KendaraanOlahraga

Pilih Mana: Sepeda Polygon atau Sepeda Exotic?

Bersepeda menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh banyak orang, Karena bersepda selain dapat membuat tubuh menjadi sehat, sepeda juga merupakan kendaraan yang sangat ramah lingkungan dan penggunaanya yang sangat ramah dikantong karena tidak perlu perawatan mahal dan memerlukan bensin seperti motor dan mobil, Sepeda juga tidak pernah ketinggalan zaman. Oleh sebab itu para produsen berlomba-lomba menghadrikan produk spesa andalannya seperti Sepeda Polygon dan Sepeda Exotic ini.

Produsen Sepeda Polygon dan Sepeda Exotic ini terus menerus mengeluarkan variasi produk yang kekinian demi memenuhi kebutuhan para pengguna sepeda saat ini. Oleh sebab itu keduanya menjadi pesaing yang cukup ketat. Dari keduanya mana yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya jawabannya akan kita bahas pada artikel di bawah ini.

Sepeda Polygon

Berawal dari sebuah perusahaan kecil yang berorientasi untuk memproduksi sepeda khusus untuk eksport, 10 tahun pertama adalah proses pembelajaran dan fokus Polygon untuk persiapan pengembangan brand secara mandiri. Mulai tahun 2000, Polygon mulai melakukan ekspansi perluasan pabrik dan investasi ke alat berteknologi tinggi standar internasional.

Polygon memiliki pabrik, perakitan, dan jaringan pendistribusian mandiri yang telah memenuhi standar dunia sehingga dapat terus mengontrol setiap aspek mulai dari ide awal hingga ke pengiriman akhir sepeda dengan kualitas tinggi.

Berdiri pada tahun 1989, Polygon Bikes memiliki visi untuk menjadi merek sepeda yang berkualitas global dan siap bersaing di pasar internasional.

Polygon Bikes juga berkomitmen untuk selalu menghadirkan produk dengan varian yang selalu inovatif setiap tahunnya, dengan modifikasi warna, decal, teknologi dan part terbaru untuk meningkatkan performa dan kualitas sepeda yang diproduksi untuk penghobi, antusias, dan atlet profesional. Baca juga Pilih Mana: Sepeda Pacific atau Sepeda Exotic?

Rekomendasi Sepeda Polygon

1, Polygon Premier 3.0
Polygon Premier 3.0. merupakan sepeda tangguh yang multifungsi ini hadir dengan shock bagian depan yang besar. Roda sepeda juga didesain berukuran besar, yaitu 27,5 inci. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan charcoal.

Meskipun berfungsi sebagai sepeda gunung, kalian juga tetap bisa menggunakannya sebagai city bike untuk berjalan-jalan di komplek atau jika kamu seorang yang menggunakan sepeda untuk berkendara kekantor, kamu juga bisa menggunakannya untuk digunakan sehari-hari.

2. Polygon Rayz 1.0
Polygon Rayz 1.0 merupakan model sepeda Polygon lainnya yang menawarkan spesifikasi multifungsi. Dengan fitur dual suspension-nya, sepeda ini sangat nyaman untuk berbagai tujuan seperti jalanan perkotaan, medan off-road ringan, atau sekadar melintasi taman. Dilengkapi dengan roda berukuran besar khas Polygon yaitu sebesar 26 inci.

3. Polygon Urbano
Seri selanjutnya dari Polygon adalah folding bike. Sesuai namanya, jenis ini adalah sepeda lipat. Sepeda ini dapat dilipat sehingga kamu bisa memasukkannya ke travel bag dan membawanya kemanapun kamu pergi, bahkan ketika kamu traveling dengan pesawat sekali pun.

Sepeda lipat ini tidak hanya akan menemanimu traveling, tetapi juga bisa jadi alat transportasi menuju kantor. keunggulannya yang lain yaitu, kamu tidak perlu repot-repot mencari lokasi aman untuk parkir karena kamu bisa melipat dan menyimpannya di bawah meja kerjamu sendiri lho!

Sepeda Polygon Urbano ini tersedia dalam beberapa pilihan model dan warna seperti hitam, abu-abu, hingga desain unik yaitu ala Hello Kitty.
Spesifikasi Keterangan
Negara asalIndonesia
Merk Polygon
Hal yang ditonjolkan Variasi produk yang beragam, Sehingga kita dapat banyak pilihan produk yang lengkap
Rata-Rata Harga (per September 2019)Rp. 850.000 - Rp. 50.000.000

Kelebihan Sepeda Polygon

  • Banyak pilihan
    Salah satu keunggulan utama Polygon adalah memiliki varian jenis yang banyak, Kamu bisa memilih dari sekian banyak jenis sepeda yang kamu inginkan. Mulai dari MTB (mountain bikes), road bikes, city bikes, BMX, dan masih banyak lagi yang lainnya. Varian jenis tersebut juga masih dibagi lagi menjadi beberapa seri yang harus kamu ketahui karena tentunya memiliki spesifikasi tersendiri.
  • Desain yang stylish
    Desain ini bukan hanya semata-mata untuk penampilan belaka, namun juga dapat berawal pada fungsi yang juga harus dikembangkan sehingga sepeda ini mampu memberikan kenyamanan saat dikendarai dan mendukung penampilan di sisi lainnya. Salah satu sepeda Polygon yang paling stylish adalah sepeda dalam jenis road bikes seri touring yaitu Polygon Bend RIV.
  • Material berkualitas
    Untuk dapat bersaing untuk waktu yang lama dengan produk lokal lainnya dan tentunya produk internasional, Polygon menggunakan material-material unggulan untuk semua sepeda buatannya. Material yang berkualitas tinggi tentunya membuat daya tahan sepeda menjadi lebih tinggi dan lebih baik.

Kekurangan Sepeda Polygon

  • Front Fork kurang bagus
    Salah satu kekurangan sepeda Polygon tipe ini adalah memiliki shock depan atau front fork sepeda Polygon Premier 3.0 ini menggunakan SR Suntour Xct, Travel 100MM, Standard Steerer. Shock ini bisa dikatakan sangat standar, dan sangat biasa. Pada shock sepeda tipe ini tidak ada pengaturan pada shocknya untuk mengatur tingkat kepadatan shock.
  • Sistem pengereman yang masih manual
    Sepeda Polygon ini masih memiliki sistem pengereman yang masih manual, dan belum hydroulis. Sistem pengeremaan pada sepeda Polygon yaitu tipe Tektro MD-M300.
  • Steam, Setpost dan Handlebar yang masih biasa
    Steam, seatpost, handlebar untuk penggunaan steam sepeda polygon ini menggunakan Entity Oe, Alloy, 80MM(S-M), 10MM(L) , sedangkan untuk seatpost menggunakan Entity Oe, Alloy, 27.2X350MM dan untuk handlebar menggunakan Entity Oe, Alloy, 680MM. penggunaan entity oe untuk sepeda ini bisa dikatakan sangat sederhana sekali.

Sepeda Exotic

Saat ini ada banyak sekali berbagai model dan jenis sepeda yang di ada dipasaran. Salah satunya adalah sepeda dengan merk Exotic. Sepeda Exotic selain dapat di beli di offline store, sepeda ini juga tersedia di Online store seperti di Lazada.

Exotic adalah salah satu vendor yang juga menciptakan berbagai jenis produk sepeda, mulai dari sepeda gunung, sepeda lipat, dan sepeda biasa. 

Sepeda ini dapat menjadi pilihan yang tepat karena harga sepeda yang tidak begitu mahal namun memiliki kualitas yang sangat tinggi.  Jika kamu gemar berpetualang dan menyukai tantangan tentu kamu memerlukan sepeda yang kuat dan tangguh serta cocok dengan keadaan jalan yang akan kalian hadapi.

Rekomendasi Sepeda Exotic

1. Exotic ET 2651
Sepeda Exotic ET 2651 memiliki bagian frame yang terbuat dari Hi-Ten Steel yang pastinya kuat, mudah dikendalikan dan tahan lama. Sepeda ini juga dilengkapi dengan sistem gir 21 kecepatan yang memudahkan pengguna untuk memacu sepeda tersebut.

Sepeda Exotic ET 2651 ini juga dilengkapi dengan ban yang memiliki ukuran yang pas sehingga lebih stabil dan aman.

2. Sepeda Lipat Exotic
Sepeda lipat Exotic ini punya tampilan yang menawan layaknya seli yang kelas harganya lebih mahal. Material rangka yang dikreasikan dari besi membuat durabilitas sepeda ini cukup tinggi. Karena durabilitasnya yang tinggi, maka sepeda lipat ini sangat hemat dalam biaya perawatan.

3. BMX Exotic 9982 GX
Sepeda BMX Exotic 9982 GX ini sudah berstandar Nasional Indonesia (SNI). dan memiliki bobot 7 kilogram, masih cukup mudah untuk digunakan bermanuver, gampang dibawa kemana pun, dan mudah disimpan.

Dibuat dari bahan steel/baja yang diklaim mempunyai mutu dan kualitas tinggi. Ukuran ban dan frame-nya adalah 20 in. Tidak hanya frame nya saja yang menggunakan hi-teen (high tensile) steel, tapi bagian fork-nya juga.

Sepeda BMX Exotic 9982 GX tersedia dalam beberapa pilihan varian warna yakni merah, kuning stabilo, hijau dan orange. 
Spesifikasi Keterangan
Negara asalItalia
Merk Exotic
Hal yang ditonjolkan Mempunyai rangka yang kuat dan tahan banting sehingga sepeda dapat lebih awet
Rata-Rata Harga (per September 2019)Rp. 900.000 - Rp. 2.500.000

Kelebihan Sepeda Exotic

  • Roda dapat dilepas pasang dengan mudah
    Kelebihan sepeda Exotic selanjutnya yaitu dari segi rodanya, karena roda pada sepeda ini gampang dilepas pasang tanpa menggunakan alat, sehingga memudahkan jika ingin mengganti ban jika terjadi kerusakaan maupun ingin mengganti ban yang lain.
  • Dilengkapi  sistem internal cable routing
    Sepeda Exotic ini dilengkapi dengan sistem internal cable routing (jalur kabel masuk ke dalam rangka) sehingga penampakan lebih rapi dan modis,
  • Rangka yang kuat dan tahan banting
    Untuk bagian rangka sepeda Pacific tidak perlu diragukan lagi karena sepeda ini sudah dilengkapi dengan rangka yang kuat dan tahan banting yang dapat dikendari dalam semua kondisi sehingga, dapat awet dalam penggunaan sepeda ini.

Kekurangan Sepeda Exotic

  • Pilihan yang sedikit
    Dibandingkan dengan sepeda Polygon yang menegeluarkan banyak jenis sepeda dan sudah ada dipasaran Indonesia, Sepeda Exotic ini jenisnya terbilang sedikit, mungkin karena sepeda ini berasal dari luar Indonesia yang membuat berbagai jenis sepeda ini belum masuk ke Indonesia.
  • Tidak ada toko resmi
    Kekurangan Sepeda Exotic yang pertama yaitu sulitnya ditemukan di offline store selain sepeda ini tidak memiliki toko resmi, persediaan sepeda Exotic ini juga sangat sulit ditemukan dengan jenis yang lengkap.
  • Fitur yang Kurang lengkap 
    Dibandingkan dengan sepeda Polygon yang dilengkapi dengan fitur yang terbilang lengkap, fitur yang ada pada sepeda Exotic ini tidak sebanyak yang ada pada sepeda Pacific.

Pilih Mana: Sepeda Polygon atau Sepeda Exotic?

Sepeda Polygon Sepeda Exotic
Kelebihan- Banyak pilihan - Desain yang stylish - Material berkualitas - Roda dapat dilepas pasang dengan mudah - Dilengkapi sistem internal cable routing - Rangka yang kuat dan tahan banting
Kekurangan- Front fork kurang bagus - Sistem pengereman yang masih manual - Steam, Setpost dan Handlebar yang masih biasa - Pilihan yang sedikit - Tidak ada toko resmi - Fitur yang kurang lengkap 

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui bahwa Sepeda Polygon dan Sepeda Exotic mempunyai harga yang cukup ramah dikantong, Pada artikel di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Seperti pada sepeda Polygon yang lebih banyak menawarkan model karena di produksi di Indonesia yang dapat mempermudah membuat dan memasarkan model terbaru tiap tahunnya. Namun, Sepeda Exotic juga tidak kalah unggul dalam hal Desain yang sangat modern dan beberapa kemudahan yang di tawarkan untuk pengendara sepeda. Kedua sepeda tersebut sudah memiliki kualitas yang sangat bagus pada versinya masing-masing, Oleh sebab itu dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Sepeda Polygon VS Sepeda Exotic

VS

Leave a Reply