepeda tidak memandang usia dan gender loh. Bahkan semua kalangan bisa menggunakannya termasuk Anda.

Nah, penggunaan sepeda tentunya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Tak heran saat ini sudah banyak merk dan jenis sepeda yang dihadirkan menyesuaikan bentuk dan jenis kegiatan penggunanya.

Seperti salah satunya Sepeda Hybrid dan Sepeda Lipat. Anda bisa menemukan kedua jenis sepeda ini terjual di berbagai toko, mall dan bahkan online shop sekalipun dengan harga yang bervariasi. Hal ini tak luput dengan spesifikasi, keunggulan dan kualitas yang ditawarkan mereka.

Penasaran dengan kedua jenis sepeda diatas? Tenang kami telah merangkum kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Sehingga Anda bisa memilih sepeda mana yang tepat untuk Anda miliki. Yuk langsung saja simak pembahasan lengkapnya di Selera.id.

Sepeda Hybrid vs Sepeda Lipat

Sepeda Hybrid

Sepeda hybrid adalah penggabungan dua jenis dari sepeda berbeda. Sepeda hybrid ini kombinasi antara sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda balap (road bike).

Penggabungan ini diciptakan untuk mengakomodasi keinginan para pengguna sepeda yang menginginkan sebuah sepeda tangguh yang bisa diajak berakselerasi secara cepat dan cocok untuk digunakan di segala macam medan.

Sepeda hybrid terinspirasi dari kebutuhan akan sebuah sepeda yang bisa bergerak dengan cepat berkat roda yang tipis, tapi juga Anda tetap memiliki lebih banyak gigi percepatan dan posisi bersepeda yang lebih nyaman saat menempuh medan yang bergelombang.

Nah, ada banyak lagi yang yang bisa Anda ketahui dari sepeda jenis ini. Berikut akan kami paparkan untuk Anda. Baca juga: Pilih mana: Sepeda Bmx vs Sepeda Gunung?

Kelebihan Sepeda Hybrid

Berikut ini Kelebihan Sepeda Hybrid:

  • Mampu menjaga stabilitas
    Kelebihan pertama yang ada pada Sepeda jenis ini yaitu roda pada sepeda hybrid ini mengadaptasi jenis roda pada sepeda balap. Umumnya memiliki ukuran 700c. Fungsinya agar ban bisa lebih menggigit di atas permukaan lurus dan tetap menjaga stabilitas saat diajak menempuh jalanan bergelombang.
  • Bisa digunakan dimana saja
    Seperti penjelasan di atas dapat diketahui bahwa sepeda hybrid merupakan gabungan dari sepeda yang berbeda yaitu gabungan antara mountain bike dengan road bike. Jadi, Anda bisa gunakan sepeda ini di jalan raya seperti road bike, juga bisa digunakan di medan terjal seperti mountain bike.
  • Dapat menyesuaikan medan
    Kelebihan lainnya ada pada ban sepeda hybrid yang cenderung lebih tebal dari road bike, tapi lebih tipis dari mountain bike. Nah, hal ini yang membuat sepeda hybrid bisa tetap melaju kencang di jalan lurus, juga bisa tetap melaju di jalan terjal.

Sepeda Hybrid vs Sepeda Lipat

Kekurangan Sepeda Hybrid

Berikut ini Kekurangan Sepeda Hybrid:

  • Memiliki Bodi yang berat
    Kekurangan yang ada pada jenis sepeda ini biasanya ada pada ukuran dan berat bodinya. Karena cenderung berat maka Anda akan perlu tenaga ekstra untuk mengayuh. Namun meskipun begitu, sepeda ini bisa Anda gunakan dalam kondisi jalan apapun. Baik terjal maupun curam sekalipun.
  • Kurang praktis
    Tidak seperti pesaingnya sepeda lipat. Kekurangan dari sepeda ini yaitu kurang praktis. Jika sepeda lipat bisa Anda lipat dan taruh di tempat yang sempit sekalipun berbeda dengan sepeda jenis ini. Namun tidak perlu khawatir sepeda ini masih bisa masuk dan ditaruh di belakang bagasi mobil Anda kok.
  • Memiliki tempat duduk yang kurang nyaman
    Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh sepeda jenis ini terletak pada posisi duduknya yang kurang nyaman. Space yang kecil membuat Anda yang memiliki tubuh terbilang besar mungkin akan kesulitan untuk menggunakannya. Oleh karena itu, pilih sepeda sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda saat menggunakannya nanti.
Lihat juga:  10 Sepatu Volly Paling Ringan 2020

Sepeda Lipat

Sepeda lipat merupakan salah satu sepeda yang mulai populer di Indonesia sejak maraknya komunitas pekerja bersepeda. Sepeda jenis ini populer di kalangan penglaju di mana rute-rute pendek mereka tempuh dengan sepeda sementara rute jauh tetap menggunakan angkutan umum.

Sepeda lipat adalah jenis sepeda yang dapat dilipat. Sepeda lipat memiliki engsel pada rangkanya sehingga bisa dilipat menjadi lebih ringkas. Karena itu sepeda lipat bisa dibawa ke dalam angkutan umum, disimpan di apartemen ataupun kantor di mana sepeda biasa dengan ukuran yang besar tidak diizinkan.

Sepeda jenis ini juga khusus dirancang agar dapat disimpan dengan praktis dan ringkas. Jadi, Anda pun bisa bersepeda dimanapun dan kapanpun Anda mau. Sepeda ini juga bisa dilipat, maka otomatis memudahkan Anda untuk menaruhnya bahkan di ruang yang minim tempat sekalipun.

Baca juga: Pilih Mana: Sepeda Polygon atau Sepeda Exotic?

Kelebihan Sepeda Lipat

Berikut ini Kelebihan Sepeda Lipat:

  • Memudahkan perjalanan
    Sepeda lipat memang sangat pas digunakan untuk orang dengan intensitas kegiatan yang tinggi. Apalagi jika Anda harus berganti transportasi umum untuk mobilitas. Oleh karena dari itu Anda bisa menggunakan sepeda lipat untuk mempermudah kegiatan. Ketika berada di kereta, Anda bisa melipat sepeda agar lebih ringkas. Dan untuk melanjutkan perjalanan dari stasiun menuju kantor Anda bisa langsung menggunakan benda ini.
  • Sangat praktis
    Sepeda lipat memang terkenal dengan keunggulannya yang praktis. Bahkan ketika Anda berlibur ke luar kota, tetap bisa membawa sepeda ini di dalam mobil. Selain itu, sepeda ini juga bisa Anda bawa meskipun Anda menggunakan transportasi umum.
  • Hemat ruang
    Selain praktis, kelebihan lainnya yang bisa Anda temui dari sepeda lipat yaitu tidak memakan tempat banyak untuk menyimpannya. Saat tidak menggunakannya, Anda bisa langsung merapikannya secara mudah dengan cara melipatnya. Sangat mudah bukan?

Sepeda Hybrid vs Sepeda Lipat

Kekurangan Sepeda Lipat

Berikut ini Kekurangan Sepeda Lipat:

  • Harga yang cenderung mahal
    Dibandingkan dengan pesaingnya, sepeda lipat biasanya memiliki harga yang cenderung mahal. Meskipun beberapa memiliki spesifikasi yang sama, tapi ada beberapa keunggulan pada masing-masing sepeda yang mempengaruhi harganya. Jadi Anda bisa membeli membeli sesuai kebutuhan dan budget.
  • Bannya yang kecil
    Kekurangan berikutnya ada pada diameter ban yang kecil. Hal ini bisa memberikan pengaruh kecepatan pada sepeda lipat. Dibandingkan dengan sepeda lain, sepeda lipat akan lebih lambat. Bagi Anda yang ingin menikmati waktu santai dengan jarak yang tidak terlalu jauh, Anda bisa melakukannya dengan sepeda lipat. Tapi kalau Anda menggunakannya untuk jarak jauh, Anda butuh durasi tempuh lebih lama dengan menggunakan sepeda lipat.
  • Kendala polisi tidur
    Masih berhubungan dengan diameter bannya yang kecil, sepeda dengan ban yang seperti ini bisa dibilang juga mempengaruhi stabilitas dalam penggunaannya terutama saat melewati polisi tidur. Begitu juga saat melewati jalan berlubang. Jadi, sebaiknya untuk lebih berhati-hati saat membawa sepeda lipat ya.

Pilih mana: Sepeda Hybrid vs Sepeda Lipat?

Keterangan Sepeda HybridSepeda Lipat
Kelebihan-Mampu menjaga stabilitas -Bisa digunakan dimana saja -Dapat menyesuaikan medan-Memudahkan perjalanan -Sangat praktis -Hemat ruang
Kekurangan-Memiliki Bodi yang berat -Kurang praktis -Memiliki tempat duduk yang kurang nyaman-Harga yang cenderung mahal -Bannya yang kecil -Kendala polisi tidur

Kesimpulan

Dari perbandingan jenis sepeda diatas dapat disimpulkan bahwa Sepeda Hybrid dan Sepeda Lipat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan medan jalan dan kebutuhan yang digunakan. Oleh karena itu ada baiknya sebelum membeli perhatikan terlebih dahulu tujuan Anda membeli serta pastikan budget yang Anda miliki cukup!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Hybrid vs Sepeda Lipat

VS

Leave a Reply